-->

Jenis-Jenis Tanaman Krokot /Sutra Bombai Paling Populer Di Indonesia

Tanaman krokot atau tanaman yang memiliki 1001 nama ini memang sulit untuk di abaikan begitu saja karna keindahannya, mengapa saya katakan tanaman ini memiki 1001 nama karna tanaman ini juga di sebut sebagai tanaman sutra bombai, bunga pukul 9, cakrak cakrik, bunga rose jepang. mawar tanah (moss rose) atau masih banyak lagi. saya sendiri sampai bingung untuk menentukan kata kunci yang tepat untuk bunga yang canti berwarna warni ini.

Jenis-Jenis Tanaman Krokot /Sutra Bombai Paling Populer Di Indonesia


sebetulnya tanaman krokot atau sutra bombai ini telah menjadi tanaman sayur di indonesia sejak lama namun hanya terbatas untuk jenis tertentu, misalnya saja krokot sayur, namun untuk bunga sutra bombai yang cantik biasanya banyak di jadikan tanaman hias saja dan tidak di makan.

tanaman mawar tanah atau sutra bombi ini telah tersebar di berbagai wilayah di dunia termasuk indonesia, meskipun pada awalnya tanaman ini berasal dari dataran amerika dan termasuk dalam keluarga succulent, dengan nama ilmiah Portulaca. tanaman sutra bombai umumnya menjadi tanaman hias di pekarangan yang sangat menyukai sinar matahari, tanaman ini kuat di jemur seharian di bawah sinar matahari terik, namun sayangnya bunganya yang indah ini tidak bisa bertahan lama, umumnya bunga sutra bombai akan mekar pada pukul 9 pagi dan akan mulai layu atau kuncum menjelang sore hari. tapi tidak perlu khawatir karna ke esokan hainya bunga baru akan siap bermekaran terus menerus tanpa henti, itulah yang membuat tanaman krokot ini menjadi sangat indah saat pagi hari.

bagi saya pribadi  tanaman sutra bombai atau krokot ini sangat indah, saya sendiri telah menanm puluhan jenis tanaman krokot di pekarangan rumah saya dan selalu menjadi magnet perhatian tetangga maupun orang lewat untuk memperhatikan cantiknya tanaman ini.

akan tetapi tahukah kalian jika ternyata ada banyak sekali jenis tanaman sutra bombai ini di belahan dunia dan indonesia, beberapa diantaranya di jadikan tanaman obat dan sebagian lagi sangat di gemari sebagai tanaman hias, yuk simak  jenis-jenis tanaman sutra bombai paling populer di indonesia.

jenis-jenis tanaman krokot / sutra bombai paling populer di indonesia.

nah mungkin beberapa jenis tanaman krokot ini juga kalian miliki di halaman rumah kalian, jika masih belum lengkap silahkan koleksi lebih banyak lagi tanaman krokot yah agar halaman menjadi lebih indah, yuk simak di bawah ini jenis jenis bunga krokot paling populer di indonesia.

Bunga krokot tumpuk

krokot tumpuk atau sutra bombai tumpuk in mungkin sudah tidak asing lagi para pecinta tanaman bunga pukul 9, tanaman krokot tumpuk ini memiliki ciri khas berupa bentuk kelopak bunganya yang cantik bertumpuk seperti bunga mawar.

selain itu tanaman krokot tumpuk juga sangat mudah di rawat, tanaman krokot tumpuk ini umumnya memilki daun berbentuk runcing dan tanaman yang merambat kesamping seperti karpet. tanaman krokot tumpuk banyak di gemari karna selain bentuk bunyanya yang seperti bunga mawar, krokot tumpuk juga sangat mudah di kembang biakan dan di rawat oleh pemula. tanaman krokot tumpuk ini tidak akan absen berbunga jika di rawat dengan baik.

ada lebih dari 20 warna yang berbeda tanaman krokot tumpuk mulai dari warna putiih hingga warna tang beraneka macam, misalnya saja kuning merah, ungu dan oranye.

Bunga krokot bicolor tumpuk

masih membicarakan tanaman krokot tumpuk dengan ciri-ciri tanaman yang sama seperti yang saya sebutkan di atas, yaitu berkelopak berlapis, berdaun runcing dan tumbuh mengarpet tanaman krokot ini juga memilki farian warna yang unik.

farian warna unik ini di sebut bi color atau memilki warna ganda, misalnya saja kolaborasi antara putih dan ungu atau merah dan kuning, tanaman kokot tumpuk ini di sebut dengan sutra bombai bicolor. biasanya warna ini banyak di gemari oleh pecinta tanaman sutra bombai karna kecantikan warnannya yang menyerupai batik, tidak heran tanaman krokot atau sutrabombai jenis bicolor ini juga sering di sebut dengan krokot batik.

krokot selapis

nah, setelah membahas sutrabombai dengan kelopak bunga seperti mawar, kita beralih ke sutrabombai yang memiliki bentuk  bunga hanya selapis, bunga ini mirip dengan bunga tanaman vinca atau tanaman tapak dara, namun hanya saja bentuknya tidak horizontal, melainkan seperti mangkuk.

tanaman sutra bombai selapis ini memilki bentuk daun dan pohon yang berbeda dengan krokot tumpuk, tanamaman sutra bombai selapis ini memilki daun membulat seperti telur dan batang yang tegak lurus kemudian merunduk jika sudah mencapai tinggi tertentu dan semakin rimbun karna batangnya yang lunak tidak mampu menopak tumbuhnya sendiri, namun kamu tidak perlu khawatir karna setelah merunduk tanaman yang menyentuh tanah akan berakar dan menjadi tanaman baru, wooow, keren bukan ?

namun jika kamu menginginkn tanaman sutra bombai kamu lebih rapih, kamu juga bisa memangkas /pruning sutra bombai kamu dengan teratur, misalnya saja 2 minggu sekali atau setiap kali tanaman sudah tidak terlihat cantik, rutin memotong tanaman ini akan embuat tanaman menjadi lebih indah dan lebat. namun jika kalian tidak memotong tanaman ini, itu juga tidak masalah pohon sutra bombai kalian akan memiliki lebih banyak bunga yang bermekaran di pagi hari, ini semua kemudian menjadi pilihan anda, untuk tetap membiarkan tanaman ini atau memotongnya.

krokot duna

krokot una masih berkerabat dekat dengan krokot selapis, tanaman sutrabombai jenis/seri duna ini sangat mencolok dengan warna kelopak bunganya yang biasanya memiliki motif garis atau corak tertentu, tanaman sutra bobai seri duna sejatinya sama dengan krokot selapis namun hanya bunganya saja yang membedakan.

portulaca seri duna ini banyak diminati penghobi tanaman krokot karna jika mekar warnanya yang memiliki corak garis membuat bunga terlihat lebih semarak dibandingkan dengan sutrabombai selapis yang monoton.

krokot jambul

pecinta bunga sutra bombai pasti tidak asing dengan jenis jambul, beberapa menyebutnya dengan jenis fairy tail, penyebutan nama krokot jambul ini dikarenakan tanaman krokot ini memiliki benang sari yang panjang di tengah kelopak bunganya, sehingga terlihat sama seperti jambul, banyak peminat jenis krokot ini karna masih jarang dan unik, krokot jambul sendiri banyak di sukai karna memiliki farian warna yang beraneka ragam dan bentuk bunga yang unik, bagaimana ? tertarik membudidayakan krokot jenis ini ? krokot jambul juga masih memiliki harga yang mahal loh, krokot ini di bandrol dengn harga yang lebih tinggi daripada jenis krokot lainnya.

krokot varigata

pernah dengar nama krokot portulaca hanna misteria?, krokot jenis ini termasuk dalam krokot varigata, warna daunnya yang unik antara kombinasi hijau putih dan ungu menjadi daya tarik tersendiri jenis krokot yang masih langka ini.

karna krokot ini masih langka, hanna misteria masih di bandrol dengan harga yang cukup mahal. biasanya untuk satu polibag krokot /sutra bombai varigata ini masih di bandrol dengan kisaran harga 20-50 ribu rupiah, ini sangat jauh di bandingkan dengan krokot biasa yang di bandrol dengan harga 2000-10.000 rupiah perpolibag, selain itu penjual sutra bombai varigata ini masih sangat jarang di temui untuk saat ini ketika tulisan ini di tulis. saya sendiri memiliki koleksi hanna misteria ini di dapat dari seorang teman dari bandung.(curhat) perawatan dari portulaca hanna misteria ini sebetulnya secara garis besar sama dengan krokot biasa hanya saja bisa di bilang sedikit lebih butuh perhatian karna menurut pengamatan saya jenis ini lebih gampang terserang penyakit. baca juga : Hama pada tanaman krokot atau sutra bombai.

jika kamu tertarik membaca lebih banyak tentang sutrabombai varigata ini, kamu bisa membaca artikel saya yang lain dengan judul Mengenal sutra bombai varigata, hanna misteria.

krokot giant

sutra bombai giant mungkin merupakan tanaman krokot yang paling banyak di gemari belakangan ini, khusunya untuk kalangan pemula penyuka tanaman ini, karna selain warnanya yang indah berkelopak besar (lebih besar dari kelopak bunga krokot /sutra bombai yang lainnya, tanman sutra bombai giant ini juga mudah di dapatkan di toko penjua tanaman hias.

saya sendiri mengoleksi beberapa jenis krokot giant ini, menurut saya pribadi krokot giant ini sangat mudah peawatannya, bahkan krokot giant ini sangat mudah di rawat, cuma tinggal menambahkan pupuk secara rutin dan sering di pruning, krokot giant ini akan tumbuh dengan canti dan lebat. jika kamu bingung menggunakan pupuk yang apa yang baik, saya sarankan untuk membuat pupuk organik cair, kalian bisa membaca artikel cara membuat pupuk organik cair (POC) disini.

nah itu dia beberapa jenis tanaman krokot atau sutra bombai paling populer di indonesia, untuk merwat tanaman krokot sebenarnya dapat di lakukan dengan sangat mudah, untuk mengetahui bagaimana cara merawat tanaman portulaca ini agar tetap sehat dan rajin berbunga silahkan baca artikel kami tentang Cara merawat tanaman Krokot agar sehat dan rajin berbunga, sampai jumpa di artikel berikutnya.

0 Response to "Jenis-Jenis Tanaman Krokot /Sutra Bombai Paling Populer Di Indonesia"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel