-->

6 Cara Ampuh Membasmi Hama Kutu Putih pada Tanaman

Kutu putih merupakan hama yang sering menggaunggu tanaman, baik itu tanaman hias maupun tanaman buah, kutu putih sendiri menjadi musuh para petani hingga penghobi tanaman, pasalnya selain menghisap sari makanan pada tumbuhan kutu putih juga mengganggu pemandangan untuk beberapa jenis tanaman hias, biasanya pada kasus yang parah, kutu putih bisa membuat tanaman menjadi mati. lalu bagaimana cara mengatasi hama kutu putih ini?. yuk simak artikel di bawah ini.

6 Cara Ampuh Membasmi Hama Kutu Putih pada Tanaman


kutu putih pada umumnya menyerang daun yang masih muda, mereka bersarang di bagian bawah daun untuk melindungi diri dari predator dan hujan, kutu putih ini akan menghisap getah atau sari makanan yang terdapat pada tanaman hal tersebut akan mengganggu pertumbuhan tanaman, meskipun biasanya di jumpai di daun khusunya daun yang masih muda, tidak jarang kutu putih juga hinggap di daun yang sudah tua hingga menyebar keseluruh bagian tanaman. jika sudah begini jadi repot bukan. beberapa waktu lalu saya mengalami masalah kutu putih tersebut di kebun yang saya rawat, namun dengan beberapa trik akhirnya kutu putih di kebun berangsung kabur. cara mengusir kutu putih tersebut saya rangkum dalam tulisan ini.

serangan hama kutu putih paling sering menempel pada tanaman jeruk, pepaya, mengga atau bahkan beberapa jenis tanaman hias, kutu putih ini jika sudah menempel maka akan sulit untuk di atasi, oleh karena itu jika kalian menemukan kutu putih pada tanaman ada bai8knya untuk segera mengatasi hama kutu putih tersebut.
selain dapat mencuri nutrisi (menghisap getah) kutu putih juga membuat tanaman menjadi tidak subur, mengganggu tampilan tanaman hias bahkan bisa menyebabkan kematian pada tanaman, selain itu dari beberapa pengalaman kutu putih juga dapat mengundang penyakit lain pada tanaman seperti misalnya saja jamur dan parasit atau virus lain pada tanaman.

cara gampang membasmi hama kutu putih pada tanaman

membasmi kutu putih ini gampang-gampang susah, pasalnya jika tidak telaten kutu putih ini bisa datang lagi dan lagi loh. perhatikan tanaman hias kesayangan kalian agar bisa di tangani sedini mungkin jika mengalami serangan kutu putih, biasanya gejala yang mudah terlihat adalah munculnya bercak putih pada daun tanaman, selain itu sebetulnya kutu putih memang sangat mudah di lihat bahkan bisa kamu ambil satu persatu dari tanaman namun selain cara ini kamu juga bisa menggunakan cara lain yang lebih efektif untuk membasmi kutu putih, berikut ini cara mengatasi kutu putih pada tanaman.

1. pelihara parasit alami kutu putih


cara mengatasi hama kutu putih pada tanaman bisa di lakukan dengan cara alami misalnya dengan cara memelihara serangga kecil sejenis parasit yang menjadi musuh alami kutu putih tersebut, namun sayangnya cara ini hanya efektif di lakukan jika kalian menanam tanaman dalam lingkup ruang yang terbatas misalnya saja di greenhouse, karna jika kalian menggunakan metode ini di lahan terbuka hasilnya tidak akan efektif.

serangga yang saya maksud sebagai musuh alami dari kutu putih tersebut adalah jenis parasit yang memilikki nama ilmiah Encarsia Formosa ataupun keluarga Encarsia lainnya.  parasite encersia ini memiliki anatomi seperti lebah dengan sayap dan bentuk tubuh yang nyaris sama dengan ukuran yang jauh berbeda karna enarsia ini memiliki ukuran yang sangatat kecil, parasit ini sangat efektif jika di gunakan untuk membasmi kutu putih dalam ruangan.

dalam membasmi kutu putih enarsia bekerja dengan cara menggrogoti tubuh kutu putih, bisa di bayangkan sekecil apa parasit ini kan, nah selain menggrogoti tubuh kutu putih, encersia juga dapat mengganggu sistem re produksi kutu putih sehingga parasit ini sangat efektif untuk menekan perkembanmg biakan kutu putih yang mengganggu pertumbuhan tanaman, jika kalian tertarik menggunakan metode alami ini kalian bisa mencari bibit parasit encersia ini di toko tanaman atar perlengkapan kebun terdekat. sayangnya di indonesia biasanya toko perlengkapan kebun yang lengkap hanya terdapat di kota besar bahkan itupun jumlahnya masih sangat terbatas.

2. mengatasi kutu putih dengan mengggunakan penyedot debu rumah..


setelah membahas cara alami dengan menggunakan parasit seperti di atas kalian juga bisa menggunakan metode manual untuk membasmi kutu putih ini loh, dengan cara menggunakan penyedot debu yang ada di rumah, arahkan penyedot debu ke kutu putih yang menempel pada daun, dengan begitu kutu akan tersedot, namun saya tidak menyarankan cara ini untuk dilakukan pada tanaman yang rentan atau berdaun mudah rusak, karena jika dilakukan maka tanaman akan rusak karena penyedot debu yang terlalu kuat. cara pe,basmian dengan penyedot debu ini bisa kamu lakukan ketika cuaca sedang sejuk, karena saat cuaca seperti ini kutu putih menjadi lebih lamban dan mudah untuk di tangani dengan penyedot debu. jangan lupa untuk melakukan penyedotan secara berkala untuk benar-benar menghilangkan kutu putih tersebut.

3. memangkas tanaman yang terkena kutu putih


kamu bisa membasmi kutu putih pada tanaman dengan cara memangkas bagian yang terinfeksi kutu putih biasanya ada di ujung ranting atau di bagian daun yang terkena kutu putih bisa di cabut,  cara ini bisa sangat efektif untuk menghentikan serangan penyebaran kutu putih ke seluruh pohon, namun saya sarankan untuk mengggunakan cara ini hanya jika tanaman sudah sangat parah terinfeksi kutu putih, biasanya di cirikan dengan daun yang berbintik hitam atau putih, selain itu bisa juga tampak sekumpulan kutu putih yang menempel pada daun tanaman.

namun ini akan menjadi masalah jika kutu putih sudah menyebar ke seluruh bagian tanaman, gak mungkin dong kalo kalian mau motong taneman tersebut sampe bawah, jika sudah begini cara lain yang bisa di lakukan adalah dengan cara metode lain misalnya saja dengan cara selanjutnya di bawah ini.

4. penyemprotan insektisida

cara paling efektif sejauh ini yang paling sering di lakukan para petani di indonesia adalah menggunakan insektisida, biasanya penyemprotan di lakukan sebagai pencegahan dan pengobatan. tanaman yang sudah terlanjur di serang oleh hama kutu putih bisa di semprot secara merata dengan menggunakan insektisida yang banyak di jual di toko kebun.

lakukan penyemprotan pada bagian tanaman yang terkena kutu putih dengan cara menyemprot bagian atas danb bagian bawah tanaman sehingga seluruh permukaan daun baik yang bagian atas atau bawah dapat terjangkau oleh pestisida, sayangnya cara ini sangat tidak saya rekomendasikan, karena pestisida merupakan bahan kimia berbahaya yangt bisa membunuh serangga lain yang bisa berguna bagi tanaman misalnya saja lebah, tidak hanya itu, pestisida juga sangat berbahaya bagi manusia dan bisa menyebabkan kematian, oleh karena itu baiknya kita gunakan bahan alami untuk merawat tanaman kita. semoga kedepannya para petani di indonesia dapat terbebas dari ketergantungan menggunakan pestisida.

jika kalian tidak ingin menggunakan pestisida pabrikan, kalian juga bisa membasmi kutu putih dengan cara alami masih menggunakan metode penyemprotan, yaitu dengan cara meracik air tembakau dengan sabun cuci sunl*ght atau dengan menggunakan air fermentasi nasi busuk dan bisa juga menggunakan racikan pestisida alami dengan menggunakan bawang putih.

selain cara ini kamu juga bisa menggunakan metode lain yang bisa di lakukan berkelanjutan untuk mencegah dan mengatasi kutu putih pada tanaman seperti di bawah ini.

5. menggunakan pemangsa alami kutu putih.


metode ini bagi saya cukup efektif jika sudah berjalan dengan berkelanjutan, kunci dari cara ini adalah memanfaatkan rantai makanan, kita akan menggunakan pemangsa alami kutu putih untuk mengendalikan hama kutu putih tersebut.

pemangsa alami ini biasanya sudah terdapat di alam dengan sendirinya namun keberadaan serangga pemangsa alami dari hama kutu putih sering terancam keberadfaannya akibat ulah manusia misalnya karna semprotan insektisida ataupun karna lingkungan yang semakin tercemar, jadi kuncinya adalah pelihara kebun atau lingkungan di sekitar tanaman anda agar menunjanguntuk hidpu pemangsa kutu putih, pemangsa alami kutu putih sendiri biasanya terdiri dari jenis-jenis serangga yang berukuran lebih besar, misalnya saja laba-laba atau juga beberapa serangga karnivora lainnya. jadi kenali dengan baik serangga sahabat petani atau justru sebaliknya.

jika di lingkungan kebun kamu tidak terdapat serangga pemangsa kutu putih, biasanya serangga ini juga di jual di toko peralatan kebun yang modern, atau kamu juga bisa berkonsultasi dengan pakar perkebunan terdekat di daerah kamu, jangan ragu untuk bertanya kepada orang yang lebih mengerti untuk menambah pengetahuan kamu ya sob..


6. menggunakan perangkap kutu putih

kutu putih atau sering juga di sebut dengan kutu kebul merupakan serangga hama yang bisa kamu atasi dengan menggunakan perangkap loh, cara ini banyak di lakukan para petani dengan lahan terbuka yang luas, caranya cukup mudah baik dengan menggunakan perangkap yang di jual di toko kebun mapun dengan cara membuat perangkap sendiri, namun pada artikel ini pertama-tama mari kita bahas bagaimana cara mengatasi kutu kebul ini dengan menggunakan perangkap yang biasa di jual di pasaran.

perangkap yang di jual di toko kebun ini biasanya berbentuk kertas lengket dengan warna kuning, kertas ini mengeluarkan aroma khas yang dapat memikat serangga kecil, di samping itu warnanya yang mencolok membuat serangga tertarik untuk menempel di kertas tersebut dan terperangkap karna lengket.

perangkap kutu putih ini bisa kamu tempelkan di ranting atau di gantung di daun tanaman yang terinfeksi hama kutu putih, namun ada beberapa kekurangan dari menggunakan perangkap seperti ini, biasanya kutu putih yang tertangkap merupakan kutu putih yang sudah bisa terbang, sedangkan untuk kutu putih yang masih menempel pada daun tetap tidak tertangkap dan masih merusak tanaman tersebut, alternatifnya adalah dengan cara melakukan penyusuran kutu putih secara manual atau melakukan penyemprotan bagian daun dengan air agar kutu putih tersebut terlepas dan jatuh ke tanah.

seperti yang kami bilang di atas bahwa kalian bisa mengatasi kutu putih ini dengan menggunakan jebakan yang kalian buat sendiri, caranya sangat mudah, kalian hanya perlu menduplikasi jebakan yang di jual di toko kebun dan perlengkapan tanaman, misalnya dengan cara sebagai berikut, carilah kertas karton atau benda lainnya yang berwana kuning untuk di jadikan jebakan kutu putih karna warna kuning cerah ini adalah warna yang banyak di sukai oleh serangga trmasuk kutu putih.

setelah mendapatkan bahan jebakan yang berwarna kuning selanjutnya adalah membuat lem atau cairan lengket untuk menjebak kutu kebul tersebut, gunakanlah lem atau kalian juga bisa menggunakan zat perekat yang di campurkan dengan petroleum jelly dengan minyak mineral deterjen, olesi kedua sisi jebakan dengan zat perekat ini agar lebih efektif.

kamu juga bis amenggunakan alat bantu seperti kuas untuk membalurkan zat perekat ini secara merata pada bidang jebakan, nahh sampai disini perangkap kamu telah siap digunakan untuk menjebak kutu putih yang membuat tanaman kamu menjadi tidak sehat. kamu bisa meletakan perangkap kutu putih ini di tanaman yang di hinggapi oleh kutu putih, untuk pencegahan kamu juga bisa menempelkannya pada sekitar tanaman yang terkena kutu putih tersebut.

untuk hasil yang maksimal, bersihkanlah perangkap secara berkala dari kutu putih yang menempel, kamu bisa mengolesi perekat itu kembali jika daya rekatnya mulai berkurang, cara ini juga bisa kamu lakukan untuk mengatasi hama serangga lain seperti wereng ataupun tawon buah.

jika serangan kutu putih ini sangat parah, pastinya daun dan ranting menjadi sangat tidak subur, untuk mengembalikan kondisi tanaman menjadi prima kembali, kalian bisa melakukan pemupukan untuk pertumbuhan daun dan batang dengan pupuk organik, cara membuat pupuk tersebut bisa kamu pelajari di link hijau tersebut.

itulah 6 cara paling jitu mengatasi hama kutu putih atau kutu kebul pada tanaman, untuk pencegahan kamu bisa memeriksa tanaman kamu secara berkala, biasanya kutu putih dapat sangat jelas terlihat karna warnanya yang putih sangat mencolok saat m,ereka hinggap di tanaman, jika kamu menemukan kutu putih ada baiknya segera untuk di tangani, karna jika terlambat kutu putih menjadi sangat sulit untuk di atasi, terlebih karena binatang ini seringkali bersembunyi di balik daun dan sela-sela tanaman yang sulit di jangkau dan sulit untuk terlihat. selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 Response to "6 Cara Ampuh Membasmi Hama Kutu Putih pada Tanaman"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel