-->

wajib tahu, inilah sederet manfaat daun sirih merah untuk pengobatan dan kesehatan manusia

tanaman sirih merupakan tanaman yang tidak asing lagi bagi bangsa indonesia, banyak obat herbal yang terbuat dari tanaman menyulur berdaun lebar ini, sirih juga kerap kali di ekstrak untuk di ambil minyak esensialnya, mulai dari untuk campuran sabun, pasta gigi hingga obat-obatan lainnya. hal ini karena sirih mengandung banyak sekali zat bermanfaat di dalam selembar daunnya, sirih mengandung saponin, tannin,eugenol. dan masih banyak lagi.

wajib tahu, inilah sederet manfaat daun sirih merah untuk pengobatan dan kesehatan manusia


daun sirih sejak lama di kelan karna memiliki banyak khasiat, mulai dari kasiatnya sebgai anti septik, zat yang baik untuk kulit hingga mengandung anti inflamasi untuk kesehatan, selain digunakan sebgai obat luar sirih juga kerap klai di gunakann sebagai obat dalam untuk manusia, metode pengobatan menggunakan daun sirih telah di kenal sejak jaman dahulu kala dan dipercaya secara turun temurun.

mungkin sebagian besar pembaca sudah mendengar bagaimana khasiat daun sirih atau dalam bahasa jawah di sebut suruh ini untuk kesehatan, namun banyak yang masih tidak mengerti manfaatnya secra spesifik dan cara pengolahannya sebagai obat-obatan tertentu. nah melalui artikel ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan yang saya miliki mengenai daun sirih ini sebagai obat herbal alami rahasia nenek moyang indonesia.

Baca juga tanaman obat lain dan manfaatnya seperti : 11 Tanaman Yang memiliki Efek seperti Ganja Dan boleh di tanam di indonesia

sebelum memasuki pembahasan mengenai pengobatan menggunakan daun sirih, ada baiknya kamu mengetahui jika tanaman sirih ini memiliki banyak sekali jenisnya, namun secara umum yang di gunakan sebagai obat kesehatan hanya dua jenis tanaman sirih, yautu sirih hijau dan sirih merah.
dalam artikel ini saya ingin membahas lebih banyak tentang sirih merah karena khasiatnya yang lebih kuat daripada sirih hijau, yuk simak di bawah ini, bagaimana cara mengobati penyakit dengan daun sirih merah :

Manfaat Daun sirih Merah untuk mengobati berbagaimacam penyakit.

secara spesifik daun sirih merah memiliki karakteristik bentuk daun dan batang yang sama dengan sirih hijau, hanya saja warna daunnya yang membedakan antara daun sirih merah dan daun sirih hijau, sementara di sisi kandungannya, daun sirih merah lebih unggul karena memiliki beberapa zat yang tidak di miliki oleh sirih hijau salahsatunya adalah flafonoid.

Berikut adalah Manfaat Daun sirih Merah Untuk kesehatan.


Menghentikan mimisan.

mimisan adalah kondisi dimana hidung mengeluarkan darah baik sedikit ataupun banyak yang di karenakan oleh beberapa sebab, bisa karena luka di hidung atau terdapat masalah di saluran pernafasan, beberapa gejala mimisan juga bisa menandakan masalah kesehatan yang serius, selain mengkonsultasikannya dengan dokter ada cara alternatif untuk mengatasi mimisan yang tidak terlalu parah, yaitu dengan menggunakan daun sirih merah.

daun sirih merah mengandung fenil poppies dan terpene yang sangat bermanfaat untuk menghentikan pendarahan pada hidung (mimisan) cara penggunaannya adalah dengan cara menggulung beberapa helai daun sirih merah lalu di sumpalkan di hidung tentunya jangan sampai menghalangi udara masuk sepenuhnya.

ketika anda mimisan yang perlu di perhatikan adalah jangan sampai darah menyumbat jalur pernafasan anda, karna ini bisa membahayakan diri anda sendiri.

mengobati sakit tukak lambung.

selain mengobati mimisan, daun sirih juga bisa di gunakan untuk penyakit lambung loh, kalian yang memiliki gangguan pada perut khusunya penyakit lambung di sarankan untuk mengonsumsi daun sirih ini sebagai obat, caranya adalah dengan cara mengunyah daun sirih sejumlah 2 lembar di dalam mulut lalu mengulumnya sampai beberapa menit hingga air daun sirih sudah tertelan, setelah itu buang ampas daun sirih tersebut.

jika anda tidak menyukai rasa daun sirih ini, kamu bisa menggunakan cara lain misalnya dengan cara menumbuk daun sirih merah ini sejumlah seperti di atas, lalu di peras airnya dan di minum. pengobatan ini akan efektif jika di lakukan 2 kali dalam sehari secara rutin.

Untuk Pengobatan luka bakar ringan.

daun sirih merah mengandung  Alkaloid, antioksidan, dan vitamin C ,3 zat ini sangat baik di gunakan untuk menghentikan peradangan kulit yang terbakar. namun jika luka bakar anda cukup serius ada baiknya jika di bawa ke rumah sakit terdekat, pengobatan alternatif ini di gunakan untuk pengobatan luka bakar ringan dan ataupun pengobatan tambahan selain dari menggunakan resep dokter.

cara menggunakan daun sirih merah sebagai pengobatan luka bakar dapat di gunakan dengan cara Hancurkan 3-5 daun sirih merah, kemudian campur dengan 2 sendok teh madu, dan letakkan di kulit yang terbakar 2 kali sehari.

Sirih Merah Obat gusi berdarah.

daun sirih mengandung banyak kandungan zat saponin, tanin, kalsium, dan mineral fosfor , komposisi dari zat-zat ini akan sangat manjur jika di gunakan sebagai obat sakit gusi, baik gusi yang berdarah akibat tergigit ataupun karena sebab lainnya.

cara menggunakan sirih merah sebagai obat gusi cukup mudah, caranya adalah dengan menggunakan 10 lembar daun sirih merah yang di rebus kemudian di minum airnya. lakukan pengobatan ini secara terus menerus hingga penyakit anda menjadi sembuh.

Obat bronchitis.

penyakit bronkitis memang bukan penyakit yang bisa di anggap remeh, penyakit ini banyak membuat orang menjai meningga karena tidak di tangani dengan baik, selain pengobatan dari dokter, sirih merah juga diketahui bisa mengobati penyakit bronkitis ini sebagai obat alternatif loh, caranya adalah sebagai berikut :

ambillah daun sirih merah sejumlah 6-10 lembar daun sirih , kemudia campurkan dengan  300 ml  air dan di rebus sampai airnya tinggal separuh. Minum secara teratur 3 kali sehari.

Mengobati sakit perut.

selain ampuh mengobati penyakit lambung, daun sirih erah juga bisa di gunakan ebagaai obat untuk mengobati gejala sakit perut lainnya loh, Kandungan terpenoid dan klavikula pada daun sirih merah bisa mengobati sakit perut.

caranya adalah dengan cara Minum air rebusan 7 lembar daun sirih dan 3 kali sehari untuk menyembuhkan gangguan pada perut.

Obat gatal karena alergi dan gigitan serangga.

tanaman sirih terkenal karena kandungan antibiotiknya yang tinggi, hal ini membuat tanaman sirih merah bisa di gunakan untuk mengobati gatal-gatal yang di sebabkan karena aergi ataupun gigitan serangga, cara menggunakan daun sirih merah untuk obat ini adalah sebagai berikut : Siapkan rebusan 20-30 lembar daun sirih merah, lalu gunakan untuk mandi 2 kali sehari.

Untuk mengobati inflamasi prostat.

sirih merah mengandung zat  tanin, saponin, dan hydroxychavicol dimana semua zat ini akan membuat regenerasi sel-sel prostat. cara menggunakan sirih merah untuk mengobati masalah inflamasi prostst adalah dengan cara sebagai berikut.

 ambillah 3 sampai 7 lembar daun sirih merahmuda  yang kemudian di campur dengan air secukupnya untuk di rebus.lalu minumlah air rebusan daun sirih merah tersebut 2 sampai 3x sehari dengan memperbanyak meminum air putih.

Obat tekanan darah tinggi.

daun sirih merah yang telah di ekstrak menjadi  Minyak esensial dan fenol akan menstabilkan tekanan darah. Campurkan air rebusan daun sirih merah dengan madu, kemudian minum 2 kali sehari.

untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan pengobatan ini secara rutin setiap hari hinga tekanan darah menjadi normal, lakukanlah pola gaya hidup sehat untuk mencegah datangnya berbagaimacam penyakit.

Obat batuk.

banyak sekali jenis batuk yang bisa di jangkit oleh manusia, namun secara umum batuk yang tidak terlalu parah bisa di tangani dengan ramuan obat herbal daun sirih, caranya adalah dengan cara mengambil 5 lembar daun sirih, kemudian di rebus sampai srinya kelur dan minumlah air rebusan tersebut, boleh di campur dengan perasan jeruk nipis atau jahe sewaktu merebusnya.

Pengobatan payudara bengkak.

 serih merah dikenal mengandung zat senyawa allylprokatecol dan carvacrol yang dikenal sebagai senyawa yang bisa membantu meregangkan otot-otot yang meradang. ini juga bisa di manfaatkan untuk mengobati payudara yang bengkak akibat menyusui, ini bisa juga di sebabkan karena otot payudara meradang akibat menyusui.

cara pengobatannya adalah dengan cara mengambil daun sirih segar kemudian di bakar hingga layu, selagi hangat tempelkan daun sirih tersebut di bagian payudara yang meradang.

Sirih Merah Bisa Mengobati tumor.

 daun sirih merah terkenal karena mengandung banyak Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid zat-zat dalamsirih merah ini di percaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menghambat sel kagker. Ketika sistem kekebalan meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh akan dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh.
caranya adalah dengan rutin mengonsumsi ramuan rebusan daun sirih merah setiap hari.

Perawatan diabetes.

 Konsumsi rebusan daun sirih merah konon ktanya bisa enurunkan gula darah loh, hal ini di sebabkan karena  Kandungan eugenol, terpenoid, klavikula, dan pyrene pada daun ini akan membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh manusia.
konsumsi air rebusan daun sirih merah secara rutin  untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pengobatan penyakit diabetes ini.

Obat alternatif pneumonia.

 pneumonia adalah infeksi yang di timbulkan oleh peradangan yang menimbukan kantung paru-paru baik satu ataupun keduanya terisi air, kondisi ini akan membahayakan manusia bahkan bisa sampai menimbulkan kematian jika tidak di tangani dengan benar. pneumonia sendiri di sebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam paru-paru. untuk mengobati pneumonia secara alternatif di samping pengobatan dokter, kamu juga bisa mencoba menggunakan ramuan daun sirih, caranya adalah dengan memnuat air rebusan dari 5-7 lembar daun sirih merah dan 500 ml air dan minum secara teratur untuk membersihkan area paru.

Obat asam urat.

banyak orangtua mengatakan bahwa tanaman sirih merah merupakan tanaman ajaib yang bisa menyembuhkan segala macam penyakit, salahsatunya adalah asam urat. biasanya para orangtua jaman ddulu menggunakan ramuan daun sirih merah ini untuk mengobati asam urat dengan cara mengambil daunnya yang masih muda sebanyak 8 helai lalu di campurkan dengan air sebanyak 500 mili liter dan di rebus bersama daunnya hingga air rebusan hanya tersisa sebanyak tiga gelas. 3 gelas ramuan sirih merah ini kemudian bisa kamu minum 3 kali sehari, pagi siang dan sore.

Efektif Mengurangi bau badan.

tanaman sirih merah sudah sangat terkenal di gunakan sebagai campuran sabun karna kandungan anti biotiknya yang cukup baik. selain itu Estradiol dan klavikula dalam sirih merah akan mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. jika kamu ingin menghilangkan bau nadan kamu bisa menoba untuk menggunakan daun sirih merah untuk membersihkan badan kamu, caranya adalah dengan Konsumsi air rebusan daun sirih setiap hari dan terapkan 2 lembar daun sirih merah yang sudah ditumbuk ke area ketiak secara teratur.

Mengatasi bau mulut.

bukan hanya bau badan, bau mulut juga bisa di hiangkan dengan daun sirih loh ya, kandungan Senyawa eugenol dan capitol pada daun sirih merah mampu membantu mengatasi masalah bau mulut. Kumur dengan rebusan daun sirih merah secara teratur pada pagi dan sore hari,jika merebus daun sirih terlalu merepotkan, kamu juga bisa menggunakn cara seperti merendam daun sirih seperti infius whaters dan di kumur-kumur setiap hari..

Mengobati penyakit jantung koroner.

penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang sangat umum dan banyak terjadi di indonesia, tercatat lebih dari 2 juta khasus jantung koroner terjadi di indonesia setiap tahunnya, penyakit ini tidak menimbulkan ciri-ciri gejala sakit namun beberapa diantaranya yang sudah cukup parah mendapatkan perasaan dada yang sesak hingga serangan jantung mendadak, beberapa ahli medis mengatakan bahwa penyakit ini hanya bisa di cegah dengan prilakku hidup sehat dan belum ada obat yang benar-benar efektif untuk mengobati secara total kecuali hanya sebatas untuk tidak memperparah efeknya saja.

namun, jangan berkecil hati karena segala penyakit datang dari allah, begitu juga solusinya, kamu bisa mencoba menggunakan ramuan daun sirih merah untuk mengobati penyakit jantung koroner ini. caranya adalah Haluskan 3 lembar daun sirih merah, 7 butir cabai jawa atau buah kemukus(lada jawa), sejumput jintan, dan 3 siung bawang merah. Kemudian tuangi air mendidih dan endapkan. Minum air rendaman ini sebanyak 2 kali sehari.

Melancarkan saluran kencing.

sirih merah sangat baik di konsumsi oleh kalian yang mengalami masalah saluran kemih yang tidak lancar, caranya adalah dengan minum air rebusan daun sirih merah yang di campur dengan susu atau madu secara rutin minimal seminggu sekali.

obat untuk mengobati jerawat

sudah di kenal banyak orang bahwa daun sirih banyak memiliki manfaat untuk perawatan kecantikan terutama untuk memutihkan kulit dn mengobati jerawat loh. kandungan anti-septik dan anti-bakteri dalam daun sirih merah dan sirih hijau dipercaya efektif untuk mengatasi jerawat di wajah, dada, atau punggungdan bagian tubuh lainnya.

untuk mengatasi erawat di bagian tubuh, misalnya dada dn punggung kamu bisa memanfaatkan ramuan rebusan daun sirih yang bisa kamu campurkan dengan rempah lainnya untuk di gunakan sebagai air mandi selagi masih hangat.

selin sebagai obat jerawt siih juga bisa di paki sebagai pembersih make up, caranya adalah dengan cara menumbuk sirih lalu di rendam ke dalam air, air tersebut kemudian di hangatkan dan di gunakan untuk membasuh muka setelah menggunakan make up.

Manfaat daun sirih untuk Miss V

perempuan memiliki organ vital yang harus di jaga kesehatan dan kebersihannya, untuk perawatan organ vital ini kalian bisa juga menggunakan ramuan sirih loh agar lebih alami dn menyehatkan.
dari banyak literatur di ketahui bahwa aun sirih memiliki kandaungan anti septik yang dapat membunuh bakteri bakteri Candida penyebab leukorrhea atau keputihan.dengan rutin menggunakan cucian daun sirih organ vital yang bermasalah akan segera bisa di atasi.caranya adalah rebuslah 5 sampai 10 lembar daun sirih dengan sejumlah air dan di rebus, lalu gunakan rebusan daun sirih tersebut untuk membasuh area kewanitaan.


itulah beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh manusia, tanaman merambat yang juga memiliki daun cantik ini (sirih merah) ternyata juga berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, kalian bisa menggunakan metode pengobatan seperti yang saya tuliskan di atas, untuk memaksimalkan efek pengobatannya tidak perlu meningkatkan dosis penggunaannya secara berlebihan untuk menggunakan daun sirih merah sebagai obat, karena hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan anda. yakinlah bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

0 Response to "wajib tahu, inilah sederet manfaat daun sirih merah untuk pengobatan dan kesehatan manusia"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel