-->

Cara Menanam dan Merawat Bunga Gloxinia/ Bunga Bludru

Bunga Gloxinia juga dikenal dengan nama bunga beeludru di indonesia, tanaman hias berbunga cantik ini konon berasal dari dataran amerika latin dan brazil dengan nama ilmiah Sinningia Speciosa.
bunga bludru gloxinia memiliki warna bunga yang cantik dengan tekstur yang halus sehingga masyarakat indonesia menamainya dengan nama bunga bludru. gloxinia sendiri masih relatif baru di dunia tanaman hias indonesia meskipun sebenarnya bunga cantik ini sudah banyak dibudidayakan di luar negri bahkan sejak abad ke 18.

bunga gloxinia memiliki umbi dan fase dormansi, di indonesia bunga ini akan sangat cocok di rawat di dataran menengah hingga tinggi namun jika kamu tinggal didataran rendah jangan berkecil hati karena dalam artikel ini saya akan membahas bagaimana cara menanam dan merawat bunga gloxinia yang baik dan benar.

Mengenal Bunga Gloxinia dan cara Perawatannya

cara merawat bunga gloxinia atau bunga bludru

Bunga Gloxinia


bunga gloxinia merupakan bunga atau tanaman hias yang berasal dari pegunungan andes amerika selatan, tepatnya di daerah brazil dan sekitarnya namun beberapa jenis bunga gloxinia juga bisa di temui sampai dengan dataran di pinggiran india.
nama gloxinia sendiri merupakan nama yang diberikan untuk menghargai seorang botanic asal prancis (peter gloxin) atas jasa karena tulisan tulisannya. sedangkan nama genusnya yaitu  sinningia diberikan untuk menghargai william sinning atas jasanya didunia botani.
sementara itu julukan sinningia speciosa atau bunga gloxinia sangat asing di telinga masyarakat indonesia yang lebih banyak menyebutnya dengan nama bunga bludru.

bunga gloxinia disebut sebagai bunga bludru disebabkan karena bunga ini memiliki tekstur dan warna yang sangat lembut sehingga mirip dengan kain beludru, warna gloxinia sendiri sangat beraneka ragam dan sangat indah untuk di pandang, beberapa bunga gloxinia bahkan dijadikan sebagai simbol peri dalam mitologi di eropa.

bunga gloxinia di indonesia masih cukup baru dan sedikit penggemar karena masih tidak terlalu banyak diketahui oleh orang-orang tidak seperti bunga mawar atau bunga lain yang pernah naik daun. padahal bisa dikatakan jika bunga ini merupakan bunga tercantik yang bisa kamu temui.
bunga gloxinia terdiri dari beberapa jenis, umumnya memiliki karakter atau ciri ciri sebagai berikut :

  • memiliki daun bulat memanjang menyerupai telur
  • bunga berkelopak lembut dengan benuk seperti lonceng
  • sebagian jenis bunga gloxinia memiliki kelopak bertumpuk menyerupai mawar
  • bunga gloxinia terdiri dari banyak warna, umumnya berwarna cerah dan terdiri dari satu atau lebih warna yang berbeda
  • pohon bunga gloxinia tidak terlalu tinggi bahkan bisa di bilang cukup kecil sehingga tanaman ini sangat cocok ditanam didalam ruangan..

Contoh Bunga Gloxinia :
setelah melihat keindahan bunga gloxinia, lalu bagaimana sebenarnya cara menanam bunga gloxinia yang baik dan benar ?

Cara Menanam bunga Gloxinia

cara memperbanyak bunga gloxinia

bunga bludru atau gloxinia paling bagus jika di tanam di dataran menengah diatas 500mdpl sampai dengan dataran tinggi, namun karna kecantikan bunga ini juga ingin di peroleh oleh banyak orang didataran rendah maka kamu harus memperhatikan beberapa hal, namun sebelum memasuki pembahasan tersebut kita bahas terlebih dahulu bagaimana cara menanam bunga gloxinia tersebut.


menanam bunga gloxinia bisa kamu lakukan dengan banyak metode, mulai dari semai biji, dari stek batang, stek daun hingga dari perbanyakan umbi gloxinia. silahkan simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui lebih jelas bagaimana cara menanam bunga gloxinia. oiya kamu juga bisa langsung membeli bunga gloxinia di IXORA NURSERY 

Cara menanam Gloxinia dari biji

menanam bunga gloxinia dari biji tidak saya rekomendasikan untuk para pemula karena berdasarkan pengalaman dan cerita dari para penghobi bunga lain cara menanam gloxinia dari biji cukup lama da merepotkan, olehkarena itu saya yang tidak sabaran cukup kerepotan dengan cara yang satu ini.

semai biji gloxinia


selain itu bunga gloxinia hasil hibrid biasanya tidak mengeluarkan biji sehingga sangat sulit untuk mendapatkan biji bunga gloxinia, meskipun demikian kamu juga bisa membeli biji gloxinia kemasan yang biasanya di jual misalnya saja seperti benih biji haira seed. 
cara menanam bunga gloxinia dari biji cukup mudah di lakukan, kamu hanya perlu menyemai benih gloxinia seperti ketika menyemai biji tanaman lain dengan menggunakan media tanam yang cukup porous sehingga biji gloxinia atau bunga bludru ini tidak membusuk atau berjamur.
setelah beberapa waktu biasanya biji gloxinia akan berkecambah dan memunculkan tanaman bunga gloxinia baru, lebih baik ketika menyemai benih bunga gloxinia kamu melakukannya pada awal musim hujan.

Menanam gloxinia Dari Umbi

tanaman gloxinia memiliki umbi, umbinya berbentuk bulat seperti kentang, biasanya saat musim dingin di habitat aslinya, bunga gloxinia aka memasuki masa dormansi, dan umbi inilah yang membuat bunga gloxinia tetap hidup sepanjang waktu.

menanam bunga gloxinia dari umbi bisa saya katakan merupakan teknik yang paling mudah untuk di lakukan, kamu hanya pelu membenamkan umbi gloxinia kedalam media tanam untuk memperoleh tanaman gloxinia yang cantik..

namun jika kamu ingin memperbanyak bunga gloxinia tersebut, kamu juga bisa menaman umbi gloxinia dengan terlebih dahulu mencacah umbi tersebut sehingga menjadi banyak, namun tetap harus memperhatikan bagian kulit yang tetap ada untuk menjaga bunga gloxinia tersebut tetap tumbuh.

cara membudidayakan bunga gloxinia dari mbi ini tidak terlalu berbeda dengan cara membudidayakan caladium dari mbi, olehkarena itu saya sarankan untuk membaca caranya pada artikel cara budidaya caladium saja.
umbi gloxinia

Menanam gloxinia Dari stek

masih jarang orang yang mengetahui jika tanaman bunga gloxinia atau bunga bludru ini bisa di kembang biakan dengan cara di stek, kebanyakan orang hanya memperbanyak bunga bludru ini dengan cara stek daun atau dengan umbi, sedangkan metode stek batang sering kali gagal dan tidak berhasil, olehkartena itu banyak orang yang menyangka jika cara stek batang cukup sia-sia dan tanpa kejelasan.

sebenarnya kamu bisa melakukan stek batang bunga gloxinia dengan media tanah maupun stek batang dengan air, prosesnya sama dengan cara stek batang pada umumnya, olehkarena itu saya tidak akan menjelaskannya secara rinci, melainkan kamu bisa membaca cara stek batang dengan media air pada artikel disini.

Menanam Gloxinia Dari Stek Daun

ini adalah metode stek bunga gloxinia yang mungkin paling populer dan paling banyak dilakukan oleh orang-orang.
cara stek daun bunga gloxinia ini cukup mudah, tapi berbeda dengan cara stek daun begonia, jika pada metode stek daun begonia kamu hanya mengggunakanbagian daun dan membuang tangkai daunnya. maka pada bunga bludru kamu harus mengikut sertakan bagian tangkai daun untuk ditancapkan pada media stek.
berikut ini langkah-langkah stek daun gloxinia :

  • siapkan media tanam
  • pemilihan daun untuk di stek
  • tancapkan daun pada media tanam
  • letakan pada tempat yang teduh
  • dalam 4 sampai 5 minggu gloxinia sudah bertunas
  • pemindahan pada media pembesaran

dalam melakukan stek daun bunga gloxinia terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan, misalnya diantaranya ada;ah penggunaan media tanam yang tepat sehingga bisa menjaga kelembapan tapi tidak terlalu basah ataupun kering. selain itu jika daun bunga gloxinia mulai mengering atau menguning pada minggu ke 2 atau 3 itu hal yang wajar asalkan akar sudah mulai keluar dari daun, namun jika daun mulai membusuk ganti dengan stekan baru. untuk mencegah kegagalan gunakan daun yang sehat dan tidak terlalu muda atau terlau tua, daun yang sehat di tandai dengan warnanya yang mencolok berwarna hijau kebiruan.

stek daun gloxinia

selama masa pertumbuhan stek hindari terpaan sinar matahari langsung karna bisa membuat daun gloxinia mengering dan layu sehingga menjadi mati.

stek daun bunga gloxinia memang sedikit ribet tapi kalo kamu sudah paham kuncinya stek bunga gloxinia bisa jadi sangat menguntungkan untuk di coba.

Kapan Bunga Gloxinia Berbunga

seperti yang saya sebutkan sebelumnya bunga gloxinia menyukai tumbuh pada dataran yang sejuk, olehkarena itu bunga ini akan tumbuh baik di wilayah dengan suhu siang antara 21 sampai 26 drajat celcius, sedangkan suhu malam berkisar 18 sampai 20drajat celcius. dengan kondisi ini bunga gloxinia akan lebih mudah berbunga dan tumbuh dengan subur.

tapi jangan khawatir, jika kamu merawat bunga gloxiia di area perkotaan yang panas kamu bisa meletakannnya di dalam ruangan yang memiliki suhu stabil atau di bawah naungan pohon atau paranet, saya pribadi lebih menyukai bunga ini di letakan di dalam ruangan karena bunganya yang berukuran kerdil sangat cocok dengan dekorasi meja tamu atau meja kantor. selain itu didalam ruangan bunga ini akan mendapatkan suhu yang stabil terutama jika ruangan tersebut memiliki ac.

bunga gloxinia akan berbunga setelah 4 sampai 5 bulan setelah tanam, bunga ini biasanya mengeluarkan bunga yang cantik dan lebih dari satu bunga dalam satu pohon, untuk menjaga bunganya tetap awet dan tidak pudar. jangan meletakan bunga gloxinia pada tempat yang terlalu banyak menerima cahaya.


Cara Merawat Bunga bludru

perawatan bunga gloxinia ini tergolong mudah dan tidak memerlukan hal rumit, perawatan bunga bludru ini berkutat pada aktifitas repoting, replant, pengendalian hama dan penyiraman atau pemupukan beberapa penjabaran dari masing-masing perawatan bunga gloxinia tersebut bisa kamu baca di bawah ini :

Pemupukan Pada Bunga Gloxinia

pemupukan pada bunga bludru/gloxinia dilakukan saat tanaman dalam vase pertumbuhan dan jangan memupuk pada fase dormansi karna hal tersebut tidak di perlukan, pemupukan bisa menggunakan pupuk organik yang banyak mengandung nitrogen ataupun dengan pupuk anorganik yang banyak di jual di pasaran, saya sendiri merekomendasikan penggunaan pupuk dekstar dan pupuk osmocote untuk bunga gloxinia itu sendiri, namun pupuk lain seperti npk juga bukan masalah, selain pemupukan, penghobi bunga gloxinia juga menggunakan racikan zpt untuk mencegah tanaman glozinia tumbuh terlalu tinggi, namun penggunaan zpt ini tidak boleh dilakukan ketika kuncup bunga gloxinia sudah mulai terbentuk karena bisa menyebabkan kerontokan bunga.

Penyiraman

penyiraman bunga gloxinia bisa di sesuaikan dengan wilayah tempat kamu tinggal, pastikan untuk menjaga media tanam tetap terhidrasi namun jangan sampai terlalu lembap, usahakan untuk menyiram bunga gloxinia ini saat tanam mulai kering, namun pastikan untuk menggunakan media tanam yang porous sehingga bunga gloxinia tersebut tidak membusuk karena tergenang air.
selain itu hindari penyiraman pada saat matahari sudah cukup terik karena bisa membuat daun menjadi gosong atau dalam bahasa keren disebut sunburn.

hindari terkena daun saat melakukan penyiraman karena bisa membuat masalah seperti daun yang berwarna coklat. jika tanaman gloxinia anda masih terlalu kecil siramlah dengan hati-hati dan perlahan dengan mengalirkan air dari bawah pohon bukan dari atas pohon.

Media Tanam

nah, beberapa kali saya menyinggung tentang media tanam bunga gloxinia, harusnya saya tulis ini di atasm tapi sudahlah. 
bunga gloxinia menyukai media tanam yang bisa menyimpan kelembapan namun juga tetap bersifat porous, kamu bisa menggunakan racikan pasir malang dengan cocopeat atau sekam bakar dengan tanah humus untuk membentuk media tanam yang ideal untuk bunga gloxinia kesayangan kalian.

raciklah media tanam dengan baik sehingga bisa menyimpan kelembapan sekitar 30 sampai 50%.

Hama Dan Penyakit Bunga Gloxinia

hama dan penyakit yang banyak menyerang bunga gloxinia diantaranya adalah kutu dan bakteri. serangan kutu lebih banyak daripada hama lain atau serangga lain.

hama gloxinia


jika kutu yang menyerang daun gloxinia merupakan kutu putih atau kutu kebul, kamu bisa membaca cara mengatasi kutu putih disini, tapi jika kutu tersebut berwarna coklat basmilah dengan menggunakan insektisida atau membunuh kutu tersebut secara manual jika belum terlalu parah.
Perawatan Tambahan

nah itulah beberapa teknik menanam dan merawat bunga gloxinia yang bisa saya bagikan kepada teman-tema semoga artikel ini bisa membantu danmenginspirasi para pembaca sekalian, jika kamu punya pengalaman yang berbeda selama memelihara bunga gloxinia ini, kamu bisa memberikan tanggapan kamu di kolom komentar.

2 Responses to "Cara Menanam dan Merawat Bunga Gloxinia/ Bunga Bludru"

  1. Terimakasih banyak ya infonya, untuk media tanam saya punya cocopit berapa perbandingan cocopit dengan pupuk kandang dan sekam, terimakasih

    ReplyDelete
  2. Anakan gloxinia saya, berbunga utk pertama kalinya, tp kenapa tdk bisa mekar sempurna ya?

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel