-->

Pupuk Rahasia Agar Pohon Pisang Tumbuh Subur dan Cepat berbuah

Pupuk Untuk Pohon Pisang Menjadi pertanyaan yang banyak di ajukan dari para penghobi tanaman hingga petani pisang pemula yang ingin membuat pohon pisangnya menjadi lebih sehat dan subur, memiliki daun yang sehat dan tentu saja buah pisang yang bagus dan panen yang melimpah. nah lalu apa yang digunakan untuk memupuk pohon pisang agar tumbuh subur dan memiliki buah yang bagus.
Pupuk Rahasia Agar Pohon Pisang Tumbuh Subur dan Pane Maksimal


setiap tanaman membutuhkan unsur hara yang terkandung dalam tanah atau media tanam, unsur tersebut bisa berupa tanah humus yang kaya akan kandungan bahan organik dan mengandung kapur. pohon pisang sendiri merupakan tanaman yang sangat rakus dengan nutrusi tanah sehingga untuk memaksimalkan pertumbuhan pohon pisang ada baiknya jika kamu menggunakan pupuk untuk menyuburkan pohon pisang tersebut. lalu apa pupuk untuk pohon pisang ini ? sabar, kita bahas pupuk pohjon pisang agar subur di bawah ini.

Pentingnya Kandungan Nutrisi Dalam Tanah (unsur Hara)  untuk pertumbuhan tanaman pisang

Pupuk Rahasia Agar Pohon Pisang Tumbuh Subur dan Pane Maksimal

seperti yang saya katakan, jika tanaman pisang merupakan tanaman yang sangat rakus akan kebutuhan nutrisi dan unsur hara di dalam tana. ini akan berguna untuk pertumbuhan akar, batang, daun hingga pembuahan pisang. beberapa zat yang akan dibutuhkan oleh tanaman pisang adalah diantaranya sebagai berikut :

Jika kamu mengetahui pupuk NPK mapa N merupakan Nitrogen P berarti Fosfor Dan K yang berarti Kalium. ketiga unsur tersebut menjadi zat penting yang akan sangat berguna untuk pertumbuhan tanaman baik untuk pertuimbuhan daun hingga membentuk bunga dan buah, dalam beberapa kasus kekurangan salahsatu unsur tersebut dapat membuat pertumbuhan tanaman menjadi tidak optimal, untuk lebih lanjut ulasannya sebagai berikut.

unsur Kalium (K)

kalium merupakan zat yang banyak terkandung di dalam tanah dan sangat berguna untuk pertumbuhan pohon pisang. khusunya untuk pembentukan perakaran baru yang akan menopang pertumbuhan pohon pisang. unsur kalium ini juga bermanfaat untuk mengoptimalkan penyerapan air dalam tanah dan membuat pohon pisang memiliki pertumbuhan yang lancar. disamping itu unsur Kalium ini sangat bermanfaat dalam proses pematangan buah dan membuat rasa buah menjadi lebih manis dan enak. jadi jangan sampai pohon pisang kalian kekurangan unsur kalium jika ingin mendapatkan hasil panen yang optimal.

Unsur Nitrogen (N)

kandungan nitrogen sebenarnya sudah ada di dalam tanah secara alami atau di tambahkan dengan campur tangan manusia seperti misalnya saja menambahkan pupuk yang memiliki kandungan nitrogen. kandungan nitrogen dalam tanah sendiri sangat bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan tanaman, membantu proses pmebentukan ranting dan kuncup daun, selain itu nitrogen bisa membuat tanaman menjadi lebih hijau. dalam konteks pupuk untuk pisang maka nitrogen sangat baik untuk diberikan pada tanaman pisang yang dalam masa pertumbuhan untuk pembentukan daun dan penguatan batang pohon pisang.

kandungan Posfor (p)

kandungan fosfor pada tanah biasanya di serap oleh tanaman salahsatunya dalam bentuk ion Phosfat (PO43-) akan membuat atau membantu pohon pisang untuk melakukan proses pembungaan. selain itu fosfor juga sangat baik untuk pertumbuhan pisang atau tanaman lain. kekurangan unsur hara fosfor bisa mengakibatkan tanaman telat berbunga atau berbunga dengan tidak maksimal. jadi jika kamu memiliki tanaman yang sulit berbunga mungkin tanaman tersebut kekurangan kandungan zat fosfor di dalam tanah.

kekurangan tiga unsur hara yang saya sebutkan diatas dapat menyebabkan beberapa gangguan pada tanaman, mulai dari layu, pertumbuhan tanaman yang tidak baik dan menimbulkan daun menjadi kuning dan rontok, baca selengkapnya tentang penyebab daun menguning dan cara mengatasinya di tulisan berwarna hijau.

selain mengandung tiga unsur tersebut tanah yang akan di gunakan untuk menanam pohon pisang juga harus memiliki kandungan unsur yang lainnya yang akan sangat berguna untuk pertumbuhan tanaman, sehingga penting untuk anda mengetahui apa saja pupuk yang bisa di gunakan untuk membuat pohon pisang tumbuh subur dan sehat. untuk permasalahan tersebut maka kamu harus meracik dan mengkombinasikan pupuk yang tepat untuk pohon pisang agar tumbuh sehat dan berbuah bagus.

Campuran Pupuk Untuk Pohon pisang.

melakukan pemupukan pohon pisang ini sebenarnya bisa dilakukan baik itu dengan menggunakan pupuk organik, misalnya pupuk organik cair (POC) maupun menggunakan pupuk kimia atau non/anorganik. yangterpenting adalah menggunakan pupuk tersebuit dengan komposisi yang tepat sehingga semua unsur hara dapat terpenuihi dan seimbang sehingga tanaman pisang dapat tumbuh dengan subur dan optimal.

penmggunaan pupuk organik maupun anorganik untuk pohon pisang harus di kembalikan kepada niat awal anda menanam pohon pisang, jika kamu ingin menanam untuk kebutuhan makanan sehat maka saya sangat menganjurkan untuk menggunakan pupuk organik meskipun biasanya harganya relatif lebih mahal daripada pupuk kimia/anorganik dipasaran. tapi jangan dulu khawatir karna kamu juga BISA MEMBUAT SENDIRI pupuk organik cair dari bahan limbah rumah tangga. selain itu penggunaan pupuk orgganik bisa menjaga kualitas tanah dalam jangka panjang, namun harus diakui penggunakan pupuk organik tidak sepraktis pupuk anorganik yang bisa di aplikasikan dengan mudah dan sederhana. olehkarena itu kembalilagi pada niat anda untuk menanm pisang tersebut.

selain memilih salahsatu opsi tersebut kamu juga bisa menggunaka campuran dari pupuk organik dan pupuk kimia untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, namun cara ini juga harus di lakukan dengan hati-hati dan dengan takaran yang tepat agar tanaman pisang tidak over dosis karena penggunaan pupuk secara berlebihan justru bisa membuat tanaman stress..

Pupuk Untuk Awal Tanam Pohon Pisang (pupuk dasar)

dalam sekala pertanian industri kita mengenal pupuk dasar sebelum menanam sebuah tanaman/pohon di ladang pertanian, nah pupuk dasar ini akan berfungsi sebagai nutrisi awal yang akan dibutuhkan oleh tanaman, beberapa petani pisang menggunakan metode pengapuran dan pemberian pupuk organik seperti kotoran hewan atau baktersi tertentu untuk membuat tanah lebih subur. berikut ini merupakan cara pengaplikasian pupuk dasar pada tanaman pisang yang mungkin belum kamu pahami.

1. Pengapura tanah yang akan ditanami pisang

pengapuran pada tanah akan berfungsi untuk mengontrol PH atau tingkat keasaman tanah sehingga pengapuran ini sangat bermanfaat untuk menurunkan tingkat keasaman pada tanah atau ladang. gunakan kapur pertanian yang banyak di jual di toko tanaman maupun toko pertanian.

ph yang baik untuk tanaman pisang ini berkisar antara 5 sampai dengan 7. jika ph tanah kurang atau lebih dari itu maka sangat perlu dilakukanya pengapuran. tapi jika ph tanah masih di tingkat stabil kamu bisa melewati proses ini dan lanjut ke proses berikutnya.

Pupuk Rahasia Agar Pohon Pisang Tumbuh Subur dan Pane Maksimal


manfaat lain dari pengontrolan Ph tanah karena pada tanah yang emmiliki ph yang stabil dan netral akan memudahkan unsur har dan mikro organisme bisa berkembang dengan baik dan membantu menyuburkan tanah.  namun jika kandungan ph tanah cenderung asam maka unsur hara tersebut akan sangat berkuirang bahkan tidak tersedia sehingga tanaman menjadi tidak subur dan tidak tumbuh denga optimal.

selain penting untuk mengatur Ph pengapuran pada pohon pisang juga sangat berguna untuk memberikan unsur kalsium yang banyak terkandung dalam kapur. sebagaimana kita tahu jika unsur kalsium (Cl) ini sangat berguna bagi tanaman pisang. eit perlu di ingat jika kalsium ini berbeda dengan kalium loh ya.

untuk melakukan pengapuran kamu tidak bisa asal menggunakan kapur , kapur yang biasanya di gunakan ada dua jenis yang keduanya merupakan kapur yang banyak di gunakan dalam pertanian.  dua jenis kapur yang banyak di gunakan untuk pengapuran lahan pohon pisang adalah kapur DOLOMIT dan Kapur KALSIT.  dua jenis kapur ini memiliki kandungan, kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun saya lebih merekomendasikan anda untuk menggunakan kapur dolomit sebagai bahan pengapuran lahan pisang yang akan kamu tanamai pohon pisang.

secara umum kapur dolomit banyak digunakan oleh para petani karena bisa membuat keberadaan unsur makro dalam tanah bertambah dan membantu menyuburkan tanah, untuk pemberian kapur kedalam tanah sendiri biasanya menggunakan takaran yang harus melalalui uji tanah. namun jika kamu hanya menanam pisang dalam skala kecil hal ini akan merepotka, olehkarena itu kamu bisa memberikan kapur ke tanah dengan takaran kurang lebih 200gram untuk setiap lubang tanah yang akan di tanami pisang.

pengapuran pada tanah yang akan kita gunakan untuk menanam pohon pisang harus di lakukan jauh hari sebelum penanam pohon pisang, ini akan berguna untuk menyiapkan tanah dan unsur makro yang terkandung dalam tanah sebebum siap untuk di tanami oleh tanaman. jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan teknik pengapuran ini kurang lebih sebulan sebelum penanam pohon pisang. penmgapuran ini juga harus di barengi dengan pemberian pupuk dasar lainnya yang akan kita jelaskan pada poin selanjutnya.

Tips : Jika kamu tidak memiliki kapur untuk pertanian kamu juga bisa memanfaatkan abu sisa pembakaran untuk menggantikan kapur

2. pemberian kotoran binatang atau pupuk organik sejenisnya

pasca pengapuran tanah yang kita siapkan untuk menanam bibit pohon pisang tidak boleh langsung di tanami dengan pohon pisang, langkah selanjutnya adalah dengan cara menyiapkan pupuk dari kotoran hewan untuk memperkaya kandungan nutrisi didalam tanah. pupuk organik ini merupakan pupuk organik yang akan kita campurkan di dalam tanah.

penggunaan pupuk organik bisa menggunakan kotoran hewan yangtelah di fermentasi sehingga sudah siap untuk diberikan untuk tanaman. pengaplikasian pupuk organik padat ini harus di berikan dua minggu setelah pengapuran pada tanah.

dosisi pemberian pupuk organik padat sendiri bisa kamu sesuaikan dengan pohon pisang yang akan kamu tanam, namun para petani pisang biasanya menggunakan sekitar 5 sampai 15 kg pupuk  kandang untuk persiapan satu lubang tanaman,  selain menggunakan pupuk kandang kamu juga bisa menggunakan pupuk kompos sebagai substitusi dari pupuk kandnang, dosisi dari pupuk kompos sendiri bisa lebih sedikit dari pupuk kandang yaitu hanya sekitar 5 sampai 10 kg ntuk setiap lubang tanam pohon pisang yang akan di siapkan.

pupuk organik tadi yang telah kamu masukan kedalam tanah harus di campurkan untuk membuat asupan nutrisi tersebar rata dan memaksimalkan pertumbuhan pada tanaman, sayangnya pupuk organik ini memiliki resiko untuk menumbuhkan jamur, olehkarena itu ada baiknya selama mencampurkan pupuk organik padat ini, kamu juga harusmencampur kompos dengan tricoderma atau sejenis fungisida dari bahan jamur. hah fungisida kok darijamur ? begini penjelasanya.

3. gunakan Fungisida Tricoderma SP untuk tanaman pisang

Tricoderma sp Merupakan jenis jamur yang berperan penting untuk pengendalian hama jamur. selain itu jamur satu ini juga memiliki peran yang berguna untuk menyuburkan tanah karena perannya sebagai pupuk hayati. tricoderma sp ini bagi kalangan akademisi sering di sebut sebagai fertilizer alami dalam tanah sehingga tidak di ragukan lagi jika tricoderma sangart bermanfaat untuk pengendalian hama dan sebagai pupuk hayati.

pencampuran tricoderma dalam pupuk dasar pohon pisang ini sangat bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya jamur yang akan menghambat pertumbuhan pohon pisang, selain itu tricoderma akan membantu memenuhi pupuk hayati yang dibutuhkan oleh tanaman pisang. berikut ini cara menggunakan jamur tricoderma sp pada tanah yang akan digunakan untuk menanam pohon pisang.

Pupuk Rahasia Agar Pohon Pisang Tumbuh Subur dan Pane Maksimal


cara pengaplikasian tricoderma sp :
penggunaan jamur tricoderma dilakukan untuk kebutuhan tanaman pohon pisang adalah sekitar 100 gram tricoderma untuk 10 kg pupuk organik yang akan digunakan untuk pemupukan pohon pisang.
jadi jika kamu menggunakan 20kg pupuk organik maka kamu harus mencampurkan 200gram tricoderma da seterusnya. pemberian tricoderma sendiri tidak perlu dilakukan secara rutin, karna tricoderma yang sudah di berikan dalam tanah akan berkembangbiak sendiri hingga masa panen.
pemberian pupuk organik dan tricoderma ini harus di lakukan minimal dua minggu sebelum penanam pohon pisang agar tanah benar-benar siap untuk di tanami oleh tanaman.

jamur tricoderma ini akan sangat berguna untuk pencegahan penyakit layu fusarium pada tanaman pisang.

Cara Pemupukan Rutin Pada Pohon Pisang


seperti yang saya katakan sebelumnya jika tanaman pisang merupakan tanaman yang rakus. olehkarena itu untuk mendapatkan pertumbuhan yang maksidmal sebihsa mengkin untuk terus mencukupi kebutuhan nutrisi pada tanaman pisang. pastikan untuk memenuhi unsur NPK pada tanaman pisang untuk membuat pertumbuhan dan panennya menjadi maksimal, pemupukan ini bisa kamu lakukan sejak sebulan setelah penanaman pertama dan kemudian dikanjutkan secara rutin boleh sebulan sekali atau tiga bulan sekali. sampai pada masa panen.

pemupukan pada pohon pisang ini bisa kamu lakukan dengan berbagai jenis pupuk yang jelaspupuk tersebut harus mengandung unsur yang sangat dibutuhkan oleh tanaman pisang, selain NPK tanaman pisang juga sangat membutuhkan pupuk yang mengandung Urea, Sp-36 dan unsur KCl. beberapa jenis pupuk tersebut bisa kamu temukan dengan mudah d toko tanaman atau toko pertanian. untuk cara penggunaan pupuk tersebut kamu bisa simak di bawah ini.

Dosis Pupuk untuk Pemupukan Pohon Pisang
pemberian pupuk pada tanaman dibagi menjadi dua fase yautu fase vegetatif dan fase generatif. kedua fase ini membutuhka pemupukan yang berbeda da beragam misalnya saja pada fase vegetatif pemupukan akan bertujuan untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman, sedangkan pada fase generatif pemupukan akan di fokuskan untuk pembentukan bunga dan pematangan buah.
untuk masing-masing fase pemupukan ini bisa kamu baca di bawah ini :

1. pemupukan vase generatif pada tanaman pisang

Pupuk Rahasia Agar Pohon Pisang Tumbuh Subur dan Pane Maksimal

saat taaman pisang masih dalam masa pertumbuhan maka konsentrasi pemupukan akan di fokuskan untuk pembentukan akar batang dan daun tanaman pisang, oleh karena itu pupuk yang baik di berikan dalam vase ini adalah pupuk dengan takaran sebagai berikut:

  • pupuk SP-36, 25 gram per pohon.
  • pupuk Urea, 40 gram per pohon.
  • pupuk KCL, 100 gram per pohon.

selain itu kamu juga harus terus menyuplai kebutuhan pupuk nitrogen dan fosfor untuk memaksimalkan pertumbuhan dan mempersiapkan pembungaan pada tanaman pisang. setelah melewati fase pertumbuhan, maka dosisi pemupukan pada tanaman pisang harus di rubah karena pisang akan memasuki vase generatif, maka dosisi pemupukan yang tepat dalah sebagai berikut:
selain pemupukan pertumbuhan pisang akan tergantung pada jenis tanaman pisang yang kamu tanam, karena tidak mungkin pisang cavendis bisa tumbuh raksasa seperti pisang raksasa musa ingens yang ada di papua.

tips : kamu bisa menggunakan daun pisang kering untuk pupuk organik padat (kompos)

2. Pupuk Untuk tanaman Pisang Dewasa agar buah pisang maksimal

Pupuk Rahasia Agar Pohon Pisang Tumbuh Subur dan Pane Maksimal

aplikasi pemupukan pada tahap generatif akan di fokuskan untuk pembentukan bunga dan pembuahan pada tanaman dengan dosisi sebagai berikut:

  1. pupuk Urea, sebanyak 60 gram per pohon
  2. pupuk SP-36, sebanyak 40 gram per pohon
  3. dan pupuk KCL, sebanyak 200 gram per pohon

peningkatan dosis pemupukan pada pohon pisang dewasa dalam tahap generatif akan membantu membentuk buah pisang yang besar dan memiliki rasa yang manis, dengan demikian panen akan melimpah dan kebun pisang bisa mendatangkan keuntungan yang tidak sia-sia.

Setiap 6 bulan sekali ditambahkan sedikit pupuk organik agar media tumbuh pohon pisang tetap terjaga kesuburannya.

cara untuk mengaplikasikan pupuk pada poon pisang dapat dilakukan dengan berbagai cara, salahsatunya dengan membuat lubang atau parit kecil. orang jawa menyebut cara ini dengan membuat larikan di sekitar pohon pisang lalu taburi dengan pupuk dan tutup kembali dengan tanah. cara ini digunakan agar pupuk tidak hilang saat hujan turun melainkan akan terserap secara maksimal kedalam tanah.

nah itudia beberapa tips tentang pemupukan pohon pisang dan pupuk apa yang di gunakan untuk membuat pohon pisang menjadi subur dan berbuah cepat, pemupukan pada pohon pisang apabila di lakukan dengan tepat dan dengan takaran yang benar maka akan membat pohon pisang dapat tumbuh dengan baik bahkan menghasilkan panen yang memuaskan.

namun selain menguntungkan pohon pisang juga memiliki beberapa hama yang sering mengganggu tanaman pisang beberapa hama tanaman pisang diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Nematoda (Rotulenchus similis)
  2. Ulat Penggulung Daun Pisang (Erionota thrax L.)
  3. Hama Uret
  4. hama Kutu Putih pada tanaman
  5. Hama Ulat Buah Pisang
  6. Kumbang Penggerek Bonggol Pisang (Cosmopolites sordidus)
  7. Lalat Buah Pisang (Dacus dorsilis)
  8. Hama Ngengat (Nicoleia octacema)


selain hama tersebut tanaman pisang juga seringkali dihinggapi dengan beberapa penyakit yang menyarang pohon pisang dan menyebabkan kegegalan diantaranya adalah layu fusarium, penyakit bercak pada daun, pisang yang kerdil, dan layu dara, namun jika saya bahas tentang hama dan penyakit pisang tersebut di sini saya pikir artikel ini akan menjadi terlalu panjang, oleh karena itu kamu bisa membaca artikel tentang tanaman pisang tersebut pada artikel selanjutnya di web ini.
selamat menanam, jaya petani di indonesia ilmukebun.com


0 Response to "Pupuk Rahasia Agar Pohon Pisang Tumbuh Subur dan Cepat berbuah"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel