-->

Hati- hati Membeli Tanaman aglonema Secara Online

berkembangnya sisitem ekonomi dunia mwmudahkan transaksi non tatap muka/ secara online, begitu juga didunia tanaman hias, nah beberapa waktu lalu saya membeli tanaman hias yang cukup sedang naik daun saat ini yaitu aglonema rotundum aceh, sayangnya pengalaman ini tidak berjalan dengan baik, aglonema rotundum saya hampir semuanya dalam keadaan hidup dan mati. untungnya saya juga telah membaca artikel tentang cara mengatasi tanaman stress akibat pengiriman.

cerita tentang kemalangan saya membali aglonema rotundum aceh ini akan saya sampaikan dalam tulisan keluh kesah ini, semoga bisa menjadi pelajaran untuk para pecinta tanaman lainnya.
simak bagaimana ceritanya dalam artikel di bawah ini.

ini mungkin cerita tidak penting bagi sebagian orang, namun tidak menutup kemungkinan jika  cerita ini berguna untuk sebagian lainnya sebagai pelajaran agar tidak terkena permasalahan yang sama,

Membeli aglonema Rotundum Online dan kecewa

aglonema rotundum

saya merupakan pengguna aktif sosial media facebook, khususnya dalam beberapa grup yang membahas tanaman hias salahsatunya adalah grup pecinta aglonema indonesia, beberapa waktu lalu di grup ini cukup ramai tentang seliweran photo aglonema rotundum. konon dalam beberapa artikel aglonema ini masih tergolong aglonema baru, jenisnya memang sudah lama namun kebanyakan masih memperoleh rotundum ini dari hutan dan masih sedikit sekali nursery yang telah mengembang biakan aglonema rotundum ini, olehkarena itu, aglonema yang memiliki daun berawarna hijau tua kehitaman dengan tulang daun berwarna merah muda ini banyak di gemari oleh banyak orang khususnya para pecinta aglonema.

aglonema rotundum juga sempat populer di luar negri, dalam beberapa artikel berita aglonema rotundum aceh ini bahkan banyak di buru olehkolektor aglonema mancanegara dan memaksa para selller indonesia untuk eksport jenis aglonema ini, kepopuleran aglonema rotundum ini bahkan membuat beranda facebook saya penuh dengan poto-poto aglonema rotundum.

sebagai seorang pecinta tanaman hias, saya tentu saja ngiler dengan tampilan aglonema jenis ini yang memiliki warna yang unik dan eksotis, bagi saya warnanya mirip dengan calatea jenis tertentu namnun memiliki ketebalan dan karakter daun aglonema. nahh karna ketertarikan tersebut saya mulai mencari seller aglonema rotundum.

awalnyaa saya mencari aglonem rotundum yang dekat dari tempat tinggal saya, tapi ternyata nihil. tidak ada seller aglonema di daerah tempat tinggal saya dan di kota saya, bahkan beberapa toko online terdekat dari kota saya tidak menyediakan aglonema rotundum ini. akhirnya pilihan terakhir saya harus membeli aglonema ini dari sumatra dari para penjual aglonema rotundum di grup, kebetulan memang para seller aglonema rotundum ini banyak yang dari sumatra, ntah karena mereka mendapatkan aglonema ini dari hutan atau dari hasil penangkaran sendiri, saya tidak tahu. niat saya untuk membeli dan mengembangbiakan aglonema ini untuk pasar sekitar kota saya tinggal agar para pembeli yang berada di kota saya tidak perlu membeli online dengan resiko pengiriman yang besar seperti yang saya lakukan.

lalu saya menemukan satu seller yang menurut saya terpercaya setelah melihat beberapa ulasan komentar dan profil seller tersebut.

Seller Aglonema Rotundum


saya tidak akan menyebutkan identitas seller ini, tapi yang jelas seller ini bertempat tinggal di daerah sumatra utara, alasan saya mempercayai seller aglonema ini karena dia merupakan salahsatu aktifis lingkungan dan tur guid sumtra forest yang biasanya mengamati orangutan di hutan bersama turis mancanegara. nah sigkat cerita saya kemuian mengontak seller untuk menanyakan aglonema, responnya cepat dan rama, juga berusaha terlihat profesional. saat itu dia menyediakan beberapa pilihan harga aglonema rotundum.

harganya sangat berpariatif mulai dari yang dibawah 10 rb sampai dengan puluhan ribu rupiah. karna respon yang baik, akhirnya saya memutuskan untuk membeli beberapa pohon aglonema untuk dijadikan testing, karena saya juga memiliki nursery sendiri, saya pikir mungkin jika respon dan barang yang di kirim bagus, kita bisa menjalin kerjasama bisnis dalam jangka panjang.

akhirnya obrolan berlanjut ke soal biaya pengiriman dan kualitas pohon. sayangnya pengiriman tidak langsung di lakukan, tapi mungkin saya bisa memahami hal tersebut, saya membeli tanaman tersebut pada hari sabtu dan baru dikirim hari senin, bukan masalah menurut saya, tapi sayangnya tanaman terlalu lama di jalan hingga memakan waktu satu minggu. saya pikir juga belum jadi masalah karena beberapa seller yang saya kenal biasa juga melakukan hal tersebut dan tanaman sampai dengan selamat. akhirnya pada hari yang di nantikan aglonema itu sampai di rumah.

jengjeng.... pas di buka beberapa aglonema rusak paras, tangkainya patah dan dalam kondisi tidak layak untuk di tanam. ok mungkin masalah pengiriman  dan masih berbaik sangka pada si seller.
karna saya ngerasa beli aglonema sekian pohon saya juga nyiapin metan nya sekian pohon dong. tapi pas mau ditanam ternyata kok pohonnya kurang. ah sial.. ok gpp positif tinking, kita tanya dulu sellernya..

setelah chat dengan seller ternyata alasannya karna miskom, katanya mau dikirim ulang kurangannya, tapi mungkin tidak serius saya langsung memutuskan dan bilang gausah. yang artinya harapan kerjasama saya dan siseller itu juga selesai sampai disini.



Kenapa beli online aglonema rotundum

alasan ini sudah saya singgung diatas, jika aglonema rotundum didaerah saya belum banyak tersedia dan pembelian hanya bisa dilakukan secara online karena pembelian offline tidak bisa di lakukan karena stok yang tidak memungkinkan.

olehkarena itu karena sudah terlanjur jatuh hati dan ngiler dengan si rotundum ini, saya memutuskan untuk membeli aglonema tersebut dengan mengambil resiko dengan membelinya secara online.

rotundum hijau

pesan untuk para pembeli online

bagi para pembeli aglonema atau tanaman hias lain secara online pastikan kamu mengetahui proses perawatan tanaman yang stress karena pengiriman, selain itu kamu juga harus memastikan jika seller tersebut mempunyai kemampuan untuk melakukan pengiriman tanaman hias dalam jarak yang jauh. misalnya saja riwayat review pembeli lain dan teknik packing yang benar.

beberapa seller hanya modal nekat dan janji manis tanpa benar-benar menjamin kualitas tanaman tersebut, kenali terlebih dahulu tanaman yang akan dikirim sehingga bisa memperlakukan tanaman tersebut dengan perlakuan yang baik dan benar.

perhatikan juga jarak seller dan tempat anda, apakah pengiriman tersebut akan cepat atau terlalu lama, selain itu akan lebih bagus jika tanaman tersebut memiliki sertifikat karantina. dan pastikan tanaman tersebut bukan merupakan tanaman yang melanggar undang-undang.

0 Response to "Hati- hati Membeli Tanaman aglonema Secara Online"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel