-->

7 Alasan Mengapa Menanam Pohon adalah Amal Jariah

menanam pohon bagi sebagian orang adalah hobi yang menyenangkan, menurut beberapa jurnal penelitian, menanam pohon sendiri terbukti memiliki banyak manfaat untuk pelaku kegiatan tersebut, misalnya saja mengurangi stres dan masih banyak lagi.

7 Alasan Mengapa Menanam Pohon adalah Amal Jariah


menanam pohon juga merupakan salahsatu hobi saya selain olah raga dan makan tidur hehe, menanam pohon bagi saya membuat perasaan setres berkurang dan memberikan lampu harapan untuk udara bumi yang lebih baik, selain itu bagi seorang yang berfikiran visioner, menanam pohon dapat bermakna banyak hal, mulai dari infestasi, merawat lingkungan hingga sebagai trapi kesabaran untuk beberapa orang tertentu. yang jelas bagi saya menanam dan merawat pohon adalah kegiatan yang menyenangkan, ada poses yang akan kita jalani sebelum melihat tanaman yang kita tanamam berbakti dengan buahnya, bunganya atau tampilan daunnya yang sehat dan subur.

saya pribadi tidak memilih-milih jenis tanaman tertentu atau pohon tertentu sebagai hobi berkebun yang saya jalani, hampir semua tanaman saya rawat bahwkan mungkin yang sering di anggap orang awam sebagai rumput, bagi saya, semua tanaman memiliki manfaat dan fungsinya masing-masing, banyak orang tidak menyadari bahwa rumput liar dipekarangannnya sekalipun ternyata bisa di manfaatkan dengan maksimal misalnya untuk tanaman obat. pakan ternak atau semacamnya, saya sendiri menanam dari mulai tanaman hias, tanaman sayuran hingga tanaman obat kluarga. selain dari pada itu untuk saya yang beraga muslim menanam pohon saya maknai sebagai salahsatu tabungan jariah untuk kehidupan setelah hembusan nafas terakhir.

7 Alasan, kenapa Menanam Pohon Adalah Amal Jariah


yupp, menanam pohon adalah amal jariah, segala sesuatu kebaikan yang terus bisa di petik di panen di rasakan oleh orang lain dalam jangka waktu yang panjang adalah amal jariah. menanam pohon berarti amal jariah, bahkan ketika tanaman tersebut tidak berbuah sekalipun. begini saya jelaskan..

tanaman apapun itu/ pohon. memiliki manfaat untuk alam semesta bahkan ketika dia tidak berbuah. saya ambil contoh ketika saya menanam pohon falmboyan di pinggir jalan, kita semua tahu bahwa tanaman ini tidak berbuah atau buahnya tidak bisa di makan tapi ketika tanaman itu besar maka tanaman ini akan meneduhkan orang atau binatang di bawahnya, kedua, bunganya yang mekar akan menarik untuk di hilah dan menyenangkan, bagi saya membuat hati orang lain senang adalah kebaikan, selain itu kayunya dan daunnya bisa di manfaatkan untuk banyak hal, jadi menanam pohon sudah barang pasti adalah amal jariah.

bagi kaum muslim, sedekah jariah adalah investasi amal kebaikan yang akan terus mengalis meskipun manusia tersebut sudah meninggal dunia, dengan demikian memananm pohon merupakan salahsatu amal jariah yang sangat mudah dan sangat di anjurkan.

dikutip dari bincang syariah dot com : Dalam sebuah hadis riwayat Imam Muslim disebutkan
bahwa nabi SAW memasuki pekarangan ummu ma'bad, kemusian rasulullah bertanya siaapakah penanam pohon tersbut.Lalu rasulullah bersabda,bahwa  “Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu memakannya baik manusia atau keledai atau burung kecuali itu akan menjadi sedekah baginya hingga hari kiamat.” (HR. Muslim)

sementara itu dalam riwayat yang lain di ceritakan bahwa terdapat sebuah hadis yang di riwayatkan imam Bukhari & ahmad yang menjelaskan tentang mulianya menanam sebuah pohon bahkan sangat di anjurkan untuk di lakukan sebelum terjadinya hari kiamat. hadis tersebut secara lengkap burbinya seperti di bawah ini : 

jika terjadi hari kiamat sementara di tangan salah seorang dari kalian ada sebuah tunas, maka jika ia mampu sebelum terjadi hari kiamat untuk menanamnya maka tanamlah.” (HR. Bukhari&Ahmad)

sementara itu menurut pendapat beberapa ulama, hadis ini menunjukan bahwa betapa mulianya orang yang mendediskasikan waktunya untuk menanam atau merawat tanaman bahkan sampai di gambarkan ketika menjelang hari kiamat, untuk menanam pohon, ini menunjukan bahwa menanam pohon merupakan amalan yang sangat di anjurkan, sayangnya banyak orang tidak menyadari akan manfaat dari menanam pohon tersebut.
untuk penjelasan yang lebih umum saya gambarkan sebagai berikut, tentang manfaat yang di hasilkan dari menanam pohon sehingga di sebut sebagai amal jariah :


1. menjadi sumber oksigen

sudah menjadi rasia umum bahwa tanaman atau pohon memiliki fungsi penting bagi tersedianya oksigen di dunia, hutan yang gundul tentu saja membuat oksigen berkurang dan suhu bumi semakin meningkat, itu mengapa menanam pohon menjadi sesuatu yang sangat penting untuk di lakukan, apalagi saat ini banyak pihak yang tidak bertanggung jawab terus menggunduli hutan di seluruh dunia, olehkarena itu, sebagai orang yang sadar dengan lingkungan yuk kita tanam pohon lebih banyak dari yang di tebang, mari kita buah kota dan lingkungan tempat kita tinggal di tumbuhi banyak pohon untuk kualitas udara yang lebih baik.

2. menjaga lingkungan tetap sejuk

seperti yang saya bilang di atas, sifat pohon yang menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen menjadi sangat penting untuk menjaga udara di sekitar menjadi lebih sejuk, pastinya kamu pernah kan duduk santai di bawah pohon dan rasanya sejuk, adem semriwing enak gimana gitu sampe ngantuk.

3. dapat di makan buahnya baik oleh manusia atau binatang

sudah barang tentu bahwa banyak tanaman memiliki buah dengan cita rasa yang enak, sebut saja duren misalnya, tapi selain duren atau buah lain yang bisa di konsumsi manusia, pohon juga menyediakan makanan alami yang banyak di konsumsi oleh burung dan binatang lain, oleh karena itu pohon atau tanaman memiliki kunci penting dalam keberlangsungan mahluk hidup di dunia. tanpa pohon bukan hanya satu atau dua spesies yang punah tapi bisa mengancam bencana skala global loh, misalnya globar warming. menanam pohon khusunya yang berbuah juga sebetulnya sangat gampang, bahkan kita tidak perlu repot untuk membeli bibit benih pohon karna kita bisa mencangkoknya sendiri, misalnya saja dalam salahsatu artikel saya yang berjudul cara mencangkok tanaman kelengkeng agar cepat berbuah ini sudah saya jelaskan dengan sangat jelas tentang cara mencangok untuk memperbanyak tanaman, dan pastinya bisa di terapkan juga untuk banyak jenis tanaman buah lainnnya.

3. dapat di jadikan tempat berteduhnya musafir

tiap satu orang yang berteduh, kamu dikirimin pahala karna kebaikna kamu menanam pohon tersebut, coba bayangin kalo pohonnya kamu tanem di pinggir jalan, bisa buat neduh orang mudik yang kecapean, oksigen yang keluar bikin adem orang sekitar, buahnya bisa di makan orang lewat dan bunganya enak di liat, aduhhh siapin rekening pahalanya bakalan penuh karna pohon ya,,, hehehe

5. bisa di nikmati keindahan bunganya

membuat orang lain merasa bahagia adalah kebaikan yang di hitung oleh allah, oleh karena itu menanam bunga yang membuat hati orang yang meilihatnya bahagia adalah perbuatan yang mulia di mata allah.

6. mencegah longsor dan banjir

deforestasi atau penggundulan hutan sering banget sih jadi pemicu banjir dan longsong, akar pohon yang kuat mencengkram tanah seharusnya mampu menahan gerakan tanah ketika longsor, selain itu pohon juga membuat resapan tanah menjadi lebih baik, hilangnya pohon akan membuat wilayah tersebut rawan longsong dan kebanjiran, eh kekeringan juga sih.

7. sederet manfaat tanaman untuk lingkungan dan manusia lainnya.

selain enam mamnaaf di atas masih banyak lagi manfaat tanaman lainnya yang bida mendukung argumen bahwa menanam pohon adalah amal jariah, misalnya saja rantingnya di gunakan untuk bersarang nya burung, bisa di jadikan obat, rumah bagia banyak binatang dan masih banyak lagi. jadi jangan ragu untuk menanam pohon, coba deha tanem misalnya tiap kelahiran, pernikahan, ulangtahun atau perayaan lain di gunakan untuk menanam pohon, coba bayangin selama ini kita ngehirup oksigen yang di produksi oleh pohon dan kalian tidak berbuat apapun untuk pohon tersebut.. satu pohon bisa mencukupi kebutuhan oksigen dua orang dewasa loh.malah ada beberapa jenis pohon yang dipercaya dapat membersihkan udara kotor dan radiasi seperti tanaman Lili paris atau spider plant, bagaimana cara merawatnya ? yuk tanam pohon.

nah itudia cerita singkat saya tentang menanam pohon adalah amal jariah, semoga tulisan ini bisa menambah semangat kawan-kawan pecinta tanaman dan para aktifis lingkungan yang senantiasa selalu berjuang untuk lingkungan yang lebih asri, lebih hijau dan lebih baik, tanamlah sebuah benih meskipun itu hanya sebutir biji cabe. hehe salam kebun selamat menanam pohon.

0 Response to "7 Alasan Mengapa Menanam Pohon adalah Amal Jariah"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel