-->

Cara membuat Moss Rose Alias Krokot Agar Rajin berbunga Dan Tetap sehat tanpa perlu Re Plant.

Tanaman Moss Rose atau sering di sebut sutra bombai dengan nama ilmiah portulaca ini jadi hiburan tersendiri para pecinta bunga, apalagi kalo tanaman ini bermekara bunga dengan warna dan bentuk yang beragam, lalu bagaimana membuat bunga krokot ini rajin berbunga dan tetap sehat tanpa melakukan re plant ? simak caranya di bawah ini.

Cara merawat krokot agar rajin berbunga


bunga dari tanaman moss rose atau krokot atau sutra bobai ini terkenal karna memiliki warna yang semarak, di negeri jiran sendiri tanaman krokot ini sering juga di sebut bunga pukul 9 atau bunga rose jepun. krokot memang menjadi primadona di seluruh dunia karena kecantikanya, untuk sekedar informasi, tanaman krokot ini berasal dari amerika, masih termasuk dalam kluarga suculent loh.

tanaman sutra bombai bisa berbunga sepanjang tahun tidak mengenal musim hujan maupun musim kemarau, inilah kelebihan tersendiri dai tanaman krokot ini, selain karena warnanya yang cantik dan jenisnya yang beragam, portulaca juga banyak di minati karena peawatannya yang mudah.

moss rose dapat hidup subur di dataran rendah maupun tinggi, asalkan tidak kekeringan dan mendapatkan sinar matahari yang cukup tanaman moss rose atau sutra bombai ini bisa tumbuh sehat dan berbunga terus menerus. 

tapi sayangnya bagi pemula yang kurang memahami karakter tanaman portulaca ini menganggap bahwa tanaman ini sangat bandel dan akhirnya mengabaikan tanaman krokot ini, hal ini seringkali menyebabkan tanaman krokot menjadi mati, padahal jika kalian perhatikan ada kalanya tanaman krokot ini menjadi kurang bagus dan kurang enak di lihat, misalnya saja tampak layu, kurang segar maupun jarangberbunga semerbak lagi. nah jika sudah begini bagaimana solusinya ?


tenang saja, tanaman portulaca, moss rose atau sutra bombai yang tidak sehat bisa kembali subu dengan beberapa tips yang bisa kamu lakukan seperti melakukan re-plant atau penanaman kembali, kamu juga bisa membaca cara replant tanaman sutra bombai, secara lebih lengkap di link tersebut.

re plant atau menanam kembali sutra bombai ini efektif untuk membuat tanaman krokot kamu kembali subur dan berbunga, tanaman krokot yang di replant berarti di ganti medianya dan mendapat asupan gizi yang kembali melimpah, memng krokot ini bisa di bilang rakus karena bisa menghabiskan unsur hara dalam beberapa waktu pada sebuah pot, memang cara paling ampuh ya re plant ini, tapi sayangnya untuk orang- orang yang memiliki sedikit waktu dan tenaga, melakukan re plant adalah cara yang merepotkan, oleh karena itu saya ingin menyiapkan sebuah tips untuk kalian agar tanaman sutra bombai alias krokot kalian tetap bisa tumbuh subu, sehat berbunga lebat dan tidak layu meski tidak melakukan re plant caranya adalah sebagai berikut.

Cara Mudah Membuat Krokot Kembali Subur Dan berbunga Tanpa Melakukan Re Plant

bagi kalian yang sedikit memiliki waktu luang dan alokasi tenaga untuk merapikan taman, maka re plant sangat merepotkan dan menguras tenaga, apalagi jika tanaman sutra bombai yang kalian miliki tidak sedikit, ahh pasti capek anget, oleh karena itu saya ingin membagi tips bagaimana cara membuat tanaman moss rose ini kembali subur tanpa harus melakukan re plant dengan cara sebagai berikut.

1. Bersihkan Pot Dari Tanaman Pengganggu Lain seperti rumput.

tanah yang subur dan rutin di siram membuat benih rumput yang terbawa angin atau tercampur dalam media tanam krokot menjadi ikut tumbuh, jika sudah deikian maka krokot kesayangan akan berebut makanan dengan rumput gulma yang tumbuh di pot yang sama dengan si cantik moss rose ini. nah semakin banyak rumput yang tumbuh maka nutrisi kandungan unsur hara dalam tnah akan semakin cepat habis, lehkarena itu untuk mengantisipasi hal ini kalian harrus rajin rajin membersihkan pot tanaman sutra bombai kalian dari rumput liar.

2. Cek Media Tanam

Krokot yang tampak kurang sehat bisa diakibatkan karna media tanamnya yang semakin berkurang, hal ini bisa diakibatkan oleh banyak sebab salahsatunya adalah media ikut hanyut ketika tanaman krokot ini di siram,  nah jika sudah begini maka tanaman krokot kamu bisa terlihat karang sehat dan tampak tua, oleh karena itu cara untuk enangani masalah ini bisa dengan cara menambahkan media tanam bisa kamu lakukan dengan media tanam buatan kamu sendiri atau juga bisa menggunakan media tanam yang kamu beli di pasar tanaman hias, sekedar informasi tanaman sutra bombai ini menyukai media tanamn yang porous atau tidak menyimpan air terlalu banyak.

3. lakukan penyiraman dengan benar

seringkali tanaman krokot atau bunga pukul sembilan kalian terlihat kurus dan kurang sehat akibat penyiraman yang asal-asalan, tanaman krokot merupakan tanaman yang mnutupi permukaan tanah, oleh sebab itu para pengurus kebun biasanya lalai menyiram tanaman krokot ini hingga tanah menjadi lembab karena tanah tidk terlihat akibat tertutup daun tanaman sutra bombai ini, pastikan agar kalian cukup menyiram tanaman sutra bombai kalian karena kekurangan air bisa mengakibatkan tanaman menjadi kurus, layu bahkan mati, namun terlalu banyak menyiram juga tidak terlalu baik untuk tanaman krokot karena bisa mengakibatkan kebusukan.

4.  Beri Pupuk Secara Rutin

tanaman portulaca atau sutra bombai merupakan tanaman yang membutuhkan unsur hara yang melimpah dari tanah, jika sudah lama di dalam pot hal tersebut akan mengurangi unsur hara di dalam tanah, oleh karena itu saya biasanya mnambahkan pupuk untuk tanaman sutraa bombai ini, biasanya para penghobi memberikan NPK Biru karna mengandung nutrisi seimbang untuk merangsang pertumbuhan portulaca, sedangkan untuk memicu pembungaan biaanya memberikan NPK Hijau, saya sendiri biasanya hanya memberikan NPK Urea  yang berwarna orange (karna lebih lengkap termasuk mengandung sulfur), namun lebih saya rekomendasikan untuk memberikan pupuk organik karena lebih bagus untuk tanaman dan lingkungan, jika kamu tidak thu bagaimana membuat pupuk organik untuk bunga krokot berikut ini adalah Cara Mudah Membuat Pupuk Organik : Cara membuat pupuk organik untuk pertumbuhan, pupuk organik untuk pembungaan . Nah membuat pupuk organik tersebut bisa kamu lakukan dengan mudah dan menggunakan bahan-bahan limbah dapur.

5. lakukan ecara rutin

langkah-langkah diatas adalah perawatan yang bisa kamu lakukan untuk tanaman moss rose milik kalian,  cara- cara ini akan berhasil dengan baik hanya jika di lakukan secara rutin, termasuk pemberian pupuk pada tanaman krokot kalian, untuk pemberian pupuk bisa kamu lakukan dengan rentang waktu seminggu hingga dua minggu s
ekali agar menjaga tanaman krokot kalian tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Cara membuat krokot berbunga dan subur tanpa repkant
Krokot mekar

nah itudia beberapa langkah untuk membuat sutra bombai kalian tetap tumbuh sengan sehat dan berbunga lebat tanpa melakukan re plant, cara- cara diatas merupakan hasil pengalaman serta cerita dari teman-teman penggemar sutra bombai, jika kalian tertarik untuk menanam portulaca alias sutra bombai ini, kalian bisa membeli bibit atau stekannya di blog ini loh, atau bisa juga langsung hubungi saya di kolom komentar atau whatsapp kami di 089639346119.

0 Response to "Cara membuat Moss Rose Alias Krokot Agar Rajin berbunga Dan Tetap sehat tanpa perlu Re Plant."

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel