-->

Cara Membuat Anggrek Sering Berbunga Dan Tumbuh Subur

tanaman bunga anggrek merupakan tanaman bunga yang banyak di gemari oleh orang-orang, namun sayangnya bagi sebagian orang, tanaman anggrek yang mereka miliki sering kali tidak kunjung berbunga atau malahan tidak tumbuh dengan subur.

normalnya bunga anggrek hanya berbunga 1 sampai 2 kali dalam setahun, tapi beberapa anggrek jika di maksimalkan perawatannya, maka bisa berbunga lebih dari 3 kalidalam setahun, nah bagaimana cara merawat anggrek supaya sering berbunga?. yuk kita bahas bareng-bareng cara paling gampang membuat anggrek rajin berbunga.

mengenal bunga anggreak.

bunga anggrek merupakan tanaman hias yang paling banyak di gemari oleh masyarakat selain bunga mawar dan bunga moss rose, tanaman anggrek ini tersebar di seluruh dunia dengan habitat yang beraneka ragam, mulai dari hutan tropis hingga padang gurun, pegunungan juga pesisir pantai, semua tempat memiliki anggreknya sendiri-sendiri, kecuali di antartika. sayangnya keragaman jenis anggrek ini makin berkurang karena kerusakan lingkungan di habitat aslinya, sehingga anggrek liar makin sedikit di alam.

anggrek sendiri memiliki nama genus orchidaceae dengan beberapa jenis yang cukup populer yaitu dendrobium, anggrek vanda dan anggrek bulan. dengan marga yang cukup populer adalah Dendrobium, coelogyne, dan cimbidiyum.

tapi itu nama-nama yng sibet dan anti saja kita bahas, tapi sebelum kita menutup pembicaraan tentang jenis-jenis anggrek itu, ada beberapa jenis anggrek yang wajib kamu ketahui untuk megetahui bagaimana perawatan yang tepat terhadap jenis anggrek tersbut. 

Jenis-jenis anggrek yang paling Populer

Coelogyne : merupakan jenis anggrek yang biasanya tumbuh di tanah dengan bentuk daun yang cukup lebar dan tetep memiliki gembung di tangkai daunnya, anggrek jenis Coelogyne ini pada umumnya memiliki bunga bertangkai panjang dengan beberapa kelopak bunga dalam satu tangkai, membuat anggrek ini sepintas mirip dengan anggrek dendrobium. terdapat lebih dari 200 species anggrek coelogyne di asia yang tersebar dari mulai dataran tinggi hingga hutan hujan dataran rendah seperti kalimantan. jika kamu sering mendaki gunung, biasanya tidak sulit menemukan anggrek ini di perjalanan daerah hutan di jawabarat.

Phalaenopsis : anggrek phalaenopsis sering juga di sebut sebagai anggrek ngengat, sepertihalnya anggrek coelogyne, anggrek phalaenopsisi ini juga seringkali di temukan tumbuh di tanah, anggrek jenis ini di indonesia lebih akrab di sebut sebagai angrek bulan. 
anggrek ini juga memiliki cukup banyak penggemar dan merupakan salahsatu anggrek yang paling banyak di buru dan disilangka karena keindahannya, anggrek jenis phalaenosis ini bisa tumbuh baik didalam maupun di luar ruangan. selain itu mungkin kamu juga belum tahu kalo anggrek phalaenopsis amabilis merupakan bunga nasional Negara indonesia selain bunga melati  dan buga bangkai loh. baca juga cara memperbanyak anggrek bulan.

anggrek Cattleya : anggrek ini memiliki lebih dari 40 species di alam yang tersebar di dataran costarika sampai dataran tropis amerika, anggrek ini memiliki bentuk bunga yang khas dan banyak di gemari di dunia termasuk di indonesia, selain dari anggrek bulan dan anggrek vanda. anggrek cattleya yang cukup populer di sebut dendrobium ini merupakan salahsatu bunga anggrek yang paling laris di pasaran.

vanda : jenis anggrek yang tidak kalah populer selanjutnya adalah anggrek vanda. anggrek ini memiliki lebih dari 80 species yang tersebar di seluruh dunia, memiliki bentuk yang sangat unik dan mencolok anggrek jenis vanda ini sangat mudah untuk di kenali oleh para pecinta anggrek, biasanya jenis anggrek vanda bisa di tanam tanpa menggunakan media tanam berlebihan, hanya menggantungnya tanpa media tanam dan menyiramnya secara rutin juga sudah bisa membuat anggrek jenis ini berbunga dengan subur.

orchidium : jika kamu menyukai tanaman anggrek yang berukuran kecil, mungkin kamu menyukai jenis anggrek ini, anggrek yang pertamakali di identifikasi oleh olef swtz ini merupakan jenis anggrek yang bisa tumbuh di tanah maupun batang pohon dengan ukuran yang tidak sebesar anggrek yang lain dan memiliki bunga yang cukup banyak. selain anggrek orchidium kamu juga harus mengetahui jenis anggrek dendrbium, odontoglos, dan chimbidium.

memang jenis-jenis anggrek ini terdengar begitu asing di telinga, namun tidak bisa di pungkiri jika tanaman anggrek ini mungkin merupakan tanaman hias yang paling banyak memiliki jenis yang berbeda dan beraneka ragam, meskipun begitu setiap species dari tanaman anggrek ini juga memilik daya tariknya sendiri yang memikat.

lalu pertanyaannya bagaiman acara merawat tanaman anggrek agar rajin berbunga dan tumbuh dengan subur ?

Cara merawat anggrek agar tumbuh subur dan berbunga lebat.

Untuk merawat tanaman anggrek agar subur dan memunculkan bunga lebih sering kamu harus memberikan perawatan dan perhatian intens terhadap tanaman angrek kamu, tapi tenang saja, karena merawat anggrek tidak sesulit yang di bayangkan. ada beberapa faktor yang mempengarhui tumbuhnya tanaman anggrek seperti misalnya :

sinar matahari

setiap tanaman membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis, begitupula tanaman anggrek, namun perlu di perhatikan untuk memberikan sinar matahari pada tanaman anggrek sesuai dengan kebutuhannya, tidak kurang ataupun lebih, hal ini sangat penting untuk membuat tanaman anggrek tetap tumbuh sehat dan tidak oversunlight.

beberapa jenis tanaman anggrek dapat tumbuh dengan baik di tempat yang teduh dan di dalam ruangan tapi beberapa yang lain membutuhkan sinar matahari yang cukup banyak, oleh karena itu untuk melakukan tanaman anggrek ini sangat penting untuk mengetahui jenis anggrek yang kamu rawat, namun pada umumnya anggrek bulan akan menyukai tempat yang teduh daripada dendrobium yang biasnaya lebih tahan di wilayah yang sedikit panas. 

jika kamu bingung menentukan jenisnya, maka tempatkanlah tanaman anggrek kamu di tempat yang terkena sinar matahari tidak langsung, ini akan lebih aman terhadap jenis tanaman anggrek yang kamu rawat, misalnya kamu bisa menempatkannya di teras halaman maupun di bawah pohon atau paranet.

kelembapan media tanam

beberapa jenis tanaman anggrek menyukai kelembapan yang cukup tinggi untuk menunjang kebutuhan nutrisi yang akan di serap leh akar tanaman anggrek, namun terlalu lembap justru bisa membuat akar aknggrek menjadi busuk. 

beberapa referensi mengatakan jika kelembapan terbaik tanaman anggrek berada di kisaran 50 sampai 70%, membuat tergenang dalam waktu yang lama akan membuat tanaman anggrek membusuk dan tidak akan berbunga. dihabitat aslinya, meskipun terdapat pada hutan hujan tropis jenis anggrek yang menempel pada batang pohon biasanya akan tumbuh subur pada tempat yang cukup lembap namun tidak becek, berbeda dengan jenis anggrek coelogyne yang biasanya tumbuh di tanah yang cukup basah di hutan hujan tropis.

ketinggian tempat

selain kelembapan udara, dan kelembapan tanah, tanaman anggrek juga sangat bergantung pada ketinggian tanah dari permukaan laut yang akan banyak mempengaruhi suhu udara dan kelembapan udara.
jika kamu tinggal di datran rendah maka jangan berkecil hati karena faktanya tanaman anggrek bisa tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan cukup baik, dengan beragam jenis yang sesuai dengan lingkungan tinggalnya.

beberapa jenis anggrek sesuai dengan dataran tingginya antara lain adalah sebagai beriku :

1. anggrek dataran rendah 
jenis anggrek yang bisa hidup pada dataran rendah dengan ketinggian tanah sekitar 0 sampai dengan 500 mdpl biasanya di dominasi dengan jenis anggrek Arachnis, Renanthera, dan Vanda. karena beberapa jenis anggrek tersebut mampu beradaptasi pada suhu yang hangat di siang hari hingga suhu 38 drajat celcius. wahh tahan banting juga kan

2. jenis anggrek dataran sedang
selain bisa tumbuh di dataran rendah, beberapa jenis anggrek juga bisa hidup dengan baik di dataran sedang yang memiliki ketinggian sekitar 500-1000 Mdpl (meter diatas permukaa laut) beberapa jenis anggrek ini adalah Dendrobium, Cattleya, Phalaenopsis, dan Onchidium. 
jenis tanaman anggrek tersebut mampu beradaptasi dengan suhu udara diatas 19 drajat hingga suhu udara 28 drajat celcius.

3. jenis anggrek dataran tinggi 
beberapa jenis angggrek yang bisa hidup subur dan berbunga lebat pada dataran tinggi antara lain adalah Cymbidium, Miltonia, dan Paphiopedilum. ketiga jenis anggrek tersebut merupakan anggrek yang  mampu beradaptasi dengan suhu yang cukup dingin sekitar 13 sampai dengan 21 drajat celcius. tidak heran jika anggrek ini banyak di temukan di pegunungan dengan ketinggian lebih dari 1000 mdpl. 

setelah mengetahui jenis angrek dan wilayah habitat tumbuhnya, ada baiknya jika kalian bisa menyesuaikan anggrek yang akan kalian rawat dengan tempat tinggal kalian, apakah itu di dataran rendah maupun di datran tinggi. ini akan sangat berguna untuk proses perawatan dan membuat tanaman anggrek kalian subur dan berbunga dengan lebat.

media tanam yang baik untuk anggrek

media tanam yang baik untuk membuat anggrek tumbuh subur dan sering berbunga umumnya menggunakan akar pakis, arang, cocopeat atau batang kayu yang lapuk hingga pecahan genting atau denganmedia tanam lainnya yang bersifat porous dan tidak membuat akar anaman anggrek tergenang. 

namun pada habitat aslinya anggrek biasanya tumbuh di tempat-tempat yang tidak kita duga. pada anggrek liar yang sering saya temui di hutan saya seringkali menemui anggrek coelogyne tumbuhdengan baik di permukaan tanah diatara semak semak rumput amupun di bawah pepohonan yang gelap. 

artinya dalam menentukan media tanam yang baik kamu juga harus memperhatikan jenis tanamaanggrek tersebut, misalnya pada jenis anggrek vanda yang bahkan bisa tumbuh dengan baik meskipun tidak memiliki media tanam dan hanya di gantung di bawah pohon.


beberapa media tanam yang baik dan bisa membuat anggrek subur dan rajin berbung harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  • menyimpan air tidak terlalu lama
  • bersifat porous
  • bersifat dingin
  • memiliki nutrisi yang cukup.

jika kamu bingung. saran saya kamu bisa menggunakan akar pakis dan arang untuk medi atanam anggrek, karena dua jenis media tanam ini bisa digunakan dengan baik untuk tanaman anggrek jenis manapun.

Cara membuat anggrek sering berbunga

ciri tanaman anggrek akan berbunga :

ketika memilih tanaman anggrek pada pedahang tanaman hias, pastinya kamu ingin memilih tanaman anggrek yang akan berbunga. sehingga beberapa waktu setelah anggrek di bawa pulang anggrek tersebut akan berbunga dan tumbuh dengan cantik di rumah anda. ada beberap tips untuk melihat tanaman anggrek yang akan berbunga.

  1. usia tanaman anggrek yang siap berbunga
  2. masuk musim bunga 
  3. memiliki kelopak daun 
  4. muncul tangkai bunga
  5. memiliki tangkai bunga yang belum di buang

Cara membuat anggrek sering berbunga

membuat anggrek rajin berbunga sebenarnya bisa di lakukan dengan mudah, mulai dari memberikan obat-obatan hingga melakuka cara alami yang bisa membuat tanaman anggrek cepat berbunga dan tumbuh dengan baik. beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat tanaman anggrek rajin berbunga adalah sebagai berikut :

Pastikan tanaman anggrek anda sudah dewasa

tanaman anggrek ayang akan berbunga dan memiliki bunga yang lebat harus memiliki usia yang cukup sehingga tanaman siap untuk memunculkan bunga. biasanya jika kamu membeli tanaman anggrek, ada beberapa jenis yang akan di tawarkan oleh pedagang tanaman angggrek yaitu jenis angggrek bibit (anggrek botolan) anggrek remaja, anggrek yang sudah di pindah namunbelum siap berbunga dan anggrek dewasa, anggrek dewasa ini biasanya merupakan jenis tanaman anggrek yang sudah siap berbunga dan hanya perlu menunggu waktu atau melakukan treatment khusu pembungaan seperti di bawah ini.

memberikan obat pembungaan

ada beberapa jenis obat yang di jual di pasaran untuk membuat tanama anggrek ini cepat berbunga, biasanya tanaman anggrek yang di beri obat bunga akan capat berbunga dan bisa di lakukan secara rutin dalam periode waktu tertentu untuk membuat anggrek berbunga lagi secara rimbun dan lebat.

melakukan pemupukan secara rutin

merawat anggrek ini sebenarnya sangat mudah, setiap tanaman bisa tumbuh dengan alami tanpa perawatan khusu. namun jika kamu ingin hasil yang maksimal kamu juga harus melakukan perawatan yang maksimal. salahsatunya dengan melakukan pemupukan secara rutin, namun perlu di perhatikan memu[uk tanaman anggrek tidak sama dengan cara memupuk tanaman lain, gunakan pupuk yang lebih spesifik untuk tanaman bunga dan lakukan dengan dosisi yang tidak berlebihan untuk mencegah tanaman anggrek tidak over dosis.

gunakan pupuk dengan kandungan fosfor yang tinggi

tanaman membutuhkan zat fosfor untuk pertumbuhannya. terutama tanaman nggrek, fosfor akan memicu pembentukan akar dan pembungaan, olehkarena itu gunakan pupuk yang banyak mengandung zat fosfor untuk membuat tanaman anggrek kalian tumbuh subur dan sehat.

lakukan perawatan yang tepat

setelah memupuk, memberi obat dan merawat dengan baik dan benar namun tanaman anggrek anda tidak kunjung berbunga. mungkin ada yang salah dnegan cara merawat, pastikan untuk membaca lagi karakter tanaman anggrek dan habitat tumbuh yang cocok untuk tanaman anggrek tersebut untuk memastikan bawah semua yang kamu lakukan sudah benar..

namun selagi kamu merawat tananaman anggrek ini dengan baik dan telaten, tanamn anggrek kamu pasti akan subur dan sering memunculkan bunga.

Pupuk organik untuk membuat anggrek rajin berbunga

selain menggunakan obat dan pupuk kima, ada beberapa pupuk organik yang bisa membuat anggrek subur dan rajin berbunga, pupuk ini bisa kamu dapatkan dari limbah dapur rumah tangg, penasaran pupuk apa saja ini ? silahkan simak di bawah ini :

kulit pisang

kulit pisang yang di keringkan bisa menjadi pupuk untk tanaman anggrek, kamu bisa menggunakan jenis pisang apapun yang biasa kamu konsumsi, lalu jemur kulitnya hingge kering dan berwarna hitam , setelah itu letakan kulit pisang tersebut pada tanaman anggrek kesayangan kalian. kulit pisang sendiri banyak mengandung zat yang baik untuk pembungaan tanaman anggrek seperti B1 dan kandungan Fosfor.

cangkang telur

sudah bukan rahasia umum lagi jika cangkang telur ini bisa di jadikan pupuk yang baik untuk pertumbuhan tanaman anggrek, atau bahkan jenis tanaman yang lainnya seperti digunakan untuk membasmi hama bekicot. cangkang telur juga banyak mengandung unsur kalium yang sangat baik untuk membuat anggrek memunculkan bakal bunga dan pertumbuhan daun yang sehat. caranya adalah mencuci cangkang telur kemudian mengeringkannya, setelah kering tumbuk cangkang telur hingga halus dan taburkan pada media tanam anggrek.

kulit udang

siapa yang sangka jika kulit udang baik itu udang air tawar maupun udang air laut ternya bisa digunakan sebagai pupuk organik untuk membuat tanaman anggrek cepat berbunga dan menjadikan tanaman anggrek tumbuh dengan subur, caranya sangat mudah, yang harus kamu lakukan adalah mengupas kulit udang, cuci sampai bersih lalu di keringkan. kulit udang yang sudah kering kemudian kamu letakan diatas tanaman anggrek kesayangan kamu.

ampas teh

selain menggunakan kulit udang, bahan sisa dapur lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat anggrek sering berbunga adalah menggunakan ampas teh, baik itu teh celup maupun teh biasa. caranya adalah dengan menggunakan sisa ampas teh tersebut untuk di jadikan sebagai pupuk dengan melataknnya di atas media tanam tanaman anggrek.

air cucian beras

informasi menggunakan air cucian beras dan air mecin untuk membuat tanama anggrek rajin berbunga barangkali sudah bukan informasi baru dan asing bagi para pecita tanaman. namun jika kamu belum mengetahuinya kamu bisa mencoba cara ini untuk membuat anggrek sering berbunga dan tumbuh dengan subur.

beberapa cara diatas bisa kamu aplikasikan secara sekaligus untuk mendapatkan hasil yang maksimal. gabungkan pemberian kulit pisang, ampas, teh, cangkang telur dan kulit udang ini sekaligus dengan takaran yang tepat akan membuat anggrek kalian tumbuh subur dan rajin berbunga. selamat mencoba.

0 Response to "Cara Membuat Anggrek Sering Berbunga Dan Tumbuh Subur"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel