-->

Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Aglonema Dengan Mudah

Cara Mudah Menanam Dan Merawat Bunga Aglonema

merawat tanaman aglonema bukan masalah yang sulit dan bisa di lakukan oleh siapapun, kuncinya adalah ketelatenan dan terus belajar setiap saat.

Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Aglonema Dengan Mudah

tanaman aglonema sendri cukup populer dan banyak di gemari di indonesia, tanaman ini biasanya di sebut sebagai bunga srirejeki. bunga aglonema sendiri banyak di sukai karena keindahan daunnya bukan karena keindahan bunganya, seperti tanaman hias caladium.

tanaman hias aglonema ini memiliki banyak sekali jenis, terutama jenis silangan yang membuatnya semakin cantik jika di rawat dengan baik. namun jenis aglonema yang paling populer diantaranya adalah aglonema super red, aglonema red sumatra dan masih banyak lagi, tapi mungkin bahasan mengenai jenis- jenis aglonema bisa kamlian baca di artikel jenis jenis tanaman aglonema paling populer.

untuk merawat atau menanam bunga aglonema dibutuhkan beberapa persiapan yang harus kamu lakukan, berikut ini beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan sebelum menanam bung agalonema.

Beberapa cara yang harus anda siapkan sebelum memulai budidaya aglonema adalah sebagai berikut :

1. Cara Budidaya Dengan Biji

Cara menanam aglonema dari biji cukup mudah, namun cara ini cukup jarang di lakukan mengingat biasanya aglonema yang banyak di jual di pasaran adalah jenis hibrida yang artinya tidak memiliki biji, jika memiliki biji sekalipun tanaman aglonema jenis hibrid biasanya tidak bisa berkembangbiak dengan cara biji, dengan artian tanaman aglonema hibrid hasil silangan biasanya mandul untuk berkembang biak dengan cara generatif.

namun jika kamu memiliki biji aglonema yang kamu dapat dari tanaman aglonema atau dengan membeli biji aglonema, cara untuk membudidayakannya cukup mudah.pertama kamu harus memilih biji dengan kualitas terbaik, setelah itu, rendamlah biji aglonemadidalam air selama beberapa waktu untuk membuat biji berkecambah dengan cepat.

setelah proses diatas selesai semai biji aglonema pada media tanam yang telah di siapkan, media tanam ini bisa berupa campuran sekam tanah dan pupuk kandang atau bisa juga dengan campuran media tanam lainnya.

letakan semaian aglonema tersebut pada tempat yang teduh selama proses perkecambahan sampai aglonema memiliki beberapa helai daun dan siap di pindahkan.

2. Cara Budidaya teknik stek

budidaya tanaman aglonema dengan teknik stek ini membutuhkan batang tanaman aglonema yang berucia cukup tua, tanaman aglonema yang siap di stek bisanya memiliki batang yang cukup tinggi atau kutilang, batang tersebut misalnya tidak ditumbuhi daun daun sehingga tanaman aglonema terlihat tidak terlalu bagus.

sebelum melakukan stek tanaman aglonema kamu harus menyiapkan beberapa alat sebagai berikut :

  1. Gunting atau pisau cutter
  2. Fungisida
  3. Zpt (zat pertumbuhan)
  4. pot dan media tanam stekan


langkah-langkah untuk melakukan stek aglonema adalah sebagai berikut: pertama potonglah batang tanaman aglonema yang akan di stek, gunakan tanaman aglonema yang sudah tinggi dan berbatang tua. potong batang tanaman aglonema tersebut minimal satu ruas tanaman, karena ruas batangaglonema ini akan menjadi tempat tumbuhnya stolon atau tunas baru.
baca juga : cara stek air pada tanaman

setelah di potong dan mendapat beberapa batang tanaman aglonema, langkah selanjutnya adalah kamu harus mgoleskan Zat pertumbuhan pada bagian luka potong, cara lainnya bisa dengan cara memasukan batang stek tersebut ke cairan pertumbuhanyang telah di siapkan. langkah selanjutnya yang juga penting adalah mengoleskan Fungisida pada bagian batang aglonema yang terluka untuk mencegah pembusukan dan jamur pada bakal stekan aglonema.

Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Aglonema Dengan Mudah
stekan aglonema

tanam stekan tersebut pada wadah tanam yang telah disiapkan dan letakan pada tempat yang teduh hingga tanaman aglonema mengeluarkan daun dan siap untuk di pindah pada tempat yang terpisah.

perlu di perhatikan jika teknik budidaya aglonema dengan stek ini berarti akan membuat anda mengorbankan tanaman aglonema anda yang telah tumbuh baik, namun akan membuat tanaman aglonema kalian lebih banyak jika dilakukan dengan benar sesuai langkah langkah diatas.

3. Budidaya dengan Cangkok Batang

mencangkok tanaman aglonema ini gampang-gampang susah, kunci ketika melakukan budidaya dengan teknik cangkok pada tanaman aglonema adalah ketelitian dan kehati-hatian yang tinggi karena cara ini mengharuskan anda untuk menggunakan pisau tajam yang bisa saja membuat batang aglonema anda terpotong.

sebelum memilih mencangkok tanaman hisa aglonema kalian harus memilih tanaman dengan kualitas terbbaik dan aglonema yang sehat.

untuk mencangkok aglonema ini kamu bisa memanfaatkan batang aglonema yang telah berusia tua dan kokoh sehingga tidak mudah patah dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, aglonema yang berbatang tua di tandai dengan warna yang coklat dan sudah tidak memiliki tangkai daun atau memiliki daun yang sudah coklat atau kering.

sayat tanaman agloema kalian dengan menggunakan cutteryang taja atau dengan menggunakan silet. dalam teknik budidaya aglonema dengan cara cangkok TIDAK DENGAN MENGUPAS kulit seperti pada cara cangkok tanaman kelengkeng, tapi cukup dengan cara menyayat bagian batangnya dari bawah ke atas secara miring, sedalam 50% dari ukuran batang tersebut.

tutup bagian batang aglonema yang di sayat dengan menggunakan tanah atau sekam dan cocopeat hingga mengeluarkan akar dan siap di pindahkan.

waktu yang di butuhkan tanaman aglonema untuk mengeluarkan akar biasanya sekitar 4-5 minggu.  cara cangkok agloema ini bisa kamu lakukan pada batang tanaman aglonema yang sudah cukup tinggi. setelah akar muncul, potonglah bagian aglonema yang di cangkok untuk di pindahkan, sisa batang dan akar tanaman yang telah di cangkok bisa kamu biarkan saja pada pot tersebut karena akan memunculkan tunas baru dalam beberapa hari atau minggu.

biasanya tunas yang muncul pada batang aglonema yang telah di cangkok lebih dari satu. sehingga kamu bisa memindahkan tunas tersebut ketika tumbuh dewasa, perhatikan cara budadaya aglonema dari tunas di bawah ini :

4. Pembibitan Dengan Pemisahan Anakan

membudidayakan aglonema dengan teknik pemisahan akar ini cukup mudah dan paling banyak di lakukan, cara ini memiliki tingkat keberhasilan paling tinggi dari cara lainnya, kamu hanya perlu memisahka anakan atau tunas aglonema dari indukannya.

biasanya tunas atau anakan aglonema ini akan muncul beberapa waktu setelah aglonema tumbuh dewasa.

anakan yang siap di pindah harus minimal memilik dua samapi 3 helai daun untuk menopang pertumbuhannya. kamu bisa langsung memisahkan bibit aglonema tersebut dengan memotong akar sambung yang menempel pada tanaman indukan dan menanamnya pada media tanam yang baru.

Media tanam Yang Baik Untuk Tanaman Aglonema

semua jenis tanaman memiliki karakternya masing-masing, termasuk juga tanaman aglonema yang menyukai beberapa jenis media tanam sebagai penunjang pertumbuhannya.

aglonema sendiri menyukai karakter media tanam yang porous namun tetap menyimpan kelembapan air, selain itu media tanam aglonema juga harus kaya akan unsur hara, oleh karena itu inilah beberapa media tanam yang bisa kamu aplikasikan untuk tanaman aglonema kesyangan kamu.

sekam dan sekam bakar : media tanam dengan sekam bakar ini memiliki keunggulan yang cukup baik untuk tanaman aglonema, media tanam ini cukup steril khusunya skam bakar karena dalam proses pengolahannya menggunakan proses pembakaran yang jugabisa berfungsi sebagai sterilisasi, medai ini juga cukup porouse karna memiliki drainase yang cukup baik. namun menggunakan sekam bakar untuk aglonema harus di campur dengan beberapa jenis media lain untuk memaksimalkan unsur yang terkandung dalam aglonema tersebut, misalnya dengan mencampurkan tanah humus dan pupuk kandang dengan takaran 2;1;1 atau 1;1;1.

menggunakan akar pakis : akar pakis merupakan media tanam yang cukup baik untuk tanaman aglonema karena memiliki tingkan kelembapan yang cukup baik dan tetap porous. namun sayangnya media tanam ini cukup mahal dan biasanya di gunakan untuk tanaman anggrek. olehkarena itu jika kamu ingin menggunakan media akar pakis maka kamu harus merogoh kocek lebih dalam daripada menggunakan media tanam yang lain.

cocopeat : media tanam dengan cocopeat ini paling populer dari media tanam yang lain khusunya untuk aglonema dikalangan para pecinta tanaman daun hias, cocopeat ini berasal dari serabut kelapa yang telah di oleh dengan beberapa cara, cocopeat sendiri memiliki tingkat kelembapan yang ideal iuntuk tanaman aglonema sehingga banyak di gunakan sebagai media tanam tanaman agloema.

pasir malang : media tanam ini biasanya banyak di gunakan untuk tanaman kaktus dan suculent yang memiliki tingkat kebutuhan air yang rendah dengan kelembapan yang rendah, kamu bisa menggunakan pasir malang sebagai bahan campuran untuk tanaman aglonema jika kamu menggunakan media tanam yang terlalu basah dan menggenang.

setiap para pembudidaya aglonema memiliki komposisi media tanam yang berbeda-beda, kuncinya adalah membuat tanman aglonema merasa nyaman dengan media tanam yang di gunakan.

Penyiraman Tanaman Aglaonema

tanaman aglonema ini merupakan tanaman yang pada habitat aslinye menyukai tempat yang lembap seperti dataran hutan hujan tropis, sehingga kamu harusmenjaga kelempa tanah pada tanamanaglonema ini tetap terjaga.

kamu bisa menyiram tanaman aglonema secara rutin ketika media tanam mulai mengering, namun jangan membuat tanaman aglonema ini tergenang oleh air karena bisa menyebabkan kebusukan pada akar tanaman.

sesuaikan intensitas penyiraman dengan media tanam yang di gunakan, kamu juga harus memperhatikan untukmeletakan tanaman aglonema ini pada tempat yang teduh untuk menjaganya tetap sehat da tumbuh dengan baik.

Pemupukan Bunga Aglaonema


pemupukan tanaman khususnya tanaman aglonema harus di lakukan secara rutin untuk menjaga tanaman aglonema tetap tumbuh dengan baik dan maksimal.

pemupukan tanaman aglonema bisa kamu lakukan 2 minggu sekali atau sebulan sekali dengan dosis yang cukup dan tidak berlebihan, pemberian pupuk secara berlebihan akan membuat tanaman menjadi stress dan mati, namun kekurangan pupuk juga membuat pertumbuhan tanaman menjadi tidak terlalu baik.

kekurangan pupuk dan unsur hara bisa membuat daun tanaman menjadi menguning dan tidak sehat, pejari lebih banyak tentang penyebab daun tanaman menguning dan cara mengatasinya. oleh karena itu penting untuk memberikan pupuk untuk tanaman aglonema secara rutin. tenang saja kamu bisa menggunakan pupuk dari limbah dapur untuk pupuk organik atau menggunakan pupuk kimia karna ini bukan tanaman konsumsi jadi tidak perlu khawatir untuk menggunakan pupuk kimia seperti NPK, Gandadil Dan sejenisnya.

tapi jika kamu tidak menyukai penggunakan pupuk kimia, kamu tetap bisa menggunakan pupuk organik yang bisa kamu buat sendiri dengan mengikuti langkah-langkah cara membuat pupuk organik cair POC untuk pertumbuhan daun dan batang yang sangat bagus di terapkan untuk tanaman aglonema.

Penyakit dan Hama pada tanaman aglonema

selama merawat tanaman hias aglonema sebenarnya tidak banyak penyakit atau hama yang sering menyerang tanaman aglonema ini, entah karna saya yang mujur atau mungkin karna memang sedikit hama yang menghinggapi tanaman aglonema ini. namun setelah melalui trial and error saya menyimpulkan dua jenis hama yang sangat mengganggu pada tanaman aglonema.

1. busuk akar

busuk akr pada tanaman hias aglonema dapat di sebabkan karena banyak faktor . penyebab utamanya biasanya karena kelembapan tanah terlalu tinggi atau bahkan tanaman terserang oleh jamur dan bakteri.

jika busuk akr yang kamu alami karena gangguan jamur dan kelembapan yang tinggi kamu bisa menggnti media tanm pada tanaman aglonema dan mengobati masalah ini dengan menggunakan zat fungisida yang banyak di jual di toko pertanian.

2. masalah pada daun

selain busuk akar hama yang sering menyerang pada tanaman aglonema lainnya biasanya menyarang daun tanaman ini. hama yang menyarang daun aglonema diantaranya adalah kutu putih, belalang dan ulat. kamu bisa membasmi kutu putih dengan mudah dengan cara menggunakan insektisida atau semacamnya.

langkah yang lebih mudah kamu bisa menggunakan cairan sabun cuci piring untuk membasmi hama pada tanaman hias tersebut.

lakukan kontrol secara rutin pada tanaman aglonema kalian untuk menjaga tanaman tersebut tetap sehat dan terhindar dari hama, kontrol secara rutin juga bisa meminimalisir serangan hama secara menyeluruh.

perawtan khusus pada tanaman aglonema

sebenarnya ranaman aglonema tidak memerlukan perawatan khsusus namun pada kondisi tertentu misalnya tanaman aglonema di letakan di dalam ruangan atau pada musim kemarau tanaman agloema membutuhkan perawatn khusu secara intensif. beberapa perawatan tanaman aglonam yang harus anda lakukan alah sebagai berikut.

perubahan suhu yang berubah srastis pada musim kemarau dapat mempengaruhi kehidupan tanaman, khusunya aglonema. perubahan suhu ini dapat memicu aglonema mengalami kekeringan hingga masalah daun lainnya, untuk mengatasi ini kami sarankan untuk menghentikan treatment mengkilapkan daun aglonema karena beberapa pross pengilapan daun aglonema pada musim kemarau justru bisa membuat daun menjadi kering atau terbakar.

lakukan penyiraman secara rutin dan menjaga kelembapan tanah secara berkala agar tanaman aglonema anda tidak kekeringan dan mati, kelembapan tanah ideal untuk aglonema ini sekitar 40-70%. sedangkan untuk ketinggian tanam sebenarnya akan lebih baik jika di tanam di dataran medium atau dengan ketinggian 300-8--MDPL.

namun jika anda merawat tanaman aglonema kalian di dalam ruangan secara penuh atau tidak di pindahkan sewaktu waktu, maka kalian harus memperhatikan tempat tinggal aglonema tersebut tercukupi cahayanya, bisa dengan meletakannya di dekat pintu atau jendela untuk membuatnya terus tercukupi sinar matahari.

selain itu kamu bisa memberinya sinar matahari pagi selama satu jam secara rutin sebelum memindahkanya kembali ke dalam rumah.

cara membuat daun aglonema mengkilap.

beberapa cara sering di lakukan oleh penghobi dan petani tanaman aglonema untuk membuat tampilan bunga ini semakin cantik dengan cara mengkilapkan ddaun aglonema, beberapa cara yang sering di lakukan adalah dengan menggunakan cara sebagai berikut :

susu murni untuk tanaman aglonema
memanfaatkan susu murni untuk tanaman mungkin akan mengejutkan kalian yang masih awam dengan dunia aglonema, namun cara ini benar-benar di lakukan untuk beberapa jenis aglonema yang di konteskan. menggunakan susu bisa membuat daun aglonema menjadi mengkilat dan sehat karena kandungan susu yang lengkap juga di butuhkan oleh tanaman aglonema. kamu bisa mengunakan kain yang di basahi dengan susu murni dan mengelap daun aglonema tersebut secara keseluruhan.

menggunakan ampas kelapa
penggunaan ampas kelapa untuk mengkhilapkan daun ini sama dengan menggunakan susu namun cara ini lebih simple karna kamu hanya perlu mengoleskan ampas kelapa ke permukaan daun secara rutin untuk membuat daunnya mengkilap dan terlihat indah. selain menggunakan ampas kelapa cara lain untuk membuat daun aglonema mengkilat ini kamu juga bisa menggunakan bantuaan air murni.

mengkilapkan daun aglonema dengan air
cara ini mungkin paling banyak di gunakan untuk membuat tanaman aglonema kalian mengkilap, selain lebih natural cara ini juga lebih mudah dan hemat, kamu hanya perlu mengusapkan air di permukaan daun aglonema yang terkena debu secara rutin bisa di lakukan setiap hari untuk membuat tanaman aglonema yang kalian miliki tetap sehat dan terlihat segar.

bagimana ? tertarik untuk merawat tanaman aglonema yang cantik ini, atau mungkin kalian sudah mulai membudidayakan aglonema ini, silahka komentar untuk membuat pembaca lain mengetahui teknik budidaya tanaman hias yang kamu lakukan.. yuk menanam. ilmukebun.com

0 Response to "Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Aglonema Dengan Mudah"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel