-->

Cara Mudah Menanam Dan Merawat Berbagai macam Bunga Lili / Amarilis

Bunga lili atau sering di sebut sebagai bunga amarilis di indonesia merupakan bunga yang banyak di sukai karena keindahannya, selain itu bunga lili ini juga sering di sebut sebagai tanaman abadi karena dapat hidup selamanya tentu saja dengan beberapa kali fase dormansi, tidak berlebihan jika menyebut bunga lili ini tumbuh abadi karena memang selama umbinya tidak membusuk atau rusak, maka bunga lili dapat terus tumbuh menjadi tanaman dan berbunga ketika musim bunga tiba.

bunga lili berbentuk seperti corong atau terompet dengan kemunculan di ujung tangkai bunga yang memanjang seperti trompet diujung tombak, bagi saya analogi termudah untuk menggambarkan bunga lili atau amarilis ini lebih mirip seperti bentuk toa masjid. daunnya yang sempit dan memanjang terlihat seperti daun tanaman bakung atau mirip dengan daun liliparis atau lebih mirip jika di samakan dengan daun pandan.

selain karena bentuk bunga amarilis atau lili-lilian ini juga banyak memikat para pecinta tanaman hias karena bunganya yang indah dan menarik, warna bunga lili bisa beraneka ragam, mulai dari merah, putih, hingga kuning mencolok, dalam bahasa indonesia bunga ini di sebut sebagai bunga bakung, sedangkan dalam istilah yang lebih populer di sebut dengan bunga lili atau amarilis, penyebutan nama amarilis sendiri mengacu pada salahsatu mitologi yunani yaitu nama dewi yang terkenal karna kecantikannya dan kisahnya yang tragis, namun saya tidak akan membahas kisah dewi itu di sini, melainkan dalam artikel lain agar artikel ini tidak terlalu panjang. seperti pada artikel saya yang berjudul cara menanam dan merawat bunga amarilis.

Bunga lili : pengenalan, perawatan dan penanamannya

bunga lili putih

Mengenal jenis-jenis bunga lili

terdapat beberapa jenis tanaman bunga lili atau amarilis yang cukup populer berdasarkan jenisnya, baik itu jenis lili yang muncul secara alami atau hasil hibrid dan persilangan. berikut ini beberapa jenis lili yang mungkin perlu kamu ketahui :

  • bunga lili asia (Asiatic lili) merupakan jenis bunga lili yang bisa berbunga lebih satu kelopak pada satu tangkai bunga, tanaman lili ini banyak mekar pada musim panas sebelum memasuki masa dormansi(mei -Juni) , bunga lili asia ini tidak bau wangi seperti halnya bunga krokot, namun bunga ini sangat memikat karena memiliki banyak jenis dan warna yang beraneka ragam membuat para pecintatanaman jatuh hati dengan keindahannya.
  • Bunga lili Oriental (oriental lili) berbeda dengan bunga lili asia atau asiatic lili bunga lili oriental ini terkenal karena aroma bunganya yang cukup harum dan semerbak, selain itu bunga lili oriental juga bisa tumbuh cukup tinggi lebih tinggi daripada lili asia yang hanya tumbuh sekitar 2 kaki. lili oriental ini mekar memunculkan bunga dan mekar pada pertengahan musim panas ketika bunga lili asia mulai berguguran, sehingga menjadi pilihan yang tepat jika kamu mencoba menam lili oriental ini di sekitar lili asia.
  • lili paskah (easter lili) seperti nama lili ini masih sangat jarang di indonesia, lili paskah ini seuai dengan namanya biasanya mekar pada fase paska, atau sekitar bulan maret hingga april. tanaman lili paskah ini biasanya di tanam di dalam ruangan sebagai tumbuhan yang menghiasi interior dan menjadi sarana rekreasi untuk melepas penat setelah bekerja, lili paskah sendiri jika ingin di tanam di luar ruangan akan lebih cocok dengan daerah dengan iklim yang cukup hangat sehingga tanaman ini akan lebih baik jika di tanam di daerah dataran rendah atau menengah.
  • bunga lili trompet (trumpet lilies) bunga lili ini memiliki ukuran bunga yang paling kecil dari semua jenis bunga lili lain yang saya sebutkan diatas, lili trompet bisa memunculkan beberapa bunga dalam satu tangkai dan juga mengeluarkan aroma yang wangi ketika mekar atau blooming. bukannya tanpa alasan bunga ini di sebut bunga trompet karena bunga ini memang memiliki bentuk yang mirip seperti trompet dengan kelopak bunga yang lebih menguncup daripada jenis bunga lili lainnya.
  • jenis bunga lili hibrid dan silangan lain . tentu saja terdapat banyak sekali jenis lili lain yang tidak saya sebutkan diatas lili tersebut merupakan jenis lili alami maupun lili hibrid misalnya hasil persilangan antara lili trompet dan lili asiatik atau jenis lili lainnya, oleh karena itu tidak heran jika 

Ciri-ciri Bunga Lili


Bunga lili merupakan tanaman yang memiliki sinonim nama yang sama meskipun tanamannya yang di maksud bukan merupakan keluarga liliaceae tanaman ini misalnya saja bunga spiderplant dan bunga lili paris yang kerap kali di samkan dengan bunga lili, padahal bunga liliparis dan bunga lili yang kita bahas saat ini samasekali berbeda, silahkan baca selengkapnya tentang bunga lili paris disini. nah lalu bagaimana ciri-ciri bunga lili yang sebenarnya ?

bunga lili kerapkali tersamar dengan bunga lain karena bunganya yang mirip atau namanya yang sangat populer dan banyak di gunakan oleh tanaman lain tapi bunga lili sejati memiliki beberapa ciri khusu diantaranya adalag sebagai berikut :

  • tergabung dalam keluarga liliaceae/lilium
  • tumbuh dari umbi / bawang lili
  • disebut bunga bakung dalam bahasa indonesia tradisional
  • biasanya memiliki satu tangkai bunga yang memanjang
saya sendiri masih kerap kali keliru memahami lili sebagai bunga lili dan tanaman lain yang numpang nama dengan tanaman bunga lili ini, namun berdasarkan reverensi saya dalam artikel di almanac.com mengatakan bahwa bahkan bunga lili air dan lili perdamaian bukan merupakan keluarga lili, namun jika kita mengarah pada bunga lili sebenarnya kamu akan benar jika menyebutkan lili hujan atau beberapa jenis tanaman berumbi lainnya.

lili perdamaian
lili perdamaian (peach lili) bukan termasuk keluarga bunga lili


Kapan bunga lili berbunga dan mekar


Banyak pertanyaan yang muncul di forum diskusi terkait kapan masa blooming bunga lili, karna memang bunga lili terkenalmemiliki fase blooming dan dormansi, namun kamu tidak perlu khawatir dengan masalah ini di indonesia, kita bisa mengontrol kapan bunga lili berbunga dan dormansi sesuai dengan keinginan dengan membaca artikel saya yang lain di blog ini.

pada umumnya di negara beriklim sub tropis bunga lili mekar pada wal musim panas hingga akhir musim gugur dimana salju pertama mulai muncul, tapi ini tergantung jenis yang bisa kamu tanam di halaman, bunga lili yang beraneka jenis di halaman akan mekar silih berganti selama awal musim panas sampai berakhirnya musim gugur lalu memasuki masa dormansi ketika musim dingin tiba. lebih jelasnya tentang periode waktu tersebut bisa kamu baca di atas tentang jenis-jenis lili.

hal tersebut tidak berlaku untuk beberapa jenis lili di indonesia pasalnya, bunga lili ini memiliki banyak jenis yang juga tumbuh di indonesia, kamu pasti sangat familiar dengan jenis bunga bakung atau amarilis yang berwarna putih yang biasanya mekar pada awal musim hujan dan bunga lili hujan yang bahkan bisa mekar sepanjang tahun asalkan kebutuhan air dan cahaya mataharinya tetap terjaga.

intinya buga lili bisa mekar secara alami setahun sekali, namun di indonesia atau dengan campur tangan manusia kita bisa mengatur kapan bunga lili atau amarilis ini blooming dan mekar, selain itu kamu juga bisa menanam beragam jenis lili di halaman untuk membuat mereka mekar silih berganti sesuai siklus musimnya. namun jika kamu menginginkan bunga lili yang bisa mekar sepanjang tahun maka saya sangat menyarankan kamu untuk menanam lili hujan di halaman.

Cara Menanam Bunga Lili atau amarilis yang benar

bunga amarilis pink
bunga lili, amarilis dan tulip merupakan satu keluarga yang sama

Penanaman bunga lili merupakan cara yang mudah dan bahkan bisa tumbuh hanya dengan meletakannya di air atau di tanah, namun untuk mendapatkan kualitas bunga dan tanaman yang baik kamu bisa mengikuti step by step yang saya anjurkan seperti di bawah ini :

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Menanam Bunga lili


Menanam bunga lili dapat kamu lakukan pada semua musim tau sepanjang tahun terutama jika kamu menanamnya didalam wadah misalnya di dalam toples maupun di dalam pot dengan tetap memastikan bawa bunga lili tersebut akan selalu terhidrasi dan menjaganya agar tidak kekeringan.

namun jika kamu menanamnya di tanah langsung, saya menyarankan untuk menanam bunga lili ini saat akhir musim panas menjelang musim hujan, siram secara rutin umbi lili yang kamu tanam di dalam tanah untuk membuat akarnya mencengkram kuat dan bisa langsung berbunga saat musim hujan tiba, karna seperti yang kita ketahui jika beberapa jenis lili banyak berbunga saat musim hujan seperti bakung putih dan bunga lili hujan atau bunga amarilis lainnya.

sedangkan jika kamu tinggal di daerah sub tropis sangat disarankan untuk membeli dan menanam umbi lili saat pertengahan musim gugur untuk melihatnya berbunga pada musim semi. namun jika tempat kalian tinggal memiliki musim dingin yang panjang kamu bisa menanamnya di awal musim semi setelah salju mulai meleleh.

untungnya kita tinggal di indonesia dengan iklim yang saynagt bersahabat dengan pertumbuhan tanaman dan aktifitas pertanian lainnya. namun, usahakan untuk membeli umbi lili yang masih segar dan tidak terlalu lama di simpan, pasalnya meskipun tidak akan mati dalam masa dormansi, umbi lili yang terlalu lama di simpan akan memburuk kualitasnya dan tidak terlalu bagus.

Media Tanam Dan Tempat Penanaman Bunga lili/Amarilis


Bunga lili sangat menyukai tanah yang bersifat porous, jika kamu menanambunga lili didalam pot maka gunakan media tanam yang memiliki drainase yang cukup baik dan tidak menyimpan air terlalu lama. media tanam yang terlalu basah atau tergenang air akan membuat umbi bunga lili membusuk.
jika kamu menanam bunga lili ini langsung di halaman, usahakan untuk menanam bunga lili pada bidang tanah yang datar dan tidak tergenang, atau memiliki drainase aliran air tanah yang cukup baik, kamu bisa melihatnya ketika setelah hujan dan tempat yang paling pertama mengering merupakan tempat yang cocok untuk ditanami bunga lili tersebut.

Bunga lili lebih menyukai tanah dengan ph yang mendekati asam, tapi untuk amannya kamu bisa menanam lili dalam ph normal untuk tanaman sehingga tidak mengambil resiko untuk tanaman lili tersebut.

apabila menanam lili di tanah secara langsung, kamu bisa menggemburkan tanah tersebut hingga kedalaman kurang lebih 12 sampai dengan 15 cm dari permukaan yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan akar, selain itu kamu bisa memperkaya unsur hara didalam tanah dengan mencampurkan tanah dengan pupuk kompos atau pupuk organik padat.

selain itu kamu harus menjaga tanah tetap terjaga suhunya agar tidak terlalu panas dan tetap sejuk. untuk pertumbuhan lebih lanjut kamu bisa memberinya pupuk NPK atau pupuk organik cair yang bisa kamu biat sendiri, pelajari lebih lanjt bagaimana cara membuat pupuk organik cair disini.

Kebutuhan sinar matahari bunga amarilis


meskipun bisa ditanam didalam ruangan atau indor plant dengan media air tapi bunga lili sejatinya membutuhkan sinar matahari sebanyak 6 sampai 8 jam perhati dengan intensitas yang penuh untuk membantu proses pembungaan bunga amarilis atau bunga lili tersebut.
bunga lili yang kekurangan sinar matahari akan tumbuh dengan kurus dan memanjang tinggi sehingga tidak enak untuk di lihat. selain itu bunga amarilis yang kekurangan sinar matahari akan lebih sulit berbunga daripada amarilis yang mendapatkan sinar matahari lebih banyak.

Cara Menenam Bunga Lili


Penanaman bunga lili dilakukan dengan cara membenamkan bunga lili tersebut di tanah dengan ujung runcing yang menghadap keatas dan bagian akar terletak di bawah untuk memudahkan pertumbuhan bunga lili.

penanamn bung allili di tanah bisa kamu atur dengan jarak 2 sampai 3kali umbi lili untuk setiap pohonnya, namun untuk menambah kecantikan dan keindahan bunga lili kamu bisa membuatnya ditanam berkelompok yang terdiri dari beberapa umbi lili untuk mempercantik halaman, namun untuk setiap jenis lili akan memiliki perbedaan dalam perawatan bunga tersebut.

misalnya saja pada tanaman lili hujan yang memiliki ukuran tanaman yang relatif kecil akan lebih bagus jika ditanam dengan bergerombol dan membuatnya terlihat rapat dan menarik.

menanam lili juga bisa di lakukan dengan beberapa media lain selain tanah, seperti dengan air atau hidrogel yang banyak di jual di toko tanaman, penanamn dengan teknik inibiasanya untuk menanam bunga lili dalam ruangan. baca artikelnya di blog ini dengan judul cara merawatbunga amarilis.

Perawatan bunga lili/ Amarilis


perawatn bunga lili sebenarnya sangat mudah, kamu hanya perlu menjaga kebutuhan air, dan menjaga suhu akar tetap dingin juga tetap memperhatikan beberapa poin penting lainnya seperti di bawah ini:

Perawatan akar bunga lili

untuk membuat bunga lili tetap tumbuh sehat dan subur kamu harus menjaga akar bunga lili tetap sejuk dan dingin meskipun udarasedang panas, caranya adalah dengan menggunakan penutup tanah seperti mulsa, mulsa ini bisa kamu berikan dengan mnggunakan daun keriing atau bahan lain yang tidak merepotkan dan tidak mengganggu penampilan bunga lili.

selain itu mulsa dengan menggunakan daun kering bisa menjaga tanah tetap subur karena bisa juga berperan sebagai kompos, namun kamu juga bisa memberikan pupuk organik tambahan setiap awal musim pembungaan yaitu akhir musim kemarau atau awal musim semi.

Pemotongan daun kering 


Bunga lili terkenal sebagai bunga semusim dan hanya mekar sekali dalam periode musimnya, kamu bisa membantu bunga lili untuk mekar dengan optimal dan menghasilkan biji yang berlimpah dengan cara mengurangi daun yang tua saat bunga lili mulai mekar, namun jangan menotong semua daun bunga lili dan menyisakan tangkai batangnya saja sebelum bunga rontok karena daun masih sangat dibutuhkan sampai masuk pada fase dormansi.
biarkan daun kering atau hei di bawah pohon lili tersebut untuk dijadikan sebagai mulsa dan kompos umbi lili tersebut.

pemupukan rutin


pemupukan bunga lili dilakukan hanya ketika bunga lili sedang dalam masa pertumbuhan, pemupukan tidak perludan jangan di lakukan ketika bunga lili dalam masa dormansi karena pada saat itu bung alili tidak membutuhkan pupuk apapun untuk pertumbuhan.
kamu bisa menggunakan pupuk organik maupun pupuk anorganik untuk membuat bunga lili berbunga dan tumbuh dengan baik, kamu bisa memberinya pupuk npk dengan dosis yang tidak terlalu berlebihan untuk menjaha agar bunga lili tetap tumbuh dengan subur dan sehat tapi tidak over dosis pupuk.

Hama Dan Penyakit Pada Bunga Lili

bunga lili dalam ruangan

setiap tanaman memiliki hamanya masing-masing tidak terkecuali bungalili ini, berikut ini beberapa hama ytang sering menyerang bunga lili adalah sebagai berikut.

jamur dan bakteri

Jamur dan bektaerimerupakan hama yang banyak muncul ketika tanah atau media tanam terlalu lembap yang menyebabkan tumbuhan lili di hinggapi oleh jamur dan bakteri pembusukan, gejalanya adalah muncul jamur atau umbi lili miulai membusuk, cara penanggulanganya adalah dengan memberikan fungisisda dan mengganti media tanam.

Bekicot

bekicot memang menjadi hama yang cukup menyusahkan, selain hana misteria bunga lili juga banyak di serangoleh bekicot ini, sebelumnya saya telah mengulas tentang cara jitu membasmi hama bekicot, silahkan baca artikel tersebut untuk mengatai masalah bekicot pada bunga lili kalian.

Kutu Putih

rasanya hama kutu putih ini bisa menyerang tanaman apapun, termasuk pada daun bunga lili, untungnya saya telah mengulas bagaimana cara mengatasi hama kutu putih pada tanaman kesayangan anda, olehkarena itu silahkan baca artikel tersebut untuk mengatasi hama kutu putih pada tanaman khusunya lili atau bung amarilis ini.

Tikus Tanah

tikus merupakan hama yang cukup merepotkan, biasanya tikus akan memakan apapun yang dijumpainya termasuk umbi lili atau amarilis ini, tikus tanah bisasnya membuat trowongan di tanah dan mengganggu akar tanaman juga memakan umbi amarilis yang bisa mengakibatkan kematian pada bunga lili kesayangan kita.

memperbanyak bunga lili bisa kamu lakukan dengan menanam dari biji maupun membuat umbi memiliki tunas anakan.

nah itulah ulasan mengenai bunga lili, selain ini rencananya saya ingin menulis varietas atau jenis bung alili yang cantik dan sangat saya rekomendasikan, juga tentang cara menanam bunga lili di vas bunga dan menanam lili sebagai bunga potong, namun karena artikel ini kan menjadi terlau panjang dan membosankan untuk di baca akhinya saya memutuskan untuk menulis artikel tersebut pada tulisan lain di blog ini, tetap kunjungi blog ini untuk mendapat informasi terbaru seputar tanaman dan informasi berkebun.

0 Response to "Cara Mudah Menanam Dan Merawat Berbagai macam Bunga Lili / Amarilis"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel