-->

Cara Menanam dan merawat Bunga Amarilis

Bunga amarilis merupakan bunga dari keluarga tanaman liliaceae. artinya tanaman amarilis ini masih berkerabat dengan bunga lili hujan ataupun bunga tulip.


bunga amarilis sendiri di kenal dengan nama bunga bakung di indonesia, tanaman ini aslinya berasal dari caribean dan tersebar hingga ke afrika selatan, namun saat ini bunga amarilis dapat di temukan di seluruh penjuru dunia dan dapat tumbuh baik di semua negara termasuk indonesia.

bunga amarilis dan bunga liliceae lainnya terkenal karena memiliki masa dormansi dan hanya mekar pada musim tertentu, di indonesia biasanya bunga amarilis ini mekar di musim penghujan, namun di luar negri bunga amarilis biasanya mekar pada musim semi dan bisa bertahan sampai musim gugur untuk bersiap dormansi pada musim dingin.

merawat tanaman bunga amarilis di indonesia ini sangat mudah, meskipun memiliki masa dormansi, beberapa jenis amarilis di indonesia tidak memerlukan perawatan khusus ketika masa dormansi dan tetap bisa tumbuh dengan baik di segala musim.

seperti bunga mawar atau bunga sutra bombai, tanaman bunga amarilis juga memiliki bunga yang cantik dengan warna yang beraneka ragam, hal ini membuat bunga amarilis memiliki banyak penggemar di seluruh dunia meskipun hanya bisa berbunga sekali dalam setahun.

namun jika kalian merawat dengan baik tanaman bunga amarilis kalian, kamu bisa membuatnya berbunga beberapa kali dalam setahun.

Cara Menanam Bunga Amarilis yang benar

meskipun tanaman bunga amarilis ini tergabung dalam keluarga liliaceae (bawang-bawangan) seperti bunga tulip dan lili, namun bunga lili yang saya maksdu berbeda dengan bunga lilyparis, melainkan seperti bunga lilihujan atau keluarga bunga bakung lainnya yang memiliki umbi bawang.
dari bawang amarilis tersebutlah kita bisa menanam umbi amarilis sampai berbunga. berikut ini cara menanam amarilis dari umbi yang bisa kamu lakukan di rumah.

Menanam Amarilis Dari Umbi di Pot


Cara Menanam dan merawat Bunga Amarilis
kuncup bunga amarilis

Mempersiapkan umbi amarilis
untuk menanam bung amarilis di pot, pastikan kalian telah memiliki umbi bunga amarilis yang bisa kalian dapatkan dari toko tanaman hias atau bisa membeli umbi amarilis secara online, biasanya banyak umbi amarilis yang di jual di pasaran dengan jenis dan warna beraneka ragam mulai dari amarilis oranye, merah hingga warna lain yang cantik.

Rendam Umbi amarilis kedalam air
untuk menanam amarilis kalian tidak memerlukan bantuan zat pertumbuhan atau sejenisnya, karena tanaman bawang-bawangan terkenal karena memiliki banyak zar pertumbuhan untuk tanaman, kamu hanya perlu memberi perawatan tambahan dengan merendam bagian bawah umbi amarilis untuk merangsang akar dar tanaman ini cepat keluar karena lembaap.

Pemilihan pot untuk umbi amarilis
menanam umbi amarilis sebenarnya bisa di lakukan dimanapun termasuk di mangkuk atau gelas hias untuk mempercantik tampilannya. ini di lakukan untuk kalian yang hendak menanam umbi amarilis setelah melakukan perawatan dormansi untuk merangsang bunga dan hanya menanamnya ketika menjelang pembungaan.

namun jika kalian ingin menanam amarilis ini di pot untuk jangka waktu yang lama maka gunakan pot dengan ukuran yang tepat dan memiliki saluran drainase yang baik untuk menjaga kelembapan media tanam agar umbi amarilis tidak membusuk.

Menyiapkan media tanam
kamu bisa menggunakan berbagaimacam jenis media tanam untuk bunga amarilis, bisa menggunakan hidrogel, sekam bakar, arang,cocopeat atau sejenisnya yang bisa memberikan unsur hara pada tanaman amarilis kesayangan anda.

untuk bunga amarilis yang di tanam di pot untuk waktu yang lama (tidak di pindahkan ketika masuk periode dormansi) kamu bisa menggunakan media sekam, tanah humus dan kompos dengan perbandingan 1;1;1.

menanam umbi amarilis
setelah semua di siapkan, umbi, pot, dan media tanam, maka langkah selanjutnya adalah membenamkan umbi amarilis tersebut kedalam tanah tersebut, kamu bisa mengubur sebagian umbi amarilis kedalam tanah atau secara keseluruhan dengan menyisakan bagian ujung tetap di permukaan untuk mempermudah tumbuhnya daun pada umbi amarilis. basahai permukaan media tanam dengan air untuk membuatnya menjadi lembap lalu letakan pot bunga amarilis tersebut di tempat yang terkena cahaya matahari.

Pemupukan pada bunga amarilis.
pemerian pupuk amarilis harus di lakukan secara rutin untuk membuat bunga amarilis kalian tumbuh sehat dan subur, namun dosisi pupuk harus tetap di jaga agar tidak berlebihan untuk menjaga amarilis tetap sehat.

pemberian pupuk ini bisa di berikan 2-3 minggu sekali menyesuaikan dengan kondisi tanaman. untuk pupuk bunga amarilis ini kamu bisa memberikan pupuk dengan zat kalium dan fosfor yang tinggi untuk merangsang pembungaan pada bunga amarilis.

kamu bisa menggunakan pupuk yang di jual di pasaran atau dengan menggunakan pupuk organik cair yang bisa kamu buat sediri dengan membaca cara membuat pupuk organik cair kaya kandungan fosfor.

penyiraman pada bunga amarilis.
menyiram tanaman amarilis harus di lakukan dengan tepat, jangan sampai bunga amarilis kalian ini kekeringan karena akan memasuki masa dormansi, amun jaga akar media tanam juga tidak tergenang air atau becek karena bisa membuat amarilis terserang penyakit dan membusuk. 

selain menanamnya di dalam pot kamujuga bisa menananam umbi amarilis ini langsung di halaman dengan tetap memperhatikan perawatan yang tepat.

pastikan untuk tetap menjaga dan merawat bunga amarilis terutama dari serangan tanaman gulma yang mengganggu keindahan tanaman lili ini, kamu juga bisa harus membuang bekas bunga dan daun yang telah kering untuk menjaga bunga amarilis ini tetap sehat.

jika perawatan tersebut kamu lakukan secara rutin maka amarilis kamu akan berbunga dengan indah dan lebat. selainmenanam nya di pot atau di halaman kamu juga bisa menanam amarilis hanya dengan menggunakan media tanam air loh. tanaman ini akan terlihat cantik jika kamu meletaknnya dalam pot transparan di sudut ruangan, berikut ini cara menenam amarilis hanya dengan media air.

cara menanam bunga amarilis hanya dengan media air

mungkin kamu pernah menemukan gambar bunga amarililis di dalam ruangan dengan hanya menggunakan media tanam air 100%. belakangan saya juga mengetahui cara menanam amarilis  yang bisa di tanam di air ini dari salahsatu teman di grup pecinta tanaman hias yang tinggal di luar negri, berikut ini cara menanam amarilis dengan media air.

Cara Menanam dan merawat Bunga Amarilis
menanam amarilis dengan media air


menanam bunga amarilis di air bisa kamu lakukan dengan menggunakan wadah seperti vas bunga atau dengan toples dan wadah cantik lain yang kamu miliki, namun kamu juga perlu menyiapkan beberapa perlengkapan seperti : Wadah/vas bunga transparan, umbi amarilis, batu kerikil hias (opsional), air putih biasa.
nah setelah semua bahan disiapkan, berikut ini adalah langkah-langkah untuk menanam bunga amarilis dengan hanya menggunakan media tanam air.

1. pastikan amarilis telah melewati masa dormansi dan masuk ke masa pertumbuhan

menanam umbi amarilis dengan menggunakan media air berbeda dengan menanam umbi amarilis dengan menggunakan media tanam tanah, untuk menanam bunga amarilis di air pastikan untuk membuat amarilis telah melewati masa dormansi. di indonesia biasanya para penghobi menyimpannya pada kulkas selama beberapa waktu untuk membuatnya cepat berbunga.
setelah umbi di pastikan melewati masa dormansi langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan langkah berikutnya sebagai berikut.

2. buang akar mati pada umbi amarilis

setelah menyiapkan umbi amarilis maka selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan membuang akar yang mati, ini akansangat penting karena akar mati amarilis bisa mencemari air dan membuat air menjadi keruh, jadi hanya gunakan akar yang masih sehat dan berfungsi dengan baik. namun perlu di perhatikan jika akar amarilis ini gampang rusak, jadi hati-hati ketika membuang akar mati pada umbi amarilis. 

3. masukan air kedalam vas bunga yang telah diisi krikil hias

masukan krikil atau hidrogel atau sejenisnya kedalam vas bunga bisa sampai penuh ayau hanya sebagian saja, selain menjadi hiasan krikil ini juga bisa berfungsi sebagai penahan akar. namun jika kamu hanya ingin mengggunakan akir ini juga tidak masalah, kamu hanya harus mengisi vas bunga tersebut dengan air.

selain menanam bunga amarilis dengan media air, kamu juga bisa membaca cara stek tanaman dengan media air yang bisa kamu lakukan untuk memperbanyak tanaman kesayangana anda.

4. pastikan bagian akar umbi amarilis terendam

meskipun ditanam di air pastikan untuk menjaga umbi amarilis kamu tidak terendam air karena jika umbi amarilis terendam maka akan terjadi pembusukan, jadi pastikan hanya akar umbi amarilis yang terendam air, umbi amarilis dibiarkan di atas vas bunga.

5. letakan umbi amarilis pada tempat yang cerah  seperti di dekat jendela

setiap tanaman pastinya tetap membutuhkan sinar matahari, termasuk bunga amarilis, olehkarena itu pastikan untuk menempatkan umbi amarilis ini didekat jendela untuk tetap tersinari oleh matahari, putar bagian tanaman amarilis ini secara merata agar tanaman tidak condong ke salahsatu sisi yang menghadap matahari.

nah itulah beberapa cara menanam dan merawat bunga amarilis, selain bunga amarilis kamu juga bisa membaca bagaimana cara merawat bunga anggrek agar rajin berbunga.

0 Response to "Cara Menanam dan merawat Bunga Amarilis "

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel