-->

Cara Jitu Membasi Hama Bekicot Pada Tanaman Kesayang anda

Bekicot  merupakan sejenis siput, yaitu binatang bercangkang yang memiliki tubuh lembek berlendir, jika kalian menemukan artikel ini sudah pasti kalian mengerti apa itu bekicot dan bagaimana cirinya oleh karena itu saya tidak ingin membuang banyak waktu anda untuk menjelaskan apa itu bekicot. pada umumnya di indonesie sendiri bekicot seringkali menjadi hama bagi para petani, sifatnya yang herbifora (memakan tumbuhan) seringkali membuat daun tanaman yang anda pelihara habis, seperti di makan ulat.

Cara Jitu Membasi Hama Bekicot Pada Tanaman Kesayang anda


hama bekicot sendiri telah menjadi musuh bebuyutan bagi para pecinta tanaman dan petani, selain tanaman di ladang bekicot juga kerap mampir di kebun taman hingga dalam pot di teras rumah, banyak jenis tanaman yang menjadi makanan favorit bekicot, pada umumnya bekicot akan berhhibernasi pada musim kemarau dan muncul dalam jumblah banyak dalam musim penghujan seperti saat artikel ini di tulis saya tengah di serang hama bekicot dan sedang dalam upaya genosida terhadap bekicot. melalui beberapa cara yang akan saya tulis di bawah ini.

jikaa anda penasaran bagaimana cara membasmi hama bekicot maka silahkan simak artikel ini dengan baik, jika kalian mendapati daun tanaman kalian habis saat pagi hari tanpa melihat tanda-tanda ulat maka mungkin saja penyebabnya adalah bekicot, karena binatang ini memang hidup di malam hari dan bersembunyi saat siang, oleh karena itu anda harus selalu waspada dengan serangan hama bekicot tersebut.

Cara Mengatasi Hama Bekicot.


Jenis – Jenis Bekicot yang perlu kamu ketahui


sebelum membahas mengenai penanganan bekicot ada baiknya jika untuk langkah awal kalian mengetahui tentang jenis-jenis bekicot yang biasanya menyerang tanaman kalian, secara umum bekicot yang sering muncul sebagai hama pertanian memiliki 3 jenis . akan kita bahas lebih lanjut di bawah ini.

1. Bekicot Darat bergaris (Achantia Fulica)


bekicot ini sudah bukan menjadi barang yang langka, hampir semua orang pasti pernah melihat atau menemui binatang berlendir ini, bekicot darat ini memiliki ciri dengan cangkang bergaris coklat dan putih dengan bentuk rumah cangkang seperti eskrim. bekicot ini biasanya berkembang biak dengan cara bertelur dan memakan dedaunan di kebun, nama ilmiah bekicot satu ini adalah Achantia Fulica

2. Jenis Bekicot Achantia Variegata

bekicot satu ini memiliki ciri yang kurang lebih mirip dengan bekicot darat yang saya sebut di atas (Achantia Fulica), hanya saja bedanya adalah bekicot jenis ini biasanya memiliki corak yang lebih terang dan ukuran yang lebih besar daripada bekicot darat (Achantia Fulica). dengan ukuran yang lebih besar bekicot ini juga lebih rakus loh, tapi bekicot ini lebih jarang di temukan daripada yang jenis biasa yang banyak tersebar di seluruh indonesia.

3. bekicot/siput gepeng

saya tidak tahu pasti nama ilmiah bekicot ini, karna dari yang saya tahu bekicot atau siput jenis ini karna belum banyak tulisan artikel yang membahas bekicot ini, ciri dari bekicot ini adalah bentuk rumah cangkangnya yang pipih dan biasanya berukuran jauh lebih kecil dari dua bekicot yang saya sebutkan di atas, bekicot jeis ini umumnya memiliki cangkang yang lebih rapuh dan mudah pecah, namun ukurannya yang kecil membuat jenis siput yang satu ini lebih mudah bersembunyi di sela-sela pot atau tanaman, sebenarnya bagi saya siput ini termaskuk jenis yang baru karna partama kali saya melihat siput tersebut sekitar tahun 2009 dan populasinya perna membuat bekicot (Achantia Fulica) menghilang dari peredaran dan hanya ada siput ini yang membeludak. sayangnya saat menulis artikel ini saya belum sempat melakukan pemotretan terhadap spesies siput tersebut.



Jenis-Jenis tanaman yang biasanya di serang oleh bekicot


biasanya tanaman yang di serang bekicot ini dimakan daunnya hingga batangnya jika tanaman tersebut merupakan jenis tanaman lunak, sayangnya bekicot ini biasanya menyerang dari mulai tanaman pertanian sampai tanaman hias, sedih banget kan yaa. berikut ini merupakan beberapa jenis tanaman yang seringkali di serang oleh bekicot, jika jenis tanaman kalian yang tidak tertulis di sini juga terserang bekicot ada baiknya kalian memberitahu pembaca lain di komentar yaa..

1. Suweg


pernah mendengar tanaman sueg ? tanaman ini juga sering kali di sebut tanaman porang, tanaman ini memang baru populer beberapa waktu belakangan, biasanya tanaman sueg dijadikan sebagai tanaman agro industri sebagai komoditas export, tanaman ini pada mulanya hanya merupakan tanaman hutan atau tanaman liar yang sering di jumpai terbengkalai di kenbun atau hutaan.

tanaman sueg memiliki ciri batang loreng dan daun menyerupai daun pepaya, namun beberapa tanaman sueg tidak memiliki daun dan hanya muncul kuncup bunga, yang mengeluarkan bau seperti bangkai, tanaman ini biasanya di serang oleh bekicot pada saat tanaman ini masih berupak kuncupnya, bekicot akan memakan tanaman ini hingga tidak bersisa dan meninggalkan jenjak kotor berupa lendir bekicot, pada kasus tertentu bekicot juga sampai memakan batang tanaman ini loh.

2. Tomat

tanaman tomat merupakan tanaman yang berbatang lunak, hal ini sangat disukai oleh bekicot, mereka biasanya memakan bagian batang, daun hingga kuncup bunga tanaman tomat, ciri ketioka tanaman tomat di serang oleh bekicot adalah banyak batangnya yang putus tidak beraturan daun yang bolong dan kuncup yang seperti di makan ulat namun di pohon tomat terdapat cairan lendir bekicot yang mulai kering, bisasnya setelah kenyang dan hari mulai pagi bekicot akan bersembunyi di sela batu atau di  tempat lain yang terlindungi dari matahari.

3. Anggrek


pernah mengalami tanaman anggrek anda di serang oleh hama bekicot ? yup anggrek menjadi salahsatu makanan faforit hama bekicot ini, daunnya yang empuk dan sedikit berair membuat bekicot betah untuk memakan daun dan akar muda tanaman berbunga cantik tersebut. selain anggrek masih banyak lagi jenis tanaman hias yang seringkali di makan oleh bekicot bahkan sampai tidak bersisa.

4. bunga pukul 9


bunga ini memiliki banyak nama, diantaranya adalah sutra bombai, portulaca, pukul sembilan dan masih banyak lagi, dalam bahasa inggris tanaman ini sering di sebut sebagai mawar tanah /moss rose. tanaman ini memiliki bunga yang cantik dan berbunga setiap pagi, jika anda penasaran silahkan baca cara membuat tanaman sutra bombai berbunga setiap hari. nahh tanaman ini sering di serang oleh hama bekicot bahkn sampai daun dan batangnya habis sehingga anyak batang yang putus atau bahkan hanya menyisakan akarnya. serem kan.

5. tanaman hias adam hawa dan liliparis


pernah mendengar tanaman liliparis ? jika belum silahkan baca artikel saya soal tanaman liliparis . tanaman ini memiliki daun berwarna putih dengan bentuk seperti rumput, serupa dengan lili paris terdapat jufa tanaman dengan bentuk yang mirip namun berwarna gelap di sebut sebagai tanaman adam hawa, dua tanaman ini seringkali menjadi mangsa empuk bekicot di malam hari.

selain beeberapa jenis tanaman yang saya sebutkan di atas masih banyak lagi jenis tanaman lain yang seringkali di serang oleh hama bekicot, namun karna artikel ini akan terlalu panjang jika kita membahasnya satu persatu maka kalian bisa menambahkan tanaman yang seringkali di serang oleh bekicot di komentar di bawah ini.

Cara Membasmi Hama Bekicot Pada Tanaman


tentu saja setelah mengetahui jenis hama bekicot dan tanaman apa saja yang biasanya di serang oleh hama bekicot ini ada informasi lain yang lebih penting yang menjadi alasan anda mengapa menemukan artikel cara membasmi hama bekicot ini, artikel tentang bagaimana cara membasmi hama bekicot ini bisa kalian simak di bawah ini dan langsung anda praktikan di pekarangan atau kebun yang kalian miliki.

jika tanaman anda sudah terlanjur di serang oleh bekicot kalian bisa merawat tanaman itu kembali dengan cara melakukan pemberian pupuk pada tanaman tersebut,jika kalian penasaran bagaimana cara membuat pupuk organik, maka kalian bisa membaca artikel tentang cara membuat pupuk organik di sini.

1. Gunakan predator alami bekicot


tidak banyak yang menyadari bawah cara ampuh untuk mengendalikan sebuah hama dengan memanfaatkan rantai makanan alami yang mengikan hama tersebut sebagai mangasanya, misalnya saja petani menggunakan ular utuk mengendelakan hama tikus, maka yang harus kita lakukan untuk mengendalikan hama bekicot ini kita juga membutuhkan mangsa alamai dari hama bekicot tersebut.Contoh predator dari hama bekicot adalah kumbang tanah, kumbang capit, kumbang xylopreda dan kumbang cryptocephalenamun menggunakan cara model seperti harus sangat hati-hati karna jika salahsalah maka pengendali hama tersebut bisa menjadi hama bagi tanaman anda sendiri.

2. menggunakan bawang putih.


informasi ini saya dapatkan  dari sesama penghobi tanaman, bawang putih yang di parut dan diambil airnya bisa di semprotkan pada daun dan ampasnya bisa di taburkan ke tanaman untuk menghindari hama serangga termasuk bekicot.

3. menggunakan air tembakau.


tembakau atau bahan utama pembuat rokok memang sudah banyak di percaya sebagai racun alami bagi serangga, tanaman ini bisa di jadikan insektisida alama, penggunaannya yang di campur dengan garam dan sabun bisa mengusir kedatangan bekicot, karna bekicot tidak suka dengan sabun dan garam yang di campur dengan tembakau.

4. Pemberian Garam Pada Bagian Tanaman Yang Diserang


sudah menjadi rahasia umum jika bekicot tidak menyukai garam, cairan garam yang asin membuat lendirnya tidak bekerja dengan benar , akibatnya bekicot akan merasa tidak nyaman dan menghindari garam dengan cara mengelurkan lendir pertahanan dari tubuhnya. garam efektif membuat cairan tubuh bekicot terhhidrasi sehingga membuat tubuh bekicot mengkerut ketika menyentuh garam.
memebuat larutan garam sangat mudah, kamu bisa langsung menaburkannya di tempat yang di serang bekicot atau menyemprotkan cairan garam dan air di tanaman yang di serang oleh bekicot, namun jangan terlau sering dan terlalu banyak karna dapat mengontaminasi tanah di tanaman tersebut.

5. menggunakan cangkang telur.


bekicot sangat tidak suka dengan bubuk cangkang telur yang di taburi di tanah atau pada daun tanaman hias, tekstur cangkang telur akan membuat bekicot memilih pergi daripada melewati bagian cangkang telur tersebut, cangkang telur juga bagus untuk tanaman loh, cara membuat pengusir bekicot sekaligus pupuk tanaman dari cangkang telur adalah sebagai berikut.

jangan buang cangkang telur dari dapur anda, ambil secukupnya dan haluskan sampai hanya menjadi bulir kecil mirip garam atau gula pasir kemudian taburi pada tanaman kalian, kandungan kalium dalam cangkang telur dapat membantu pertumbuhan tanaman.

6. menangkap bekicot secara manual


penangkapan manual ini memang meropotkan,  namun sangat efektif apabila yang anda miliki hanya kebun sekala kecil dan hama bekicot tidak terlalu banyak, untuk menangkap bekicot secara manual, lakukanlah di pagi hari atau malam hari karna jika siang hari bekicot akan bersembunyi dan sulit untuk di temukan.

7. menciptakan lingkungan yng tidak ramah untuk bekicot


cara ini cukup efektif dilakukan setelah pembasmian hama bekicot, biasanya bekicot ini sangat suka dengan lingkungan yang lembab dan kotor, olehkarena itu singkirkan daun kering yang berpotensi menjadi tempat bersembunyi bekicot dan menjadi tanah di sekitarnya menjadi lembab, bersihkan taman anda secara berkala dan pastikan untuk membunuh hama bekicot jika kalian menemukannya di sela-selapohon.

8. Insektisida


insektisida merupakn racun yang di rancang untuk membunuh serangga yang biasanya menjadi musuh tanaman seperti ulat dan belalang, namun racunnya yang kuat juga bisa membuat bekicot keracunana, oleh karena itu insektisida bisa kalian gunakan untuk mengusir hama bekicot dari kebun kalian.

selain menjadi pengusir bekicot insektisida dengan takaran yang tepat juga akan membuat hama tanaman yang lain ikut mati, namun jangan terlau berlebihan dan terlalu sering menggunakan insektisida karna selain beracun insektisida juga tidak baik untuk lingkungan juga kesehatan anda..

nah, demikian lah informasi mengenai bagaimana cara menanggulangi hama bekicot dengan tepat dan ampuh, semoga melalui tulisan ini kebun teman-teman sekalian dapat terhindar dari hama bekicot yang menyusahkan, selain hama bekicot terdapat juga hama tanaman lain yang sangat mengganggu yaitu hama kutu putih atau kutu kebul, untuk mengatasi hama tersebut klian bisa membaca bagaimana cara membasmi hama kutu putih dengan ampuh, selain artikel trsebut masih banyak artikel lain mengenai kebun dan tanaman di blog ini, jadi pastikan kalian gak ketinggalan update artikel baru ya, caranya gampang cukup masukanemail kalian di bagian bawah sini dan klik subscribe atau berlangganan.

1 Response to "Cara Jitu Membasi Hama Bekicot Pada Tanaman Kesayang anda"

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel