-->

Segudang Manfaat Daun Bandotan untuk Kesehatan

Ilmukebun.com-Daun bandotan selama ini tidak dikenal oleh banyak orang, daun bandotan sendiri memiliki berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia, manfaat daun bandotan sendiri tidak di sadari karena bentuk tanaman daun bandotan ini yang seperti rumput.

Kasiat daun Bandotan dan Cara Menggunakannya


Segudang Manfaat Daun Bandotan untuk Kesehatan
Daun bandotan

Rumput wedusan atau daun bandotan ini biasanya tumbuh di lahan pertanian atau pekarangan sebagai tanaman gulma. Biasanya orang-orang hanya menganggap daun bandotan ini sebagai rumput pengganggu, padahal jika kalian mengetahui, daun bandotan ini memiliki banyak sekali manfaat yang tidak terdapat pada tanaman lain. 

sayangnya pemanfaatan daun bandotan sebagai obat harus di lakukan dengan sangat hati-hati, karena selain mempunyai manfaat sebagai tanaman obat, daun bandotan juga di kenal sebagai tanaman yang memiliki racun yang cukup tinggi, tidak heran tanaman ini juga sering dijadikan sebagai insektisida alami di luar negri, daun bandotan ini akan lebih aman jika di gunakan sebagai obat luar daripada obat dalam, namun meskipun demikian tanaman daun bandotan ini masih aman untuk di konsumsi sebagai obat jika takarannya tidak berlebihan. 

Berbicara khasiat daun bandotan sebagai insektisida, kami juga memiliki artikel menarik tentang 10 tahanam hiasbyang bisa mengusir nyamuk di rumah, kamu bisa membaca artikek tersebut setelah selesai membaca tulisan mengenai manfaat daun bandotan ini. 

sebelum kita lebih jauh membas mengenai manfaat daun bandotan, ada baiknya kita mengenalberlebih dahulu tentang si daun bandotan atau tanaman yang memiliki nama ilmiah Ageratum conyzoides. Bandotan atau si ageratum conyzoides ini merupakan tanaman yang masih tergabung dalam suku asteraceae. Tanamn ini merupakan tanaman anual, atau hidup dalam satu musim, artinya tanaman ini akan mati setelah berbunga dan berkembang biak. Tanaman daun bandotan ini berasal dari amerika dengan nama asli bule nya yaitu goatweed,  billy goat weed, chick weed dan masih banyak lagi yang merujuk pada pengertian bahwa tanaman bandotan ini memiliki aroma kambing. 

penjulukan tersebut tidak di ada-adakan, tanaman bandotan yang memiliki banyak khasist ini memang mengeluarkan aroma seperti bau kambing, tidak heran jika sebagian masyarakat sunda menamai tanaman ini sebaai daun wedusan, babandotan, dusbedusan. Dan istilah sejenis yang merujuk satu artian kata dalam bahasa indonesia yaitu kambing. 

meskipun berbau seperti kambing, tanaman rumput bandotan terbukti memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan, mulai dari menyembuhkan penyakit ringan hingga digunakan untuk ramuan pengobatan kangker. Waaah keren juga ya sih bau kambing ini. 

meskipun tanaman daun bandotan ini berasal dari amerika latin, tapi persebarannya sudah hampir bisa di temukan di banyak penjuru dunia, salahsatunya indonesia, sayangnya di bumi pertiwi sendiri tanaman daun wedusan ini masih kurang mendapat perhatian dari masyarakat karna minimnya pengetahuan yang di miliki. 

nama daun bandotan sendiri dikarenakan tanaman ini memiliki bau yang menyengat di bagian daunnya,  tanaman bandotan ini memiliki bau yangbmirip dengan kambing terutama ketika daunnya membusuk atau di letakan di kondisi yang lembab.. 

Ciri rumput daun bandotan


ciri fisik tanaman bandotan yang memiliki banyak khasiat ini sebenarnya sudah tidak perlu kita bahas, karena tanaman ini tersebar di berbagai wilayah di indonesia dan sangat mudsh di temui, baik itu dihalaman maupun pada lahan perkebunan, tanaman bandotan secara kasat mata memiliki daun berwarna hijau dengan sedikit berbulu dan berbentuk menyerupai belah ketupat dengan ujung san sepanjang pinggiran daun bandotan berbentuk seperti gerigi, tanam bandotan memiliki tinggi tidak lebih dari 50cm, kebanyakn di temukan lebih pendek lagi, memiliki batang tanaman berbulu dan bentuk bunga yang seperti kuas yumpul, tanaman ini sangat mudah di indentifikasi. Bunga tanaman bandotan biasana berwarna pink ke unguan, namun beberapa jenis juga ada yang berwarna putih, lebih jelasnya silahkan amati gambar di bawah ini

Segudang Manfaat Daun Bandotan untuk Kesehatan
Tanaman rumput bandotan

secara klasifikasi, daun bandotan atau ageratum conyzoides ini dikelompokan kdalam kingdom Plantea, dengan ordo asterales. Tanaman bandotan ini masih satu keluarga dengan jenis asteraceae dan memiliki genus Agerantum yang kemudian dilibatkan dalam nama depannya, yaitu agerantum conyzoides sebagai suatu species tanaman rerumputan yang  memiliki banyak sekali kasiat dan manfaat. Lalu apa sajakah manfaat daun bandotan ini ? yuk simak di bawah ini.. 

Kasiat dan Manfaat Daun Bandotan untuk manusia 


manfaat daun bandotan ini ternyata sudah lama diketahui okeh seagain orang dari kalangan tabib tradisional sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan luka dan metode pengobatan luar lainnya.  Tanaman bandotan sendiri memiliki kandungan zat esensial, kumarin dan alkaloid yang cukup tinggi sehingga menyebabkan tanaman ini memiliki bau ang khas, jadi jangan heran dengan aromanya yang cukup unik, meskipun banyak dikatakan memiliki aroma seperti kambing, t3rnyata bau khas dari tanaman daun bandoyan ini dikarenakan kandungan alkaloid pirolizidina yang cukup tinggi.. 

dibelahan dunia lain, tanaman daun bandotan seringkali di racik dengan berbagai jenis tanaman lain untuk digunakan sebagai pembasmi hama, tidak heran jika tanaman bandotan ini sangatbmanjur digunakan sebagai insektisida. 

Manfaat Daun Banfotan Untuk Kesehatan

ka ndungan zat kimia yang kaya dalam daun bandotan membuat daun ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan manusia, banyak jenis penyakit bisa diatasidengan mengonsumsi daun bandotan ini, mulai dari mengobati asam lambung (mahg) hingga penyakit berat seperti kangker bisa di obati dengan daun bandotan, berikut ini beberapa manfaat atau khasiat daun bandotan untuk kesehatan. 

manfaat daun bandotan untuk mengobati sakit mata

siapa yang menyangka, jika tanaman daun bandotan ini memilikimkasiat untuk membantu menyembuhkan sakit mata, baik itu dengan gejala mata merah, iritasi tingan, belekan dan penyakit mata lainnya bisa di atasi dengan menggunakan daun bandotan ini, cara menggunkan daun bandotan untuk mengobati sakit mata cukup mudah, caranya adalah ambil beberapa helai daun bandotan, cuci dan kemudianndi tumbuk dengan alat penumbuk yang steril, kemudian teteskan cairan yangbdi hasilkan oleh daun bandotan tersebut pada jata yang sakit. 

Kasiat Daun Bandotan untuk mencegah diabetes/ kencing manis


siapa yang menyangka jika tanaman bandotan yang dianggap rumput ini memiliki manfaat untuk cukup baik untuk menangkal diabetes atau penyakit kencing manis yang berkaitan dengan gula darah, konon kandungan zat kimia dan mineral yang terkandung dalam tanaman daun bandotan ini efektif untuk mencegah penyakit gula darah. Sayangnya belum ada hasil penelitian ilmiah yang membuktikan asumsi ini, namun kepercayaan khasiat tanaman bandotan sebagai pengibatan kencing manis ini banyak di lakukan oleh praktisi kesehatan tradisional. 

Daun Bandotan untuk Mengobati Sakit mahg

kasiat tanaman daun bandotan lain yang mungkin belum banyak di ketahui masyarakay adalah jika tanaman ini ternyata sangat ampuh untuk mengobati sskit mahg, tanaman ini bisa digunakan sebagai alternatif pengkbatan ketika sakit perut yang diakibatkan ol3h oenyakit mahg m3nyerang anda, caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengambil beberapa helai dan batang tanaman daun bandotan ini, kemdiaian cuci hingga bersih dan rebuslah sengan sedikit air, tunggu sampai mendidh dan air berubah warna menjadi sedikit hijau, minumlah air rebusan daun bandotan tersebut saat sakit mahg anda kambuh. 

Daun bandotan untuk menyembuhkan luka dan koreng


pada jaman dahulu, ketika obat luka masih menjadi obat yang cukup langka, masyarakat tradisional sering menggunakan tanaman bandotan ini untuk membantu menyembuhkan luka baru atau luka yang menjadi koreng, cara menggunakan tanaman bandotan untuk menyembuhkan luka cukup mudah, caranya adalah dengan cara mengambil dan menumbuk tanaman daun bandotan, campurkan sedikit minyak, lalu tempelkan pada derah yang terluka. Namun saran saya, metode pengobatan tradisional ini hanya dianjurkan ketika anda dalam keadaan darurat dan tidsk membawa perlengkapan kesehatan, karena meskipun daun bandotan  bisa dijadikan sebagai obat luka, akan lebib baik jika anda menggunakan anti septik dan menjaga luka anda tetap steril dalam keadaan normal, penggunaan daun bandotan hanya digunakan ketika konsisi terdesak dalam situasibdarurat. 

Kasiat daun bandotan untuk mengobati kista dan pendarahan


untuk membantu mengatasi masalah tumor rahim aau pendarahan, daun bandotan dapat di gunakan sebagai teh yangbdi konsumsi secara rutin, caranya cukup mudah yaitu dengan mengambil beberapa helai tanaman atau daun bandotan , keringkan daun bandotan hingga kering, lalu seduh seperti menyeduh teh, setelah itu saringlah teh daun bandotannini, anda bisa menambahkan sedikit gula untuk memperbaiki cita asanya. 

Daun bandotan untuk mebgobati radang telinga


dari beberapa artikel yang saya baca khusunya dari laman harapanrakyay. Com tanaman bandotan dikabarkan bsa membantu mengobati radang pada telinga, caranya adalah meneteskan sedikit cairan daun bandotan yang telah di rebuss ke dalam telinga. Namun jika sakit tak kunjung mereda, sangat di sarankan untuk segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. 

manfaat daun bandotan sebagai insektisida alami


tanaman daun bandotan atau wedussan memiliki banyak kandungan zat kimia yang dapat membunuh serangga atau hama pengganggu tanaman. Kelebihan tanaman daun bandotan ini sering di manfaatkan oleh para petani untuk mengusir hama yanaman di kebun ayau ladang, konon cairan saun bandotan bisa sangat efektif mengusir hama pada tanaman padi, daun bandotan yang ingin di gunakan sebagai insektisida dapat diproses dengan cara menumbuk daun bandotan, lalu air tumbukan yang di peroleh bisa di campurkan kedalam air, setelah itu masukan kedlam alat semprot dan bisa di gunakan sebagai insektisida nabati, selain menggunaka  daun bandotan kamu juga bisa membuat pupuk organik dari bahan bahan yang ada di rumah kalian, caranya adalah sebagai berikut, cara membuat pupuk organik cair kaya kandungan kalium. Selain itu kami juga merekomendasikan artikel yang lain tentang pupuk organik cair yaitu cara membuat pupuk organik cair kaya kandungan fosfor untuk meningkatkan daya pertumbuhan tanaman. 

EFEK SAMPING DAUN BANDOTAN SEBAGAI OBAT


 sekalipun banyak dikatakan jika dan ini memiliki banyak khasiat dan manfaat penggunaan daun bandotan  sebagai obat yang dikonsumsi sangat gidak di rekomindasikan.  Sebaiknya  gunakan  daun bandotan sebagai luar saja, ini berhubungan dari banyak hasil penelitian yang menunjukan jika tanaman daun bandotan ini memiliki efek samping yang serius jika di konsumsi secara terus menerus, meskipun efeksampinya tifak sebesar 11 jenis tanaman dengan efek sepergi ganja, namun kandungan zat kimia yang cukup kuat dalam tanaman bandotan ini bisa menimbulkan gangguan keruskan hati dan ginjal.

selain fakta ini, daun bandotan yang bisa di gunakan sebagai insektisida, tentunya memiliki kandungan racun yang cukup berbahaya, racun dalam daun bandotan ini bisa memicu pertumbuhan sel kabgker pada tubuh. oleh sebab fakta-fakta tersebut, jika kalian berniat menggunakan tanaman daun bandotan ini sebagai obat tradisional, gunakanlah yanaman daun bandotan jni secukupnya dan tidak terlaou berlebihan, sebagai alternatif kalian juga bisa membaca mengenai kasiat dan manfaat daun sirih merah untuk pengobatan yang mungkin tidak banyak di ketahui, selain lebih aman, daun sirih juga sudah terbukyi berkhasiat untuk antiseptik dan pengobatan beberapa jenis penyakit.

penting untuk diketahui jika segala informasindiatas hanya berupa tesis, oleh karena itu ada baiknya anda menghubungindokter yang berkompeten untuk membntu mengatasi gejala yang anda alami. semoga artikel ini bermanfaat dan salam kebun.

0 Response to "Segudang Manfaat Daun Bandotan untuk Kesehatan"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel