-->

Caramudah Merawat Dan Menanam Bunga Bugenvil Agar Berbunga Lebat

Tentang Bunga Bugenvil

bunga bugenvil atau bunga kertas yang memiliki nama latin Bougainvillea merupakan tanaman hias berbunga yang sudah sangat populer di indonesia dan banyak di tanam di pekarangan maupun di pinggir atau di jalan sebagai border (pembatas) biasanya pada musim bunga beberapa jenis tanaman bugenvil akan menggugurkan daunnya dan menumbuhkan bunga di setiap ranting dan cabang pohon sehingga membuat bunga tanaman terlihat sangat indah dan menutupi semua bagian tanaman seperti bunga sakura yang mekar.

cara membuat bunga bugenvil rajin berbunga akan sangat berbeda dengan cara membuat bunga mawar rajin berbunga, baca artikel tersebut jika kalian juga memiliki bunga mawar selain bunga bugenvil.

bunga bugenvil atau bunga kertas merupakan tanaman hias yang berasar dari amarika latin, tanaman bugenvil bisa tumbuh baik di iklim tropis mapun subtropis. pada umumnya bunga bugenfil akanbermekaran pada musim kemarau. namun bukan berarti bunga bugenfil ini tidak bisa mekar di luar musim kemarau. bunga bugenvil yang mekar memiliki warna beraneka ragam mulai dari kuning, putih, ungu hingga merah dan bercorak.

berikut ini merupakan klasifikasi dan taksonomi bunga bugenvil atau kembang kertas.

Caramudah Merawat Dan Menanam Bunga Bugenvil Agar Berbunga Lebat
bunga bugenvil/ kembang kertas
Divisi ; Tracheophyta
Upadivisi      ; Spermatophytina
Klad ; angiosperms
Klad                ; mesangiosperms
Klad  ; eudicots
Klad ; core eudicots
Ordo ; Caryophyllales
Famili ; Nyctaginaceae
Genus ; Bougainvillea 

kepopuleran bunga bugenvil ini tidak hanya di indonesia loh di luar negri dan di dunia bunga bugenvil merupakan bunga yang paling banyak di tanam untuk tata kota dan hiasan di halaman rumah.

bunga bugenvil ini memiliki bunga yang cukup unik, bunganya terlihat cukup besar dan terlihat seperti kertas yang tipis sehingga di namai bunga kertas, namun di tengahnya terdapat bunga kecil yang merupakan bunga inti dari bunga bugenvil tersebut. bugenvil ini memiliki banyak jenis yang beragam, biasanya pada pedagang tanaman hias, bunga bugenvil ini dikombinasikan dengan cara di sambung sehingga dalam satu pohon, terdapat beberapa bunga bugenvil yang bermekaran.

seperti yang saya katakan sebelumnya, tanaman bunga bugenvil ini sangat unik dan memiliki daya tarik tersendiri ketika berbunga karena semua daunnya akan rontok. namun untuk beberapa jenis bunga bugenvil daun tidak rontok dan bunga dan daun muncul secara bersamaan.

selain bugenvil, tanaman hias lain yang banyak di gemari masyarakat indonesia adalah bunga begonia. cara merawat dan memperbanyak bunga begonia akan berbeda dengan bunga bugenvil jadi silahkan baca cara merawat bunga begonia jika kalian senang dengan tanaman berdaun cantik ini.

untuk merawat dan membuat bunga bugenvil ini berbunga kalian tidak membutuhkan cara yang sulit dan rumit. bunga ini sangat cocok di tanam di perkotaan atau pedesaan. baik itu di dataran rendah maupun pegunungan. bunga bugenvil bisa beradaptasi dimanapun dengan batas toleransi yang cukup tinggi.

selain itu tanaman bunga bugenvil tidak membutuhkan perawatan khusus yang rumit, sehingga tanaman ini akan sangat cocok di tanam oleh kamu yang memiliki kesibukan yang tinggi dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengurusi tanaman. lalu bagaimana cara merawat bunga bugenvil atau bunga kertas ini agar rajin berbunga dan berbunga lebat.

Tips Merawat Bunga Bugenvil agar sering Berbunga lebat

merawat bunga bugenvil bukan perkara yang sulit, namun bagi orang-orang yagbaru merawat bunga kertas ini pastinya bertanya-tanya bagaimana cara perawatan yang baik dan benar untuk bunga bugenvil ini agar bisa tumbuh dengan subur sekaligus memiliki bunga yang rimbun dan sering berbunga.  semua langkah-langkah merawat bunga bugenvil ini saya rangkum di artikel ini jadi silahkan simak bagaimaa cara merawat bunga bugenvil anda di rumah sebagai berikut :

Harus di tempatkan ditempat yang panas

Caramudah Merawat Dan Menanam Bunga Bugenvil Agar Berbunga Lebat
keindahan bunga bugenvil yang mekar

tidak seperti tanaman Aglonema yang bisa ditempatkan pada tempat yang teduh, bunga bugenvil atau bunga kertas ini harus di tempatkan pada tempat yang panas untuk menjaga bunga tetap tumbuh subur dan memicu bugenvil memunculkan bunga.

baiknya untuk meletakan bunga bugenvil pada halaman yang terkena sinar matahari langsung. tanaman bunga bugenvil ini sangat baik jika terkena sinar matahari selama sehari full dari pagi hingga sore membuat tanaman  bunga kertas lebih cepat berbunga.

jika sinar matahari kurang dari 70% maka tanaman bunga bugenvil ini kan memilik banyak daun yang berukuran lebar dan tidak kunjung berbunga. jadi dengan fakta tersebut pastikan untuk meletakan bunga bugenvil kesayangan kalian di tempat yang terkena sinar matahari langsung.
meskipun suhu tempat tinggal anda cenderung panas, namun kamu harus tetap meletakan bunga bugenvil ini pada tempat yang terkena sinar matahari langsung untuk menjaga bunga bugenvil tetap sehat dan subur.

Tidak perlu sering di siram

Caramudah Merawat Dan Menanam Bunga Bugenvil Agar Berbunga Lebat
meski tidak di siram bunga bugenvil berbunga dengan lebat

jika kamu memiliki jadwal harian yang sibuk kamu tidak perlu khawatir untuk merawat bunga bugenvil ini, kartena pengalaman saya selama ini menanam bunga bugenvil, bunga ini cenderung kuat dengan tempat yang kering. penyiraman secara rutin hanya baik di lakukan ketika masa awal penanam namun jika tanaman bugenvil sudah mulai tumbuh dengan baik maka penyiraman dapat di sesuaikan dengan kebutuhan tanaman dan di sesuaikan dengan kondisi cuaca pada lingkungan anda. misalnya jika hari terlalu terik atau panas maka kamu bisa menyiram bunga bugenvil pada soreharinya.

tanaman bungfa bugenvil ini terkenal memiliki masa kering atau masa dimana tanaman ini jangan terlalu banyak di siram untuk bisa memunculkan bunga. jadi jika kalian ingin tanaman bunga bugenvil kalian ini rajin berbunga maka jangan terlalu sering menyiram bunga bugenvil kalian.
cara ini mungkin terdengar kejam namun ini merupakan teknik yang cukup efektif untuk memicu pembungaan pada tanama bugenvil. lakukan terapi kering pada tanaman bunga kertas yang kalian miliki misalnya dengan mengurangi intensitas dan jumlah penyiraman pada tanaman.

Tidak memerlukan pemupukan khusus

Caramudah Merawat Dan Menanam Bunga Bugenvil Agar Berbunga Lebat
bugenvil varigata

memupuk bunga bugenvil tidak harus menggunakan pupuk tertentu, gunakan pupuk dengan sewajarnya dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, pemupukan akan sangat baik jika dilakukan dimasa pertumbuhan bunga bugenvil untuk membentuk percabangan pada bunga bugenvil.
kamu juga bisa menggunakan pupuk organik cair yang kamu buat sendiri untuk bunga bugenvil.

pemupukan yang terlalu sering terutama setelah melewati masa pertumbuhan justru aka menghambat bunga bugenvil muncul dan malah memicu banyak tumbuh daun baru bukannya kuncup bunga.
pemupukan bisa kamu lakukan dengan memperbanyak unsur kalium dan fosfor untuk membuat tanaman bugenvil kalian mengeluarkan bunga selain dengan cara memberikan terapi kering pada bunga bugenvil kalian.

Pruning (pemangkasan) Pada bunga bugenvil


tanaman bugenvil pada masa penghujan atau ketika tanaman ini terlalu subur biasanya memiliki ranting dan cabang yang terlalu banyak. sehingga dalam vase pertumbuhan ini kamu harus rajin melakukan pemangkasan atau pruning pada tanaman bugenvil ini.

pemangkasan atau pruning bisa kamu lakukan ketika cabang mulai tumbuh tidak terkontrol dan membuat tampilan tanaman bugenvil menjadi kurang enak di pandang. pemangkasan jugta bisa bertujuan untuk membentuk pohon atau bunga bugenvil tersebut, misalnya bugenvil yang akan di bonsai atau bunga bugenvil untuk taman.

Baca juga : mengenal pohon loa (ficus racemosa) yang bisa di bonsai

selain menjadi bonsai bugenvil juga banyak dijadikan sebagai tanaman pagar atau tanaman kanopi untuk meneduhkan teras. bunga bugenvil yang blooming di halaman akan membuat halaman rumah semakin semarak dan terlihat indah.

Caramudah Merawat Dan Menanam Bunga Bugenvil Agar Berbunga Lebat


jika kamu memangkas bugenvil jangan buru-buru membuang sisa potonganbunga bugenvil tersebut karena bunga bugenvil ini merupakan tanaman yang bisa di stek dengan mudah loh.
cukup tancapkan ranting bunga bugenvil berukuran panjang 20 cm pada tanah maka ranting tersebut akan tumbuh menjadi tanaman bugenvil baru.
baca juga : cara stek tanaman dengan media air

jika kamu tertarik membudidayakan bunga bugenvil, sedikit tips agar bugenvil kamui banyak di lirik oleh orang adalah dengan melakukan sambung pucuk pada tanaman bugenvil karena biasanya orang-orang lebuih menyukai bunga bugenvil yang memiliki banyak warna pada satu pot.
selain itu jenis bugenvil lain yang banyak di cari oleh pecinta tanaman hias adalah bunga bugenvil varigata.

nah itulah cara merawat bunga bugenvil atau bunga kertas agar berbunga lebat dan dan sering berbunga yang bisa kamu praktekan di rumah, sangat simple dan sederhana kan? cara tersebut merupakan hasil pengalaman pribadi saya selama memiliki tanaman hias bunga bugenvil yang cantik ini. kamu juga bisa membaca artikel tanaman hias lainnya dengan klik di sini.
selamat bertanam dan sampai jumpa di artikel selanjutnya |ilmukebun.com

0 Response to "Caramudah Merawat Dan Menanam Bunga Bugenvil Agar Berbunga Lebat "

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel