-->

Manfaat Pohon Pelindung dan Jenis-jenisnya Untuk Ruang Terbuka Hijau

Pohon pelindung adalah jenis pohon yang ditanam untuk melindungi lingkungan. Artikel ini akan membahas tentang jenis-jenis pohon pelindung dan manfaatnya bagi lingkungan.

Pengertian Pohon Pelindung, Manfaat Dan Jenisnya

Pohon pelindung adalah jenis pohon yang ditanam untuk melindungi lingkungan. Pohon pelindung dapat melindungi lingkungan dari berbagai hal, seperti erosi, polusi, dan perubahan iklim. dalam lingkungan perkotaan, pohon pelindung memiliki peranan penting sebagai tanaman yang wajib ada dalam Ruang terbuka hijau. pohon ini berfungsih sebagai peneduh, sekaligus fungsi lain yang menguntungkan konsep tata ruang kota. berikut ini beberapa manfaat pohon pelindung adalah sebagai berikut.

jenis pohon pelindung dan manfaatnya


Klasifikasi pohon pelindung

Pohon pelindung dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa faktor, seperti:

  • Ukuran pohon 
ukuran pohon pelindung biasanya berkisar antara 4 hingga puluhan meter. namun biasanya saat penanaman pohon pelindung yang ditanam berukuran 2 sampai 7 meter. 
  • Jenis daun
ada beberapa jenis daun pada pohon pelindung seperti, pohon pelindung berdaun kecil hingga yang berdaun lebar seperti pohon ketapang. namun pohon pelindung dengan karakter daun yang lebat lebih banyak disukai daripada jenis pohon pelindung yang lain.
  • Kebutuhan air
sepertihalnya semua tanaman, pohon pelindung membutuhkan air yang cukup untuk bisa tumbuh dan hidup. namun beberapa jenis pohon pelindung membutuhkan lebih banyak air dan sebagian lagi tidak membutuhkan penyiraman yang intens. misalnya saja pohon baobab yang cenderung lebih tahan kering daripada pohon loa yang memang biasa hidup di pinggiran sungai.
  • Kebutuhan cahaya matahari
pada dasarnya pohon pelindung membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk bisa bertahan hidup dan tumbuh dengan baik. namun beberapa pohon juga tidak terlalu tahan dengan sinar yang sangat terik dan bisa mengakibatkan daunnya terbakar, ditandai dengan warna daun yang berubah menjadi coklat terang sebelum kemudian menjadi kering.

Manfaat pohon pelindung:

  • Melindungi lingkungan dari erosi

Pohon pelindung dapat menahan tanah dari erosi dengan akarnya yang kuat. Akar pohon pelindung dapat mengikat tanah dan mencegahnya terbawa oleh air hujan atau angin.

sehingga peranan pohon pelindung sangat penting terutama didataran yang dilintasi oleh aor atau dengan permukaan kontur miring agar tidak terjadi longsor. misalnya saja di pingiran tebing lereng gunung atau sepanjang aliran sungai.

  • Menyerap polusi udara

Pohon pelindung dapat menyerap polutan udara, seperti karbon dioksida, nitrogen oksida, dan sulfur dioksida. Polutan udara dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti asma, bronkitis, dan kanker.

selain itu pohon pelindung juga dapat menahan debu yang berterbangan sehingga persebaran debu akan terhambat oleh pohon pelindung.

  • Menciptakan udara yang lebih segar

Pohon pelindung dapat menghasilkan oksigen, yang dibutuhkan oleh manusia dan hewan untuk bernapas. Pohon pelindung juga dapat membantu mengurangi suhu udara di sekitarnya.

ini dikarenakan metabolisme pohon yang disebut fotosintesis akan O2 atau oksigen di udara dan menjadikan udara menjadi lebih segar dan sejuk. inilah mengapa berada di bawah pohon yang rindang akan membuat kita merasa sejuk dan lebih dingin daripada di tempat yang tidak memiliki pohon.

  • Meningkatkan kualitas air

Pohon pelindung dapat membantu mengurangi polusi air dengan menyerap polutan dari tanah dan air. Pohon pelindung juga dapat membantu menjaga keseimbangan ekosistem air.

ini dikarenakan sifat akar pohon yang mengikat air, olehkarenanya apabila di suatu daerah memiliki hutan atau pohon yang banyak, persediaan airnya akan lebih banyak daripada di daerah yang tidak memiliki pohon atau lebih gersang.

  • Menyerap karbon dioksida

Pohon pelindung dapat menyerap karbon dioksida dari atmosfer. Karbon dioksida adalah gas rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim. zat ini dapat membuat lingkungan menjadi lebih panas. namun pohon pelindung akan menyerap zat ini dan menghasilkan oksigen dalam prosesnya. ini berkebalikan dengan manusia yang melakukan sebaliknya.

  • Menciptakan habitat bagi satwa liar

Pohon pelindung dapat menyediakan tempat berlindung dan makanan bagi satwa liar. Satwa liar berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. misalnya saja sebagai tempat bersarang burung dan serangga. selain itu buah yang idhasilkan bisa menjadi makanan untuk hewan-hewan tersebut dan kebermanfaatan lainnnya.

Pentingnya pohon pelindung:

Pohon pelindung sangat penting untuk menjaga lingkungan. Dengan menanam pohon pelindung, kita dapat membantu melindungi lingkungan dari berbagai hal.oleh karenanya ada baiknya dalam tata ruang kota modern pohon pelindung menjadi ornamen fungsional penting yang tidak boleh di lewatkan. sudah selayaknya kita hidup berdampingan dengan alam dan berhenti untuk bersikap egois berfikir menguasai segalanya.

Jenis-Jenis Pohon pelindung

dari sekian jenis pohon-pohon pelindung tersebut, adada beberapa jenis pohon pelindung yang sering digunakan untuk taman dan penghias tata ruang kota diantaranya adalah :

  • Pohon mahoni
pohon pelindung
daun dan buah pohon jati


Pohon mahoni adalah jenis pohon yang tinggi dan besar, dengan daun yang rimbun. Pohon mahoni dapat tumbuh hingga ketinggian 20 meter. pohon ini bermanfaat untuk meneduhkan hingga menyerap polusi udara. olehkarenanya pohon ini banyak ditanam di sepanjang jalan sebagai pembatas jalas karna sifatnya tersebut.

  • Pohon akasia
pohon pelindung
daun pohon akasia


Pohon akasia adalah jenis pohon yang memiliki daun yang kecil dan rapat. Pohon akasia dapat tumbuh hingga ketinggian 10 meter. pohon ini banyak di jumpai juga di pinggiran jalan dan taman sebagai pohon pelindung. ini dikarenakan pohon akasia ini memiliki bentuk daun dan batang yang unik. selain itu pohon akasia juga sangat baik untuk dibuat menjadi kertas.

  • Pohon jati
pohon pelindung
pohon jati


Pohon jati adalah jenis pohon yang memiliki kayu yang berkualitas tinggi. Pohon jati dapat tumbuh hingga ketinggian 30 meter. tentunya di indonesia sudah tidak asing lagi dengan pohon yang satu ini, pohon jati banyak digunakan untuk keperluan furniture dan konon hanya tumbuh di indonesia. namun pohon jati sebagai pohon pelindung di perkotaan jarang ditemukan karna memang sifatnya yang lebih banyak dimanfaatkan sebagai pohon komersil.

  • Pohon pinus
pohon pelindung 3
pohon pinus


Pohon pinus adalah jenis pohon yang memiliki daun yang berbentuk jarum. Pohon pinus dapat tumbuh hingga ketinggian 20 meter atau lebih, biasanya pohon ini ditanam di daerah yang sejuk dan dimanfaatkan untuk diambil getahnya. namun pohon pinus juga memiliki karakteristik yang cukup baik untuk dijadikan sebagai pohon pelindung.

  • Pohon beringin
pohon pelindung
pohon beringin


Pohon beringin adalah jenis pohon yang memiliki daun yang besar dan rimbun. Pohon beringin dapat tumbuh hingga ketinggian 30 meter. pohon yang sudah tidak asing lagi dengan masyarakat indonesia karna segudang mitosnya ini juga dikenal dengan pohon yang melambangkan persatuan dalam sila ke 3 pancasila. pohon beringin sangat cocok dijadikan sebagai pohon pelindung karna pertumbuhannya yang cepat dan juga daunnya yang rimbun membuat lingkungan menjadi lebih sejuk dan teduh. pohon beringin ini banyak ditanam bahkan di lingkungan pemerintahan seperti alun-alun dan halaman kantor pemerintah.

  • Pohon trembesi
pohon pelindung trembesi
pohon trembesi


pohon trembesi terkenal dengan kemampuannya yang hebat dalam menyerap karbondioksida. ini karena daunnya yang rimbun dan banyak. meskipun daunnya berukuran kecil. namun kehadiran pohon ini dapat menyejukan lingkungan disekitarnya. bentuk pohon ini sangat iconik dengan bentuk cabang yang banyak dan pancang dengan daun kecil di ujung-ujungnya. namun kayu pohon trembesi mudah patah jika diterjang angin kencang.

  • Pohon palem
pohon palem pelindung


sudah tidak asing lagi melihat pohon palem digunakan sebagai pohon pelindung di sepanjang jalan atau halaman bangunan di perkotaan. ini karena pohon palem yang memiliki bentuk yang unik juga sangat cocok digunakan sebagai pohon pelindung.

  • Pohon pule
pohon pule jumbo


salahsatu pohon pelindung faforit saya adalah pohon pule. daunnya yang rimbun dengan bentuk pohon seperti payung memberikan kesan hutan yang kental di tengah hiruk pikuk kota. pohon pule sendiri bisa tumbuh hingga ukuran yang sangat besar dengan tinggi mencapai 30 meter. untuk membaca lebih banyak tentang pohon pule kamu bisa membacanya di artikel (manfaat pohon pule)

selain beberapa pohon pelindung yang saya sebutkan diatas masih banyak beberapa jenis pohon pelindung lain yang bisa kamu tanam diantaranya adalah : tabebuya, ketapang kencana, pohon buah seperti mangga dan jenis pohon berbatang keras lainnya.

Cara menanam pohon pelindung:

Untuk menanam pohon pelindung, Anda perlu memilih jenis pohon pelindung yang sesuai dengan kondisi lingkungan Anda. Anda juga perlu memilih lokasi yang tepat untuk menanam pohon pelindung.

Berikut adalah beberapa tips untuk menanam pohon pelindung:

  • Pilih jenis pohon pelindung yang sesuai dengan kondisi lingkungan Anda.
  • Pilih lokasi yang tepat untuk menanam pohon pelindung.
  • Siapkan media tanam yang sesuai.
  • Buat lubang tanam yang sesuai dengan ukuran akar pohon pelindung.
  • Masukkan pohon pelindung ke dalam lubang tanam.
  • Tutupi akar pohon pelindung dengan media tanam.
  • Siram pohon pelindung secara teratur.
nah itulah beberapa ulasan saya mengenai pohon pelindung, baik dari segi manfaat, jenis dan cara menanam pohon pelindung, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk para pecinta pohon sekalian.
jika anda mencari pohon pelindung dengan berbagai jenis dan ukuran, kami menjual pohon pelindung dengan harga yang terjangkau. untuk kebutuhan proyek dalam skala besar kami siap melakukan pengiriman hingga ke seluruh indonesia. 

0 Response to "Manfaat Pohon Pelindung dan Jenis-jenisnya Untuk Ruang Terbuka Hijau"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel