-->

cara memishkan anakan anggrek (keiki) yang baik dan benar

tanaman anggrek  pada habitat alaminya bisa berkembang dengan teknik generatif dengan biji yang di bawa oleh angin atau burung. namun secara konvensional anggrek bisa di budiayakan dengan teknik stek. semai benih di botol atau dengan pemisahan keike (anakan) yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

teknik pemisahan anakan anggrek ini merupakan teknik budidaya yang paling mudah namun membutuhkan waktu yang lama, tapi jangan salah, meskipun mudah cara ini juga membutuhkan pengetahuan dan ketelatenan.

pada artikel sebelumnya saya telah menulis cara budidaya tanaman anggrek dengan teknik stek dan juga sedikit mengulas tentang bagaimana cara membuat anggrek rajin berbunga dan tumbuh subur. kamu bisa membaca artikel tersebut untuk menambah wawasan kamu di dunia tanaman bunga anggrek ini.
cara memisah anakan anggrek

Cara Memisahkan Keiki Anggrek yang baik dan benar

seperti yang banyak orang kethui jika tanaman bunga anggrek yang sangat cantik ini kebanyakan telah di rekayasa secara genetik sehingga tidak mampu mengeluarkan biji, terutama konon anggrek bulan yang berasal dari thailand, oleh karena itu selain menulis cara budidaya anggrek bulan dengan stek. saya juga akan membahas tentang cara memisahkan anakan anggrek bulan pada tanaman anggrek kesayangan anda seperti berikut ini.

dalam meisahkan anakan anggrek kamu tidak memerlukan alat dan bahan khusu, kamu cukup mempersiapkan pisau atau gunting dan media tanam baru beserta potnya. langkah-langkah memisahkan anakan anggrek :

1. Mempersiapkan Keiki (anakan Anggrek yang akan di pisah)

pastikan jika tanaman anggrek kamu sudah memiliki anakan yangbiasanya muncul dari bagian bawah tanaman anggrek, keiki yang siap di pindahkan harus minimal memiliki dua daun yang sudah mengembang dan satu daun yang masih kuncup. selain itu keiki yang akan dipindahkan juga wajib sudah memiliki akar untuk menopang nutrisi dari anakan anggrek itu sendiri.

2. merendaam anakan anggrek dan anggrek yang akan di pisah dalam air

selain merendam kamu bisa juga dengan cara menyemprotkannya secara terus menerus selama kurang lebih 5 menit hingga bagian akar anggrekmenjadi lembap. perlakuan ini diberikan untuk mempermudah melepaskan akar keiki atau anakan anggrek yang menempel pada batang indukannya, namun jika akar keiki ini tidak menempel dengan batang indukannya, maka cara ini bisa kamu lewati dan langsung mengambil keiki tersebut.

3. potong keiki dari anggrek dewasa

melakukan pemisahan anakan anggrek ini harus di lakukan dengan hati-hati agar tidak melukai atau memotong bagian anakan anggrek yang lain yang bisa menyebabkan kebusukan. olehkarena itu ketika memotong keiki usahakan untuk menggunakan gunting atau pisau yang tajam.
potonglah keiki ini tepat di sambungan antara anggrek indukan dengan pangkal anggrek anakannya.

4. rendam anakan keiki dalam larutan fungisida

merendam bekas luka anakan keiki akan membantu menjaga tanaman anggrek tidak terserang hama, gunakan cairan pestisida dan perangasang akar untuk mempercepat pertumbuhan anakan anggrek tersebut setelah di pindah dalam pot tersendiri. jika kamu menggunakan fungisida yang di oles, maka cukup oleskan pada luka bekas potongan keiki tersebut saja seperti ketika menanam bunga aglonema.

5. keringkan dengan cara di angin-anginkan

setelah selesai merendam anakan anggrek, selanjutnya keringkan anakan anggrek tersebut sembari kamu bisa mempersiapkan pot dan media tanam. ketika mengeringkan keiki ini pastikan untuk tidak terkena matahari langsung dan hanaya di angin-anginkan saja.

6. persiapkan media tanam

media tanam dan pot harus kamu siapkan sebelum keiki mengering. kamu bisa menggunakan campuran arang dan kaliandra atau dengan serabut kelapa dan cocopeat. semua pilihan tersebut bisa di sesuaikan dengan keinginan anda. gunakan pot plastik transparan untuk anakan anggrek ini atau kamu juga bisa menggunakan pot gerabah yang lebih bagus karena memiliki sifat yang dingin.

7. menanam keiki dalam pot.

masukanlah arang sebagian kedalam pot dan jepitlah akar keiki kedalam arang tersebut, setelah sebagian pot terisi, maka selanjutnya kamu bisa menimbun bagian atasnya dengan serabut kelapa. perhatikan untuk tidak menimbun anakan bunga anggrek ini terlalu berlebihan, pastikan bagian atas akar masih bisa terlihat.

8. perawatan anakan anggrek (keiki)

letakanlah tanaman anggrek baru ini di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. bisa kamu letakan di dekat jendela atau di awah naungan pohon. lakukan penyiraman dan pemberian vitamin atau pupuk secara rutin, jaga kelembapan tetap stabil sampai anggrek ini cukup dewasa untuk di pindah ke wadah lain dan siap untuk memunculkan bunga.

nah itudlah sedikit cerita atau tutorial singkat tetang bagaimana menanam keiki anakan anggrek yang baik dan benar versi saya, jika kalian memiliki pendapat yang berbeda, kamu juga bisa menulisnya di kolom komentar untuk melengkapi artikel ini dan berbagi kepada pembaca lain.
jika kamu ingin melihat tutorialnya lengkap dengan gambar kamu bisa melihatnya disini

0 Response to "cara memishkan anakan anggrek (keiki) yang baik dan benar"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel