-->

Daftar Manfaat dan Kandungan Daun Mint Untuk Kesehatan Tubuh

Daftar Manfaat dan Kandungan Daun Mint Untuk Kesehatan Tubuh
teh daun mint sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, apa saja manfaat tersebut?
Daun mint merupakan tanaman herbal yang cukup populer di dunia, tanaman yang berasasal dari dataran tropis mediterania ini dikenal sebagai penambah citarasa segar dalam makanan, mulai dari kue, minuman hingga rasa permen yang menyegarkan.
daun mint ini memiliki banyak jenis dan species, tidak kurang dari 15-20 species daun mint yang telah tercatat oleh peneliti, termasuk diantaranya adalah jenis papermint dan  spearmin yang cukup populer di indonesia.

setelah pada artikel sebelumnya saya membahas amengenai bagaimana cara merawat dan memperbanya daun mint dengan cara stek, kali ini kita akan membahas tentang apa saja sih manfaat daun mint ini.

daun mint sendiri bukan merupakan tanaman asli dataran asia, khusunya indonesia, konon tanaman mint yang banyak manfaat ini baru tiba di asia karna di bawa oleh seroang petualang asal spanyol dan di terima baik oleh masyarakat pada saat itu.
daun mint memiliki banyak sekali manfaat, hal ini membuat tanaman daun mint tidak boleh anda lewatkan begitu saja untuk menjadi tanaman sayuran/herbal yang bisa di tanam dihalaman rumah.
apa saja manfaat daun mint sehingga tanaman ini menjadi begitu populer? yuk simak artikel di bawah ini tentang manfaat daun mint untuk kesehatan manusia.

Manfaat daun Mint Untuk kesehatan

daun mint mengandung banyak zat yang baik digunakan untuk dunia media, zat-zat tersebut diantaranya adalah vitamin A, Zat besi, folat dan kandungan minyak esensial yang  sangat berguna untuk kesehatan, lebih lengkpnya berikut ini kandungan yang terdapat pada daun mint dengan takaran 2 sendok makan daun mint :

Kandungan nutrisi dalam Daun Mint

kandungan zat yang terkandung dalam daun mint cukup kompleks dan beragam, semua zat tersebut memiliki efek yang baik untuk kesehatan tubuh manuais, tapi apa saja sih sebenarnya kandungan zat dalam daun mint, berikut ini beberapa kandungan zat daun mint yang di lansir dari sehatqu.com

 Kandungan Dalam 2 Sendok Paper Mint vs Kandungan 14 gram spearmint
 2 kalori 1 6 kalori
 0,48 gram karbohidrat 2 1 gram serat
 0,03 gram lemak 3 9% zat besi
0,12 gram protein 4 8% mangan
0,30 gram serat 5 4% folat
 12% vitamin A
sumber data : sehatq.com 

setelah mengetahui beberapa kandungan dalam daun mint, sekarang kita aka membahas apa saja sih manfaat daun mint ini untuk kesehatan tubuh mausia, sehingga tanaman ini sering di tambahkan ke berbagai makanan dan konon juga menjadi salahsatu herbal yang paling banyak di nakan di dunia. yuk, simak apa saja manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh manusia.

Daftar Manfaat Daun Mint Untuk kesehatan tubuh manusia

manfaat dan resiko daun mint untuk kesehatan
Tanaman Mint

sudah menjadi rahasia umum jika tanaman dengan rasa segar ini memiliki banyak manfaat, berikut ini adalah fakta-fakta tentang manfaat daun mint untuk kesehatan

1. Menghilangkan bau mulut

Kandungan antibakteri ditambahkan dengan rasa dan aroma daun mint yang kuat bisa membantu menghilangkan bau mulut, caranya cukup mudah, kamu bisa mengunyah daun mint scara langsung atau menjadikannya teh atau infused water. manfaat daun mint ini bisa langsung kalian rasakan setelah meminium atau berkumur dengan rendaman air daun mint tersebut.

namun manfaat daun mint untuk menghilangkan bau mulut karna kandungan zat anti bakteri ini  hanya terbatas pada penggunaan atau konsumsi daun mint secara langsung, pengolahan daun mint menjadi permen atau makanan degan pengolahan lain hanya akan menimbulkan efek segar dan hilangnya bau mulut dalam waktu beberapa menit karen zat antibakteri ini tidak terdapat dalam permen atau olahan makanan daun mint yng lainnya.

jadi jika kamu tinggal di indonesia, saya pikir penting untuk menambahkan daun mint ini menjadi garnis dalam makanan indonesia yang memiliki aroma yang menyengat, misalnya ikan asin jengkol, atau pete. ups...

2. Membantu mengobati Masalah Pencernaan

efek kandungan karminatif dalam daun mint di duga dapat membantu menghilangkan gas yang berlebihan dalam perut. kemampuan ini sangat cocok untuk kalian yang sedang mengalami gangguan pencernaan atau masalah perut lainnya misalnya masuk angin dan perut begah. cobalah untuk meramu daun mint (khususnya papermint) untuk di konsumsi sebagai herbal. baik itu dengan minum teh daun mint atau mengonsumsinya dalam bentuk lain seperti infused water dan mengunyahna secara langsung.

sayangnya penelitian mengenai manfaat daun mint untuk mengobati pencernaan ini belum banyak di lakukan dan hanya menjadi kepercayaan di beberapa masyarakat tradisional, namun tidak ada salahnya untuk mencoba metode ini untuk menyembuhkan penyakit perut seperti begah dan masuk angin ringan.

3. mengurangi rasa nyeri pada Puting Ibu menyusui

beberapa penelitian mengemukanaan bahwa kandungan yangterdapat pada daun mint ini sangat efektif untuk menghilangkan rasa nyeri pada puting susu saat menyusui.
ketika sering menyusui buha hati, puting biasnya akan lecet dan iritasi, ini menimbulkan rasa yangtidak nyaman, namun hal itu bisa di siasati dengan mengoleskan minyak esensial mint atau airdaun mint, kamu juga bisa menggunakan gel dari daun mint yang banyak di jual di pasaran.

namun perlu di perhatikan, setelah mengoleskan air daun mint, kamu juga harus membasuh kembali area yang telah di olesi sebelum kembali menyusui, karena rasa pedas segar daun mint tidak di sukai oleh anak-anak terutama bayi.

4. meredakan gejala pilek atau flu

hal yang sangat mengganggu ketika anda terserang gejala flu adalah saat hidung tersumbat dan membuat nafas menjadi tidak lancar, namun ternyata daun mint memiliki kandungan mentol alami atau sering juga di sebut dekongestan aromatik dalam bahasa yang lebih ribet. kandungan ini berfungsi untuk memberikan efek aromatik segar pada saluran pernafasan dan membantu mencegah dahak dan lendir, efek ini juga membuat dahak dan lendir mudah dikeluarkan.

5. Mengobati sakit tenggorokan

seperti yang saya katakan sebelumnya, daun mint ini memiliki manfaat untuk menciptakan sekongestan aromatik/ aroma mentol secara alami yang bisa mencegah produksi dahak, sehingga jika kamu mengalami sakit tenggorokan, daun mint juga memberikan efek dingin pada tubuh, sehingga tanaman mint ini sangat baik untuk proses penyembuhan sakit tenggorokan.
kamu bisa mengolahnya menjadi infused water atau membuat teh dari campuran daun mint untuk merasakan manfaat daun mint untuk kesehatan tenggorokan.

6. Mencegah radikal bebas

radikal bebas dapat menyebabkan gejala penyakit serius, salahsatu penyakit yang muncul dari radikal bebas adalah penyakit kangker. daun mint ini diketahui memiliki kandungan antioksidan yang cukup kuat dibandingkan dengan herbal rempah lainnya yang memungkinkan daun mint bermanfaat untuk mencegah stres oksidatif yang memicu berbagai penyakit dari radikal bebas.

selain itu, kandungan alkoloid perilly yang merupakan salahsatu kandungan zat antioksidan penting untuk mencegah pertumbuhan sel kangker dapat dengan mudah di dapatkan dari kandungan daun paper mint.daun mint juga mengandung zat lain yang biasanya di temukan dalam tanaman rosemary, yaitu asam rosmarinik yang berfungsi untuk menangkal gejala alergi pada tubuh.

7. Meningkatkan daya Fungsi Otak

Tanaman mint memiliki aroma yang khas, jika kalian mencoba menghirup aroma daun mint anda akan merasakan senasisi segar dan fokus. ini membuat daun mint memiliki manfaat untuk meningkatkan fungsi otak. menghirup daun minnt secara rutin akan meningkatkan kewaspadaan dan perasaan fokus. tidak percaya ? silahkan hirup dalam-dalam aroma daun mint dan rasakan perbedaannya.
meskipun hal ini tidak memiliki landasan penelitian lebih lanjut (untuk saat ini) namun peningkatan perasaan fokus dapat anda rasakan secara langsung ketika menghirup aroma daun mint tersebut.

8. Mengandung Vitamin Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Seperti yang terlampir pada tabel yang saya tulis di atas, tanaman daun mint mengandung berbagai macam zat vitamin dan mineral yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh, salahsatunya adalah vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan zat besi yang di gunakan tubuh untuk memproduksi sel darah merah.
Kandungan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh tersebut bisa kamu rasakan dengan mengonsumsi daun mint secara rutin sebagai herbal. namun kamu juga perlu memperhatikan efek samping yang di timbulkan jika terlalu sering mengonsumsi daun mint secara berlebihan, berikut ini dampak atau efek sampiung dari konsumsi daun mint secara berlebihan.

Resiko Mengonsumsi Daun Mint Bagi kesehatan


selain memiliki banyak manfaat, perlu di perhatikan jika daun mintjuga memiliki beberapa efek samping yang mungkin berbahaya bagi kesehatan tubuh. meskipun daun mint ini sangat enak dan bermanfat untuk di konsumsi sebagai garnis, teh atau dijadikan obat luar seperti dioleskan pada tubuh namun daun mint juga bisa berbahaya jika di gunakan dalam kondisi tertentu. untuk lebih baiknya sebelum kamu menggunakan daun mint untuk jangka panjang atau dalam konsumsi yang banyak, kamu perlu menanyakan permasalahan tersebut kepada dokter. karna daun mint dapat menimbulkan efeksamping seperti berikut ini :

1. ada kemungkinan daun mint tidak baik untuk orang dengan gangguan masalah lambung (Gerd)
gerd merupakan gejala penyakit lambung yang di sebabkan karena cairan asam lambung mengalir kembali ke esofagus atau kerongkongan. bagi para  penderita penyakit ini, sangat tidak di sarankan untuk mengonsumsi daun mint dalam jumlah banyak tanpa berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.
2. memiliki potensi alergi pada anak-anak
meskipun daun mint memiliki aroma yang menyegarkan dan wangi bagi orang dewasa, namun ini tidak selamanya benar untuk anak-anak., mengoleskan atau mengonsumsi daun mint oleh anak dapat menyebabkan gejala alergi seperti sesak nafas dan gejala kejang. mengonsumsi daun mint secara berlebihan juga dapat berakibat gejala keracunan pada tubuh meskipun jarangterjadi.
3. tidak cocok di konsumsi oleh orang dengan gangguan batu empedu
daun mint meskipun memiliki banyak manfaat dan kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh manusia, namun hal ini tidak berlaku untuk orang dengan riwayat penyakit batuempedu, mengonsumsi daun mint secara berlebihan pada orang dengan riwayat batu empedu dapat memperburuk kondisi kesehatan tubuh manusia.

nah itudia beberapa manfaat daun mint untuk kesehatan dengan BONUS efek samping atau resiko mengonsumsi daun minta secara berlebihan.  jika kamu tertarik untuk menanam daun mint atau sudah memiliki tanaman mint tapi bingung tentang bagaimana cara perawatannya,. kamu bisa membaca artikel kami yang lain yaitu : cara memperbanyak daun mint dengan cara stek-ilmukebun.com

selamat menananam, salam kebun..


0 Response to "Daftar Manfaat dan Kandungan Daun Mint Untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel