-->

Sentra Penjual Bibit Pohon Kelengkeng di Cirebon Paling Murah Dan Lengkap

Dimana penjual bibit kelengkekeng di cirebon dengan harga murah dan kualitas pohon yang bagus ? pertanyaan ini beberapa waktu lalau membuat saya akhirnyabegadang semalaman untuk mencari informasi dimana sentr penjualan bibit kelengkeng atau tanaman hias maupun tanaman buah dalam pot di cirebon.

Sentra Penjual Bibit Pohon Kelengkeng di Cirebon Paling Murah Dan Lengkap
pohon kelengkeng sedang berbuah dalam pot


penjual bibit di ciebon sebenarnya sih ada banyak tapi tidak banyak yang bisa saa sarankan, beberapa diantaranya suka mukul harga jadi selangit atau bahkan koleksinya yang kurang bagus (menurut saya pribadi) tapi jika kalian memiliki toko bunga langganan kalian sendiri ya itu juga lebih bagusss, tapi fokus bahasan saya kali ini itu tempat penjualan bibit kelengkeng atau tanaman buah lain di cirebon yang menurut saya cukup lengkap dibidang koleksi tanaman buah dalam pot.

pedagang bibit tanaman buah dalam pot di cirebon atau tabulampot ini banyak di cari oleh penghobi tanaman atau sekedar ingin menanam pohon di kebun yang bisa berbuah. di daerah cirebon sendiri memeiliki iklim yang cukup panas karena di dataran rendah, oleh karena itu masyarakat biasanya paling banyak mencari pohon mangga atau tanaman buah lain yang bisa subur tanpa perduli ketinggian tempat atau suhu udara, seperti mangga dan rambutan, tapi ternyata banyak pohon yang teryata bisa berbuah di dataran rendah loh, salahsatunya adalah kelengkeng.

lalu dimana kita bisa mendapatkan bibit kelengkeng berkualitas baik dan harga murah di cirebon ? sabar dulu sebelum beli bibit kita pelajarin dulu deh apa itu kelengkeng, bagaimana merawatnya agar berbuah lebat dan apa saja jenis kelengkeng yang bagus tumbuh di dataran rendah seperti cirebon. kabupaten cirebon hingga kota cirebon yang dekat dengan pesisir.

cara merawat pohon kelengkeng di dataran rendah

cara merawat pohon kelengkeng ini menurut saya gampang banget, baik itu di dataran rendah atau tinggi , karna pada dasarnya kelengkeng ini merupakan tumbuhan tropis asli indonesia (Salahsatunya) dan merupakan tanaman yang bisa tumbuh dari mulai ketinggian rendah hingga pegunungan. saya punya kenalan yang tinggal di pesisir pantai dan memiliki pohon kelengkeng yang lebat berbuah, juga beberapa kali saya melihat tanaman kelengkeng berbuah lebat di daerah lereng gunung ciremai.
jadi saya pikir persyaratan tumbuh pohon kelengkeng tidak lagi memperdulikan ketinggian, kamu juga bisa menanm pohon kelengkeng di halaman rumah tidak perduli kamu tinggal di daerah mana, terutama daerah cirebon, kelengkeng bisa tumbuh dengan sangat baik, bahkan di daerah palimanan saya pernah mengunjungi kebun kelengkeng besar dengan banyak sekali buah.

merawat pohon kelengkeng ini cukup mudah, kususnya merawat pohon elengkeng di dataran rendah seperti di cirebon, biasanya kelengkeng bisa berbuah baik dan tumbuh subur tanpa perlu perangsang buah atau upaya lain untuk merangsang pembuahan, tanaman kelengkeng ini menyukai daerah yang panas namun tetap memperhatikan kelembapan tanah, biasanya tumbuhan kelengkeng bisa di pupuk secara rutin dalam jangka waktu tertentu untuk memaksimalkan pertumbuhan, namun kelengkeng yang sudah tumbuh di tanah bisa di tinggalkan begitu saja seperti pohon mangga, tanpaperlu di siram ataupun di pupuk.
pohon kelengkeng di daerah panas biasanya memiliki karakteristik tumbuh dengan batang merekah melebar kesamping, ini menandakan tumbuhan kelengkeng telah hidup dengan baik dan sehat, di wilayah cirebon sendiri kelengkeng sangat baik di budidayakan, kalian bisa berkunjung ke beberapa tempat pembibitan kelengkeng yang akan saya sarankan d bawah ini.

jenis- jenis pohon kelengkeng yang bisa tumbuh di dataran rendah seperti cirebon

pertanyaan apakah pohon kelengkeng bisa berbuah di dataran rendah seperti di cirebon bagi saya erupakan pertanyaan yang sudah basi, kelengkeng memiliki beragam jenis dan varietas. menurut pengalaman saya ada beberapa jenis pohon kelengkeng yang sudah saya buktikan dapat tumbuh dengan baik di daerah cirebon atau dataran rendah lainnya, beberapa kelengkeng tersebut yaitu sebagai berikut :

kelengkeng pimpong

kelengkeng pimpong ini dinamai demikian karena ukuran buahnya yang cukup besar seukuran dengan bola pimpong, kelengkeng ini memiliki rasa yang manis dengan daging buah yang tebal, rasa manis kelengkeng ini bahkan bisa di rasakan sebelum kelengkeng ini matang, namun jika kelengkeng pimpong dan semua jenis kelengkeng ini matang daging buah akan cenderung tipis. saya pribadi paling menyukai kelengkeng jenis ini.

kelengkeng new cristal

kelengkeng ini memiliki rasa yang sangat manis, daging tebal dan tidak terlalu berair, namun di beberapa kondisi untuk brbuah lebat, kelengkeng ini memerlukan bosster perangsang buah.
klengkeng diamond river
diamond river adalah salahsatu kelengkeng yang saya tanam di rumah, buah kelengkeng ini sangat melimpah apabila sudah mulai di puncak musim, kelengkeng ini bahkan bisa berbuah sepanjang tahun namun hanya melimpah pada musimnya saja,  ciri kelengkeng ini berdun lebar sedikit memanjang.

klengkeng aroma durian/kelengkeng mata lada

nah, ini kelengkeng yang paling saya suka, selain karena sangat cepat berbuah, kelengkeng mata lada atau kelengkeng durian ini memiliki rasa yang enak, kulit kelengkeng berwarna terang cenderung ke putih, kelengkeng ini memiliki biji yang kecil dengan daging buah yang tebal seperti mata naga, oleh karena itu kelengkeng ini di sebut kelengkeng mata lada, tapi beberapa juga menyebutnya sebagai kelengkeng aroma durian karena wanginya seperti buah durian yang sudah masak.

kelengkeng bonsai

kelengkeng ini sangat populer di tahun 2009 namun sekarang nampaknya sudah mulai sedikit langka, mungkin karena peminatnya berkurang atau perawatannya yang mudah terserang hama kutu putih, saya tidak terlalu paham, namun pohon kelengkeng ini berukuran kerdil dengan daun mirip kelengkeng pimpong tapi sedikit lebih kriting dan ikal, elengkeng ini bisa berbuah bahkan saat masih berukuran di bawah 50cm.

kelengkeng merah

nah yang baru-baru ini populer adalah kelengkeng merah, kelengkeng ini sebenarnya memiliki rasa yang tidak berbeda dengan kelengkeng pada umumnya hanya memiliki daun dan buah yang berwarna merah karena persilangan genetik, kelengkeng ini masih di bandrol dengan harga yang lumayan mahal loh.

masih banyak lagi

selain beberapa jenis kelengkeng yang saya sebutkan di atas, masih banyak lagi farian kelengkeng yang tidak saya sebutkan, misalnya saja kelengkeng itoh, farian lokal, kelengkeng lecy, dan masih banyak lagi, tapi meskipun demikian kelengkeng - kelengkeng yang saya sebutkan tadi bisa berbuah dengan baik kok di wilayah panas dataran rendah seperti di cirebon.

cara cepat membuat kelengkeng berbuah 

jika kalian telah membeli bibit pohon kelengkeng yang di jual oleh petani bibit biasanya beberapa orang tidak sabar untuk membuat bibit kelengkeng tersebut berbuah bahkan di masa usianya masih pertumbuhan, meskipun ada beberapa penjual bibit kelengkeng yang  menjual bibit kelengkeng sudah berbunga bahkan masih di dalam pot.

tapi jika klian membeli bibit yang belum berbuah, jangan khawatir biasanya kelengkeng tidak memerlukan waktu lama untuk berbuah, tidak seperti mangga pohon kelengkeng bahkan sudah siap berbuah bahkan di dalam polibag. pembentukan bunga dan buah ini biasanya terjadi secara aami, namun ada juga cara untuk merangsang munculnya buah pada tanaman kelengkeng, biasanya untuk tujuan tersebut membutuhkan pupuk booster buah kelengkeng yang di jua di pasaran, namun jika kalian tidak ingin menggunakan pupuk kimia ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk membuat pohon kelengkeng berbuah, misalnya saja dengan cara sebagai berikut. 

mengerat pohon kelengkeng

mengerat pohon kelengkeng biasanya ampuh untuk merangsang proses pembuahan, biasanya tanaman kelengkeng di kerok kulit luarnya tapi jangan sampai kulit benar2 terkelupas karena akan membuat pohon kelengkeng anda mati, atau bisa juga dengan cara mengerat pohon kelengkeng dengan cara mengikatnya dengan kawat, seiring berjalannya waktu pohon akan terkerat hal ini akan membuat kelengkeng menjadi berbuah, banyak para penghobi tabuampot di dataran rendah seperti di cirebon yang telah mempraktikan cara ini untuk memicu tumbuhnya buah pada tanaman kelengkeng.

pemberian pupuk organik.

nah cara ini lebih aman dan tidak extreeme namun caranya harus di perhatikan dan dengan timing yang pas agar tanaman benar-benar berbuah dan bukannya malah mengeluarkan daun yang masih muda.  penggunaan pupuk organik untuk merangsang tumbuhnya buah biasanya membutuhkan cangka waktu satu bulan sebelum akhirnya tanaman kelengkeng menjadi berbuah, nah pertanyaannya adalah darimana membeli pupuk organik tersebut, tenang saja untuk pertanyaan ini saya sudah menyiapkan artikel tentang bagaimana cara membuat pupuk organik yang kaya akan kandungan fospor untuk merangsang munculnya bunga dan buah pada tanaman, silahkan simak artikel tersebut.
tapi, jika kalian menginginkan cara yang alaami itu tidak masalah, karena pohon kelengkeng pasti bisa berbuah di datarn rendah seperti cirebon. tidak percaya? silahkan tanam sendiri dan rasakan hasilnya.

penjual pohon kelengkeng di cirebon

jika sudah yakin bahwa pohon kelengkeng di cirebon dapat berbuah dengan baik, saya akan merekomendasikan atau memberi informasi di mana kamu bisa mendapatkan bibit kelengkeng dengan kualitas baik dan harga yang murah di cirebon. penasaran dimana ??

1. majalengka

bukan menjadi rahasia lagi bahwa banyak pembibitan tanaman yang di lakukan di daerah majalengka, mulai dari tanaman mangga, jeruk, duren hingga kelengkeng, pembibitan tanaman ini tentu saja memiliki keunggulan dariada kita membeli di daerah kota seperti di cirebon, keunggulanya adalah lebih banyak pilihan dan harga petani. tapi jika membeli bibit pohon kelengkeng di majalengka di rasa terlalu jauh, maka pilihannya adalah kamu bisa membeli di daerah cirebon misalnya saja di bawah ini :

2. Lereng ciremai Nursery

salahsatu penjual bibit pohon buah terbaik di cirebon menurut saya adalah lereng ciremai nursery, ditempat ini pedagang bibit menyediakan berbagai macam bibit tanaman khusunya kelengkeng, karena mereka selain menyediakan bibit dari petani juga membuat bibit mereka sendiri melalui metode cangkok dan sambungsusu juga grafting. jika berkunjung ke lerengciremai nursery kalian bisa juga belajar bagaimana cara mencangkok atau melakukan grafting dengan melihat beberapa pohon kelengkeng mereka.

lereng ciremai nursery terletak di kabupaten cirebon, tepatnya di Kecamatan tengahtani (Barat Kedawung) Ds Gesik, Blok Kaum, jl Kiageng tapa, jika saya tidak salah, untuk informasi tambahan lereng ciremai nursery juga menyediakan berbagai macam bibit tanaman, jika stok sedang kosong jangan khawatir karna kalian bisa melakukan pemesanan, pohon buah, pohon kayu, sampai dengan berbagai macam tanaman obat atau bahan tanaman langka bisa di pesan di sini.  informasi kontak ketersediaan bibit bisa kalian hubungi di 089639346119 (biasanya sih pengalaman saya nomer ini hanya aktif di wa)

3. Pasar Plered

pedagang bibit tanaman buah selanjutnya adalah terletak di daerah plered, tepatnya di pasar plered yang berlokasi di terminal plered , timur ramayana plered, disana banyak menyediakan tanaman hias dengan penyuuhan ala kakilima . namun beberapa kali saya kunjungi tidak semua pedagang di sana memiliki pohon kelengkeng untuk di jual, jika anda ragu2 dan lebih suka membeli dengan banyak pilihan pohon, saya sarankan untuk datang ke lereng ciremai nursery, tapi jika kalian ingin cuci mata dan memiliki waktu luang lebih kalian bisa mengunjungi pedagang tanaman di daerah pasar plered ini.

4. Pedagang tanaman hias terdekat

selain dua tempat yang saya sebutkan di atas, kalian juga mungkin bisa mendapatkan bibit pohon kelengkeng dengan kualitas baik di pedagang tanaman hias terdekat. misalnya saja, daerah pasar pagi, kedawung, megu. dan seterusnya, ada banyak pilihan toko pedagang tanaman hias di cirebon kamu hanya perlu memilih di toko langganan kamu.

daftar harga pohon lengkeng di cirebon

untuk harga pohon kelengkeng yang di jual di daerah cirebon, biasanya di jual dengan patokan ukuran polibag, tinggi pohon dan jenis pohon kelengkeng yang di jual, itu artinya tanaman kelengkeng tidak memiliki harga patokan yang pas, tapi pengalaman saya berkunjung ke beberapa pedagang tanaman hias dan tanaman buah, harga kelengkeng termurah saya dapatkan di lereng ciremai nursery, pedagang kelengkeng yang berada di tengah tani cirebon, untuk harga termurah yang pernah saya dapatkan adalah 25 rb dan harga termahal di nursery tersebut adalah 500 ribu dengan tinggi pohon yang sudah lebih tinggi dari orang dewasa, biasanya rata2 pohon kelengkeng di tempat itu di jual di bawah 100Rb. (tergantung ukuran) saya juga pernah membeli pohon kelengkeng dengan tinggi sekitar dada orang dewasa dan dalam kondisi berbunga lebat dengan harga 70.000 di nursery tersebut.

tanaman buah yang bagus hidup di dataran rendah seperti cirebon

selain tanaman kelengkeng, informasi cuplikan yang mungkin akan saya kembangkan di artikel berikutnya adalah tentang daftar tanaman buah yang bisa hidup baik dan berbuah di dataran rendah seperti cirebon yatu, misalnya saja tanaman rambutan, mangga, duren dengan jenis tertentu, cempedak, nangka, dewandaru. kelengkeng, sawo dan masih banyak lagi. nanti akan saya uraikan lebih jelas dalam artikel selanjutnya, selamat berkebun.
jika kamu sudah memiliki pohon kelengkeng dan berminat untuk membudidayakan pohon kelengkeng, kamu juga bisa membaca artikel tentang bagaimana cara mencangkok kelengkeng dengan mudah untuk pemula.

alamat penjual bibit tanaman di cirebon

JL. Kiageng tpa. Ds Gesik, Kecamatan Tengah Tani Kabupaten Cirebon, Lerengciremai Nursery (sudira) menyediakan berbagai macama bibit tanaman buah khusunya tanaman buah kelengkeng. informasi kontak dan pemesanan 089639346119

0 Response to "Sentra Penjual Bibit Pohon Kelengkeng di Cirebon Paling Murah Dan Lengkap"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel