-->

10 Jenis Tanaman Aquascape Untuk Pemula

Tanaman Aquascape telah mencuri perhatian saya beberapa waktu terakhir. pasalnya hobi yang sedang naik daun ini memiliki keunikan tersendiri.. jika biasanya orang terfokus untuk memelihara ikan atau binatang air dalam aquarium. maka dalam aquascape biasanya yang di pelihara adalah tanaman air dengan ditata rapih dan menambahkan ikan hanya sbeagai komponen tambahan.

Tanaman Aquascape sejatinya merupakan tanaman seperti ciri tanaman pada umumnya, memiliki daun, memiliki akar dan batang. namun biasanya yang digunakan adalaha tanaman yang khsus tumbuh didalam air atau paling tidak tempat dengan kelembapan tngi, seperti beberapa jenis lumut dan tanaman lainnya.

Unik bukan, Tuhan menciptakan tanaman bahkan dengan daya tahan survive didalam air. Mungkin kita bisa mengatakan tanaman adalah mahluk tangguh dipelanet ini. mulai di dataran tanpa air atau gurun hingga dataran minim oxigen seperti dalam air.

lalu ada berapa jenis tanaman dan seperti apa gambarnya yang bisa hidup didalam air khusunya dipelihara dalam aquascape. Dalam artikel ini saya akan menyebutkan "beberapa" tanaman aquascape yang mudah dipelihara dan mudah didapatkan. Dengan kata lain beberapa tanaman ini memang sangat populer sebagai tanaman hias aquascape.

Tanaman Aquascape

rekomendasi tanaman hias aquascape

Beberapa jenis tanaman ini adalah tanaman aquascape yang mudah dipelihara, tidak memerlukan perawatan khusu seperti pupuk dasar atau co2 meskipun dalam kasusunya akan lebih subur jika menggunakan dua unsur tersebut.

sebelum membahas lebih banyak tentang tanaman hias aquascape. Jika kamu menyukai hobi aquarium dan aquascape ada baiknya kamu membaca di IKANAIR.COM. disana lebih banyak referensi tentang tanaman air dan hobi ikan termasuk cara budidayanya.


1. Java Moss

java moss tanaman aquascape

Bagi saya peibadi, tanaman javamos adalah tanaman yang sangat direkomendasikan untuk para pemula. Pasalnya jenis tyanaman lumut ini sangat mudah dipelihara didalam aquascape. selain tidak membutuhkan pupuk dasar dan perawatan berlebih. Java moss bisa tumbuh dengan baik meskipun dengan pencahayaan yang masih asal-asalan.

Tanaman java moss yang biasanya dijadikan sebagai tanaman karpet atau bonsai aquascape ini bisa tumbuh dengan baik disuhu air antara 21 sampai 24C. jika diata dengan baik. javamoss juga akan terlihat sangat indah dalam akuarium loh. kamu bisa menambahkan ikan neon tetra sebagai penghiasnya.

2. Tanaman Aquascape Anubias

Tnaman aquascape anubias

Anubias merupakan tanaman aquascape yang memiliki daun yang lebar. Tumbuhnya bisa mencapai 15 cm, san secara sepintas tanaman ini memiliki kemiripan dengan bunga peac lili. atau daun caladium hijau. Namun anubias sendiri memiliki daun yang lebih mengarah kesamping daripada tegak keatas.

Tanaman anubias tidak sulit ditemukan di indonesia, tanaman ini sering atau dengan mudah bisa kamu temukan disungai. Khususnya sungai didataran tinggi yang memiliki suhu cukup dingin.

pemeliharaan anubias cukup mudah, dia juga tidak terlalu rewel terhadap suhu karena bisa tumbuh di suhu 22 sampai 28c.

Ada banyak jenis tanaman anubias ini, salahsatunya adalah anubias nana, anubias pito dan anubias varigata.

3. Tanaman Bacopa pink 


Tanaman aquascape selanjutnya yang sangat populer adalah bacopa sp. Tanaman ini merupakan jenis tanaman air yang banyak tumbuh di perairan tenang.
Belum banyak catatan yang jelas mengenai asal tanaman aquascape berdaun merah ini. namun saya pribadi pernah menemukan bacopa sp tumbuh liat di kalimantan.

Bacopa sp tidak terlalu sulit untuk dikenali, daunnya kecil memmanjang bulat seperti telur dengan warna daun tua hijau agak putih dan daun muda berwarna merah keungunan terlihat seperti pink.

Dihabitat aslinya bacopa sp ini banyak tumbuh di perairan yang tidak terlindungi dari sinar matahari/ full sun. jadi usahakan jika kamu ingin memelihara bacopa sp untuk memberikannya pencahayaan yang cukup dan didukung dengan co2 yang memadai.

mungkin dibeberapa daerah yang masih alami, kamu bisa menemukan bacopa sp sebagai tanaman aquascape di sawah.

4. Java Fern


Tanaman Aquascape selanjutnya adalag tanaman yang cukup tangguh. Tanaman ini berasal dari asia tenggara. dan tidak membutuhkan banyak perawatan khusu.

Nah jika kamu melihat aquarium megatank miliki irfan hakim yang belum lama ini viral di youtugbe. tanaman yang banyak ditanam di aquascape megatank miliki irfan hakim di dehakim chanel adalah java fern..

Tanaman ini sangat tangguh karena tidak membutuhkan pupuk substrat dan co2 untuk bisa tetap tumbuh dnegan baik.

5. Tanaman Dwarf Baby Tears


jika kamu mencari tanaman dengan tema padang rumput atau hamparan rumput karpet aquascape, maka dwarf baby tear dalah pilihan yang cocok.

Pasalnya tanaman ini merupakan jenis tanaman aquascape yang sangat kecil dan cocok dijadikan moss karpet atau ground plant. Kmu bisa merawatnya dengan mudah dengan memastikan kebutuhan sinar mataharinya terpenuhi. 

Dwarf baby tear akan menjulur keatas jika tidak mendapat pencahayaaan yang cukup. Jika sudah begini. kamu harus melakukan waterchange dan perawatan dengan mencukur taaman tersebut.

6. Water Wisteria



tanaman aquascape water wisteria disebut juga dengan nama Hygrophila Difformis. Namun jangan berfikir jika tanaman ini sama dengan bunga wisteria yang melegenda dari jepang.

water wisteria atau Hygrophila Difformis ini merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh dalam air dengan baik. bahkan tanpa menggunakan co2 tambahan. Sehingga tanaman ini sangat cocok untuk para pemula. selain itu Hygrophila Difformis juga bisa hidup dengan pencahayaan yang tidak terlalu banyak.

Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di suhu 23 sampai 28c.

7. Tanaman Amazon Sword


sesuai namanya, Tanaman Aquascape ini memiliki bentuk memanjang seperti pedang. Sepintas tanaman ini sangat terlihat mirip dengan java vern. 

Amazon sword sendiri memiliki ukuran yang lumayan besar, sehingga tanaman ini lebih sering dijadikan sebagai background atau diletakan di belakang.

tanaman aquascape ini sangat mudah untuk dirawat, baik itu dengan pencahayaan menengah hingga tanpa menggunakan co2.

Tanaman ini bisa hidup dengan baik dalam akuarium bersuhu 22 sampai dengan 28c.

8. Afrikan water fern.


african water fern memiliki nama ilmiah bolbitis heudoloti. Tanaman air ini berdaun unik dengan bentuk daunnya yang bergelombang seperti tanaman pakis.

sejatinya tanaman aquascape jenis ini sangat mudah dirawat, namun tanaman ini akan mudah mati jika kekurangan pencahayaan..

african water fern juga sangat baik jika ditanam dalam tank aquascape berukuran besar, pasalnya daun tanaman ini cukup lebar jika ditempatkan dalam aquarium kecil akan membuat tanaman terlihat sesak dan kurang ideal.

9. Tanaman Aquascape Lilaeopsis


Liliaeopsis merupakan tanaman aquascape yang memiliki bentuk seperti rumput. Tanaman ini sering dijadikan ground pada akuarium. Sayangnya ukuran tanaman ini sedikit lebih besar daripada jenis tanaman karpet lain dalam aquascape. sehingga tanaman ini tidak terlalu cocok dijadikan sebagai tanaman karpet.

namun lilaeopsis sangat mudah untuk di rawat dan tidak membutuhkan banyak perawatan khsusu.

tanaman lilaeopsis biasa tumbuh hingga 5cm lebih, sehingga ada baiknya jika kamu sering memangkas tanaman ini agar tidak terlihat seperti belukar dalam akuarium.

10. Tiger lotus

tanaman aquascape tiger lotus

jenis tanaman teratai ini banyak dipelihara didalam aquascape. pasalnya tanaman tiger lotus ini memiliki daun yang bisa tumbuh didalam air. Penampakannya sperti tanaman caladium dengan daun berwarna merah bercorak coklat membuat tiger lotus terlihat mewah dalam aquarium.

Tiger lotus sendiri bisa memunculkan daunnya didalam air, namun membutuhkan waktu dan tidak singkat. jika tiger lotus bisa memunculkan daun diatas permukaan air, otomatis tanaman ini tidak telalu membutuhkan banyak co2 dalam air sehingga sangat mudah untuk perawatannya.

Itulah beberapa daftar tanaman aquascape yang mudah dipelihara dan dirawat untuk pemula. beberapa diantaranya bisa di rawat tanpa co2 dan dengan pencahayaan yang minim. selain membelinya di toko ikan kamu juga bisa mendapatkan tanaman aquascape dengan hunting di sawah atau sungai.

Untuk referensi lebih banyak tentang hobi aquascape bisa kamu baca di www.ikanair.com.

0 Response to "10 Jenis Tanaman Aquascape Untuk Pemula"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel