-->

Panduan Budidaya Aglonema Paling mudah dengan Cara Stek

Cara memperbanyak tanaman aglonema merupakan artikel yang seringkali dicari oleh para penghobi atau petani aglonema pemula. selain mudah di lakukan memperbanyak aglonema juga banyak di lakukan untuk keuntungan ekonomi hingga hobi yang cukup menyenangkan mengingat harga aglonema cukup mahal dan stabil. masalahnya mungkin cara budidaya aglonema ini banyak di tutupi oleh para penghobi dan petani agar harga bisa tetap stabil dan untuk menjaga pasar. namun pada artikel ini saya ingin buka-bukaan bagaimana cara budiaya aglonema atau teknik memperbanyak tanaman aglonema ini dengan cara yang paling mudah dan pastinya akan berhasil jika di lakukan sesuai dengan cara yang saya anjurkan.



membudiayakan tanaman aglonema bukan merupakan kegiatan yang sulit jika kita mengetahui kunci dan teknik yang benar dalam budidaya tanaman ini.  apalagi tanaman aglonema memiliki tingkat perkembangbiakan yang cukup cepat baik itu melalui biji maupun anakan tunasnya.

jika kamu penasaran apasaja cara-cara yang bisa di lakukan untuk memperbanyak tanaman aglonema kamu bisa membaca artikel Cara budidaya aglonema untuk mengetahui setiap metode budidayanya, karena pada artikle ini saya akan berfoks untuk membahas bagaimana cara stek aglonema yang baik dan benar dan bahasan ini akan lebis spesifik daripada artikel cara budidaya aglonema yang lain di web ini.

Tidak Memerlukan teknik Khusus untuk membudidayakan aglonema

meskipun terkenal karena keindahan dan perawatnnya yang sedikit rumit jika anda belum mengetahui kuncinya. ternyata tanaman aglonema ini juga merupakan tanaman yang cukup mudah untuk di budidayakan atau di perbanyak bahkan tanpa memiliki pengetahuan khusus tidak seperti ketika kamu ingin menyemai benih anggrek yang harus sedikit ribet di laboratorium.

cara yang akan saya gambarkan ini mungkin akan sedikit mirip dengan teknik budidaya anggrek dengan cara stek. namun tentu saja ini akan sangat berbeda karna dua jenis tanaman ini memiliki genus yang jauh berbeda.

selain dengan cara stek yang akan kita bahas, aglonema banyak di kembangbiakan dengan cara cangkok, semai benih, dan pemisahan anakan. untuk artikel ini saya akan spesifik membahas cara stek aglonema bagaimana prosesnya simak terus di bawah ini.

keuntungan perbanyakan dengan stek

keunggulan dari cara stek adalah bisa dilakukan untuk skala budidaya yang cukup banyak, perkembangan relatif cepat dan sangat efektif terutama untuk petani dan penghobi aglonema. cara stek aglonema ini bisa di terapkan untuk semua jenis aglonema terutama aglonema yang memiliki batang yang sehat dan sudah mulai tinggi dan berusia tua, meskipun kamu bisa menyetek aglonema yang masih muda namun kemungkinan berhasilnya akan berkurang dan rawan menyebabka kegagalan. jadi jangan malas untuk menambah ilmu agar mengurangi presentase kegagalan budidaya aglonema dengan teknik stek.

selain mudah dilakukan, budidaya aglonema dengan teknik stek ini juga bisa sangat menguntungkan secara finansial karena harga tanaman aglonema yang cukup mahal dan stabil, jadi jika kamu bisa memperbanyak tanaman aglonema sendiri maka kamu bisa menghemat pengeluaran untuk membeli bibit aglonema atau bahkan bisa juga menjual aglonema hasil budidaya kamu sendiri pada penghobi aglonema yang lainnya.

bisa di lakukan dengan cepat adalah keunggulan lain dari budidaya dengan teknik stek ini. karena jika perbanyakan aglonema dilakukan dengan cara pemisahan akar, untuk menunggu akar tumbuh di butuhkan waktu yang cukup lama dan ini menjadi tidak efektif untuk budidaya aglonema secara masal. jadi cara stek aglonema menjadi pilihan yang rasional diambil oleh para petani tanaman hias.
selain aglonema kamu juga bisa membaca cara budidaya caladium atau lompong hias.

ilmu dan pengalaman sangat menentukan

dalam budidaya aglonema dengan cara stek meskipun tidak memerlukan peralatan yang rumit seperti ketika budidaya anggrek atau tanaman lain dengan perbanyakan kultur jaringan, namun budidaya aglonema juga membutuhkan ilmu dan pengalaman. jika kalian baru pertamakali melakukan perbanyakan dengan cara stek maka saya sarankan untuk membaca artikel ini sampai selesai karena dalam artikel ini saya menuliskan pengalaman pribadi saya setelah gagal dan mencoba lagi hingga akhirnya bisa selalu berhasil untuk memperbanyak aglonema dengan teknik stek ini.

bagi kamu yang masih baru dalam dunia aglonema, jangan sembrono untuk melakukan budidaya atau berkecil hati dan tidak berani untuk mencoba. setelah membaca artikel ini saya harap kamu bisa berhasil memperbanyak tanaman aglonema kesayangan kamu agar rumah kamu menjadi lebih semarak dengan tumbuhan aglonema.

setelah kamu berhasil mengembangkan tanaman aglonema ini tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk melangkah ke tahap selanjutnya misalnya saja menawarkan tanaman aglonema hasil budidaya kamu sendiri ke orang lain untuk di jual. jangan salah loh tanama ini bisa sangat menjanjikan karena harganya yang mahal dengan jenis yang beraneka ragam. berikut ini beberapa jenis aglonema yang memiliki harga yang cukup fantastis.

Jenis-jenis Aglonema yang cukup populer.


sudah menjadi rahasia umum jika tanaman berdaun cantik ini memiliki penghobi setia dan harganya yang stabil selalu mahal tak kunjung turun, ini menjadi potensi besar untuk bisnis sekaligus hobi yang menyenangkan. beberapa aglonema yang memiliki harga fantastis dan kepopuleran yang cukup baik diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. aglonema Pride Of sumatra 
  2. aglonema king of siam
  3. aglonema silver king
  4. aglonema super red
  5. aglonema black majesty
  6. aglonema super white
  7. aglonema harley quin
  8. agloema suskom
  9. aglonema kanza
  10. aglonema dut anzamani


selain beberapa jenis aglonema yang saya sebutkan tadi masih banyak lagi jenis aglonema lain yang memiliki harga yang cukup fantastis dan kepopuleran yang tidak bisa di pandang remeh. beberapa aglonema tersebut di bandrol dengan harga puluhan ribu hingga puluhan juta. bahkan untuk jenis aglonema baru dan telah menjuarai kontes konon harganya bisa sampai ratusan juta.

Cara Stek tanaman Aglonema dengan mudah


setelah terlalu banyak basabasi, baiknya langsung saja kita mulai bagaimana cara memperbanyak tanaman aglonema dengan cara stek yang bisa kamu lakukan sendiri. kamu bisa melakukan ini di rumah maupun dengan menggunakan greenhouse. nah yuk simak langkah-langkah memperbanyak aglonema dengan cara stek di bawah ini :

1. Mempersiapkan media tanam

tanaman hias aglonema tidak terlalu rewel dengan media tanam yang akan di gunakan, namun mediatanam yang di gunakan untuk tanaman aglonema harus merupakan media tanam yang memenuhi standar untuk tanaman aglonema ini. beberapa karakter yang baik untuk di jadikan media tanam aglonema adalah sebagai berikut.

Porouse : media tanam yang di gunakan untuk tanaman aglonema ini harus memiliki drainase yang cukup baik sehingga tidak menyebabkan akar tanaman aglonema terendam apalagi untuk dijadikan bahan stekan yang akan mudah terserang jamur dan busuk jika media tanam terlalu basah atau becek.

dapat menyimpan kelembapan : media tanam aglonema di alam liar tumbuh di hutan yang lembap dan terlindung dari matahari langsung. olehkarena itu gunakan media tanam yang bisa menyimpan kelembapan akan sangat bagus untuk tanaman aglonema ini.
Panduan Budidaya Aglonema Paling mudah dengan Cara Stek
mengandung unsur hara : media tanam aglonema selain harus porous dan lembap juga harus mengandung unsurhara yang bisa menunjang pertumbuhan tanaman aglonema tersebut. atau kamu juga bisa memberikan pupuk secara rutin untuk menyuplai kebutuhan unsur hara pada tanaman.

setelah memahami karakter media tanam yang baik untuk tanaman aglonema ada beberapa jenis pilihan media tanam yang saya rekomendasikan untuk aglonema kalian. berikut ini diantaranya adalah : sekam bakar, serabut kelapa (cocopeat), pasir malang, akar pakis, daun kering , kompos/tanah humus dan sejenisnya. saya menggunakan media sekam bakar dan campuran tanah humus dengan kompos pupuk kandang dengan perbandingan 1;1;1;1.


2. mempersiapkan batang aglonema yang akan di stek

setelah menentukan media tanam yang akan kamu gunakan untuk stek aglonema, selanjutnya kamu harus memiliki batang tanaman aglonema yang akan kamu stek, batang tanaman aglonema ini harus sehat dan berasal dari jenis aglonema yang sehat. sehingga tingkat keberhasilannya semakin meningkat. metode stek sendiri di kenal dengan metode vegetatif yang bisa menumbuhkan tanaman dengan gen yang sama dengan tanaman induknya. olehkarena itu gunakan tanaman induk yang memiliki kualitas baik dan sehat tanpa penyakit agar tanaman stek aglonema yang di hasilkan dapat tumbuh dengan maksimal.
beberapa kriteria batang aglonema yang baik untuk di stek adalah sebagai berikut :
  • usia tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda
  • sudah menjulur panjang
  • daun sudah rontok atau mengering di bagian batang tersebut
  • tanaman induk tumbuh dengan sehat
  • terhindar dari penyakit

3. alat dan bahan untuk stek aglonema

sebelum melakukan proses stek pada tanaman aglonema kamu harus mempersiapkan beberapa bahan-bahan dan peralatan yang penting di gunakan untuk stek aglonema, alat dan bahan yang akan kamu gunakan untuk stek aglonema adalah sebagai berikut :
  1. pisau atau gunting ranting
  2. zat fungisida
  3. zat pertumbuhan akar ZPT
  4. tanaman aglonema
  5. 2 mangkuk untuk ZPT dan Fungisida
  6. wadah tanam untuk stekan
  7. Tanaman indukan aglonema
  8. media tanam (sekam bakar, serabut kelapa dll)
nah setelah selesai dengan urusan bahan dan perlengkapan, juga telah selesai menentukan media tanam amupun sudah memiliki indukan tanaman aglonema, langkah selanjutnya kita langsung praktik bagaimana cara budidaya tanaman aglonema dengan cara stek dengan mudah dan runtut :


Langkah- langkah stek batang aglonema

1. memotong batang aglonema

untuk melakukan stek tanaman aglonema dapat kamu lakukan dengan dua teknik, pertama dengan cara melakukan pemotongan batang dari bawah atau memotong tanaman aglonema dari permukaan pot. berikut ini saya akan jelaskan satu persatu :

memotong aglonema dari permukaan pot :
untuk cara stek dengan teknik ini kamu harus memiliki tanaman aglonema yang telah memiliki batang tanaan yang cukup tua dan panjang sehingga akan menghasilkan batang tanaman aglonema yang banyak. kamu hanya harus memotong batang tanaman aglonema yang akan kamu stek dari permukaan tanah hingga ke atas. 
memotong batang aglonema dari bawah :
cara ini di lakukan untuk jenis aglonema yang telah memiliki banyak anakan dan sudah di pisah. kamu harus membongkar aglonema dari potnya kemudian memotong batang aglonema yang tertimbun tanah, sisakan akar tanaman untuk pohon utama tetap hidup. namun cara yang paling banyak di gunakan adalah cara pertama. meskipun akan mengorbankan tanaman aglonema indukan namun cara ini paling pasti bisa di lakukan.

2. ukuran potongan stek aglonema kurang lebih 5 cm

setelah menentukan indukan aglonema dan telah mendapatkan batang aglonema yang diinginkan maka potong-potong batang aglonema tersebut menjadi beberapa bagian dengan panjang kurang lebih 5 cm dengan tetap memperhatikan potongan setiap batang aglonema harus memiliki ruas yang akan berfungsi sebagai tempat tumbuhnya tunas atau stolon aglonema sperti gambar di bawah ini.
Panduan Budidaya Aglonema Paling mudah dengan Cara Stek

3. cuci bersih

cucilah batang aglonema yang akan di stek agar terhindari dari kotoran dan tanah yang menempel pada batang aglonema. proses ini cukup penting untuk menghindari tanaman aglonema membusuk atau terserang jamur. karena proses ini bertujuan untuk mempersiapkan batang yang akan di oleskan dengan ZPT dan fungisida.

4. oleskan zat peretumbuhan

zat pertumbuhan sebenarnya merupakan pilihan tidak wajib, obat ini hanya bertujuan untuk mempercepat proses pertumbuhan akar dan tunas pada tanaman aglonema. meskipun demikian zat ini juga cukup berperan untuk meningkatkan tingkat keberhasilan budidaya aglonema dengan cara stek. jadi usahakan untuk tidak melewatkan bagian ini. kamu bisa mengoleskan atau merendam seluruh batang stekan aglonema kedlam air campuran zpt tergantung jenis metode apa yang anda inginkan.

5. rendam pada cairan fungisida

larutkan serbung fungisida pada sedikit air lalu kamu bisa merendamkan batang aglonema pada larutan air fungisida tersebut. namun jika yang kamu miliki adalah fungisida pasta, maka kamu hanya perlu mengoleskannya pada bagian bekas potongan pada tanaman yaitu pada ujung dan pangkalnya.
proses atau langkah nomer 3.4. dan 5 dapat di ringkas dalam satu proses dengan mencampurkan semua zat yang disebutkan dalam satu wadah yang di siapkan.

6. keringkan dengan diangin-anginkan

keringkan batang aglonema di tempat yang teduh, pengeringan ini bertujuan untuk membuat zat pertumbuhan dan fungisida menempel dengan sempurna dan tidak hilang ketika tanaman di timbun dengan tanah. biarkan hingga benar-benar kering agar aglonema tidak membusuk.

7. siapkan media tanam sambil menunggu batang aglonema kering

ketika menunggu batang aglonema mengering, maka jangan buang waktu kamu untuk bermain sosmed ataupun saling hujat dikomentar hehe, siapkan media tanam yang telah kamu pilih. sebagai contoh saya mencampurkan sekam bakar dengan tanah humus dan pupuk kandang dengan perbandingan 1;1;1.

8. isi pot dengan media tanam

isi pot atau polibag dengan tanah yang tadi di campurkan dengan volume 2/3 bagian dari polibag tersebut. jangan buru-buru memenuhi pot atau polibag dengan tanah. biarkan sedikit tempat masih kosong, lalu lanjut pada langkah berikutnya.

9. letakan aglonema di pot dan timbun dengan tanah

letakan batang stek aglonema di tengah atau jika kamu menggunakan media tanam kolektif seperti yang saya gunakan, letakan batang stek dengan rapih lalu lanjutkan dengan menimbun batang stek tersebut dengan tanah. letakan batang stek tanaman aglonema kamu secara membucjur untuk memudahkan tumbuhnya tunas dan akar. karna jika kamu menanamnya dengan tegak seperti ketika menanam tanaman berdaun dikhawatirkan kamu lupa mana bagian atas dan bawah dari potongan stek aglonema tersebut. 
Panduan Budidaya Aglonema Paling mudah dengan Cara Stek

10. letakan pada tempat yang terlindungi dari sinar  matahari langsung

letakan pot atau wadah yang berisi stekan aglonema pada tempat yang terlindungi dari sinar matahari langsung. tunggu sampai beberapa saat hingga batang aglonema tumbuh tunas dan daun sejati.
biasanya proses ini membutuhkan waktu beberapa minggu.

11. jaga kelembapan aglonema agar tidak busuk

pastikan tetap menjaga pot tetap lembap dan tidak kering, namun jangan terlalu sering menyiram karena dalam fase ini tanaman aglonema kamu mudah busuk dan terserang penyakit. oleh karena itu jaga tanaman aglonema kamu agar tetap lembap namun tidak sampai terlalu basah.

Panduan Budidaya Aglonema Paling mudah dengan Cara Stek

13. setelah daun bertambah 3 helai aglonema siap di pindahkan

beberapa minggu setelah distek tanaman aglonema biasanya akan emmunculkan daun seperti pada gambar di bawah ini :
Panduan Budidaya Aglonema Paling mudah dengan Cara Stek
lakukan pemindahan tanaman aglonema ketika daun tanaman aglonema mulai muncul minimal dua helai dan akarnya mulai tumbuh dengan baik. jangan terlalu buru-buru memindahkan tanaman aglonema yang masih kecil untuk menghindari kegagalan dan mengakibatkan tanaman aglonema menjadi stres karena akarnya rusak.

Cara Merawat Aglonema hasil stekan

setelah berhasil budidaya tanaman aglonema dengan cara stek, maka selajutnya yang akan menjadi tantangan adalah bagaimana cara merawat aglonema hasil stekan. secara umum perawatan tanaman aglonema hasil stekan sama saja dengan merawat tanaman aglonema pada umumnya seperti dibawah ini .
Panduan Budidaya Aglonema Paling mudah dengan Cara Stek

pemindahan aglonema hasil stek

memindahkan tanaman aglonema hasil stek amannya dilakukan setelah tanaman aglonema memiliki minimal dua atu tiga lembar daun. selain itu pemindahan ini harus dilakukan secara hati hati agar akar tanaman aglonema tidak rusak dan mati.

penyiraman

menyiram tanaman aglonema bisa di lakukan menyesuaikan dengan daerah tempat tinggal dan kondisi cuaca. idealnya tanaman aglonema ini di siram setiap hari dengan membasahi daunnya setiapkali menyiram di sore atau pagi hari sebelum matahari terik karena bisa menyebabkan sunburn.

jaga kelembapan tanah sekitar 50 sampai 60 % untuk menjaga tanaman aglonema tetap terhidrasi dan tumbuh sehat selain itu kamu juga harus menggunakan air bersih ketika menyiram tanaman aglonema ini.

pemupukan

memupuk aglonema bisa di lakukan sejak tanaman aglonema berumur dua minggu setelah tanam dan bisa di pupuk secara rutin dalam jangka waktu tersebut. pemupukan tanaman aglonema bisa di lakukan menggunakan pupuk kimia, pupuk daun ataupun dengan menggunakan pupuk organik cair yang bisa kamu buat sendiri dengan menggunakan bahan bahan sisa dapur.

jika anda penasaran bagaimana cara membuat pupuk organik cair sendiri, kamu bisa membaca artikel cara membuat pupuk organik cair (POC).


Kelebihan dan kekurangan Aglonema Hasil stek
setelah membahas mengenai cara stek tanaman aglonema maka akan lebih adil jika kita mengulas kelebihan dan kekurangan teknik budidaya aglonema dengan cara stek ini daripada cara perbanyakan aglonema dengan metode lain. berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan perbanyakan aglonema dengan stek.

Kelebihan :

  • mudah dilakukan
  • banyak di lakukan untuk budidaya aglonema
  • satu tanaman bisa menghasilkan banyak stekan aglonema

kekurangan

  • jika tidak di lakukan dengan benar mudah busuk.
  • tanaman induk yang di stek akan rusak karna akan di potong-potong
  • bonggol bekas potongan stek biasanya akan menumbuhkan aglonema yang bercabang.
Panduan Budidaya Aglonema Paling mudah dengan Cara Stek

nah itudia beberapa ulasan tentang cara memperbanyak tanaman aglonema dengan cara stek yang bisa kamu praktekan di rumah dan pastinya cara ini mudah dan memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi jika di lakukan dengan benar sesuai dengan langkah-langkah yang saya ajarkan.

0 Response to "Panduan Budidaya Aglonema Paling mudah dengan Cara Stek"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel