-->

Cara Ampuh Membasmi Lalat Buah Tanpa Pestisida

Cara Mengatasi Hama Lalat Buah Dengan Mudah

lalat buah seringkali muncul ketika buah di kebun sudah mulai mendekati panen atau bahkan ketika buah masih baru muncul setelah penyerbukan berhasil, kehadiran mereka sangat mengganggu dan dapat membuat petani gagal panen.

bermacam macam tanaman buah dan bahkan beberapa sayuran juga di serang oleh lalat buah, lalu bagaimana sebenarnya cara membasmi atau mengatasi hama lalat buah tersebut.

Cara Ampuh Membasmi Lalat Buah Tanpa Pestisida
lalat buah | pixabay.com

Mengenal lalat buah (bactrocera)

lalat buah merupakan serangga yang memiliki bentuk seperti lalat atau sepintas meneyerupai lebah karena warnanya yang kuning dan emiliki bagian blakang yang sedikit runcing dan keras lebih menyerupai lebah daripada lalat (menurut saya). serangga ini juga di sebut sebagai fruit Flies di luar negri, emang dasar serangga ini populer banget sampe terkenal juga di luar negri dan jadi pengganggu di sana.

secara kasat mata, lalat buah ini terlihat seperti lalat dengan warna kuning pada bagian perutnya, sayapnya berwarna bening dan mengkilat jika terkena sinar matahari. ovipositor pada lalat buah ini terdiri dari tiga ruas dengan tekstur yang kuat seperti tanduk, karna bentuk ovipositornya inilah menurut saya lalat buah ini lebih mirip lebah daripada lalat tapi memiliki kerusakan yang persisi seperti lalat.

lalat buah ini sangat tertarik dengan bau wangi-wangian manis dan buah-bahan, olehkarena itu lalat buah akan selalu hadir pada tanaman yang sudah mulai memunculkan buah, lalat buah akan memasukan bagian blakang tubuhnya kedalam buah untuk bertelur, telur lalat buah ini berkisar antar 100 sampai dengan 120 butir dalam sekali bertelu. ini dia yang menjadi masasalah, karena telur ini akan menetas dan menjadi lava yang akan membuat buah membusuk, selain itu biasanya bekas gigitan lalat buah juga akan emmbuat buah menjadi busuk, duuh padahal sudah mau panen tapi gagal karena buah sudah di hinggapi oleh lalat buah ini.

parahnya lagi, telur lalat buah juga tidak hanya di letakan di dalam buah, seringkali lalat buah meletakan telurnya di dalam batang tanaman, sehingga menyebabkan kulit tanaman menggembung atau bisa di bilang seperti bisul.

Gejala Buah terserang Lalat Buah


Lalat buah yang bertelur pada buah akan membuat daging buah menjadi busuk karena di makan oleh lava lalat buah, biasanya akan muncul gejala seperti buah berubah warna perlahan dan membusuk. namun pada beberapa jenis buah-buahan lalat buah kadang tidak memiliki ciri apapun dan baru terlihat busuk ketika buah tersebut di kupas.

pada buah nangka, lalat buah ini bisa menyebabkan buah nangka tidak berkembang dan mengkerut lalu terjadi pembusukan di salahsatu bagian atau keseluruhan buah nangka tersebut.
saya pribadi sering mengalami gagal panen karena lalat buah ini. hampir semua buah-buahan dan beberapa jenis sayuran sering di serang oleh lalat buah, akhirnya dari kejadian buruk tersebut saya mulai belajar menangani lalat buah ini tanpa menggunakan bahan kimia yang akan meracuni buah yang akan saya panen.

sebetulnya cara simple dan cepat membasmi lalat buah mungkin bisa di lakukan dengan penyemprotan Insektisida /Pestisida namun perlu di perhatikan jika pestisida  juga bisa membahayakan manusia dalam jangka panjang, nanti bukannya sehat karna konsumsi buah, kita justru keracunan oleh pestisida.

Bahaya Penggunaan Pestisida Untuk Membasmi Lalat Buah


meskipun masih banyak di lakukan oleh petani buah nakal, namun sebisa mungkin kita harus meminimalisir penggunaan pestisida, karena selain berbahaya bagi manusia pestisida juga bisamembahayakan serangga lain yang berguna bagi penyerbukan tanaman. olehkarena itu ada baiknya kita tidak menggunakan bahan kimia berbahayaa untuk membasmi lalat buah ini.

menggunakan pestisida menyebabkan kerugian pada kita sendiri diantaranya adalah sebagai berikut
pestisida dapat meracuni serangga lain yang berperan penting dalam penyerbukan tanaman, bayangkan jika semua serangga seperti lebah juga ikut mati. maka yang terjadi adalah kita harus menyerbukan tanaman dengan cara manual. pernahkah anda membayangkan menyerbukan padi satu persatu ? ini adalah dampak terburuk dari penggunaan pestisida karena bisa membuat banyak serangga lain mati dan mengganggu keseimbangan alam.

berbahaya bagi kesehatan. sudah tidak asing lagi jika terdapat brita di koran atau media online ada petani yang tidak sengaja keracunan pestisida ketika sedang membasmi hama di kebun. pestisida ini emang beracun banget, bahkan meskipun tidak terasa dampaknya secara langsung terpapar pestisida secara terus menerus bisa menyebabkan banyak penyakit bahkan kemandulan, sayangnya masih banyak petani di indonesia yang menggunakan pestisida yang itu artinya hal tersebut akan berdampak pada :

Makanan menjadi beracun. yup buah dan segala hasil panen yang melibatkan pestisida kimia terutama dalam pengendalian hama akan membat hasil panen tersebut tidak sehat, meskipun beberapa buah atau biji-bijian sedikit terpapar pestisida namun bagaimana jika jumlah yang sedikit itu kita konsumsi setiap hari, misalnya beras atau buah-buahan pencuci mulut bahkan sayuran segar yang harusnya menyehatkan. olehkarena itu dalam membasmi lalat buah ada baiknya untuk mengurangi penggunaan pestisida.

selain itu kamu juga bisa menanm 10 jenis sayuran di rumah untuk menghidari efek buruk pestisida yang masih banyak di gunakan oleh petani di indonesia.

Cara Membasmi Lalat Buah tanpa Pestisida Kimia


nah, dari ulasan mengenai masalah lalat buah dan bahaya insektisida, saya kan mengulas bagaiman acara membasmi lalat buah ini tanpa menggunakan pestisida kimia, cara ini mungkin butuh ketelatenan namun ini akan sepadan dengan hasil yang di dapatkan, simak bagaimana cara membasmi lalat buah tanpa pestisida di bawah ini :

1. memenfaatkan musuh alami

cara pertama dan cara yang sangat alami adalah dengan memanfaatkan musuh alami dari lalat buah ini, seperti yang kita ketahui, semua yang terdapat di alam baik binatang maupun tumbuhan terikat dengan rantai makanan. temasuk yang terjadi pada lalat buah. kunci dalam metode pengendalian hama ini kita harus menggunakan pemangsa alami lalat buah untuk di jadikan sebagai pengendali hama.

pada lalat buah atau Bactrocera SP ini telah ditemukan pengganggu atau pengendali pertumbuhan lalat buah dengan menggunakan serangga lain yang lebih kecil yang biasanya kan menjadi parasit pada lalat buah tersebut, yaitu menggunakan drosophila melanogaster, namun cara ini akan lebih efektif jika di lakukan di rumah kaca atau greenhouse.

jika anda menggunakan perkebuanan dengan jangkauan luas dan di tempat terbuka, maka mungkin kamu bisa menggunakan pengendali hama dengan menanam tanaman alami yang bisa menarik perhatian lalat buah karena aromanya dan mengalihkan perhatian lalat buah dari sayuran atau buah-buahan. beberapa tanaman yang bisa menarik lalat buah diantaranya adalah cemara dan selasih yang bisa di manfaatkan sebagai antraktan, namun sayangnya cara ini tidak membunuh lalat buah tersebut. olehkarena itu saya juga menyiapkan cara kedua yang lebih efektif di bawah ini.

2. menggunakan pestisida nabati

kamu bisa menggunakan pestisida nabati yang aman bagi kesehatan dan telah lulus uji organik untuk memastikan pestisida tersebut aman untuk kesehatan, biasanya pestisida nabati terbuat dari ekstrak tanaman atau sejenisnya yang aman untuk kesehatan manusia atau serangga lainyang berperan baik dalam ekosistem.

kamu bisa membeli pestisida nabati tersebut di toko pertanian atau toko tanaman terdekat, kamu juga bisa membelinya secara online di marketplaca untuk mengatasi hama lalat buah.
sayangnya harga pestisida nabati cukup mahal jika di bandingkan dengan pestisida biasa.

3. membungkus buah satu persatu.

jika tanaman buah yang kamu miliki ini berada di pohon dengan ukuran pendek, biasanya petani menggunakan pembunngkus untuk melindungi buah dari serangan lalat buah atau hama lainnya. misalnya saja pada perkebunan belimbing yang akan di bungkus dengan plastik ketika buah blimbing mulai muncul.

namun sayangnya cara ini tidak efektif untuk pertanian lain dengan jumlah buah yang banyak atau pohon yang tinggi seperti mangga dan jenis sayur-sayuran. tapi jangan putus asa dulu, kamu masih bisa menggunakan cara lain dibawah ini.

4. membuat jebakan lalat buah

cara ini banyak di gunakan oleh para petani karna cukup efektif, kamu bisa menjebak lalat buah dalam perangkap agar tidak mengganggu tanaman ataupun buah-buahan di kebun, namun cara ini membutuhkan ketelatenan, meskipun demkian, cara ini cukup efektif untuk menjebak lalat buah yang berkeliaran. ada beberapa jenis bentuk jebakan lalat buah, namun yang akan saya tunjukan saat ini adalah cara membuat jebakan lalat buah dengan menggunakan perekat.

cara ini sangat mudah untuk di terapkan sehingga saya pikir paling mudah dan efektif di lakukan oleh pemula. berikut cara membuat jebakan lalat buah:

Cara Ampuh Membasmi Lalat Buah Tanpa Pestisida
Contoh perangkap lalat buah yang berhasil

alat dan bahan yang perlu di siapkan :
botol plastik bekas
lem tikus bening
ranting atau kuas
petrogenol (bisa di beli di toko pertanian)
kertas warna kuning atau bisa dengan cat.

Cara Ampuh Membasmi Lalat Buah Tanpa Pestisida

Cara membuat Perangkap lalat buah :
1. masukan kertas kedalam botol lalu tutup kembali.
2. campurkan lem dengan petrogenol, biasanya sih baunya wangi banget kaya nangka mateng.
3. oleskan lem dan petrogenol di permukaan botol, boleh dengan ranting atau kuas.
4. gantung botol tersebut di pohon yang sedang berbuah.

cara ini sebaiknya kamu gunakan saat buah masih berukuran kelereng hingga sampai panen, karena lalat buah biasanya sudah mulai menyerang ketika buah terbentuk meskipun masih berukuran kecil. jika terserang maka buah akan membusuk dan gagal panen.

untuk meningkatkan ke efektifitasannya, ada baiknya jika semua cara diatas kamu terapkan sekaligus, meskipun tidak masalah jika  kamu hanya menerapkan satu atau dua cara, namun untuk hasil yang lebih maksimal menerapkan semua cara tadi dengan bersamaan bisa membuat panen hasil buah-buahan menjadi lebih melimpah.
cara membuat jebakan lalat buah

Cara mencegah lalat buah

Orang bilang, lebih baik mencegah daripada mengobati, tapi saya pikir tidak ada atau belum ada cara yang benar-benar efektif untuk mencegah datangnya lalat buah, tapi mungkin kamu juga bisa menerapkan cara ini untuk mencegah lalat buah :

1. gunakan greehouse .
menanam tanaman dalam ruangan yang terlindungi dengan dinding jaring atau plastik uv akan membuat hama dan serangga tidak bisa masuk ke ruagan tersebu. dengan kata lain tanaman aka terlindungi dari serangga dan hama termasuk lalat buah selagi greenhouse tetap steril.
sayangnya untuk membuah greenhouse dibutuhkan biaya yang cukup besar, selain itu greenhouse ini juga sulit di aplikasikan untuk tanaman buah berbatang tinggi seperti mangga, blimbing dsb, namun sangat efektif untuk tanaman buah dan sayuran seperti melon, timun tomat dan sejenisnya.

2. menjaga kebersihan kebun
lalat buah merupakan serangga yang tumbuh dari larfa dan memakan buah, cara yang mungkin efektif adalah dengan selalu membuat kebun tetap bersih dan steril, terutama dari sisa panen yang membusuk dan kotoran lain yang bisa menjadi tempat bersarangnya lava lalat buah dan hama lainnya.

itulah sedikit ulasan mengenai cara mengatasi hama lalat buah tanpa menggunakan pestisida, semoga tulisan tersebut bisa membantu dan jika kalian memiliki pengalaman atau sudut pandang yang berbeda, silahkan tinggalkan komentar untuk menyempurnakan tulisan ini dan memperkaya pengetahuan pembaca 

0 Response to "Cara Ampuh Membasmi Lalat Buah Tanpa Pestisida"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel