-->

mengenal sutra bombai varigata / Moss Rose portulaca hana misteria - pilosa CV

Portulaca atau bisa orang indonesia menyebutnya dengan bunga krokot, sutra bombai, dan bahkan bunga pukul sembilan karean bunga ini akan mekar dengan sempurna pada pukul sembilan pagi merupakan jenis tanaman hias yang banyak di minati oleh masyarakat, tanaman hias sutra bombai ini selain cantik juga memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi loh, selain itu ada jenis yang unik dan masih langka untuk saat ini yaitu portulaca hanna misteria /portulaca pilosa Cv, tapi bagi saya gampangnya menyebut jenis ini sebagai sutra bombai varigata.

mengenal sutra bombai varigata / Moss Rose portulaca hana misteria - pilosa CV
Portulaca hanna misteria

tulisan ini saya buat hanya untuk curhat saja, menambah kesemrawutan dan kesesakan tulisan tidak penting di sosial media dan dunia internet, mengapa demikian ? karna saya membuat tulisan ini hanya sebagai media curhat karena beberapa waktu lalu saya mencari tulisan atau referensi mengenai portulaca atau sutra bombai varigata ini namun tidak kunjung menemukan hasil kecuali iklan penjualan sutra bombai atau penual portulaca hanna misteria, oleh karena itu berdasarkan pengalaman selama beberapa waktu yang singkat mengurus sutrabombai varigata ini, saya ingin membaginya dalam bentuk tulisan supaya bisa di bagi oleh teman-teman sekalian.

mengenal portulaca hana misteria atau sutra bombai varigata.

portulaca merupakan tanaman sukulent berbunga yang masuk dalam jenis kelurga tanaman hias krokot, saya juga baru tau barusan loh kalo tanaman ini masuk jenis tanaman suculent hehe, yang jelas tanamn ini menurut banyak referensi berasal dari dataran amerika dan sudah tersebar ke hampir seluruh dunia, meskipun kita tahu bahwa di indonesia sendiri sebetulnya juga memiliki beberapa jenis krokot atau sutra bombai lokal yang biasa di temui di ladang atau pematang sawah, biasanya tanaman krokot ini di manfaatkan masyarakat untuk di jadikan sayuran atau sekedar pakan ternak karna bunganya sangat kecil dan tidak mencolok, ini berbeda dengan portulaca yang berasal dari amerika yang memiliki keindahan bunganya yang menawan dan beraneka ragam.

tanaman sutra bombai atau krokot atau bunga pukul sembilan ini memiliki banyak jenis yang beragam, mulai dari yang berentuk seperti bunga mawar (asal mula penyebutan moss rose yang artinya mwar tanah atau rumput mawar) hingga yang memilik jambul dan dengan warna maupun motif beraneka ragam, tanaman krokot atau sutra bombai ini juga terbagi menjadi beberapa jenis loh, masing- masing memiliki bentuk dau yang berbeda, ada yang runcing dan ada yang membulat seperti telur, namun meskipun demikian baik yang daun runcing maupun membulat memiliki kesamaan karakter dan habitat tumbuh, tapi ada juga penghobi yang bilang jika krokot berdaun runcing lebih gampang di urus daripada sutra bombai yang memiliki daun membulat. nah selain  kedua jenis mencolok ini, ada satu jenis tanamn moss rose yang mencolok perhatian saya beberapa waktu lalu karena selain bunganya yang indah sutra bombai ini memiliki daun yang sangat unik dan bercorak indah yaitu putih bercampur hijau kemerahan atau bahkan pink. jenis ini di sebut varigata.

sutra bombai varigata ini ternyata memiliki nama portulaca hanna misteria, portulaca merupakan nama lain dari tanaman sutra bombai sedangkan hanna misteria merupakan jenis dari krokot varigata ini, untuk lebih jelas silahkan simak foto di bawah ini.

Mengenal portulaca hanna misteria atau sutra bombai varigata


jika kalian bingung mengenai pengertian varigata, kurang lebih pengertiannya adalah tanaman yang memiliki lebih dari satu warna di bagian tubuhnya sebagai kelainan genetik, biasnay tanaman varigata ini berwarna putih di sebagain sisi daun atau batangnya yang membuatnya terlihat berbeda dengan jenisnya pada umumnya, tanaman varigata ini alih-alih terlihat jelek, bagi penghobi tanaman hias justru menjadi keindahan tersendiri, banyak sekali jenis tanaman yang memiliki jenis varigata ini salahsatunya adalah jeruk, beringin, waru, anting putri dan masih banyak lagi, selengkapnya akan saya bahas pada tulisan yang berbeda biar lebih fokus bahasnya, sekarang yuk kita balik lagi ke portulaca atau si sutra bombai varigata ini.

portulaca hanna misteria merupakan salahsatu tumbuhan yang di sebut varigata tersebut,  sutra bombai hanna misteria ini memiliki keunikan yang sangat mencolok, meskipun bunganya tidak terlalu cantik karna masuk dalam keluarga portulaca pilosa Cv yang memiliki kelopak bunga selapis berbeda dengan beberapa jenis portulaca lain yang bahkan memiliki kelopak bunga berlapis -lapis hingga terlihat seperti mawar tumpuk. tapi memang bagi saya keindahan portulaca hanna misteria ini bukan dari bunganya melainkan daunnya yang memiliki paduan warna pink, putih dan hijau, selain itu batang tanaman sutra bombai hanna misteria ini memilik warna pink menyala keunguan, jadi sangat cantik untuk kaum hawa yang menyukai jenis warna yang lembut.

cara merawat bunga sutra bombai portulaca hanna misteria.

cara mewarat portulaca hannna misteria ini sangat mudah, jik kalian sudah terbiasa merawat sutra bombai atau tanaman krokot maka perawatan dari si moss rose varigata ini sangat mudah seperti merawat sutra bombai pada umumnya. nah tapi jika kamu yang masih belum berpengalaman, saya sarankan untuk mempelajari terlebih dahulu cara merawat sutra bombai di artikel ini : cara merawat sutra bombai dengan mudah,  pada dasarnya merawat sutra bombai ini sangat gampang, kamu hanya perlu menyiram dan memupuk pada waktunya, atau bahkan tidak di pupuk sekalipun tanaman sutra bombai masih bisa tumbuh dengan baik. selain itu tanaman sutra bombai ini sangat menyukai cahaya matahari, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik jika di letakan di bawah sinar matahari langsung  dengan intensitas cahaya tinggi, baik di dataran rendah ataupun pegunungan, namun sayangnya sutra bombai membutuhkan perawatan khusu pada waktu-waktu tertentuu misalnya saja replant dan penanganan hama. eh balik lagi yuk ke bahasan hanna misteria.

singkat cerita saya jatuh hati dengan moss rose jenis ini dan memutuskan untuk membelinya secara online karna bunga ini masih cukup jarang di pedagang tanaman hias, portulaca hanna misteria ini  memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan sutra bombai jenis lain, saya sendiri meras harga yang di tawarkan seapadan dengan keindahannya, disamping itu bisa juga di pake pemer dengan pecinta sutra bombai lain karena memang jenis ini masih trgolong jarang dan langka.

setibanya paket portulaca ini di rumah saya gak tahan buat gak motong beberapa rantingnya buat langsung di setek (percobaan) kamu juga bisa baca caranya budidaya bunga sutra bombai di artikel ini. setelah memotong beberapa ranting (karna yang saya beli bukan setekan tapi pohon utuh) saya rada kaget dikit sih ternyata mungkin penjual si hanna misteri ini melakukan perbanyakan dengan teknik stek dengan gabus/ busa khusu stek, akhirnya saya penasaran dan langsung searching dong, ternyata namanya floral foam. karna gak punya busa tersebut, akhirnya saya stek portulaca hanna misteria dengan cara tradisional, langsung tancep ke media tanam dan tunggu beberapa waktu pasrah pada takdir tanpa bantuan ZPT atau bawang karna saya emang niat buat experiment.

untuk media tanam saya menggunakan campuran sekam bakar, tanah liat dan pupuk kandang dengan takaran sesukanya, tapi saran saya jangan ikuti cara saya jika kalian kurang paham dengan sifat media tanah hehe, jadi bisa kalian gunakan dengan komposisi sekam 2 ember, tanah satu ember dan pupuk kandang setengah ember sudah cukup, atau mungkin kamu juga bisa menggunakan pupuk organik, silahkan baca cara membuat pupuk organik cair.

setelah beberapa hari ternyata portulaca hanna misteria ini berhasil aya stek dan emang terlihat beberapa peredaan misalnya saja pertumbuhannya yang lebih lambat daripada portulaca jenis lain.
meskipun demikian portulaca hanna misteria tetap menjadi salahsatu koleksi sutra bombai saya yang paling mencolok berkat keindahan daunnya, apalagi jika di gantung atau di biarkan tumbuh menutui tanah. 

nah itudia sedikit cerita saya mengenai tanaman  sutra bombai hanna misteria, sebetulnya tidak begitu bermanfaaat tapi mungkin sedikit membantu rasa penasaran anda, selamat berkebun dan mari kita hijaukan bumi ini.

2 Responses to "mengenal sutra bombai varigata / Moss Rose portulaca hana misteria - pilosa CV"

  1. Terima kasih sudah berbagi pengalaman..🙏

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah Punya saya langsung tak tancapkan tanah...langsung hidup

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel