-->

Cara Memperbanyak Bunga Vinca Dengan Stek Dan Cara Perawatannya Agar Rajin Berbunga

pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan naman bunga vinca, beberapa daerah di indonesia juga menyebut tanaman ini dengan nama bunga tapak dara, dam daman atau bunga lainnya, coba sebut di komentar nama bunga ini di daerah kalian guys.. bunga vinca sendiri merupakan tabanaman bunga yang masih dalam genus Cartharanthus.

Cara Memperbanyak Bunga Vinca Dengan Stek Dan Cara Perawatannya Agar Rajin Berbunga


vinca atau tapak dara memiliki nama latin Catharanthus roseus ini merupakan bunga yang berasal dari Madagascar . habitat asli tanaman vinca yang extreem membuat bunga vinca atau tapak dara bisa bertrahan dan tumbuh di segala medan, tanaman vinca pada mulanya banyak di sia-siakan di indonesia dan dianggap sebagai tanaman hama, padahal jika kita perhatikan di luar negri tanaman ini cukup di hargai dengan harga yang mahal. ketangguhan tumbuh tanaman vinca ini sudah tidak bisa di ragukan lagi, vinca tabat tumbuh dengan baik meski di lahan yang kering atau berpasir sekalipun, tanaman vinca ini juga mudah perawatan dan bukan merupakan tanaman yang manja, oleh katrena itu di indonesia banyak penghobi yang merawat tanaman ini sebagai penghias pekaranga, selain sebagai boarder atau pagar pekarang vinca juga memiliki jenis yang bisa di gantung loh, indah bukan,, lalu bagaimana perawatan dan cara memperbanyak tanaman vinca atau tapak dara ? yuk simak artikel ini sampai selesai.

bunga ta[ak dara atau vinca pada umumnya bisa tumbuh dan mulai berbunga dari tinggi 8 sampai 18 inci.  tapi jika di rawat sangat lama dan tidak di pangkas dalam jangka waktu tertentu tanaman vinca bisa tumbuh hingga tinggi 150 cm loh, tapi tentu saja butuh waktu lama hingga memiliki bunga vinca dengan tinggi sampaai seperti ini.

selain vinca tegak, ada juga jenis vinca yang saat ini sedang banyak di minati, yaitu vinca gantung, tanaman vinca gantung ini sangat unik karna jika biasanya tanaman vinca berbatang lurus atau tegak maka vinca gantung cenderung menjuntai ke bawah. perawatannya juga cukup mudah, dalam memelihara vinca kunci untamanya adalah penuhi kebutuhan sinar matahari tanaman vinca tersebut, berbeda dengan tanaman gantung lain seperti bunga kribo atau sirih gading, tanaman vinca gantung ini cenderung menyukai panas, sama seperti tanaman gantung Portulaca hanna misteria yang cantik. oleh karena itu jika kalian berminat menanam vinca sebagai tanaman gantung, usahakan untuk meletakan tanaman ini dengan intensitas cahaya yang cukup.

 tanaman bunga vinca atau tapak dara di tempat asalnya berbunga dari awal musim panas hingga musim dingin, bunganya sendiri memiliki kelopak tunggal atau hanya sehelai dengan lima kelopak yang membentuk bunga yang cantik dengan warna yang beraneka ragam. banyak orang tertarik merawat vinca karna alasan bunganya yang cantik dan tidak rewel namun banyak yang gagal ketika membeli bunga vinca secara online, olehkarena itu jika kalian tertarik membeli bunga vinca secara online ada baiknya untuk membaca artikel cara menangani bunga yang setres akibat pengiriman.

selain membeli bunga vinca yang  sudah berbentuk pohon, tanaman bunga tapak dara ini juga bisa kalian budidayakan sendiri loh, bunga vinca ini berkembang biak dengan menggunakan biji, namun kalian juga bisa menggunakan teknik stek atau memotong batang indukan bunga vinca untuk di perbanyak.  namun pada kesempatran ini saya hanya akan membahas tentang bagaimana memperbanyak vinca dari batang atau dengan metode stek.

Cara Menanam stek Bunga Vinca dari Batang


berikut ini saya paparkan semudah mungkin tentang cara memperbanyak bunga vinca dengan stek batang, cara ini juga bisa di terapkan pada jenis tanaman lain. tapi tidak sama dengan cara memperbanyak tanaman lily paris. yuk langsung simak.

Pilih Tanaman induk  vinca yang akan di Stek dengan Kondisi terbaik.

memilih bunga vinca atau tapak dara yang bagus untuk di stek adalah urusan yang gampang-gampang susah, jika batang vinca yang kamus stek terlalu muda maka bunga vinca justru akan kering dan layu, oleh karena itu pastikan kamu memilih batang bunga vinca yang sudah tua dan sehat, menanam vinca dari stek sebenarnya bisa di lakukan mulai dari panjang batang 5 sampai 15 Cm.  pastiin dulu kamu udah punya induk bunga vinca nya yah, jangan ngambil di tetangga tanpa ijin hehe.

Gunakan gunting ranting atau bisa dengan alat pemotong lain.

gunakanlah gunting ranting untuk membuat bekas luka yang rata dan tidak pecah, jika batang bawah pecah maka kemungkinan busuk atau berjamur menjadi lebih tinggi, nah kamu bisa menggunakan silet atau pisau yang tajam jika tidak memiliki gunting ranting, namun harus di lakukan dengan hati-hati, pada umumnya stek vinca diambil dari pucuk batang vinca yang masih muda/ segar namun tidak terlalu muda. potong bagian bawah vinca yang sudah mulai tua untuk di stek, ukuran memotong idelnya sekitar 8-10 cm. 

Potong atau petik daun dari yang paling bawah.

bersihkan daun yang menempel di batang dari yang paling bawah hingga yang paling atas, sisakan hanya sehelai atau dua helai daun, namun jika kamu ingin memetik semuanya juga tidak masalah, jika terdapat kuncup bunga atau bunga yang mekar ada bainya bunga tersebut dia petik agar tidak memengganggu pertumbuhan tanaman yang baru di stek. tenang saja nanti setelah stek berhasil daun dan bung akan muncul kembali kok.

oleskan dengan irisan bawang atau ZPT lainnya

setelah ranting atau batang bunga vinca di potong seukuran yang saya katakan di atas, ada baiknya jika batang bagian bawah yang terpotong dan sekitarnya bisa di olesi dengan irisan bawang. irisan bawang terkjenal mengandung zat perangsang tumbuh yang baik untuk memicu akar, oleh karena itu bawang banyak di gunakan sebagai zat perangsang tumbuh (ZPT) namun jika kalian tidak memilikii bawang bisa dengan menggunakan ZPT yang banyak di jual di pasaran. biasanya berbentuk serbuk, cairan atau pasta yang bisa di oleskan pada tanaman.

tumbuhkan akar dengan menggunakan media tanam tanah

untuk merangsang munculnya akar langkah selanjutnya adalah menancapkan batang vinca yang sudah di olesi zpt ke dalam tanah atau dengan menggunakan media tanam lainnya, dengan demikian batang bagian bawah akan terjaga kelembapannya dan kondisi tersebut merangsang munculnya akar baru pada tanaman vinca ini, hal ini juga bisa kamu terapkan pada tanaman vinca gantung loh.

metode terbaik adalah dengan melakukan stek pada pot atau wadah yang alainnya  sampai akar vinca menjad tumbuh kemudian bisa di pindahkan ke tanah atau pot yang lebih besar untuk pembesaran pohon, hal ini bertujuan untuk memudahkan perawatan stek vinca.. karna vinca yang baru di stek ada baiknya tidak terkena sinar mata hari langsung, dan di jaga kelembapannya, ini berbeda dengan tanaman vinca dewasa yang bisa tanggung dengan segala bentuk cuaca bahkan kekringan.

jika stek vinca kalian berhasil, kalian bisa memindahkan pohon vinca baru ke tempat yang kalian inginkan untuk pembesaran, gagal atau berhasilnya stek vinca dapat terlihat jika daun sudah mulai tumbu, stek yang berhasil di tandai dengan kluarnya pupus daun baru tanaman vinca, kendala dalam penyetekan vinca biasanya dikarenakan media terlalu kering atau terlalu lembab, bisa juga karna terlalu panas, teduhkan stekan vinca dan jaga media tanam tidak terlalu basah atau kering. 

Cara Memperbanyak Bunga Vinca Dengan Stek Dan Cara Perawatannya Agar Rajin Berbunga

Tips merawat Bunga Vinca dari Batang


nah berikut ini memrupakan cara perawatan bunga vinca dari hasil stek batang, tentu saja cara ini akan berbeda dengan bagaimanaa merawat bunga pukul sembilan agar rajin berbunga.

  • pilih batang tanaman vinca yang sehat dan tidak layu
  • saat memotong gunakan pemotong yang tajam agar hasil potongan menjadi bagus
  • jauhkan dari jangkauan binatang dan anak kecil setelah di stek
  • tempatkan di tempat teduh sampai akar tumbuh
  • gunakan media tanam yang memiliki unsur harga yang tinggi.
  • bersabar.


nah itudia cara menanam bunga vinca dengan metode stek semoga artikel ini bisa membantu sesama penghobi kebun.

0 Response to "Cara Memperbanyak Bunga Vinca Dengan Stek Dan Cara Perawatannya Agar Rajin Berbunga"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel