-->

10 Tips Cara Menanam Cabe Di Halaman Dengan Menggunakan Pot

cara menanam cabe di halaman dengan menggunakan pot
tips cara menanam Cabe di halaman dengan Pot, mudah dan praktis
Jika kita perhatikan, cabe atau cabai selalu ada di setiap masakan di indonesia, ini karena mayoritas orang indonesia menyukai makanan pedas.
olehkarena itu cabai menjadi komponen penting bumbu daput yang wajib anda miliki di rumah setiap hari, coba hitung lagi, berapa biaya pengeluaran anda untuyk membeli cabai dalam sebulan, dan bagaimana jiga ternyata kamu bisa menghemat anggaran tersebut dengan menanam cabai di rumah dengan polibag atau pot.

apalagi harga cabai seringkali tidak stabil, naik dan turun tidak tentu kondisi, terutama saat menjelang puasa dan lebaran. padahal kebutuhan akan cabe justru meningkat untuk diolah menjadi masakan pada waktu-waktu tersebut. olehkarena itu tunggu apalagi, yuk pelajari cara menanam cabe di halaman dengan pot secara mudah dan praktis.

selain terkenal karna rasanya yang pedas, cabe juga mengandung beberapa vitamin dan zat lain yang berguna bagi tubuh loh, apa saja kandungan cabe ini ? simak di bawah ini.
kandungan Tanaman Cabe

Kandungan Gizi Buah Cabe 
berikut ini merupkan kandungan gizi tanaman cabe yang dikelompokan berdasarkan jenisnya (Per 100 gr Penyajian – Sumber : USDA, National Nutrient Data Base): 
 Kandungan MineralKandungan Vitamin Elektrolit Gizi
 – Kalsium 14 mg 1,5%– Folat 23 mg 6% – Kalium 322 mg 7% – Diet Serat 1.5 gr 3%
 – Tembaga 0.129 mg 14% – Vitamin A 952IU 32% – Sodium 9 mg 0,5% – Kolesterol 0 mg 0%
 – Besi 1.03 mg 13% – Vitamin C 143.7 mg 240% – Total Lemak 0.44 gr 2%
 – Magnesium 23 mg 6% – Vitamin E 0,69 mg 4,5% – Protein 1.87 gr 3%
 – Mangan 0,187 mg 8% – Vitamin K 14 mg 11,5% – Karbohidrat 8.81 gr 7%
 – Fosfor43 mg 6% – Thiamin 0,72 mg 6% – Energi 40 Kcal 2%
 – Selenium 0,5 mg 1% – Riboflavin 0,086 mg 6,5%
 – Seng 0,26 mg 2% – Pyridoxine 0.506 mg 39%
 – Karoten-i± 36 ug – – Asam pantotenat 0.201 mg 4%
 – Karoten-AY 534 mg – – Niacin 1.244 mg 8%

Berdasarkan informasi kandungan cabe tersebut, rasanya sayang jika kita melewatkan tanaman satu ini untuk di tanam di halaman rumah, simak tutorial di bawah ini untuk mengetahu bagaimana cara menanam cabe di halaman rumah dengan pot.

Cara Menanam Cabe di Rumah Dengan Menggunakan Pot

mengenal sepintas tentang tanaman cabe, tanaman ini merupakan bagian dari suku terong-terongan loh (Solanaceae), tanaman cabe sendiri masuk dalam genus capsicum dengan puluhan atau mungkin ratusan jenis species. beberapa jenis cabe yang sangat populer di dunia diantaranya adalah : cabe rawit, cabe merah, cabe kentur, cabe kriting cabai jalapeno dan masih banyak lagi.

tanaman cabe merupakan kelompok sayur-sayuran atau bumbu dapur yang banyak di gunakan oleh masyarakat indonesia, cabe sendiri memiliki tempat istimewa di berbagai jenis masakan khas daerah, misalnya saja masakan padang, hampir semua masakan padang pasti  menggunakan cabe didalamnya.

cabe juga merupakan sayuran atau bumbu dapur yang bisa meningkatkan selera makan, olehkarena itu cabe sering di jadikan icon beberapa restoran terkenal di indonesia.
tanaman cabe dapat tumbuh  dengan baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, keunggulan inilah yang membuat tanaman ini banyak di gemari dan di tanaman di halaman rumah, baik dengan media pot atau di tanaman secara langsung di tanah, penasaran bagaimana cara menanam tanaman cabe di halaman rumah dengan pot ? yuk simak caranya di bawah ini.

10 langkah  menanam Cabe di rumah dengan pot

cara menanam cabai di rumah sebenarnya sangat mudah dan tidak memerlukan metode yang khusu, namun banyak orang yang tidak mengetahui cara menanam cabe seringkali menemui kegagalan ketika memelihara tanaman cabe tersebut. lalu sebenarnya bagaimana cara menanam cabe yang baik dan benar terutama di halaman rumah anda.

sebelum memulai menanam cabe, untuk memperkecil presentase angka kegagalan, sebaiknya kamu banyak membaca dan bergabung dengan pecinta tanama di forum sosial media, selain dari membaca postingan di blog ini seperti yang saya lakukan pada awalnya untuk berbagi dan bertanya bagaimana cara menanam cabe yang baik dan benar?

Baha-bahan yang dibutuhkan untuk menanam cabe di halaman rumah dengan polibag :
  • 1. biji cabai 
  • 2. polibag
  • 3. wadah penyemaian
  • 4. skop
  • 5. pupuk
  • 6. alat semprot untuk menyiram

langkah-langkah untuk menanam cabe di rumah dengan menggunakan pot adalah sebagai berikut seperti yang saya tulis di bawah ini :

1. pilih jenis cabe yang akan kalian tanam

sebelum kalian memulai langkah pertama untuk menanam cabe di halaman rumah, kalian harus mengetahui dengan pasti, jenis cabai apa yang ingin kalian tanaman, ini akan sangat berguna untuk metode perawatan dan rencana penanaman yang tepat dan efektif. saran saya pilihlah jenis tanaman cabai yang mudah tumbuh dan paling sering anda gunakan untuk kebutuhan dapur, misalnya cabai rawit dan cabai merah besar. dua jenis cabai ini paling banyak di gunakan dalam berbagai macam masakan di indonesia.

namun perlu di perhatikan jika semua jenis tanaman memiliki syarat tumbuh idelanya sendiri masing-masing, untuk tanaman cabai rawit sendiri paling bagus di tanam di ketinggian antara 10-500 mdpl, meskipun sejatinya semua jenis tanaman cabai bis di tanam di ketinggian 0 sampai dengan 2000 mdpl. jadi menurut saya sangat penting untuk menentukan jenis tanaman cabai yang akan anda tanam di halaman sebelum memulai untuk menanam.

selain itu, untuk mendapat panen dengan cukup maksimal, kamu harus menanam biji cabe terbaik yang bisa kamu beli di toko tanam atau toko pertanian, biji cabai sendiri biasanya bisa dengan mudah kamu dapatkan dari sisa dapur atu sisa memasak, cara ini bisa digunakan untuk sekedar belajar, namun jika kamu ingin menanam cabe secara serius saya sarankan untuk membeli biji cabe di toko bibit karena biji yang tersedia memiliki grade tertentu misalnya F1 dan strusnya yang akan mempengaruhi pertumbuhan dan hasil panen tanaman cabe.

selain tanaman cabe kamu juga bisa menanam sayuran lain di halaman rumah, baca artikel tentang 10 jenis sayuran yang bisa di tanam di halaman rumah untuk mengetahui lebih lanjut.

2. proses persiapan benih

jika kamu menggunakan bibit cabe hasil limbah dapur, kamu bisa melakukan pemilihan benih dengan kualitas baik atau buruk dengan cara merendam biji cabai tersebut , biji yang tenggelam merupakan biji dengan kualitas yang cukup baik, setelah itu kamu harus mengeringkan biji cabai tersebut, bisa dengan cara di jemur di bawah sinar matahari langsung.

namun, jika kamu menggunakan biji cabai yang kamu dapatkan dari toko pertanian, dua langkah diatas boleh diabaikan dan langsung pada langkah selanjutnya, taitu peroses penyemaian benih biji cabai untuk di tanam di pot seperti di bawah ini.

3. penyemaian tanaman cabe

ketika melakukan penyemaian biji cabai, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar benih tanaman cabai dapat tumbuh dengan baik dan maksimal, beberapa langkah langkah untuk menanam biji cabai di rumah adalah sebagai berikut :

cara penyemaian cabai

  1. siapkan wadah semaian, kamu bisa memanfaatkan wadah telur bekas atau dengan polibag kecil atau wadah yang lain yang bisa di gunakan untuk menampung tanah dan memiliki drainase yang cukup baik sehingga tidak membuat air menggenang
  2. Menyiapkan media tanam berupa campuran dari tanah, kompos dan pupuk dengan perbandingan 2;2;1, pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang yang telah di proses dan sudah aman untuk dijadikan sebagai pupuk.
  3. letakan wadah dan media tanam tersebut di tempat yang terlindungi dari hujan dan panas matahari langsung untuk membuat mikro organisme dalam media tersebut berkembangbiak dengan baik.
  4. selanjutnya rendam biji cabe yang ingin kamu tanam dalam air hangat selama beberapa jam, ini bertujuan agar proses perkecambahan berlangsung dengan lebih cepat. selanjutnya
  5. setelah biji diangkat dari air rendaman, selanjutnya adalah meletakan biji cabai tersebut pada polibag atau media semai yang telah kamu siapkan tadi, kubur biji cabai tersebut hingga sedalam 1 sampai 2 cm kedalam tanah
  6. tunggulah hingga biji cabai yang kamu tanam berkecambah dan tumbuh hingga memiliki beberapa daun sejati, setelah muncul 2 sampai 3 daun sejati, maka cabai akan siap untuk di pindah ke media tanam untuk pembesaran. 

4. mempersiapkan pot yang akan digunakan

setelah memiliki bibit cabai hasil semaian yang anda tanam sendiri seperti pada langkah diatas, selanjutnya cara untuk menanam cabe di halaman dengan pot tentu saja dengan mempersiapkan pot yang akan kalian gunakan. kamu bisa menggunakan beberapa jenis pot yang biasa di gunakan untuk tanaman bunga ataua tanaman hias. namun ada beberapa kriteria yang harus di miliki oleh pot atau polibag yang akan kamu gunakan untuk menanam pohon cabe tersebut. 

syarat atau kriteria pot yang di gunakan adalah, pot tersebut harus memiliki lubang saluran drainase di bawah pot sehingga mencegah air tergenang di pot dan menyebabkan pembusukan akar pada tanaman cabai, selain itu kamu juga harus memperhatikan ukuran pot yag akan di gunakan, tentu saja lebih besar pot akan lebih bagus untuk tanaman cabe, dan begitu juga sebaliknya, namun karna tanaman ini akan di tanam di pot pastinya tetap harus memperhatikan nilai estetika dari tanaman tersebut. jadi saya menyarankan pot ukuran 25 sampai 50 untuk di gunakan pada tanaman cabe, kamu bisa melihat tulisan di bawah pot tersebut untuk mengetahui ukuran pot tersebut. atau bisa juga menanyakan pada pedagang pot langganan kamu.

jika kamu menggunakan pot dengan ukuran yang lebih kecil dari yang saya sebutkan diatas, kamu harus memberi tambahan nutrisi atau pupuk degan lebih sering pada tanaman cabe yang kamu pelihara. pot dengan ukuran lebih kecil juga bisa membuat tanah menjadi lebih cepat kering.

5. gunakan media tanam yang tepat

meracik media tanam untuk tanaman cabe tentu saja harus memperhatikan karakteristik tanaman cabe tersebut, biasanya para petani cabe di ladang hanya menggunakan tanah liat yang tersedia di ladang tersebut dan  memfokuskan nutrisi dengan meracik berbagaimacam pupuk yang bisa di gunakan untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil panen tanaman cabe, namun berbeda dengan menanam di pot dimana kita lebih leluasa untuk menggunakan media tanam yang bisa di aplikasikan untuk tanaman cabe.

masing-masing petani memiliki caraanya sendiri-sendiri untuk menentukan medi tanam pada cabe, namun berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan selama ini, saya menggunakan media tanam dengan campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 2:1, atau kamu juga bisa menggunakan alternatif kedua yaitu dengan menggunakan campuran antara pupuk kandang, tanah dan sekam bakar dengan perbandingan 1;1;1. 

beberapa petani juga meggunakan campuran komposisi tanah dengan pupuk kandang 2;1, semua pilihan media tanam tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, untuk hasil yang lebih optimal mungkin kamu perlu menyesuaikan dengan anggaran dan kondisi tempat tinggalmu. manfaatkan sumber daya yang ada di sekitar rumah agar dapat memperoleh media tanam dengan lebih mudah.

6. pemindahan bibit

lakukan pemindahan bibit tanamancabe yang telah kamu semai sebelumnya kedalam pot dan media tanam yang telah di siapkan, pemindahan ini baru boleh di lakukan setelah bibit tanaman cabe memiliki tidak kurang dari 3 lembar daun sejati.

cara menanam cabe di halaman denga menggunakan pot

llakukan pemindahan secara perlahan dan hati-hati agar tidak merusak akar bibit cabe yang kamu tanam, usahakan untuk menanam atau memindahkan cabe pada pot pada sore hari agar tanaman sempat beradap tasi dan tidak layu, jika kamu ingin memindahkannya di pagi hari, maka pindahkan tanaman sebelum matahari terik dan letakan tanaman cabei tersebut di tempat teduh selama sehari sebelum di letakan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

7. beri penopang pada tanaman cabe

pemberian topangan atau rambatan pada tanaman cabe sdangat penting untuk di lakukan terutama jika tanaman cabe telah memiliki tinggi minimal 20 cm, karna batang tanaman cabe akan mudah patah dan tumbang jika di terpa angin akibat dari rantingnya yang mulai rimbun, jadi jangan lewatkan untuk memberi penyanggah pada tanaman cabe, bisa dengan menggunakan kawat ataupun bambu.

8.  lakukan pruning atau pemangkasan pada tanaman cabe

peruning juga di sebut dengan bahasa perompesan, kegiatan ini dilakukan untuk membuat tanaman cabe memfokuskan pertumbuhan pada batang utama tanaman tersebut dan membuat tanaman cabe menjadi lebih subur.

pemangkasan ini bisa kamu lakukan mulai dari 20 hari setelah tanam.  buang atau potong stolon/ pupus ranting yangtumbuh di sekitar ketiak daun agar pertumbuhan tanaman cabe menjadi lebih maksdimal.

selain itu metode pruning ini berguna agar tanaman cabe tumbuh tegak lurus dan tidak tumbuh menyamping, jangan khawatir karena pruning ini akan menumbuhkan batang baru yang lebih produktif nantinya.

9. lakukan pengendalian hama

setiap tanaman pastinya memiliki hama yang mengganggu, termasuk tanaman cabe. hama yang saya maksdu adalah segala bentuk gangguan yang membuat pertumbuhan dan panen tanaman cabe menjadi tidak optimal. misalnya kehadiran rumput liar dan serangga penggangggu atau sering di sebut wereng, selain hama ini, tanaman cabe juga sering di serang oleh hama kutu putih, baca selengkapnya tentang bagaimana cara membasmi hama kutu putih pada tanaman.

cara menanam cabe dihalaman dengan pot
contoh tanaman cabe yang terserang hama
lakukannlah pembersihan hama dengan mencabuti rumput liar di sekitar tanaman cabe kalian, dan lakukan penyemprotan pestisida organik secara rutin, kamu bisa menggunakan rendaman air daun pepaya yang di campur dengan tembakau rokok untuk membuat cairan insektisida yang cukup efektif untuk tanaman cabe kamu loh. 

selain kutu putih, hama bekicot juga sering mengganggu tanaman cabe khusunya tanaman yang masih berukuran kecil. 

10. pemupukan pada tanaman cabe

setiap tanaman membutuhkan unsur hara dan nutrisi, termasuk juga tanaman cabe yang di tanam di pot di rumah. justru karna menggunakan wadah pot, akar tanaman menjadi terbatas untuk mencari nutrisi, oleh karena itu pemupukan sangat penting untuk di lakukan dengan cukup sering dan teratur agar tanaman cabe kamu tetap bisa tumbuh dengan baik.

lakukan pemupukan secara rutin dengan menggunakan pupuk organik cair (POC) yang bisa kamu buat sendiri dari limbah dapur dengan mudah, baca cara membuat pupuk organik cair untuk pertumbuhan tanaman untuk mengetahui lebih lanjut. 

tanaman cabe yang kurang nutrisi atau kurang pupuk bisa di tandai dengan kondisi pertumbuhan yang lambat, daun yang menguning dan hasil buah yang kecil dan tidak subur. jika terlalu lama di abaikan tanaman cabe anda tidak akan memberikan hasil panen yang maksdimal bahkan bisamenyebabkan tanaman cabe tidak berbuah samasekali.

panen tanaman cabai yang di tanam di rumah dengan pot

cara penen cabai
tanaman cabe merupakan sejenis sayuran yang memiliki nilai ekonomisyang cukup tinggi, selain itu cabe juga banyak di gemari oleh banyak orang. jadi saya pikir sangat banyak keuntungan yang bisa kamu ambil dari berkebun cabe di halaman rumah, selain untuk manfaat ekonomi cabe juga memilii banyak manfaat untuk kesehatan.

tanaman cabai bisa di panen mulai 2-3 bulan setelah tanam, ditandai dengan buah yang mulai memerah dan siap untuk di petik, selain itu tanaman cabai ini bisa di petik terus menerus hingga tanaman cabai tersebut tidak lagi mengeluarkan buah. jika kamu menanam cabai dengan cara yang benar seperti apa yang saya tuliskan di atas kamu bisa memanen cabai hingga setiap minggu. normalnya tanaman cabai bisa di paen hinggi 18 kali dalam periode panen. 

beberapa tanaman cabai bahkan bisa tumbuh hingga bertahun-tahun, salahsatunya adalah tanaman cabe rawit yang bisa tumbuh hingga 2 tahun, namun ii semua tergantung dari perawatan yang kamu berikan pada tanaman cabe tersebut.

nah itudia beberapa cara menanam cabe yang bisa kamu lakukan di rumah dengan menggunakan media pot, kamu juga bisa membaca cara nenanam jenis sayuran lain seperti misalnya cara menanam daun mint dengan cara stek di blog ini, selamat menanam dan jangan lupa dengan moto blog ini, Grow Your Own Food- Ilmukebun.com

0 Response to "10 Tips Cara Menanam Cabe Di Halaman Dengan Menggunakan Pot"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel