-->

Mengenal Pohon Eukaliptus dan Manfaatnya, Konon dijadikan kalung anti virus

Manfaat pohon eukaliptus menjadi banyak perbincangan dimedia online. Kehebohan ini lantaran akan diproduksi masalnya kalung anti virus C-19 yang banyak dimuat di media maenstream.

Disebut oleh mentri pertanian (mentan), kalung corona ini konon akan diproduksi secara masal pada agustus nanti (tirto.id). lalu menjadi sebuah pertanyaan besar dalam benak masyarakat tentang bahan dari kalung anti virus yang di sebut oleh mentri pertanian ini.

ternyata bahan yang digunakan untuk kalung ini adalah pohon eucaliptus. seperti sebagaimana yang dilansir dalam Kompas.com.  Fakta unik ini membuat kita semakin penasaran tentang daun eukaliptus. sehingga kemudaian saya membuat riset kecil dari studi literatur untuk memahami apa saja kasiat atau manfaat pohon eukaliptus sebagai anti virus yang sedang banyak dibicarakan.

selain daun eucalyptus ada banyak tumbuhan lain yang sebenarnya sangat bermanfaat untuk dijadikan sebgai anti virus dan untuk keperluan herbal lain seperti misaalnya pada daun bandotan yang ternyata bisa mengobati berbagai macam jenis penyakit.

Mengenal Pohon Eukaliptus

Pohon Aukaliptus
bentuk daun tanaman eucalyptus

sebetulnya daun eukaliptus ternyata memiliki banyak sekali manfaat. baik sebagai tumbuhan herbal maupun tumbuhan hutan.

Tanaman daun ecaliptus sendiri merupakan jenis tanaman yang banyak tumbuh di dataran australia. Konon tanaman ini tersebar di seluruh dataran di benua australia karena sudah beradaptasi dengan iklim sekitar.

Tidak Tahan terhadap Dingin dan kuat dengan Api


sayangnya tanaman berkhasiat ini tidak tahan dengan cuaca dingin, seperti yang di tulis dalam wikipedia, tanaman ini konon hanya mampu bertahan dalam suhu dingin hingga -3 sampai dengan -5 drajat celcius.

Namun kemampuannya bertahan di kobaran api justru sebaliknya. Meskipun tanaman ini terkenal karena mengeluarkan hawa panas dan konon bisa meledak saat suhu terlalu tinggi. tanaman ini juga ternyata cukup tahan terhadap kebakaran hutan.
tercatat pada kebakaran hutan di australia pada tahun 2003 yang banyak menghanguskan tanaman lain tidak terlalu berdampak kepunahan pada tumbuhan ini.
eukaliptus dapat selamat dari kebakaran hutan akibat rantingnya yang cuukup tinggi dari permukaan tanah.
selain itu pohon ini juga memiliki kemampuan untuk beregenerasi secara vegetatif pasca kebakaran hutan.

kemampuannya menghadapi api bykan berarti kayunya tidak mudah terbakar, justru kayu eukaliptus ini sangat mudah terbakar dan hangus, hanyasaja kemampuannya beregenarasi setelah kebakaran sangat bisa diacung jempol

Eukaliptus merupakan tumbuhan beracun untuk Dikonsumsi

jika kamu berpikir jika herbal ini bisa dimanfaatkan untuk obat dalam dan dikonsusi secara oral. Kamu salah besar. karena ternyata pohon eucaliptus bisa sangat beracun jika di konsumsi.
fakta ini juga membuat daun dan kayu eukaliptus tidak bisa di konsumsi oleh binatang didalam hutan.
namun terdapat beberapa jenis binatang yang ternyata kebal atau resisten dengan racun dari eukaliptus ini.
binatang tersebut adalah Koala. Yup kamu pasti tau binatang lucu yang menjadi icon cococrunch ini merupakan hewan asli benua australia selain kangoro.
hewan ini biasanya memakan daun eucaliptus sebagai makanan utamanya dan telah kebal dari racun eucaliptus itu sendiri.

Eucalyptus tersebar Di seluruh Australia dan Indonesia

Tanaman yang menyerap air danm bisa tumbuh di lingkungan gersang ini merupakan tumbuhan asli australia yang bisa kamu temukan dengan mudah dibenua tersebut.

Beberapa literatur bahkan menyebutkan jika tanaman eucalyptus di australia sangat mudah ditemukan sehingga tidak ada benua lain yang bisa dilekatkan lebih dekat dari tanamaneucaliptus dan australia. 

mungkin hubungan pohon dan benua ini seperti kamu mengenal bunga sakura dan negara jepang. Namun faktanya pohon eucaliptus tidak hanya ditemukan di australia. Beberapa jenis aukaliptus juga ditemukan hidup di papua nugini.

Kebanyak pohon eukaliptus juga dibudidayakan di daerah indonesia timur sebagai bahan pembuatan minyak kayu putih atau minyak eukaliptus seperti yang banyak dijual dipasaran.

Nama eucalyptus berasal dari bahasa yunani


pohon ekaliptus memeiliki nama ilmiah eucalyptus yang berasal dari bahasa yunani yaitu ευκάλυπτος, artinya adalah tertutupi dengan baik. mungkin penamaan ini mengarah pada bentuk kulit pohon eukaliptus yangberlapis lapis dan seperti selimut (butuh referensi yang lebih akurat).

pohon eucaliptus

setelah mengenal sepintas tentang pohon eukaliptus, kita akan membahas mengenai manfaat dari pohon eukaliptus itu sendiri yang biasanya dijadikan sebagai tanaman herbal.
bahkan baru0baru ini melalui banyak kanal berita nasioanl. pohon eukaliptus disebut - sebut sebagai tanaman yang bisa menjadi solusi dari penangkalan penyebaran virus corona.
eukaliptus di katakan oleh mentri pertanian akan menjadi bahan pembuatan kalung anti virus secara masal pada bulan agustus mendatang.

nah selain kegunaan itu, sebenarnya apa saja manfaat dari tanaman ekaliptus ini? yuk simak dibawah ini.

Manfaat tanaman Eukaliptus

Manfaat tanaman eukaliptus ini sangat beragam, mulai dari manfaat untuk meredakan penyakit tertentu hingga mengobati luka luar akibat gigitan serangga. berikut ini beberapa manfaat eukaliptus yang wajib kamu ketahui.

Bisa meringankan gejala pilek

Tanaman kayu putih merupakan jenis eucalyptus yang mampu meringankan gejala pilek. hal ini sudah cukup populer bagi masyarakat indonesia yang sering menggunakan minyak kayu putih untuk meringankan berbagai gejala penyakit. salahsatunya adalah pilek.

biasnya minyak kayu putih akan digunakan sebagi herbal pereda rasa pusing dan untuk menghilangkan dahak pada saluran pernafasan. sehingga ekstrak minyak ekaliptus ini juga bisa menjadi herba untuk meringankan gejala masalah pernafasan.

meringankan masalah pada pernafasan

Minyak eukaliptus dikenal mengeluarkan aroma terapi dan penyegar yang bersihat menghangatkan. sehningga ketika menghirup minyak eukaliptus. orang-orang biasanya merasa segar dan melegakan pernafasan.
itu disebabkan oleh kandungan aromatik dalam minyak eukaliptus yang bisa meredakan dahak di saluran pernafasan.

Meningkatkan Imunitas

penelitian minyak eukaliptus untuk meningkatkan kekebalan tubuh sudah banyak dilakukan dengan ujicoba menggunakan tikus.
hasilnya, Minyak eukaliptus ini bisa berfungsi sebagai peningkat sistem imunitas pada tikus tersebut.

meringankan alergi dan bentol

masyarakat indonesia seringkali melakukan pengobatan dengan sembrono dengan menggunakan segala obat untuk mengobati gejala pnyakit yang diderita. salahsatunya adalah alergi.
minyak aukaliptus khususnya minyak kayu putih sering digunakan sebagai obat anti alergi yang di oleskan di bagian kulit yang gatal dan ruam.

padahal seharusnya menggunakan obat alergi harus melewati uji alergi terlebih dahulu.

bersifat anti mikroba.

pada awal abad XIX ternyata minyak kayu putih banyak digunakan hampir seluruh rumahsakit di inggris sebagai cairan untuk mencuci ketler urine.

Minyak ini banyak diperoleh dari salahsatu jenis eucalyptus dan bersifat anti mikrobatik. kemudian hasil dari fakta ini juga banyak di dukung oleh hasil riset. salahsatunya pada tahun 2016 yang dipublikasikan dalam Clinical Microbiology & Infection. Hasil dari penelitian tersebut menyebutkan jika eukaliptus dapat memjadi anti mikroba dan membersihkan saluran pernafasan bagian atas.,
olehkarena itu tidak heran jika konon kalung anti virus akan di buat dari tanaman eukaliptus/.
tapi  hal ini masih membutuhkan banyak rujukan penelitian yang lebih komperhensif.

referenis bacaan lebih lanjut bisa kamu baca di : 
https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/10/131500065/diklaim-sebagai-antivirus-corona-apa-manfaat-eucalyptus?page=all

0 Response to "Mengenal Pohon Eukaliptus dan Manfaatnya, Konon dijadikan kalung anti virus"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel