-->

Pupuk Untuk Tanaman Bidara Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Berbuah

pohon bidara merupakan tanaman yang banyak diburu belakangan ini karena manfaatnya yang luar biasa, selain bermanfaat untuk kesehatan, bidara juga banyak dipercayya memiliki manfaat spiritual oleh umat agama islam, pohon bidara ini banyak disebutkan dalam ceramah-ceramah keagamaan sebagai pohon yang bisa mengusir gangguan jin.

namun selain memiliki khasiat yang luarbiasa, buah pohon bidara juga enak dan manis loh, namun biasanya pohon bidara akan berbuah dalam kurun waktu tertentu saat pohon bidara sudah dewasa, nah kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara menanam pohon bidara da pemberian pupuk bidara yang baik dan benar agar tanaman bisa tumbuh dengan sehat.

Cara Menanam Pohon Bidara

menanam bidara sebenarnya sangat mudah, kamu bisa menanam dari hasil semai biji maupun dari cangkok dan stek, namun lebih mudah dengan cara membeli bibit yang sudah jadi dan menanamnya di rumah, seperti dalam artikel ini saya akan memfokuskan untuk cara menanam bidara dengan teknik yang paling mudah dan paling umum agar lebih mudah dipahami.

Pemilihan Bibit


hal penting dalam menanam pohon bidara, khusunya bidara arab adalah dengan memilih bibit dengan kualitas baik dan tidak berpenyakit. bibit bidara arab yang sehat ditandai dengan warna daun, batang dan akar yang sehat. daun bidara yang sehat berwarna hijau kecoklatan atau hijau gelap dan memiliki daun muda berwarna hijau cerah, sedangkan batang pohonnya memiliki warna coklat gelap berduri. pastikan bibit yang kamu beli tidak membawa hama seperti kutu putih atau jenis hama lainnya.
jika bidara kamu diserang oleh hama kutu putih, kamu bisa membaca artikel cara mengatasi hama kutu putih untuk mengatasi masalah tersebut.

jika kamu menginginkan jenis bibit bidara untuk khasiat spiritual seperti menangkal jin atau pengobatan penyakit lain, sangat disarankan untuk membeli bibit bidara arab dengan kualitas yang baik. kamu juga bisa membeli bibit bidara berkualitas unggul dengan harga murah dengan menghubungi kami via Wa. atau melihat nya disini

Persiapan Media tanam


mempersiapkan media tanam ini bisa kamu lakukan dengan 2 cara, pertama persiapan media tanam untuk bidara yang akan ditanam di pot dan mempersiapkan media tanam yang kan ditanam dihalaman.

media tanam di pot : menanam bidara di pot memang cukup populer dan banyak dilakukan oleh orang-orang dengan lahan halaman yang tidak terlalu luas, usahakan untuk menggunakan pot yang berukuran besar, minimal berukuran 30 cm atau lebih disesuaikan dengan ukuran pohon bidara yang kalian miliki, selanjutnya adalah menentukan media tanam yang baik untuk pohon bidara ini, kamu bisa menggunakan campuran sekam bakar dan kompos untuk media tanam pohon bidara, selain itu kamu juga bisa menggunakan campuran tanah dan sekam atau sekam bvakar dan cocopeat, yang pasti, media tanam tersebut haruslah steril, porous dan memiliki unsur hara yang cukup.

menanam bidara ditanah : sebelum menanam bidara di tanah, usahakan untuk mengolah tanah tersebut terlebih dahulu, misalnya dengan membuat lubang di tanah dan melakukan pengolahan dasar seperti mencampur tanah dengan dolomit, pupuk kandang dan tricoderma untuk membuat kualitas tanah lebih subur dan terhindar dari serangan hama.

Pupuk Dasar


ketika menanam bidara di tanah atau di pot, beberapa petani biasanya menggunakan pupuk dasar sebagai penyubur media tanam sebelum dapat digunakan dengan baik, pupuk dasar ini biasanya terdiri dari 3 komponen yaitu :
  1. kapur pertanian
  2. tricoderma sp
  3. pupuk kandang
selain tiga komponen tersebut para petani juga akan memberikan pupuk lain secara berkala, setelah pohon bidara ditanam di tempat tersebut, namun pembahasan mengenai pupuk akan saya bahas dalam sub bab berbeda di bawah ini.

Perwatan Bidara

pohon bidara tidak terlalu sulit untuk di rawat jika kamu hanya menginginkan pohon bidara yang subur dan terhindar dari penyakit, perawatan bidara cukup dilakukan dengan teknik sekedarnya, misalnya penyiraman dan pengendalian hama yang mungkin mengganggu pertumbuhan bidara, hama yang banyak menyerang adalah belalang, kutu putih, semut dan hama lain sepertu lalat buah, baca cara mengatasi hama lalat buah tanpa menggunakan pestisida untuk menjaga buah bidara tetap sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Pupuk Untuk Pohon Bidara

bauh bidara arab di pohon

seperti yang saya janjikan sebelunya, selain pupuk dasar bidara arab juga memerlukan beberapa pupuk lanjutan yang bertujuan untuk membuat bidara subur dan tumbuh dengan cepat dan berbuah lebat, pupuk apasajakah yang dibutuhkan bidara untuk tumbuh subur dan cepat berbuah?. simak penjelasannya dibawah ini.

untuk membuat bidara tumbuh subur dan rajin berbunga, pohon bidara membutuhakn kandungan unsur hara yang tidak di temukan didalam tanah, olehkarena itu penting untuk memberi pupuk yang mengandung unsur yang dibutuhkan bidara, pupuk tersebut terbagi menjadi dua pilihan, yaitu pupuk organik dan pupuk an organik.

Pupuk Organik

pada pupuk organik kamu mendapatkan beberapa keuntungan dan kerugian, keuntungan yang kamu dapatkan adalah kamu akan mendapatkan pupuk yang mudah digunakan, pupuk yang ramah lingkungan dan bisa kamu buat sendiri, lalu pupuk ini juga terjamin kesehatannya untuk tanaman maupun untuk buah yang akan kita konsumsi karena ini adalah oreganik. 
untuk membuat pupuk organik yan bisa mempercepat pohon bidara berbuah, kamu bisa membaca cara membuat pupuk organik cair untuk mempercepat buah, sedangkan jika kamu membutuhkan pupuk organik untuk tujuan lain kamu bisa juga membaca bab pupuk organik.

Pupuk Anorganik

pupuk anorganik atau lebih lazim disebut dengan pupuk kimia, merupakan pupuk yang biasa di gunakan oleh para petani berupa pupuk hasil produksi pabrik yang mengandung beragam zat yang dibutuhkan tanaman, pupuk kimia umumnya lebih murah dan mudah digunakan kamu bisa membelinya di toko tanamanmaupun toko pertnian dengan harga yang terjangkau.
pupuk kimia untuk mempercepa pohon bidara berbuah bisa kamu gunakan booster atau pupuk kimia yang banyak mengandung kalium nitrogen dan fosfor.

Tips Agar Pohon Bidara cepat berbuah

bentuk buah bidara arab asli

Pemberian Pupuk Dengan Kadar Kalium tinggi

seperti yang saya katakan sebelumnya, untuk mempercepat pohon bidara berbunga dan berbuah, pohon embutuhkan jumlah kalium yang cukup untuk mengubah vase vegetatif menjadi masa generatif dan mulai memunculkan bunga, cara ini bisa kamu lakukan dengan memberikan pohon pupuk khusu pembuahan atau pupuk yang mengandung kalium cukup tinggi.

Pruning

selain pemupukan, pemangkasan secara rutin juga bisa membuat tanaman khusunya pohon bidara berbuah, pemangkasan yang rutin selain akan membantu membuat pohon bidara menjadi lebih rapih, juga akan membuat percabangan menjadi lebat, selain itu pemangkasan yang tepat juga akan merangsang munculnya bunga pada tanaman bidara.

Usia Tanam

bukan menjadi hal yang rahasia jika usia tanaman sangat mempengaruhi waktu berbuah tanaman tersebut, olehkarena itu banyak teknik yang dilakukan untuk membuat pohon berbuah sebelum memasuki usia dewasa, namun tidak bisa di pungkiri bahwa secara alami tanaman muda akan memfokuskan nutrisi untuk perkembangan dan pertumbuhan taaman atau sering disebut dengan vase vegetatif sampai tanaman cukup dewasa untuk memasuki vase generatif yaitu usia matang untuk berbunga dan berbuah.

penyayatan batang

setelah beberapa langkah diatas sudah kamu lakukan dan tidak mendapatkan hasil yang memuaskan mungkin kamu perlu melakukan beberapa teknik yang lebih ekstreem untuk membuat pohon bidara berbuah. yaitu dengan menyayat kulit pohon bidara agar nutrisi dari batang terhambat untuk mencapai akar, nutrisi yang berkumpul ini kemudian akan terkumpul danmemaksa pohon memunculkan bunga untuk menampung nutrisi tersebut.

selain penyatan kamu juga bisa melakuakan teknik runduk, teknik mengikat batang dan beberapa teknik lain yang sama ketika kamu ingin membuahkan pohon mangga, sebelumnya saya telah menulis cara membuat pohon mangga cepat berbuah, untuk keterangan lebih lanjut kamu bisa membaca artikel tersebut dan menerapkan cara yang sama untuk tanaman bidara.

bauah bidara yang subur

Berdoa

yang terakhir setelah semua perawatan mulai dari penanggulangan hama sampai upaya ektreem untuk memicu pembuahan yang terakhir dan harus kamu lakukan adalah berdoa, karena terlepas dari usaha yang di lakukan manusia ada dzat yang maha mengatur segalanya. yang maha menciptakan dan maha mengetahui. jika tujuan anda baik insyaallah dalam waktu dekat pohon bidara kalian akan berbuah, aamiin.

0 Response to "Pupuk Untuk Tanaman Bidara Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Berbuah"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel