-->

Cara Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Untuk merangsang Buah, Kaya unsur Kalium

Pupuk Organik Cair Kaya kandungan Kalium sangat bagus untuk membantu kesuburan tanaman, melihat tanaman yang subur dan sehat di kebun akan membuat hati kita menjadi lebih bahagia dan menyenangkan, untuk membuat tanaman kita lebih sehat, saya sarankan untuk menggunakan pupuk organik yang bisa kita buat dengan bahan-bahan yang tersedia di sekitar kita, yuk simak artikel ini.

Cara membuat pupuk organik cair untuk merangsang buah


semua jenis tanaman pada dasarnya membutuhkan unsur hara makro yang biasanya sudah di sediakan tanah yang subur, namun dalam beberapa kondisi tanah yang telah terpakai atau sudah berkurang kesuburannya kita harus menambahkn unsur hara dalam bentuk pupuk.  lalu tahukah kamu unsur hara apa saja yang di butuhkan oleh tanaman ?

unsur hara yang di butuhkan tanaman tidak lain adalah diantaranya Nitrogen, Pospor Dan Kalium, Biasanya para petani mendapatkan unsur tersebut dari pupuk NPK. nah berbagai macam unsur tersebut tentu saja memiliki fungsi nya masing masing, misalnya saja untuk pertumbuhan daun dan batang, untuk merangsang buah hingga untuk ketahanan tanaman terhadap kekeringan dan serangan hama, kali ini melalui artikel ini saya akan membuat artikel mengenai cara membuat pupuk organik cair yang kaya akan unsur kalium (k). unsur ini sangat bermanfaatuntuk tanaman diantara manfaatnya adalah sebagai berikut :

Manfaat Pupuk Organik Kaya Unsur Kalium.


Membantu proses pembentukan protein, karbohidrat dan gula dalam tanaman.


tanaman menyerap unsur hara untuk makanan yang berguna bagi pertumbuhan tanaman, diantaranya akan di proses menjadi protein karbo hidrat dan zat lainnya yang baik untuk tumbuh kembang makanan. tanpa unsur kalium ini tanaman akan kesulitan untuk mengubah zat hara menjadi zat yang saya sebutkan di atas. artinya ketika tanaman membentuk zat gula berarti tanaman sedang membentuk buah, dengan kata lain pupuk kalium ini juga sangat baik untuk meragsang tumbuhnya buah.
Kalium pun berperan dalam memperkuat tubuh tanaman agar daun, bunga, dan buah tidak mudah gugur.

beberapa kawan petani saya sering bercerita bahwa pupuk organik kaya akan kalium ini seringkali menolong tanaman yang layu akibat kekeringan, setelah pemberian pupuk organik cair kaya akan kandungan kalium tanaman menjadi lebih tahan terhadap kondisi cuaca ataupun serangan penyakit.

Membantu pengankutan gula dari daun ke buah atau umbi


seperti yang saya katakan sebelumnya jika unsur kalium sangat bermanfaat untuk merangsang tumbuhnya buah, ini di sebabkan karena unsur kalium dapat memicu peredaran gula dengan baik pada tanaman, sehingga rasa buah menjadi lebih manis dan enak di santap, waaaaahhh hebat yah.

sumber kekuatan bagi tanaman dalam menghadapi kekeringan dan serangan penyakit.


pada musim kemarau  kalium sangat bermanfaat untuk mempertahankan tanaman dari minimnya pasokan air, unsur kalium dalam tanaman akan membantu proses pertahanan dan pemanfaatan sumber daya tanah termasuk air yang minim mnjadi lebih termanfaatkan dengan baik bagi tanaman.

pentingnya unsur kalium ini biasanya di dapatkan petani melalui pemberian pupuk npk, atau menggunakan pupuk jenis lain yang memiliki kanungan kalium tinggi, namun berbarengan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan modernisasi belakangan ini di ketaui bahwa pemberian pupuk kimia tidak terlalu bagus untuk kesehatan tanaman, oleh karena itu konsumen cerdas cenderung lebih slektif memberikan pupuk atau menyemprotkan pestisida terhadap tanaman.

oleh karena itu alangkah lebih baiknya jika kita mulai beralih dari pupuk kimia kepada pupuk organik yang banyak memiliki manfaat dan ramah lingkungan. selain sehat pupuk organik juga pada umumnya terbuat dari bahan- bahan limbah seperti kotoran hewan dan sampah rumah tangga, jadi selain sehat pupuk ini sangat ramah lingkungan.

selain pupuk organik yang kaya unsur kalium, saya juga menulis beberapa artikel tentang pupuk organik yang kaya kandungan fosfor dan nitrogen, silahkan simak artikel berikut ini : cara membuat pupuk organik kaya kandungan fosfor dan cara membuat pupuk organik kaya akan kandungn nitrogen, jika sudah di baca, silahkan lanjutkan membaca cara membuat pupuk organik kaya kandungan kalium di bawah ini.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Kaya Kalium Untuk Merangsang Buah.
udah penasaran kan gimana caranya bikin pupuk organik kaya akan unsur kalium, jadi langsung aja simak bahan-bahannya di bawah ini.

Bahan-Bahan Membuat Pupuk Organik Cair Kaya Kalium :


Sabut Kelapa cincang               : 10 kg
EM4/ diganti yakult                          : 1 liter
Gula / molases/saritebu             : 1 kg
Air  biasa                              : 30 liter

Cara Membuat pupuk Organik Cair Kaya Kalium :


cacah serabut kelapa hingga menjadi halus, jika tidak memiliki serabut kelapa kamu juga bisa menggunakan bahan alternatif seperti cocopeat karna cocopeat juga terbuat dari serabut kelapa. lalu masukan gula cair 1kg kedalam cacahan erabut kelapa tersebut dan tuangkan air sebanyak 30 liter, kemudian masukan EM4 sebanyak 1 liter,  campuran bahan tersebut lalu kamu aduk hingga merata dan simpan di tempat yang aman.

anjuran penyimpanana : 

simpan campuran bahan POC ini kedalam tempat yang tertutup rapat, usahakan menggunakan wadah yang bisa di tutup dengan sangat rapat karena pembuatan pupuk organik ini menggunakan sistem Anaerob atau sampai dengan udara terkurung dan tidak ada udara luar yang masuk, simpan hingga 2 minggu sampai pupuk bisa di gunakan langsung pada tanaman.

setelah 2 minggu biasanya pupuk sudah bisa di gunakan dengan sempurna, cara menggunakan yang dianjurkan adalah dengan cara mencampur 1 liter pupuk organik cair dengan 10 liter air. kamu bisa menggunakan alat semprot untuk di semprotkan di daun dan batang, atau bisa juga menggunakan alat siram untuk langsung di siramkan ke tanah tanaman tersebut, tunggu hasilnya .

nah itudia sedikit artikel panduan membuat pupuk organik cair yang kaya akan unsur kalium, kalian bisa langsung mempraktikannya di tanaman kalian untuk menikmati hasil kebun yang organik dan lebih sehat. jika kalian yertarik dengan tanaman buah dalam pot khusunya kelengkeng, kalian juga bisa membaca artikel cara mencangkok tanaman kelengkeng untuk pemula pasti berhasil.
selamat berkebun dan semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Untuk merangsang Buah, Kaya unsur Kalium"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel