-->

✓ Perbedaan Antara Sitem HIdroponik Dan Aquaponik, mana yang lebih unggul ?

Aqua ponik dan hidroponik merupakan sebuah sistem pertanian yang lahir dari rahim perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, mereka adalah saudara kembar yang tentu saja memiliki perbedaan-perbedaan tertentu, perbedaan aquaponik dan hidroponik akan kita ulas secara tuntas dalam artikel ini, semoga tulisan ini bisa menjawab rasa  penasaran, khusunya bagi para sobat kebun yang masih baru dengan dua istilah pertanian modrn tersebut.

✓ Perbedaan Antara Sitem HIdroponik Dan Aquaponik, mana yang lebih unggul ?


perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang semakin pesat, perkembangan ini tidak hanya menyentuh ranah komunikasi dan jasa atau produksi alat-alat elektronik, teknologi juga menyentuh hingga ke akar permasalahan kebutuhan manusia, yaitu pangan dan pertanian, hidroponik dan aqua ponik adalah salahsatunya, meskipun tidak bisa di katakan sepenuhnya jika aqua ponik merupakan hasil murni dari perkembangan teknologi karna sejatinya aqua ponik adalah sistem tanam purba yang sudah di terapkan secara alami oleh ekosistem tanpa kita sadari. kenapa saya sebut demikian? nanti kita bahas jawabannya di dalam artikel di bawah ini.

sistem pertanian hidroponik dan aquaponik seringkali membingungkan para pemula penggiat tanaman sayur atau jenis tanaman lainnya, kedua metode tanaman ini sama-sama menghilangkan keterlibatan tanah dalam kegiatan bercocok tanam, metode yang extreem tersebut tentu saja tidak pernah di pikirkan oleh pak rahmat, pak karnadi atau teman-temannnya di desa kecil yang samban hari senantiasa berurusan dengan cangkul dan tanah basah untuk menanm sayuran. mereka pasti tidak percaya jika ternyata ada sistem tanam yang di sebut aquaponik dan hidroponik yang sama-sama menggunakan media tanam air dan tidak menggunakan tanah samasekali dalam pertanian tersebut.

saya sendiri termasuk orang yang jengah dan takjub di awal pengenalan saya dengan dua metode tanam tersebut, tanah yang saya anggap sebagai bagian vital dari sebuah proses pertanian kemudian di hilangkan begitu saja di ganti dengan air, tanpa menggunakan kompos sedikitpun.  di awal keheranan saya ketika mempelajari hidroponik, kemudian muncullah istilah lain yang juga asing dengan membawa kata aqua yang sangat identik dengan air di depan nama sistem tanam tersebut, yaitu aqua ponik. dari nama tersebut mulailah muncul kebingungan saya dan rasa sok tau saya yang awalnya menganggap jika dua metode tanam tersebut sama saja dan hanya mengalami perbedaan penyebutan istilah, seperti halnya kakak perempuanku yang di panggil mbakyu oleh ku dan di panggil teteh pada saat yang bersamaan oleh tetangga ku, keduanya memiliki makna yang sama, sama2 menyebut kakak perempuan saya, tapi ternya anggapan sok tau ini salah besar, ada perbedaan mendasar antara sistem tanam hidroponik dan aqua ponik, perbedaannya begitu kentara seperti perbedaan antara Spiderplant dan tanaman lilyparis

lalu, dimanaletak perbedaan antara sistem tanam aquaponik dan hidroponik ?, keduanya sama-sama menggunakan air dan tanmpa mengguanakn tanah, menggunakan rangka yang hampir mirip dan menanam tanaman yang juga sama, jawabannya adalah sebagai berikut.

Perbedaan Hidroponik Dan Aquaponik



Untuk menjawab mengenai perbedaan dari sistem hidroponik dan aquaponik, ada baiknya jika kita menelusuri terlebih dahulu devinisi dari masing masing metode tanam tersebut.

Hodroponik

Hidroponik berdasarkan definisi yang terdapat di wikipedia berarti merupakan sebuah sistem metode penanam tanaman yang menggunakan air. Hidroponik sendiriri merupakan teknik budidaya tanaman dengan menggunakan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan kadar nutrisi yang terlarut di dalam air sebagai sumber makanan dari tanaman tersebut, sistem hidroponik meskipun menggunakan air ternyata memiliki hitungan konsumsi air yang lebih sedikit daripada menggunakan metode penanam di tanah, berdasarkan informasi tersebut yang saya baca dari wikipedia, terdapat kesimpulan penting yang perlu di garis bawahi tentang sitem hidroponik tersebut, yakni hidroponik menggunakan metode air dan tidak menggunakan tanah sebagai metode tanam, sebagai gantinya sistem ini mewajibkan petani meningkatkan konsentrasi nutrisi tanaman pada air yang di gunakan, caranya biasanya dengan menggunakan pupuk cair atau nutrisi hidroponik, umumnya mengggunakan nutrisi AB miks. tentu saja pupuk yang di gunakan ini berbeda dengan pupuk organik cair yang biasa di gunakan untuk menyuburkan tanaman dengan metode tanam tanah. jika kamu bisa membuat pupuk organik cair kaya akan fosfor, kamu tidak bisa membuat nutrisi AB miks sendiri melainkan harus membelinya di toko pertanian. sedangkan pengertian aquaponik adalah sebagai berikut.

Aquaponik

definisi aquaponik sendiri adalah sebuah sistem budidaya pertanian tahap lanjut yang mengkombinasikan antara dua sistem pertanian yang berbeda menjadi satu jenis pertanian dalam satu ruang kerja yang sama, dalam hal ini, dua jenis pertanian ini adalah pertanian Hidroponik dan Perikanan, kedua sistem pertanian ini kemudian dikombinasikan menjadi satu dan di bentuk sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah ekosistem mutualisme. dalam sistem perikanan tradisional yang normal, kotoran dari ikan yang menumpuk lambat waktu kan mencemari air itu sendiri dan membuat kadar toksin di air meningkat, kondisi air yang buruk ini akan meracuni ikan yang tinggal di dalamnya, namun melalui sistem aquaponik kotoran ikan akan di urai atau di pecah oleh tanaman menjadi nitrat dan nitrik yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman, delain itu tanaman akan menjaga kualitas air menjadi tetap sehat dan tidak tercemari, itulah mengapa sistem ini di sebut sebagai ekosistem mutualisme. ikan dan tanaman sama-sama saling membutuhkan dan memegang perannya masing-masing untuk keberlangsungan hidup satu sama lain, namun tidak sampai di situ dalam metode aqua ponik selain melibatkan ikan dan meniadakan pemberian AB miks, petani harus menjaga kualitas air untuk kehidupan bakteri yang berperan penting dalam penguraian kotoran ikan untuk menjadi nutrisi bagi tanaman.

✓ Perbedaan Antara Sitem HIdroponik Dan Aquaponik, mana yang lebih unggul ?
contoh model sistem tanam aquaponik


dalam sistem aquaponik kalian harus menjadi petani yang benar-benar teliti dan memberikan perhatian lebih kepada semua komponen dalam ekosistem mutualisme tersebut, setidaknya kalian harus mengerti bagaimanamerawat 4 jenis spesies kehidupan yang berbeda yaitu ikan, tanaman dan paling tidak 2 jenis bakteri yang berbeda sebagai pengurai kotoran ikan fungsi pentig lainyya, kesemua komponen atau spesies ini memiliki perannya masingmasig dan memilik kebutuhan yang berbeda-beda, paling mendasar misalnya saja pH air, dengan demikian petani aqua ponik akan dituntut menjadi pembudidaya yang harus merawat kesehatan 4 spesies sekaligus. namun jangan khawatir karna pada dasarnya jika kita melakukan perhitungan kasar aquaponik akan terlihat lebih menguntungkan secara ekonomi daripada hidroponik, namun itusemua sebanding dengan usaha yang harus di lakukan untuk merawat sistem aquaponik tersebut.

Mana yang lebih untung antara hidroponik atau akuaponik?


menimbang tentang kelebihan dan kekurangannya maka kita perlu mempertegas perbedaan antara hidroponik dan aquaponik. sebenarnya sudah terlihat jelas berbagai perbedaan antara hidroponik dan aqua ponik berdasarkan dua definisi diatas,  perbedaan-perbedaan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • 1. hidroponik merupakan sebuah sistem pertanian yang menggunakan air sebagai pengganti tanah dengan menambahkan nutrisi buatan yang di larutkan kedalam air sebagai nutrisi untuk tanaman, sedangkan aquaponik merupakan sistem pertanian lanjutan dari hidroponik dengan cara menambahkan aquacultur atau kehadiran ikan sebagai penyuplai nutrisi bagi tanaman melalui sisa kotoran yang di keluarkan oleh ikan, namun proses pengubahan kotoran ikan menjadi nutrisi tanaman (nitrifikasi) ini perlu melibatkan spesies lain berupa bakteri pengurai, selain itu dari beberapa literasi penggunaan kotoran ikan tidak cukup untuk menyuplai kebutuhan makanan tanaman sepenuhnya karna ada beberapa zat yang tidak di prosuksi oleh kotoran ikan, dalam hal ini petani perlu memberiikan asupan lain untuk kesehatan/keseimbangan nutrisi tanaman.


  • 2. secara teoritis sistem quaponik lebih menguntungkan daripada sistem hidroponik karna sistem aquaponik ini melibatkan dua pertanian sekaligus yaitu pertanian hidroponik dan budidaya ikan, ini berarti akan meningkatkan hasil budidaya menjadi 2 kalilipat sekaligus dengan sumber keuntungan yang berbeda, selain itu sistem hidroponik harus menggunakan nutrisi ab miks yang harus di beli di pasaran, sedangkan aquaponik hanya mengandalkan sisa kotoran ikan yang terdapt di kolam ikan tersebut.


  • 3. hidroponik secara teori menjadi lebih mudah untuk di terapkan daripada aquaponik, karena hidroponik pada dasarnya hanya menjaga keberlangsungan kehidupan satu objek spesies berupa tumbuhan, sedangkan sebaliknya dengan pertanian model aquaponik yang harus memperhatikan keberlangsungan hidup dankesehatan dari minimal 3 spesie yang berbeda sekaligus, yaitu ikan, tanaman dan bakteri, akibat hal ini aquaponik juga lebih rentan terserang hama dan penyakit karena sistem pemeliharaannya yangsedikit riskan, jika hidroponik lebih muda terhadap kontrol hama karna pada mumnya menggunakan metode pertanian yang disterilisasi, aquaponik menjadi sebaliknya karna tidak menghendaki sitem sterilisasi seutuhnya akibat mempertimbangkan keberlangsungan hidup bakteri pengurai yang menjamin kelangsungan persediaan nutrisi bagi tanaman.


  • 4. hidroponik selalu memiliki rang eyang cukup besar akibat fokusnya yang hanya memperhatikan pertumbuhan tanaman dan tidak terlalu memikirkan keseimbangan kehidupan seperti yang di lakukan dalam metode aqua ponik yang harus menjaga kelangsungan kehidupan ikan, tanaman dan mikro organisme secara bersamaan dengan ini perbedaan antara sistem hidroponik dan aquaponik menjadi lebih jelas dankentara.


  • 5. dalam sistem aquaponik, pertumbuhan tanaman sangat bergantung pada nutrisi yang dihasilkan dari kotoran ikan, sebaliknya yang terjadi pada sistem hidroponik yang bisa melakukan fokus pemercepat pertumbuhan pada tanaman karna bisa menggunakan nutrisi tambahan yang ditunjukan untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman tanpa melakukan pertimbangan khusu mengenai keberlangsungan hidup unsur lain didalam air. dengan kata lain sistem hidroponik memungkinkan untuk melakukan percepatan pertumbuhan  yang dapat meningkatkan hasil panen tanaman, tapi tidak sebaliknya dengan aquaponik, tentu saja cara ini berbeda dengan bagaimana cara membuat bunga sutrabombai rajin berbunga tanpa melakukan replant.


  • 6. hidroponik dan aquaponik merupakan duajenis budidaya pertanian dengan meemanfaatkan air sebagai media tanama utama, meskipun pada praktiknya banyak juga menggunakan media tambahan seperti pasir, batuan atau jenis media tanam lain dengan tetap menggunakan air sebagai media utama penyalur nutrisi, namun keduanya memiliki perbedaan mendasar dari sumber nutrisi yang dikonsumsi oleh tanaman. hidroponik menggunakan sumber berupa nutrisi tambahan dari manusia, sedangkan aquaponik memiliki sumber nutrisi dari kotoran ikan.


  • 7. aquaponik dipandang lebih organik daripada sistem pertanian hidroponik, karna sistem pertanian aquaponik sanngat meminimalkan keterlibatan bahan kimia dalam proses pertaniannya, selain itu aquaponik juga lebih menguntungkan secara teoritis daripada pertanian hidroponik, tapi meskipun demikian dalam prosesnya hal tersebut tidak selalu benar, banyak masalah yang bisa di timbulkan oleh pertanian aquaponik misalnya saja karna kehadiran hama yang lebih potensial daripada hidroponik, tapi jika hamanya adalah kutukebul atau kutu putih kedua sistem pertanian ini akan sama rawannya, olehkarena itu kamu juga bisa membaca cara mengatasi hama kutu putih secara ampuh di artikel tersebut.


baik itu sistem hidroponik maupun aquaponik keduanya akan rawan di serang oleh hama bekicot jika tidak di letakan di greenhouse yang steril atau tempat pertanian serupa yang meminimalkan resiko, jadi untuk mengantisipasi haltersebut silahkan baca artikel bagaimana cara jitu mengatasi hama bekicot pada tanaman, untuk mengantisipasi kendala hama tersebut jika suatu hari menyerang kebun hidroponik/aquaponik kesayangan kalian.

sistem aquaponik pada dasarnya seperti yang saya singgung di awal artikel, merupakan sebuah sistem yang sudah ada di alam dari sejak dulu kala, sistem ini biasanya terdapat di aliran sungai, danau atau tempat sejenis yang emmiliki ekosistem yang cukup baik.

jika kamu bingung untuk menentukan jenis metode budidaya tanaman apakah menggunaka metode hidroponik atau aquaponik, saran saya cobalah kembali memikirkan mengenai prinsip dasar kebutuhan dan kapasitas anda sebagai petani, hidroponik memungkinkan kalian untuk mencapai efesiensi waktu, optimalisasi pertumbuhan dan hasil panen terbaik, sebaliknya dengan metode tanam aquaponik yang mengharuskan kalian untuk memberikan perhatian lebih pada semua komponen ekosistem didalamnya hidroponik menjadi pertanian modrn yang bisa dikatakan lebih sederhana.

singkatnya, hidroponik ini membuat anda memfokuskan perhatian pada pertumbuhan tanaman saja, sedangkan dalam sistem aquaponik kalian harus memperhatikan pertumbuhan dari tanaman,ikan dan mikroorganisme yang terlibat didalamnya, olehkarena itu tidak salah jika untuk memenuhi kebutuhan pasar maka menurut saya palingtepat menggunakan metode hidroponik, sedangkan jika anda ingin mengejar keuntungan yang lebih banyak kalian bisa menerapkan sistem pertanian aquaponik (subjektif) kalian boleh memiliki pendapat yang berbeda dari tulisan saya barusan, namun bagi saya pripadi kedua metode pertanian tersebut memiliki keuntungan dan kekurangannya masing masing.

0 Response to "✓ Perbedaan Antara Sitem HIdroponik Dan Aquaponik, mana yang lebih unggul ?"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel