-->

Penyebab Daun Tanaman menjadi Kuning Dan Cara mengatasinya

Penyebab Daun Tanaman menjadi Kuning Dan Cara mengatasinya

ilmukebun.com-dari berbagai forum diskusi tanaman, saya sering mendapat pertanyaan mengenai perubahan warna daun pada tanaman, mengapa daun tanaman saya menguning ? apa penyebab daun tanaman saya menguning dan rontok ? bagaimana cara mengatasi daun tanaman yang menguning dan pertanyaan lain yang serupa. oleh karena itu melalui artikel ini saya berniat membahas apa yang menyebabkan daun tanaman berubah menjadi kuning bahkan rontok, baik itu kuning sebagian atau secara keseluruhan.

Penyebab Daun Tanaman menjadi Kuning Dan Cara mengatasinya


normalnya, secara umum daun tanaman berwarna hijau, meskipun beberapa tanaman memiliki daun berwarna selain hijau misalnya merah, kuning, ungu atau bahkan bercorak dan warna lainnya, misalnya saja tanaman varigata, sepertihalnya yang terjadi pada sutra bombai varigata atau hanna misteria. selain tanaman yang saya sebutkan di atas pada umumnya tanaman memiliki daun berwarna hijau, warna hijau sendiri di dapatkan dari zat klorofil yang berperan penting dalam proses fotosintesis pada tanaman. klorofil pada tanaman yang terganggu sehingga mengakibatkan warna daun yang berubah dapat menyebabkan gangguan metabolisme pada tanaman (fotosintesis). hal ini akan membuat kesehatan dan pertumbuhan tanaman menjadi terganggu, bahkan dalam kasusu serius perubahan warna pada daun bisa menyebabkan kematian pada tanaman.

jika kita bertanya apa penyebab daun tanaman menjadi kuning? maka jawabannya menjadi begitu beragam, banyak faktor yang bisa menyebabkan daun tanaman menjadi kuning, layu bahkan rontok, mulai dari serangan hama, kekurangan nutrisi, kesalahan pemberian pupuk hingga gangguan lain yang dialami oleh tanaman, perubahan daun tanaman menjadi kuning ini harus segera di tangani dengan tepat sehingga tanaman tidak akan mati dan masih bisa di selamatkan.  kenali terlebih dulu penyebab daun tanaman anda menjadi kuning sebelum melakukan penanganan, karna jika salah melakukan penanganan mungkin tanaman anda akan menjadi lebih parah dan mati.

Apa Penyebab Daun Tanaman Menjadi kuning dan cara mengatasinya

faktor-faktor yang menyebabkan daun tanaman berubah menjadi kuning dapat kita klasifikasikan berdasarkan gejala yang terjadi, ini bisa terlihat dari bentuk perubahan pada daun tanaman, perubahan daun menjadi kuning tersebut apakah sebagian atau seluruhnya, kuning bercak ataukah kuning di tepiannya saja ataupun gejala lainnnya.

Penyebab Daun menguning sebagian atau keseluruhan  berdasarkan ciri-cirinya

untuk mengetahui penyebab daun tanaman menguning dan bagaimana cara penanganannya, kita harus memahami terlebih dahulu penyebab atau gejala yang terjadi pada tanaman yang daunnya menguning tersebut, jangan sampai kita melakukan penanganan yang sia-sia atau justru memperburuk keadaan, menguningnya daun tanaman juga bisa terjadi akibat Stress karna pengiriman tanaman yang dilakukan ketika membeli tanaman secara online, jika demikian yang terjadi, saya sarankan anda untuk membaca artikel yang lebih tepat yaitu cara mengatasi tanaman yang stress akibat pengiriman, namun jika gejala daun menguning ini terjadi pada tanaman yang sudah lama anda pelihara mungkin anda masih di jalur yang benar untuk membaca artikel ini secara keseluruhan.

Berikut ini gejala daun tanaman menguning berdasarkan penyebabnya.

penyebab daun menjadi kuning bisa terjadi karna banyak sebab, sebelum memilih penanganan yang tepat, ada baiknya jika kita mengetahui penyebab warna kuning pada tanaman tersebut.

warna hijau memudar dan menjadi sedikit kuning

tanaman yang memiliki perubahan warna daun menjadi lebih pudar atau pucat dapat disebabkan oelh intensitas penyinaran matahari yang berlebihan, sehingga membuat daun menjadi berubah warna, biasanya gejala yang di timbulkan adalah warna daun menjadi pucat dan sedikit menguning, selain itu gejala yang biasanya terlihat adalah daun menjadi tegak atau menguncup berdiri dan berbentuk lebih kecil daripada biasanya. gejala-gejala daun menguning dan pucat seperti ini biasanya sering dialami oleh tanaman indoor atau tanaman yang biasa hidup di tempat teduh namun kemudian terpapar oleh sinar matahari langsung seperti tanaman caladium atau lompong dan aglonema.

penyebab daun menjadi kuning sebagian sisi dan kusam

mungkin kamu pernah mengalami masalah seperti ini, bagian daun sebagian menjadi kuning, tapi sebagian lagi masih memiliki warna hijau atau warna sehat dari daun tersebut, biasanya perubahan warna ini terjadi pada ujung hingga sebagian area daun, ini di sebabkan karena tanaman anda kurang mendapatkan sinar matahari atau di tempatkan terlalu gelap, sehingga tanaman menjadi kurang pencahayaan, ini juga sering terjadi ada daunm yang sudah berumur tua dan tertutupi oleh daun lain sehingga daun menjadi kuning. pada umumnya maslaah daun menguning karna kurang sinar matahari ini terjadi pada tanaman yang di letakan di dalam rumah, memang terdapat tanamanyang lebih baik di letakan di tempat teduh untuk mencapai pertumbuhan yang optimal seperti misalnya tanaman lilyparis spiderplant, namun bukan berarti kurang pencahayaan, tanaman tetap membutuhkan pencahayaan untuk melakukan proses fotosintesis.

warna daun menjadi gelap sebagian / pudar dan layu.

jika daun tanaman kesayangan anda terlihat lebih gelap atau pudar dari biasanya, maka ini bisajadi karena tanaman anda mengalami dehidrasi atau kekurangan air. gejala yang umum biasanya daun menjadi lesu dan lemas (layu) dan tanah media tanam terlihat sangat kering, jika ini terjadi segeralah siram tanaman anda dengan air yang cukup. namun jika tanah tidak terlalu kering bisa jadi ada gangguan dalam tanaman tersebut, priksalah batang tanaman, biasanya gejala ini juga terjadi ketika dahan tanaman patah atau di hinggapi hama ulat ranting.

penyebab daun tanaman menguning dan busuk

daun tanaman yang berubah warna secara mendadak sebelum cukup tua untuk rontok bisa juga diakibatkan karena overwatering atau terlalu banyak menyiram tanaman tersebut, memang sangat baik untuk menyiram tanaman secara teratur tapi anda juga perlu memperhatikan kebutuhan tanaman tersebut terhadap air, gejala ini sering terjadi pada tanaman suculennt atau beberapa jenis tanaman lain yang diperlakukan dengan penyiraman yang berlebihan, jika ini terjadi pada tanaman kalian, cobalah untuk mengurangi intensitas penyiraman sampai tanaman menjadi lebih segar dan sehat.

penyebab daun menguning dan mengering di bagian pinggirnya

penyebab daun tanaman menguning sebagain, khusunya di bagian pinggirannya saja dapat terjadi karean tanaman kekurangan nutrisi, khusunya zat potasium, zat ini biasnaya sudah terkandung di dalam tanah, namun jika keberadaannya di tanah ini tidak cukup, maka daun tanaman akan berubah dan mengalami gejala menguning di bagian pinggirannya saja, sedangkan bagian tengah tanaman akan terlihat tetap sehat dan baik-baik saja.

penyebab pinggir daun tanaman menguning sebagian dan berwarna pucat

gejala daun tanaman menguning sebagain ini mirip dengan ketika tanaman kekurangan zat potasium, bedanya adalah ketika tanaman anda kekurangan potasium maka daun bagian tengah akan terlihat sehat dan baik-baik saja, sedangkan yang sekarang kita bahas adalah menguning di pinggir dan berwarna pucat secara keseluruhan, ini disebabkan karena tanaman kekurangan zat nitrogen, solusinya adalah kalian harus menambahkan unsur nitrogen kedalam tanaman melalui pupuk.

untungnya, saya sudahmenulis artikel tentang cara membuat pupuk organik cair yang kaya kandungan nitrogen dari bahan-bahan limbah dapur yang bisa anda dapatkan secara gratis. simak di artikel tersebut cara membuat pupuk organik cair untuk mengatasi daun tanaman yang menguning sebagian.

penyebab daun tanaman menguning dan bercak coklat

tanaman yang memiliki gejala daun menguning seperti bintik atau lingkaran di daun dan memiliki warna kuning di sebgaian bercak coklat tersebut bisa disebabkan karena tanaman anda mengalami kekurangan unsur zat kalsium. kalsium sendiri sangat penting untuk pertumbuhan tanaman, oleh karena itu jika tanaman kamu memiliki gajala tersebut, ada baiknya jika kamu membaca artikel cara membuat pupuk organik cair kaya kandungan kalium. pupuk sangat membantu untuk mencukupi zat yang di butuhkan tanaman yang tidak terdapat di dalam tanah.

penyebab daun tanaman kriting dan kuning pudar

jika kamu mengalami masalah daun tanaman berubah warna menjadi bercorak kuning dan hijau pudar ada kemungkinan tanaman kamu mengalami kekurangan zinc, ini juga bisa di tandai dengan bentuk daun pupus pada tanaman yang kriting atau mengkerut dan tidak beraturan, biasanya pada tanaman tertentu kekurangn zinc juga menyebabkan kriting dan kuning secara bersamaan. 

penyebab daun tanaman menguning dan rontok

daun tanaman yang menguning tidak selalu menandakan bahwa tanaman tersebut mengalami kekurangan zat atau unsur hara tertentu, perubahan warna kuning pada tanaman juga bisa terjadi karna banyak faktor selain penyakit, perubahan warna kuning pada daun bahkan bisa menunjukan bahwa tanaman kamu sangat sehat, pada umumnya daun akan berubah menjadi kuning dan rontok ketika daun tersebut sudah terlalu tua atau sudah tidak berfungsi dengan baik untuk menyerap sinar matahari dan melakukan fotosintesis, sehingga daun akan di gugurkan oleh tanaman setelah menjadi kuning sebelumnya, selain itu menguningnya warna daun juga sering menjadi pertanda musim, misalnya saja di masyarakat jawa menyebut fase ini sebagai "Kedapo", suatu siklus menggugurkan daun pada tanaman untuk memulai memunculkan bunga atau daun muda. jadi jangan terlalu khawatir dengan prubahan daun tanaman yang menjadi kuning jika hal tersebut masih wajar.

penyebab daun muda berwarna kuning

normalnya, daun yang berwarna kuning terjadi ketika daun menjadi tua dan tidak efektif melakukan fotosintesis, namun daun menguning juga bisa terjadi pada pucuk daun muda pada tanaman, hal ini disebabkan karena tanaman tersebut mengalami kekurangan zat besi. kekurangan zat besi pada unsur hara yang di serap tanaman akan menyebabkan daun menjadi kuning, solusinya adalah berikakanlah pupuk tanaman yangkaya kandungan zat besi, jika kamu bingung kamu juga bisa memberikan pupuk NPK seimbang untuk tanaman dengan kondisi gejala demikian.

penyebab daun menguning mendadak dan rontok

saya pribadi pernah mengalami kasusu daun tanaman menjadi kuning dan rontok seperti ini, awalnya saya pikir tanaman saya mengalami stress, tapi ternyata setelah saya telusuri daun tanaman yangmenguning ini di akibatkan karena pemberian pupuk kandang yang terlalu berlebihan, selain itu pupuk kandang yang saya berikan belum matang atau belum terurai sebagai pupuk, sehingga masih terjadi proses pematangan yang menyebabkan proses yang mengeluarkan panas, ini akan mengganggu tanaman kesyangan kalian dan menyebabkan daun menjadi kuning dan rontok, cara terbaik adalah mengangkat pupuk tersebut atau memindahkan tanaman ke media yang sudah siap dan aman untuk tanaman.

daun mengunging dan menghitam akibat hama

pada umumnya serangan hama bisa di indentifikasi dengan mudah, ini sangat mencolok terutama pad sebagian jenis hama yang memakan daun sehingga daun terlihat berlubang, namun berbeda ceritanya ketika hama tersebut memakan nutrisi dan tidak meninggalkan lubang apapaun, melainkan hanya terlihat daun menjadi kuning, tapi tenang saja setiap hama pasti meninggalkan jejak atau ciri tertentu, anda bisa mengamati daun tersebut untuk melihat apakah daun terserang hama atau kekurangan zat hara, daun yang terserang hama biasanya berwarna hitam corak dan meninggalkan kotoran atau sekumpulan binatang kecil yang hinggap di daun tersebut, berkaitan dengan hama pada tanaman, kamu juga bisa membaca artikel kami tentang bagaimamana cara mengatasi hama kutu putih pada tanaman kesayangan kalian.

penyebab daun tanaman terbakar dan bolong sebagian

selain menguning, ada juga kasus dimana daun tanaman menghitam, coklat dan mengering sebagian dan membentuk lubang-lubang di daun, ini bisa di sebabkan karena kesalahan waktu penyiraman, konsidisi ini di sebut SUNBURN atau daun yang terbakar oleh sinar matahari, penyebabnya adalah daun terkena air ketika dan sedang melakukan proses fotosintesis. 

melakukan penyiraman ketika cahaya masih terik bisa menjadi penyebab utama masalah sunburn ini, inget kembali kapan ada menyiram tanaman kesayangan anda jika tanaman anda mengalami gejala demikian. 

untuk lebih jelas silahkan simak gambar di bawah ini tentang penyebab daun menguning dan contoh gejalanya.

Penyebab Daun Tanaman menjadi Kuning Dan Cara mengatasinya
saferbrand.com

Cara Mengatasi Daun Tanaman Yang menguning Dengan Mudah

setelah kita memahami penyebab dari masing masing gejala daun yang meguning pada tanaman baik itu sebagian atau secara keseluruhan, sekarang waktunya kita membahasa mengenai cara penanganan yang terbaik untuk mengatasi daun yang menguning.

cara jitu untuk megatasi/menagani daun tanaman yang menguning adalah dengan memperlakukan sesuai dengan gejala yang di timbulkan, misalnya saja jika tanaman menguning akibat kurang iunsur hara seperti kalium, fosfor atau nitrogen cara terbaik adalah dengan cara memberinya pupuk yang memiliki kandungan unsur tersebut. sedangkan jika daun tanaman anda menguning karena hama, kamu juga harus memberikan insektisida secara tepat untuk mengusir hama tersebut dan merawat kembali tanaman kesayangan kalian dengan baik..

gejala daun tanaman yang menguning biasanya bisa terjadi pada semua jenis tanaman seperti tanaman sayuran, cabai, durian, kelengkeng atau jenis tanaman yang lainnya seperti tanaman agloema atau caladium, tapi semua penangannyaa bisa di bilang sama, cukup di identifikasi penyebabnya dan lakukan penanganan terbaik.

nah, penyebab dan cara mengatasi daun tanaman yang menguning, jika kamu memiliki pengalaman yang berbeda tentang penangan daun tanaman yang menguning kamu bisa share caranya di kolol komentar di bawah, mari berbagi tips untuk menghijaukan bumi untuk ruang hidup yang lebih baik..

0 Response to "Penyebab Daun Tanaman menjadi Kuning Dan Cara mengatasinya"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel