-->

10 Jenis Tanaman Sayuran yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah

Menanam sayuran identik dengan aktifitas pertanian di kebun atau ladang dan di lakukan dengan skala besar, namun pernahkah kamu untuk berfikir menanam sayuran di halaman rumah dengan perawatan yang mudah dan bisa di lakukan oleh siapapun?. jika kamu sedang membaca artikel ini, saya asumsikan kamu sedang memiliki minat untuk menanam sayuran di halaman rumah baik itu dengan menggunakan pot ataupun ditanam pada media lain di halaman.


menanam sayuran di rumah tentunya harus memperhatikan kondisi lingkungan tumbuh tanaman tersebut, mulai dari intensitas cahaya, kelembaban, ketinggian dari permukaan laut dan faktor lain yang mempengaruhi syarat tumbuh tanaman sayuran, namun tahukah anda jika ada beberapa jenis sayuran yang bisa tumbuh baik di halaman rumah tanpa memikirkan banyak hal yang merepotkan.
beberapa jenis sayuran yang bisa di tanam di halaman rumah ini akan saya bahas di artikel ini, tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi dan dari pengalama beberapa kawan yang telah berhasil menanam sayuran di halaman untuk kebutuhan makanan segar keluarga.

Menanam Sayuran di Halaman Rumah dengan Menggunakan Pot

Menanam sayuran sendiri memiliki banyak manfaat, selain bisa menghemat anggaran pengeluaran belanja makanan, hasil sayuran yang di tanam sendiri biasanya lebih sehat karena kita akan memperhatikan betul pupuk apa dan cara perawatan yang di lakukan sehingga tanaman menjadi lebih sehat untuk di konsumsi.

selain itu menanam sayuran di rumah juga bisa menjadi hobei yang bisa mengurangi stres. di masa pandemi wabah virus sekarang ini, menanam sayuran di rumah bisa membantu memperkuat ketahanan pangan keluarga dan menjadi aktifitas selama dirumah dan tidak bisa berpergian.

jenis sayuran yang bisa di tanamn di rumah biasanya tergantung dari kondisi alam di lingkungan anda, jika kalian tinggal di perkotaan yang notabennya sulit memelihara tanaman sayuran, maka kalian harus mencoba daftar tanaman sayuran yang saya tulis di bawah ini, sejatinya melalui metode pertanian modern seperti akuaponik dan hidroponik, menanam sayuran bisa di lakukan dimana saja, namun jika dua metode itu terasa merepotkan beberapa jenis sayuran yang bisa di tanam di rumah dalam list artikel ini bisa di tanam dengan mudah dengan cara biasa saja. 
berikut ini 10 jenis sayuran yang bisa di tanam di halaman rumah :

10 Jenis Sayuran Yang bisa Di tanam di Rumah Dengan Pot


daftar sayuran di bawah ini bisa anda tanam meskipun kalian tinggal di daerah perkotaan ataupun dengan lingkungan yang panas dan berpolusi tinggi seperti menanam sayuran di jakarta.

1. Kangkung

kangkung merupakan jenis tanaman sayuran yang bisa tumbuh dengan mudah, terdapat dua jenis kangkung yang biasanya di jual di pasar atau supermarket, yaitu kangkung darat dan kangkung air, namun kangkung yang biasanya dijual di pasar merupakan kangkung yang di tanam di ladang pertanian.

meskipun populer di indonesia tanaman kangkung ternyata menjadi hama di amerika  dan membuat pemerintah AS kesulitan untuk memberantas hama tersebut.

biasanya di wilayah perkotaan, tanaman kangkung sering di tanam dalam metode hindroponik karna gampang dalam segi perawatannya. kangkung sendiri bisa coba kamu tanam di halaman rumah, baik dengan menggunakan pot atau dengan menanamnya langsung di halaman. panen tanaman kangkung dapat dilakukan berulangkali setelah tanaman kangkung berusia 1-2 bulan. jika kamu tertarik menanam kangkung dengan metode hidroponik, kamu bisa membaca artikel cara menanam kangkung hidroponik sederhana.

2. Tomat

siapa yang bilang jika tanaman tomat hanya bisa tumbuh di pegunungan?. meskipun untuk hasil optimal tanaman tomat harus di tanam dengan suhu tertentu, tapi untuk kebutuhan rumah tangga kecil, kamu bisa menanam sayuran tomat ini di rumah loh. caranya cukup mudah, kamu bisa menanam tomat dari benih yang diperoleh dari buah tomat dari pasar atau menggunakan biji yang dibeli dari toko tanaman (lebih di sarankan).

setelah mendapatkan benih tomat, langkah selanjutnya adalah menanam benih tersebut tempat penyemaian hingga benih berkecambah dan tumbuh. pemindahan tanaman tomat pada polibag atau pot bisa kamu lakukan setelah tanaman ini memiliki minimal 3 helai daun.

3. Cabai

sudah bukan rahasia lagi jika menanam tanaman cabe bisa di lakukan di halaman rumah, ini bisa di lakukan baik di rumah daerah perkotaan dan rumah di pedesaan. tanaman cabe terkenal dengan tingkat adaptasinya yang bisa tumbuh di daerah manapun. disamping itu menanam cabai juga sangat mudah untuk di lakukan.

kamu bisa menanam pohon cabai di halaman dengan media pot untuk kebutuhan membuat sambal setiap hari, pastinya cabai yang di tanam sendiri akan terasa lebih enak dan tentunya lebih sehat karena tidak menggunakan pupuk kimia dan pestisida buatan yang bisa meracuni manusia.

Kamu bisa membaca bagaimana cara menmbuat pupuk organik cair untuk pertumbuhan tanaman di sini.

4. Daun singkong


jika kamu sering pergi ke Rumah makan padang, pasti tidak asing dengan sayur daun singkong yang selalu menjadi menu andalan di setiap rumah makan padang, nah daripada kamu membeli sayur daun singkong, bagaimana jika kamu menanam sendiri pohon singkong tersebut di halaman rumah.

bisad dibilang menanam pohon singkong adalah hal yang mudah, karena tanaman singkong di tanam hanya dengan menancapkan potongan batang tanaman yang yang sudah di panen kedalam tanah, setelah beberapa waktu tangkai yang di tancapkan tersebut akan menumbuhkan tunas baru dan daun singkong rumhan siap untuk di panensetiap minggu.

selain bisa di manfaatkan daunnya, tanaman singkong juga bisa di manfaatkan umbinya atau ketelanya untuk di jadikan cemilan atau olahan masakan lain, jadi tnunggu apa lagi, jika kamu memiliki space kosong di halaman rumah, mending di tanami sayuran saja.

selain jenis ktela, singkong juga memiliki jenis pohon yang hanya dimanfaatkan daunnya saja dan tidak memiliki umbi, artikel mengenai tanaman singkong lebih lanjut akan saya tulis pada kesempatan berikutnya.

5. Sayur pepaya jepang

pepaya jepang merupakan jenis tanaman sayuran yang cukup baru di indonesia, meskipun banyak di temui di pekarangan atau kebun, namuan faktanya masih banyak orang tidak mengetahui tanaman tersebut bisa di makan sebagai sayuran atau dengan kata lain, tanaman ini bukan sayuran lokal dari indonesia.

pepaya jepang atau cnidosculus aconitifolius merupakan tanaman yang berasal dari amerika tengah, tanaman ini juga populer dengan sebutan nama chaya di beberapa daerah, sedangkan dalam bahasa inggris tanaman ini sering di sebut dengan sebutan tree spinach, tidak ada literatur yang jelas asal kata penamaan tanaman pepaya jepag di indonesia.

tanaman ini di sebut pepaya jepang karena daunnya yang mirip dengan tanaman pepaya, namun tumbuh lebih pendek dan tidak berbuah, daun tanaman ini bisa di buat menjadi sayur dan di perbanyak dengan cara stek.

menanam pepaya jepang di halaman rumah sangatlah mudah dan menguntungkan, jika sudah waktunya panen, 1 tanaman pepaya jepang dewasa bisa mencukupi kebutuhan sayur keluarga kecil loh.

Tahukan kamu, meskipun disebut pepaya jepang, tanaman ini ternyata masih dalam keluarga singkong dan bukan merupakan species pohon pepaya.

pepaya jepang juga di kenal memiliki banyak manfaat diantaranya adalah untuk  menjaga kesehatan reproduksi, menguatkan tilang, mengobati jerawat dan masih banyak lagi, pepaya jepang juga bisa di tanam di halaman dengan sangat mudah tanpa perlu perawatan yang rumit.

6. daun kemangi

siapa yang tidak kenal kemangi? tanaman berdaun wangi dan memiliki cita rasa khas ini kerap kali di gunakan sebagai sayuran lalapan yang menambah citarasa segar pada makanan, bisanya kemngi paling cocok di sandingkan dengan masakan yang di panggang atau di bakar.

daun kemangi bisa di tanam di halaman rumah loh, baik itu menggunakan pot atau di tanam di tanah secara langsung, kemangi dapat tumbuh dengan baik. daun kemangi biasanya di perbanyak dengan cara semai biji maupun dengan cara stek, jadi mulai sekarang, jika kamu membeli daun kemangi untuk lalapan, sisakan beberapa batang kemangi untuk di stek di pot dan di letakan di halaman rumah.

kemangi merupakan tanaman yang berasal dari afrika tengah hingga asia tengga dan masih dalam keluarga lamiaceae ini juga di kenal dengan nama selasih, bijinya bisa di manfaatkan untuk masakan maupun minuman, daun kemangi sendiri terkenal di seluruh dunia sebagai bumbu masakan yang lezat, selain kemangi bumbu masakan yang bisa kamu tanam di rumah lainnya adalah tanaman rosemary. 

baca selengkapnya mengenai cara menanam dan manfaat tanaman rosemary.

daun kemangi bisa tumbuh di semua dataran di indonesia baik itu dataran tinggi maupun dataran rendah, jadi meskipun kamu tinggal di perkotaan kamu tetap bisa menanam jenis sayuran ini di pekarangan rumah.

7. ubi jalar

umbi jalar sering di pandang sebelah mata di indonesia, tanaman yang banyak di budidayakan di indonesia untuk di ambil bagian umbinnya ini sering dianggap sebagai makanan kampung, padahal di beberapa negara seperti di afrika, umbi yang memiliki rasa manis ini menjadi bahan makanan pokok yang penting.

umbi jalar atau dalam bahasa inggris di sebut sebagai kentang manis (sweet potato) merupakan tanaman yang menjalar di tanah dan bisa di manfaatkan hampir seluruh bagian tanamannya. tanaman ini biasanya diolah menjadi kripik atau olahan lain, namun ada juga yang memakan umbu hanya dengan di panggang misalnya ubi cilembu.

umbi jalar sangat mudah tumbuh di indonesia, termasuk di pekarangan, pada umumnya daun tanaman umbi jalar sering di manfaatkan sebagai sayuran dalam lotek atau gado-gado. daun umbi jalar juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan.

menanam umbi jalar cukup mudah, kamu bisa menyetek tanaman ini atau bisa juga dengan cara menanam umbi yang masih berukuran kecil, umbi jalar bisa di budidayakan di polibag ataupun di tanah secara langsung, tanaman ini bisa menjadi salahsatu jenis sayuran yang bisa kalian tanam di halaman rumah.

 kandungan gizi umbi jalar yang kompleks sangat cocok digunakan sebagai menu diet pengganti nasi.

8. selada sendok atau pakcoy

tanaman sayuran pakcoy atau boklebih dikenal di indonesia karena kepopulerannya sebagai tanaman hidroponik, tanaman yang berasal dari suku chinesis sawi-sawian (Brassicaceae) ini merupakan tanaman yang mampu beradaptasi dengan suhu lingkungan apapun, tanaman ini bisa tumbuh di datara rendah maupun dataran tinggi.

artinya jenis sayuran pakcoy ini menjadi salahsatu sayuran yang sangat mudah hidup di manapun, termasuk ketika di tanam di halaman rumah atau bahkan rooftop. sawi sendok alias pakcoy ini menjadi tanaman sayuran paling banyak di tanam oleh penggiat hidroponik.

kamu bisa menanam sayuran ini di halaman rumah dari biji dan kemudian dapat di panen ketika usaianya sekitar 2 bulan, tanaman pakcoy sendiri selain bisa di tanam dengan metode hidroponik, juga sangat baik tumbuh dengan media tanah biasa.

kamu bisa melakukan pemupukan secara rutin pada tanaman ini karna biasanya gangguan pertumbuhan banyak terjadi akibat tanaman ini mengalami kekurangan unsur hara, lakukan pemupukan secara organik untuk hasil yang lebih sehat.

9. terong

terong atau terung merupakan tanaman sayuran yang di manfaatkan buahnya, terdapat beberapa jenis terongyang populer di indonesia, namun banyak orang lebih menyukai terong ungu daripada jenis terong lainnya.

terong memiliki nama latin Solanum Melongena, tanaman sayuran ini berasal dari dataran india hingga sri langka. konon katanya terong ini masih berkrabat dekat dengan kentang dan leunca,  tanaman terong dapat tumbuh dengan tinggi 40cm sampai dengan 150cm. biasanya terong di panen pada usia 3 bulan dan dapat di panen secara terus menerus.

tanaman sayuran terong sangat baik di tanam di indonesia, baik itu pada dataran tinggi maupun di dataran rendah, sayuran ini juga bisa di tanam di pekarangan menggunakan pot, namun perlu di perhatikan jika menanam terong dalam wadah pot, sangat penting untuk menjaga terong agar selalu mendapat nutrisi yang cukup. kamu bisa memberinya pupuk organik cair 2 hari sekali untuk membuat tanaman terong kamu terus tumbuh subur.

Tahukah kamu, kandungan anti oksidan dalam sayuran terong yang cukup tinggi bisa di jadikan sebagai pencegah kangker.

10. Bayam

generasi 90 an pasti tidak asing dengan kartun popeye, karakter yang mendadak menjadi superkuat akibat mengonsumsi bayam ini sangat populer di masanya, dan membuat anak-anak menjadi gemar memakan sayur khusunya bayam.

tanaman bayam sendiri merupakan sayuran yang sangat populer di indonesia dan paling banyak di gunakan sebagai sayuran sehari-hari, terdapat beberapa jenis bayam yang bisa kamu tanam di halaman rumah, namun yang paling populer adalah bayam hijau dan bayam merah.

tidak ada perbedaan yang begitu mencolok antara dua jenis bayam ini, dan pastinya dua bayam ini bisa di tanam di halaman rumah dengan mudah. namun jika sebelumnya banyak tanaman sayuran yang saya tulis di atas menyukai metode penanam dengan teknik penyemaian dan pembesaran, tanaman bayam biasanya lebih menyukai penyemaian dan pembesaran sekaligus, jadi kamu menyemai dan membesarkan tanaman bayam pada satu wadah tanam da tidak perlu di pindah.

dalam budaya urban garden, bayam menjadi salahsatu sayuran yang banyak di tanam di halaman rumah maupun di atap rumahh.

Manfaat Menanam sayuran di halaman rumah

menaam sayuran di halaman tentu saja memiliki segudang manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • mengurangi stress
  • membuat halaman rumah semakin hujau
  • mempercantik halaman rumah
  • membuat rumah lebih segar
  • mengisi waktu luang dengan kegiatan lebih bermanfaat
  • menciptakan ketahanan pangan keluarga
  • menghemat anggaran belanja

selain manfaat yang saya sebutkan diatas masih banyak lagi manfaat menanam sayuran di halaman rumah salahsatunya misalnya saja agar apa yang kita makan lebih sehat mengingat sekarang ini banyak pertanian yang menggunakan bahan kimia untuk pestisida dan pupuk tanaman yang akan terserap dalam makanan tersebut.

nah itulah beberapa jenis tanaman sayuran yang snagat baik di tanam di halaman rumah, jangan ragu untuk memulai menanam sayuran di halaman, selain menjadi hobi yang bermanfaat menanam sayuran di halama bisa mengurangi anggran belanja, mengurangi stress dan mempercantik halaman rumah.

0 Response to "10 Jenis Tanaman Sayuran yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel