-->

Cara Budidaya Anggrek Bulan Dengan Stek Batang

tanaman anggrek merupakan tanaman bunga dengan pesonaa dan keindahannya yang memikat, setelah sebelumnya saya menulis artikel budidaya anggrek dengan stek batang (dendrobium) para artikel ini saya ingin mengulas bagaimana cara stek tangkai anggrek bulan.

tanaman anggrek sendiri merupakan tanaman hias yang banyak di gemari, harga dan pasar bunga nggrek sendiri cukup stabil sehingga memungkinkan untuk menjadikananggrek sebagai komoditas ekonimi yang menjanjikan. tapi artikel ini tidak akan membahas anggrek sebagai tanaman bisnis karna blog ini hanya untuk membahas hobi dan cara perawatan tanaman. yah intinya skip.

bunga anggrek sendiri memiliki banyak jenis dan species, untuk lebih jelasnya kamu bisa mambeca tentang jenis anggrek lebih jelas di artikel cara merawat tanaman anggrek agar tumbuh subur dan rajin berbunga.

dalam artikel tersebut di jelaskan beberapa anggrek yang cukup populer di indonesia salahsatunya adalah anggrek bulan. sayangnya jenis anggrek ini biasanya sulit untuk di budidayakan karena tidak mengeluarkan biji dan hanya bisa di tanam di laboratorium pertanian. tapi tahukah kamu jika tanaman anggrek ini bisa di budidayakan dengan teknik stek pucuk atau stek batang ? penasaran bagaimana caranya ? simak di bawah ini.

Cara Budidaya anggrek Bulan dengan Stek Batang

bagi pemula seperti saya, menanam anggrek biasanya hanya bisa di lakukan dengan teknik budidaya di dalam laboratorium (anggrek botolan) atau bisa juga dengan cara teknik budidaya dengan memisahkan keiki (anakan anggrek) saat anakan tersebut cukup dewasa untuk di pindahkan dalam pot baru. sayangnya cara ini membutuhkan waktu dan proses yang cukup lama, olehkarena itu saya browsing beberapa waktu lalu dan menemukan cara budidaya anggrek bulan dengan cara stek di blog mbak daria (house of daria blogspot dot com).

alat dan bahan untuk stek anggrek dari batang :

  • tanaman anggrek bulanyang memiliki tangkai bertunas
  • pisau atau gunting tanaman
  • Nacl (air Infus)
  • media tanam (akar pakis/arag atau yang lainnya)
  • larutan kecambah (ZPT)

Langkah-langkah stek anggrek bulan 

1. potonglah tangkai anggrek bulan sepanjang 10 sampai 15 cm.
ketika memotong kamu bisa menggunakan gunting ranting atau pisau yang tajam agar hasil potongan menjadi lebih rapih dan bagus. potonglah tangkai anggrek secara hati-hati agar tidak melukai bagian tunas tanaman anggrek tersebut.

2. bersihkan tangkai anggrek 
tangkai anggrrek yang akan di stek biasanya memiliki ruas yang akan menjadi tempat tumbuhnya mata tunas baru yang tertutup oleh pelepahnya. bersihkan pelepah tersebut dari tunas anggrek hingga bersih secara hati-hati agar tunas anggrek tidak rusak.

3. rendam pada cairan NACL
merendam tangkai bunga anggrek yang akan di stek ke dalam larutan NACL atau larutan infus ini bertujuan untuk membuat anggrek menjadi steril . perendaman bisa di lakukan selama 1 sampai 2 jam sampai tanaman anggrek benar2 bersih.

4. tanaman stekan anggrek pada media tanam yang relah di siapkan
meletakan stekan anggrek pada media tanam bisa dengan cara menancapkan batang bunga anggrek tersebut atau dengan merebahkannya ke media tanam sehingga batang menempel pada media tanam tersebut.

5. siram media tanam dengan air yang di campur ZPT
siramkan zat perangsag akar pada medai tanam dan anggrek yang telah di stek dengan cara di semprotkan secara merata setiap duahari sekali. biasanya setelah 2 sampai 3 minggu, akar akan mulai keluar dan menandakan proses stek yang kamu lakukan telah berhasil.

jika sudah demikian, langkah selanjutnya adalah menutup akar yang tumbuh dengan akar pakis atau serabut kelapa untuk membuatnya terus tumbuh menjadi anggrek dewasa.

jika daun mulai berkembang dan akar sudah mulai tumbuh dengan baik, tanaman anggrek sudah siap untuk di pindahkan pada media tanam yang di inginkan, bisa di tanam di pot maupun di tempel pada akar pakis di dinding, semua itu tergantung selera dan keinginan kalian sebagai pecinta tanaman hias.
selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 Response to "Cara Budidaya Anggrek Bulan Dengan Stek Batang"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel