-->

Cara Mudah Merawat Bunga Mawar Agar Rajin Berbunga Dan Lebat


Cara Mudah Merawat Bunga Mawar Agar Rajin Berbunga Dan Lebat
merawat bunga mawar agar rajin berbunga adalah cara yang gampang-gampang susah, jika kita tidak memahami bunga mawar yang kita tanaman maka membuat bunga mawar berbunga cukup sulit untuk di lakukan, padahal bunga mawar yang berbunga bermekaran akan membuat pemandangan halaman menjadi lebih segar dan indah.

ilmukebun.com- masalah yang sering dialami oleh penggemar bunga mawar adalah mereka membeli bunga mawar dari pedagang tanaman dengan bunga mekar yang cantik, namun setelah beberapa lama, mawar justru tidak berbunga dan tidak sedap di pandang karna tanaman mawar menjadi menjulur kesegala arah tanpa mengeluarkan bunga, lalu bagaimana cara membuat tanaman bunga mawar berbunga lagi dan memiliki bunga yang lebat?.

cara membuat tanaman mawar berbunga baik itu mawar putih, merah atau bunga mawar kuning dan warna lainnya pada dasarnya sama saja, hanya cara membuat mawar berbunga tentu saja sangat berbeda dengan cara membuat Moss rose atau sutra bombai rajin berbunga tanpa melakukan re plant. membuat bunga mawar berbunga apalagi berbunga lebat ini sedikit gampang susah, gampang karena tidakmemerlukan treatment khusus dan susah karena banyak orang yang memiliki tanaman bunga mawar tapi gagal untuk membuat bunga mawar tersebut berbunga.

padahal jika bunga mawar kamu berbunga, mawar memiliki prospek ekonomi yang lumayan loh, baik itu di kembangkan sebagai bunga potong ataupun di kembangbiakan untuk di budidayakan dengan cara stek maupun dari biji.

nah, karna itu tips membuat bunga mawar cepat berbunga lebat ini tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. kamu pecinta mawar wajib mengetahui cara apa saja yang bisa membuat tanaman mawar kamu rajin berbunga dan memiliki bunga yang lebat. berikut ini cara merawat bunga mawar agar berbunga lebat :

Cara Merawat Mawar Agar Rajin Berbunga Banyak


ada beberapa treatment atau tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat dan membuat tanaman mawar anda rajin berbunga dan berbunga banyak, beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut :

Perhatikan penyinaran bunga mawar

bunga mawar merupakan tanaman hidup yang membutuhkan asupan cahaya matahari, cahaya marahari pada tanaman bunga mawar sangat di butuhkan untuk proses fotosintesis merubah zat yang di serap tanaman dari tanah menjadi energi yang akan di salurkan ke selurh bagian tanaman. nah jika proses fotosintesis ini terganggu, maka tanaman mawar anda akan mengalami gangguan pertumbuhan dan membuat bunganya menjadi enggan untuk muncul, biasanya gejala yang timbulketika tanaman bunga mawar kalian kekurangan sinar matahari adalah daun tanaman menjadi lebar dan batang tanaman menjadi tumbuh memanjang. daun dan bunga akan sangat sedikit sekali terlihat.
memperhatikan tata letak pot bunga mawar di tempat yang terkena sinar matahari langsung akan membuat tanaman bunga mawar kalian rajin berbunga dan bisa tumbuh beberapa kuncup di satu batang atau berbunga lebat. nah mulai sekarang cobalah perhatikan asupan sinar matahari pada tanaman bunga mawar kesayangan kalian untuk membuatnya raji berbunga.

Bersihkan Mawar dari gulma secara rutin

tanaman gulma atau rumput sering kali mengganggu tanaman yang kita rawat dan pelihara dengan biak, tidak terkecuali pada tanama mawar, tanaman gulma akan merebut nutrisi unsur hara yang terkandung di dalam tanah, oleh karena itu sangat penting untuk membersihkan tanaman pengganggu atau gulma pada sekitar area pot atau tanaman bunga mawar kalian untuk membuat bunga mawar kalian rajin berbunga.

periksalah gulma secara rutin, bisa kamu perhatikan saat kalian menyiram tanaman mawar kesayangan kalian, jika terdapat gulma rumput maka cabutlah rumput tersebut, agar nutrisi di dalam tanah bisa di serap maksimal oleh tanaman mawar kalian dan membuat nya menjad rajin berbunga, tapi awas jangan asal cabut tanaman rumput loh, beberapa jenis rumput konon bisa di jadikan sebagai obat menyembuhkan berbagai penyakit, salahsatunya adalah manfaat rumput bandotan yang bisa dijadikan pestisida alami dan obat sakit mahg.

Berikan Pupuk Secara rutin

bunga mawar yang tidak kunjung berbunga bisa di sebabkan karena kekurangan nutrisi, sudah menjadi rahasia umum jika tanaman berbunga cantik ini sangat rakus memakan nutrisi yang terkandung di dalam tanah, mawar harus secara rutin diberikan pupuk untuk membuat pertumbuhan tanaman menjadi subur dan berbunga lebat, bunga mawar yang kekurangan pupuk sangat jelas terlihat dari pertumbuhan dan bunganya yang sangt jelek atau bahkan daunnya rontok. jika kamu tidak suka menggunakan pupuk kimia, kamu juga bisa membuat pupuk organik cair POC sendiri dari bahan yang terdapat di rumah kalian. baca cara membuat pupuk organik cair untuk merangsang pembungaan.

namun perlu diperhatikan dalam memberikan pupuk kepada tanaman mawar, kalian tidak boleh memberikan pupuk secara berlebihan, berikan pupuk satu atau dua minggu sekali dengan dosis yang presisi sehingga tanaman mawar dapat tumbuh dengan baik dan berbunga lebat.

Berikan zat pemicu Bunga seperti Gandasil dan atonik

sudah menjadi rahasia umum, jika mawar pada pedagang tanaman memiliki bunga yang cantik bahkan saat bunga mawar tersebut masih di polibag yang berukuran kecil, ini karena pemberian pupuk pemicu bunga atau juga bisa karena efek ZPT yang diberikan, kamu juga bisa membuat tanaman mawar kamu rajin berbunga lebat dengan cara yang sama, yaitu dengan memberikan pupuk Gndasil B. pupuk ini sendiri sebenarnya di tunjukan untuk menggandakan bunga sehingga panen akan menjadi berlipat, namun kalian juga bisa menggunakan pupuk ini untuk tanaman mawar kesayangan kalian dengan dosisi yang tepat agar bunga mawar kalian rajin berbunga.

beberapa orang juga menggunakan cara yang lebih organik untuk membuat tanaman bunga mawar rajin berbunga dan memiliki bunga yang lebat, cara ini biasanya menggunakan bahan-bahan dapur misalnya dengan memberikan larutan mecin secara rutin atau dengan cara menyiram bunga mawar dengan air cucian beras. kalian juga boleh mencoba cara tersebut jika ingin membuat tanaman mawar kalian rajin berbunga.

Lakukan pemangkasan secara rutin

melakukan pruning, atau pemangkasan secara rutin adalah cara jitu untuk membuat tanaman mawar rajin berbunga lebat, banyak orang ragu-ragu untuk memangkas ranting bunga mawar, padahal cara ini bisa membuat bunga mawar berbunga dan memunculkan tunas baru.

melakukan pruning pada tanaman untuk membuatnya berbunga tidak hanya bisa di lakukan pada bunga mawar cara ini juga bisa di lakukan pad hampir semua jenis tanaman bunga termasuk sutra bombai varigata, jadi kamu jangan takut untukmelakukan pemangkasan pada bunga mawar kalian untuk membuat mawar kalian berbunga lebat.

tips penting yang harus di perhatikan saat memangkas bunga mawar adalah teknik pemangkasan nya itu sendiri, jika kamu salah memangkas mawar maka mawar kamu bisa jadi tidak berbunga. oleh karena itu pelajari terlebih dahulu cara memangkas bunga mawar yang baik dan benar.

lakukan penyiraman mawar dengan benar

air merupakan komponen penting dalam setiap kehidupan, tidak terkecuali pada tanaman bunga mawar.  setiap tanaman memerlukan kebutuhan air yang beraneka ragam, jika kebutuhan air tersebut tidak terpenuhi, maka tanaman tersebut akan layu atau bahkan mati, jika sudah seperti ini, maka bukan hanya tidak berbunga, tanaman mawar anda akan dalam kondisi hidup dan mati. sebaliknya, menyiram bunga mawar secara berlebihan juga akan membuat akar bunga mawar menjadi busuk, oleh karena itu penting untuk mengetahui kebutuhan air bunga mawar yang kalian tanam.

setelah kebutuhan cahaya dan nutrisi tanaman terpenuhi, perhatikan pula kadar penyiraman yang kalian lakukan, lakukanlah penyiraman dengan tepat, misalnya saja dua kali sehari pada pagi dan sore hari dengan dosis yang tidak berlebihan. jika matahari sudah mulai terik hindari untuk menyiram daun tanaman, ini akan membuat efek sunburn dan membuat mawar tidak berbunga dengan baik.

lakukan pengecekan hama dan penyakit pada bunga mawar


jika tanaman mawar kalian tidak kunjung berbunga, mungkin tanaman mawar kalian sedang di serang oleh hama penyakit, hama yang biasa menyerang bunga mawar adalah salahsatunya kutu kebul atau kutu putih, pelajari cara membasmi hama kutu putih pada tanaman untuk menganggulangi tanaman mawar kesayangann kalian.

namun selain kutu putih, masih banyak hama lain yang bisa menyerng bunga mawar dan membuat bunga mawar menjadi sulit berbunga karna nutrisinya telah terambil, maka lakukanlah kontrol secara rutin pada tanaman mawar kalian untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan membuat tanaman bunga mawar kalian berbunga dengan rajin.

Penyebab tanaman mawar tidak Juga berbunga

Cara Mudah Merawat Bunga Mawar Agar Rajin Berbunga Dan Lebat
bunga mawar yang berbunga lebat di pagar rumah


setelah kalian mengetahui bagaimana cara membuat tanaman bunga mawar kalian rajin berbnga dengan lebat, mungkin sudah ada yang menerapkan cara tersebut dengan rutin namun masih saja bel;um mendapatkan hasil dan tanaman mawar tetap jarang berbunga, oleh karena itu saya juga menulis penyabab tanaman bunga mawar kalian tidak berbunga sebagai berikut.

1. graftingan terlepas


tidak banyak di sadari oleh para pecinta bunga mawar dan tanaman hias jika ternyata bunga mawar yang di jual oleh pedagang tanaman hias merupakan hasil grafting atau okulasi, tanaman bunga mawar yang terlihat cantik dan berbunga lebat selain di rawat dengan benar juga karena hasil dari okulasi, oleh karena itu sangat penting untuk menjaga hasil grafting bunga mawar ini untuk tidak terputus dari batangnya, graftingan tanaman mawar ini bisa kamu lihat pada batang tanaman mawar seperti gambar di bawah ini.

contoh graftingan bunga mawar

nah dari gambar tersebut sangat terlihat bekas sambunga, usahakan bekas sambungan tersebut tidak mati, dan potonglah ranting yang tumbuh selain dari bekas graftingan tersebut, itu akan membuat bunga mawar kalian rajin berbunga, selain itu ranting yang tumbuh dari bawah hasil grafting bisa saja berasal dari jenis bungamawar yang berbeda dari yang anda beli saat bunga mawar tersebut berbunga.

3. pemotongan yang salah


memotong bunga mawar bisa kalian lakukan ketika bunga mawar kalian tidak subur, terlalu panjang dan kondisi lain yang membuat pemotongan harus di lakukan, salahsatunya untuk memicu tmbuhnya ranting dan bunga baru dari bunga mawar, lakukan pemotongan dengan gunting ranting atau pisau yang steril dengan pola menyerong sehingga pemotongan bunga mawar bisa dilakukan dengan benar.
selain itu perhatikan juga jarak potong bunga mawar. jangan memotong bunga mawar terlalu pendek atau terlalu dekat dengan akar atau bongggol tanaman bunga mawar.


4. perawatan yang kurang tepat


merawat bunga mawar agar rajin berbunga dan berbunga lebat ini gampang tapi susah, kita harus merawatnya dengan sepenuh hati tapi tetap mengedepankan kebutuhan bunga mawar dan tidak over dalam perawatannya, maksudnya adalah, saya sering menjumpai orang yang sangat mencintai tanaman khusunya bunga mawar namun saking sayangnya akhirnya menyiram berlebihan dan memberi pupuk berlebihan, padahal hal tersebut sangat tidak di anjurkan dan membuat bunga mawar menjadi sulit berbunga bahkan bisa mati.

5. kekurangan unsur hara


seperti yang saya katakan di atas jika tanaman mawar merupakan jenis bunga yang rakus, oleh karena itu, untuk membuat bunga mawar kalian rajin berbunga, cara yang bisa kalian lakukan adalah dengan cara membuat bunga mawar kalian cukup nutrisi dan unsur hara. 

memberikan pupuk adalah alternatif untuk perawatan mawar, tapi selain cara itu kalian juga harus rutin mengganti media tanam dalam pot bunga mawar agar mawar tersebut rajin berbunga, penggantian media tanam bisa di lakukan kurang lebih paling lambatnya 3 tahun sekali. agar mawar kalian tetap subur dan memiliki unsur hara yang cukup.

6. kurang sinar matahari


salah satu penyebab bunga mawar kalian jarang berbunga adalah karena tanaman bunga mawar kalian kekurangan nutrisi, hal ini bisa menyebabkan tumbuhan mawar tidak hanya sulit berbunga, tapi juga terhambat pertumbuhannya, bunga mawar yang kekurangan sinar matahari akan tumbuh menjuntai kesegala arah, atau kalo kata orang jawa sering di sebut "nglancir". tapi terlalu panas juga tidak baik untuk tanaman, over lighting bisa membuat daun menjadi kuning dan layu, pelajari apa saja yang bisa membuat daun tanaman menjadi kuning dan cara mengatasinya.

7. mawar terserang hama dan penyakit


dari pengalaman saya, penyakit atau hama tanaman sangat berpengaruh terhadap kondisi pertumbuhan tanaman, oleh karena itu usahakan untuk menjaga tanaman bunga mawar kesayangan kalian terhindar dari hama penyakit agar memaksimalkan pertumbuhan dan membuat bunga mawar kalian berbunga.

nah itu dia sedikit tips bagaimaa cara membuat bunga mawar kalian rajin berbunga dan berbunga lebat, bunga mawar merupakan ratunya para bunga yang banyak di gemari oleh banyak orang, namun tahukah kamu jika terdapat lebih dari 100 jenis bunga mawar liar dan bahkan terdapat lebih banyak lagi jenis mawar silangan, mawar sendiri merupakan tumbuhan asli amerika yang pada mulanya merupakan tumbuhan semak.

mawar memiliki nama ilmiah rosa santana, dengan nama family yaitu rosoideae. saat ini terdapat banyak sekali bunga mawar di dunia, dan salahsatu pembudidaya atau penyilang terkenal bunga mawar ini adalah david austine. beliau merupakan petani mawar yang banyak diakui dunia karna berhasil memunculkan jenis-jenis mawar baru yang memiliki tampilan yang cantik, salahsatu yang terkenal adalah mawar david austin climbing rose teasing georgia.

harga tanaman mawar mawar sendiri sangat beragam, ini sangat di pengaruhi oleh jenis dan kualitas bunga mawar itu sendiri, tapi, harga bunga mawar juga sangat murah seperti harga tanaman gantung murah, harga bunga mawar di bandrol dari mulai belasan hingga ratusan ribu tergantung jenisnya.

0 Response to "Cara Mudah Merawat Bunga Mawar Agar Rajin Berbunga Dan Lebat"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel