-->

10 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk yang Paling Ampuh, mudah tumbuh di indonesia

mengusir nyamuk pada umumnya menggunakan bahan kimia, obat2 an yang tidak ramah kesehatan baik dengan cara di semprot di oles atau di bakar. sebelumnya saya juga tidak punya pilihan lain untuk menggunakan metode pengusir nyamuk seperti ini karna selain gigitan nyamuk yang membuat gatal nyamuk juga bisa menjadi perantara penyakit yang tidak baik untuk kesehatan manusia.

10 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk yang Paling Ampuh, mudah tumbuh di indonesia


belakangan sya mulai penasaran bagaimana cara mengusir nyamuk tanpa menggnakan bahan kimia, dan akhirnya saya menemukan solusi untuk mengusir nyamuk dengan tumbuh-tumbuhan. aroma khas  yang di keluarkan oleh beberapa jenis tanaman ternyata bisa mengusir nyamuk loh, meskipun sudah mengetahui fakta ini dari sejak lama namun baru ada kesempatan saya benar-benar merawat beberapa tanaman pengusir nyamuk dan merasakan sendiri manfaatnya.

jika kita perhatikan beberapa obat nyamuk juga menggunakan aroma yang sama dengan yang di keluarkan oleh beberapa jenis tumbuhan ini untuk mengusir nyamuk loh, tidak percaya ? coba belilah obat nyamuk dan bac, rata-rata obat nyamuk tersebut beraroma wangi, dan menggunakan aroma tiruan dari beberapa jenis tanaman atau bunga-bunga an.  namun meskipun demikianmenananm tumbuhan pengusir nyamuk secara langsung akan lebih sehat untuk lingkungan dan keluarga anda daripada harus menggunakan obat nyamuk setia hari yang enggunakan zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga : Cara membuat pupuk Cair Organik

1. Serai wangi   

tanaman serai seringkali kita jumpai sebagai tanaman sempah-rempah, namun siapa yang sangka jika tanaman yang satu ini ternyata memiliki khasiat lain selain sebagai bumbu masakan ataupun obat herbal dan penyedap rasa minuman, serei khusunya yang berbau wangi bisa di jadikan sebagai tanaman pengusir nyamuk lohhh.

dengan khasiat dan kegunaannya yang beragam, uniknya tanaman serai ini bisa di tanam di berbagai iklim di indonesia tanpa terkecuali, meskipun tanaman serai ini menyukai tanah dengan kelembaban yang cukup tinggi namun serai ini juga bisa hidup sehat dengan tanah yang sedikit kering.
serai sendiri sebenarnya memiliki bentuk tanaman seperti semak alang-alang membulat, tentu saja tanaman ini akan sedikit merepotkan jika di tanam di dalam ruangan, solusinya adalah kamu bisa menanam tanaman sere atau serai ini di bawah jendela untuk menghalau nyamuk masuk ke dalam rumah, namun selain dengan cara ini kamu juga bisa menggunakan tanaman serai ini dengan cara memukul batang serai hingga keluar air dan aromanya lalu meletakannya di dalam ruangan yang terdapat banyak nyamuk, maka nyamuk akan merasa tidak nyaman dan pergi dari ruangan tersebut.                                               

2. Lemon balm

meskipun namanya adalah lemo balm, tapi tanaman ini bukan merupakan tanaman jeruk loh, janga sampai tertipu, alih-alih seperti jeruk, tanaman lemon balm lebih mirip seperti daun mint. tanaman lemon balm tidak di sukai oleh nyamuk karena mengandung senyama sitronelal.

tanaman daun dengan aroma jeruk ini sangat unik karena di balik daunnya yang berwarna hijau berbulu lembut tanaman ini mengeluarkan aroma jeruk lemon loh, sehingga di namakan lemon balm, namun sayangnya tanaman ini bisa menjadi tanaman gulma karna prtumbuhannya yang sangat cepat jika di tanam di pekarangan, kamu juga bisa menaruh tanaman ini di dalam pot dan meletakannya di dalam ruangan untuk merasakan suasana yang berbeda sekaligus mempercantik interior ruangan dan pastinya ampuh untuk mengusir nyamuk.

 3. tanaman Lavender

salahsatu tanaman yang sangat say suka adalah lavender, tanaman lavender sebenarnya memiliki beberapa warna, namun pada umumnya masyarakat luas hanya mengenal wrna ungu dan putih, tanaman lavender memiliki daun memanjang dengn batang yang tegak ke atas, tanaman lavender ini memilki bulu halus di daun dan batang tanamannya, selain itu tanaman lavender juga di kenal karna mengeluarkan aroma khas yang tidak si sukai nyamuk.

berbeda dengan beberapa jenis tanaman yang saya sebutkan di atas, tanaman lavender bahkan bisa mengeluarkan aroma khasnya tanpa di usik tanamannya terlebih dahulu bahkan sebelum muncul bunganya tanaman lavender sudah beraroma wangi semerbak khas bunga lavender.

tanaman lavender bisa di tanam di indor maupun out door, jika menanam tanaman lavender secara indor pastikan tanaman di letakan di ruangan yang terang untuk tetap mendapatkan suplai cahaya, jika menempatkan lavender di ruangan yang gelap usahakan untuk menjemur tanaman ini dua hari sekali ataupun setiap hari di pagi hari sampai tegah hari.

 4. Catnip

pernah mendenar tanaman catnip ? mungin bagi para pecinta kucing sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang memiliki nama lain Nepeta cataria ini, karna bagi para penyayang kucing tanaman ini sering di gunakan untuk membuat kucing lebih aktif setelah kontak langsung denga tanaman ini, catnip sering di konsumsi oleh kucing baik dalam bentuk segar ataupun  yangsudah di keringkan, namun siapa sangka, tanaman yang sangat di sukai kucing ini ternyata juga memiliki efek buruk bagi nyamuk. nyamuk akan menghindari tanaman ini terutama yang sudah di ekstrak menjadi minyak nepetalactone.

minyak dri tanaman catnip diketahui lebih efektif mengusir nyamuk daroipada penggunaan jat kimia lain yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, karna chatnip sendii merupakan berasal dari tanaman herbal maka tanaman ini lebih aman untuk mengusir nyamuk.

tanaman berbentuk rumput ini bisa tumbuh tinggi dan menyemak, oleh karena itu untuk anda yang ingin menananm tanaman chat nip usahakan untuk selalu merawat tanaman ini dengan cara di pruning batangnya agar tetap tumbuh kerdil dan terurus.

5. Bawang putih

bawang putih merupakan bagian dari bumbu dapur yang sudah gi gunakan sejak ratusan tahun lalu di berbagai dunia, bawang putih juga banyak di gunakan untuk makanan khas indonesia loh, sayangnya masih banyak yang belum mengetahui bahwa bawang putih memiliki khasiat lain selain untuk bumbu masakan, yyaitu untuk mengusir nyamuk.

bawang putih yang akan kalian gunakan untuk mengusir nyamuk bisa kalian aplikasikan dengan cara mengiris bawang putih atau menggepreknya kemudian meletakannya di sekitar jendela atau saluran udara tempat biasa nyamuk keluar masuk, sayangnya penggunaan bawang putih banyak tidak di sukai karena aromanya yang menyengat, untuk mengantisiasi hal ini, konon katanya kalian bisa memadukanya dengan minyak esensial dari tanaman lavender atai chatnip msalnya, tergantung selera anda.

 6. Geranium

 tanaman hias garanium sudah sangat terkenal untuk mengusir nyamuk loh . pasti pembaca blog ini juga sudah hafal betul tentang fakta ini, tapi sayangnya masih banyak yang keliru tentang tanaman garanium ini, banyak yang salahsangka mungkin akibat iklan jika tanaman garanium ini di samakan dengan tanaman tapak dara, tanaman tapak dara sendiri memiliki nama ilmiah chatarantus roseuss atau sering juga di sebut tanaman vinca, sedangkan tanaman garanium memiliki nama lain gereanicea. selain itu sangat terlihat jelas bahwa tanaman garanium dan tapak dara sangat berbeda, setelah ini nanti saya akan tuliskan perbedaan tanaman garanium dan tanaman vinaca atau tapak darah ya, biar pembaca makin paham.

balik lagi ke pembahasan soal nyamuk, tanaman garanium ini memang gak di sukain nyamuk, garanium loh ya bukan vinca atau tapak darah, jangan keliru lagi, amu bisa menanam tanaman garnium ini di dalam rumah dengan tetap menjemurnya di bawah terik matahari pagi atau menanamnya di teras rumah dengan pot gantung akan terlihat lebih cantik.

7. tanaman zodia

masih belum banyak yang tahu dengan tanaman asli indonesia ini terutama papua. zodia memiliki nama ilmiah evodia sauviolens. tanaman zodia ini masih berkerabat dengan tanaman jeruk jerukan loh, di tempat asalnya tanaman zodia sering di gunakan masyarakat papua untuk mengusir serangga dengan cara menggosok-gosokan daun tanaman zodia ke kulit untuk menghindari serangan serangga terutama nyamuk.

nah kamu juga bisa menanam tanaman zodia ini karna tanaman ini sudah banyak di jual di pedagang tanaman hias, di samping itu tanaman zodia juga mudah tumbuh di indonesia karna iklim asli dari tanaman ini dalah wilayh papua yang masih termasuk dalam wilayah indonesia. pokoknya pasti ampuh deh karna sudah terbukti di gunakan secara turun temurun di papua.

Baca Juga : Waspaa 11 Jenis Tanaman Yang memiliki Efek seperti ganja

8.citrosa mosquito

citrosa mosquito sering juga di sebut sebagai tanaman citrosa garanium, tanaman ini memiliki daun yang wangi mengingatkan kita dengan daun sereh, selain itu bunga dari tanaman citrosa cukup indah, sehingga membuat tanaman citrosa mosquito ini layak di tanam sebagai tanaman hias di pakerangan atau dijadikan sebagai indor plant.

9. rosmary

nama tanaman rosmary sudah di kenal luas di penjuru dunia, tanaman yang memilki daun seperti daun cemara ini bisa mengeluarkan aroma khas yang menurut saya mirip dengan bau minyak telon atau minyak kayu putih, tanaman rosmary juga biasa di jadikan sebagai bumbu masakan di belahan dunia loh.

aroma tanaman rosmary yang khas bisa menambah cita rasa dan afsu makan selain itu wanginya yang menarik juga tidak di sukai oleh nyamuk. jika kamu tertarik, tanaman rosmary ini sudah banyak di jual di pedagang tanaman hias.

10. lantana

lantana cemara adalah salahsatu tanaman yang tersebar di seluruh indonesia dan memilki bunga yang cantik, tanaman lantana sendiri berasal dari dataran amerika, namun saat ini bisa di jumpai hampir di seluruh penjuru dunia, tanaman lantana liar biasanya memilki karakteristik berbatang tinggi dan berbunga kuning, oranye hingga ungu, namun selain lantana liar ada juga lantana mini yang biasa di jadikan sebagai tanaman hias, lantana mini memiliki beragam jeis dan warn, lantana juga sering di jadikan sebagai bonsai.

namun yang akan kita bahas adalah tanaman lantana sebagai pengusir nyamuk, daun lantana yang menyengat seringkali di juluki oleh penduduk jawa debagai tanaman tembelekan, padahal bau khas ini sangat tidak di sukai nyamuk loh. bagi saya pribadi aroma lantana sangat kas dan menenangkan seperti bau cemara,

lantana hutan biasana memilki aroma yang lebih kuat daripada lantana mini.
nah itudia beberapa tanaman bunga yang memilki aroma wngi yang bisa di gunakan untuk mengusir nyamuk. tertarik untuk mennam nya ? jaangan lupa untuk terus merawat dan menghijaukan lingkungan yah, mari kita selamatkan bumi dengan menanam pohon, yang pasti tanaman ini juga bagus untuk mengusir nyamuk.

0 Response to "10 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk yang Paling Ampuh, mudah tumbuh di indonesia"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel