-->

Cara membuat Pupuk Organik Cair Untuk Pertumbuhan Daun Dan Batang

Pupuk Organik Cair Dan Manfaatnya.


Pupuk sangat di perlukan oleh tanaman, pupuk yang kaya akan unsur hara dapat membantu tumbuhan menjadi lebih sehat dan tumbuh dengan baik, oleh karena itu sesuai janji saya di postingan sebelumnya dengan judul cara membuat pupuk organik cair kaya fosfor (memicu bunga dan buah) kali ini saya ingin membuat tulisan tentang bagaimana cara membuat pupuk organik cair (POC) yang bagus untuk mempercepat pertumbuhan tanaman khusunya daun dan ranting, pupuk ini merupakan pupuk yang kaya akan kandungan nitrogen.

cara membuat pupuk organik cair untuk pertumbuhan daun dan batang
pupuk organik cair yang siap pakai


memelihara tanaman di kebun ataupun di pekarangan tentu saja menjadi hobi yang sangat menyenangkan atau bahkan bisa memunculkan nilai ekonomis tersndiri, namun sayangnya tumbuhan yang kita pellihara seringkali kurang suur atau bahkan pertumbuhannya lambat, nahh jika kamu mengalami masalah ini maka mungkin kamu harus mencoba membuat pupuk organik cair kaya akan kandungan nitrogen yang bagus untuk pertumbuhan daun dan batang tanaman.

sebenarnya kamu bisa menggunakan pupuk NPK seperti yang di jual di pasaran, namun pupuk ini merupakan pupuk kimia yang akan berbahaya bagi kelangsungan kesehatan tanah jika di  berikan secara terus menerus, NPK sendiri merupakan komposisi pupuk yang berarti N (nitrogen) P (pospor) dan K (kalium), selain itu pupuk NPK di pasaran juga terkadang harganya tidak stabil, kadang naik dan jarang turun hehehe. oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita membuat pupuk organik cair sendiri, selain baik untuk kesehatan tanaman Pupuk organik Cair ini juga bisa dibuat dengan mudah dan menggunakan limbah-limbah peternakan hingga limbah rumah tangga (GRATIS)

banyak jenis unsur hara yang di butuhkan oleh tanaman, misalnya saja 3 unsur tadi yang saya sebutkan di atas namun ada beberapa unsur lain yang di butuhkan oleh tanaman seperti belerang dan unsur lainnya, sebetulnya unsur-unsur ini bisa tanaman dapatkan di tanah yang subur, namun jika kamu memelihara tanaman di pot atau polibag maka tanaman akan terbatas untuk mengakses unsur hara yang ada di tanah, oleh karena itulah diperlukannya pupukkk.

pupuk organik cair yang kaya akan kandungan nitrogen sendiri sangat berguna bagi tanaman khusunya ketika tanaman masi dalam masa pertumbuhan, unsur nitrogen ini sangat di butuhkan oleh tanaman guna membentuk pertumbuhan batang dan daun, jadi ini sangat bermanfaat jika tanaman kalian kurus dan daunnya tidak sehattt, gunakan pupuk nitrogen (pupuk organik cair ) ini untuk membuat tanaman kalian lebih subur dan lebih hijau.

para petani tradisional biasanya mendapatkan unsur nitrogen ini dari pupuk urea, namun belakangan pupuk urea terkadang sulit di dapatkan atau subsidinya telah di cabut, jadi untuk mengakali hal ini tidak ada salahnya untuk menggunakan pupuk Organik cair untuk menggantikan urea tersebut di tambah lagi, tanaman denga label organik lebih sehat dan mahal untuk di jual. dengan mencukupi unsur nitrogen dalam tanah, tumbuhan kalian akan lebih sehat dan gemuk.

jika tanaman kalian sudah cukup subur daun dan batangnya, saran saya kamu harus membaca bagaimana cara membuat pupuk organik Cair kaya Fosfor untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah . dengan begitu pertumbuhan tanaman kamu akan lebih termanfaatkan dan kamu bisa lebih cepat panen hehe silakan simak artikel tersebut, tapi jika kalian masih memiliki tanaman yang berukuran pertumbuhan, lanjutkan dulu membaca artikel ini.

nah, udah cukup yakin bukan kalo bikin pupuk organik cair itu banyak manfaatnyaaa, baca juga keunggulan tanaman organik daripada tanaman dengan pupuk kimia, yuk kita simak bagaimana cara membuat pupuk organik cair untuk pertumbuhan daun dan batang. pastinya caranya mudah dan bisa kamu tiru di rumah.

Bahan Membuat Pupuk Organik Cair Untuk merngsang pertumbuhan daun dan batang :


Air biasa = 20 liter
air kencing kelinci /urine hewan lainnya  = 10 liter
kohe kambing atau bisa juga menggunakan Kotoran hewan lain yg sudah halus = 1/2 karung
daun atau sayuran limbah dapur yang masih hijau  = 1 karung
EM-4 = 1/2 liter, beberapa orang juga bisa mengganti ini dengan yakult.  (bisa dibeli di toko pertanian terdekat)
Gula / molases atau sari tebu  = 1 kg


Cara Membuat pupuk Organik Cair untuk Pertumbuhan daun dan batang tanaman:

cara membuat pupuk organik cair untuk pertumbuhan daun atau pupuk organik cairdengan kandungan nitrogen tinggi ini sangat gampang sebetulnya, kamu cuma hanya perlu mencacah daun hijau atau sisa limbah sayuran rumah tangga yang sudah tidak terpakai lalau  di potong halus supaya mempermudah proses pembuatan pupuk, kemudian tuangkan kotoran hewan dan air kencing kelincilalu campurkan air dan gula kemudian tuangkan EM4 dengan komposisi seperti di atas, nah setelah itu kamu aduk rata hingga semua bahan tercampur lalu bisa menutup tempat penyimpanan pupuk organik tersebut hingga kurang lebih selama 2 minggu, jika pupuk sudah tidak berbau itu tandanya sudah siap untuk di gunakan.

nah setelah dua minggu, selamatt.. kamu mendapatkan pupuk organik cair yang bisa kamu gunakan untuk membuat tanaman kamu lebih sehat dan tumbu dengan cepat, kamu sekarang merupakan bagian dari para petani organik lohh, yeeaaaahhh hehehe, 

jika ingin menggunakan pupuk organik ini ke tanaman yang kamu miliki di kebun, ilmukebun.com menyarankan untuk memberikan pupuk ini dengan dosisi 1 liter pupuk di campur dengan 10 liter air yang kemudian bisa langsung kamu gunakan dengan cara menyiramkannya ke tanah ataupun bisa juga dengan cara menyemprotkannya pada tanaman, gampang sekali kan, kamu gakperlu pusing untuk membeli pupuk urea lagi. sekarang kamu memiliki pabrik pupuk sendiri hehehe.

selamat mencoba, silahkan baca artikel kami yang lain untuk meningkatkan pengetahuan anda tentang perkebunan dan pertanian. ayo hijaukan bumi untuk generasi yang lebih sehat. ilmukebun.com

0 Response to "Cara membuat Pupuk Organik Cair Untuk Pertumbuhan Daun Dan Batang"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel