-->

Mengenal Tanama Rosemary Dan Cara Perawatannya Agar Tumbuh Subur


Mengenal tanaman rosemary dan perawatannya

tanaman rosemary atau bunga rosemary merupakan sejenis tanaman oabat yang sering digunakan sebagai bumbu dapur, selain memiliki aroma terapi tanaman rosemary juga bisa membuat rasa makanan menjadi lebih sedap, namun banyak yang gagal ketika merawat tanaman rosemary, biasanya gejalanya adalah daun rosemary menjadi hitam dan mati, lalu bagaimana cara merawat tanaman rosemary ini?. yuk simak artikel ini.
rosemary merupakan tanaman herbal yang berasal dari dataran mediteranian, sebagai tanaman rempah yang banyak di sukai untuk proses pengolahan masakan di eropa. penasaran untuk mengenal lebih jauh tanaman rosemary dan cara perawatannya?

Mengenal tanaman rosemary

tanaman rosemary merupakan tanaman berdaun lancip, tanaman ini sepintas mirip sekali dengan tanaman cemara, bahkan saat pertamakali melihat tanaman ini, saya mengira rosemary merupakan jenos tanaman cemara karna bentuk dan aroma daunnya yang khas. ternyata tanaman rosemary ini sangat jauh berbeda dengan tanaman cemara, begitu juga perawatannya. 

sebetulnya, saya sempat mengalami pengalaman yang kurang baik dengan tanaman rosemary, karna berulangkali saya menanam tanaman ini dan hasilnya gagal, waktu itu tanaman rosemary belum menjadi tanaman yang populer di idonesia, akibatnya saya juga kekurangan referensi baik di internet maupun dari sesama penghobi tanaman. alhasil rosemary saya selalu mati dan menghitam, tapi semangat saya untuk menumbuhkan tanaman rosemary di pekarangan ini masih belum padam, jadi saya memutuskan untuk membeli bibit rosemary lagi, kali ini bibit tanaman dan sekaligus benih tanaman rosemary untuk menjadi studi kasus saya menanam tanaman herbal ini.

rasanya deg-degan ketikan memutuskan untuk menyambut rosemary yang selalu mati kembali ke kebun belakang rumah. dalam hati berdoa semoga kali ini bisa hidup, lalu saya mencoba membaca lebih banyak informasi tentang tanaman rosemary selama perawatan di minggu-minggu pertama dan akhirnya atau untungnya tanaman rosemary saya sekarang sudah tumbuh subur dan sehat, nah dari pengalaman ini saya mau cerita tentang tips merawat rosemary di blog ini, semoga nanti tulisan ini bisa membantu para pecinta tanaman agar tanaman rosemarynya tidak mati dan bisa tumbh dengan baik.

menanam rosemary sendiri bagi saya merupakan kegiatan yang gampang-gampang tapi susah, rosemary ini ternyata berasal dari daerah mediteranian yang memiliki iklim panas dan berangin, awalnya saya pikir rosemary merupakan tanaman yang hidup di lingkungan teduh dan sejuk seperti hutan cemara, ahhh ini karna saya kurang update informasi, tapi sekarang saya tau jika tanaman rosemary ini cenderung menyukai media tanam yang kering dan penempatan yang terkena sinar matahari langsung,

tapi sayangnya, meskipun sudah mengetahui dua informasi karakteristik tanaman rosemary atau dalam bahas ilmiah disebut salvia rosmarinus ini ternyata saya masih gagal, beberapa daun tanaman rosemary dikebun kembali menghitam. lagi-lagi saya mulai setres dan akhirnya menemukan beberapa forum tanaman yang bisa membantu saya mengatasi masalah-masalah ini. tapi membahas ini, kita kenalan dulu secara serius dengan tanaman rosemary yang satu ini :

Mengenal tanama rosemary, tanaman ini memiliki nama ilmiah Salvia Rosmarinus dengan pengelompokan famili pada keluarga Lamiaceae, dalam klasifikasi yang lebih tinggi tanaman rosemary tergabung dalam golongan tanaman Salvia, species bunga rosemary adalah R. Officianalis dan tergabung dalam divisi Magnoliophyta dengan ordo Lamiales.
bagaimana?, sudah kesleo lidahnya ? yup klasifikasi ilmiah selalu terdegan membingungkan dengan susuanan kata bahasa yang asing seperti berasal dari pelanet lain selain bumi. jadi kita sebut saja siwangi banyak manfaat ini sebagai tanaman rosemary. terdengar indah dan feminim.

setelah mengenal tanaman rosemary dan tidak akan tertukar dengan jenis tanaman lain, sekarang waktunya kita untuk mencoba membahas mengenai bagaimana cara menanam tanaman rosemary tersebut.

"Tahukah kamu jika tanaman rosemary sangat enak jika digunakan sebagai bumbu BBQ"

Cara Menanam Tanaman Rosemary

menanam tanaman rosemary merupakan cara yang mudah, namun percuma saja jika  kalian menanam menanam bunga rosemary tapi tidak tahu bagaimana cara perawatannya. meskipun demikin sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menanam tanaman rosemary tersebut.  yuk simak gimana cara menanam tanaman rosemary ini. 

1. siapkan tanaman rosemary yang sehat

untuk menanam tanaman rosemary, sangat penting untuk menanam dari benih atau bibit tanaman rosemary yang sehat, ini akan membuat presentase hidup tanaman menjadi lebih besar, saran saya untuk mencari tanaman rosemary ini dari nursery terdekat di rumah kalian, namun jika kalian tinggal jauh dari toko tanaman, maka kalian juga bisa membeli bibit tanaman rosemary secara online, tapi perlu di perhatikan banyak resiko ketika membeli tanaman secara online salahsatunya adalah pengiriman, olehkarena itu kamu bisa juga membaca artikel saya yang lain tentang cara mengatasi tanaman yang layu akibat pengiriman untuk mencegah hal yang tidak di inginkan saat tanaman kalian sampai kerumah.

2. gunakan media tanam yang porous

seperti yang saya singgung sebelumnya, jika tanaman rosemary merupakan tanaman yag berasal dari dataran mediteranian yang memiliki iklim cenderung kering dan berangin sepoi sepoi, artinya tanaman ini menyukai habitat yang kering dan  tidak menggenang, memilih media tanam yang pouros akan membuat drainase air menjadi lebih cepat kering dan tidak menggenang pada media tanam yang akanmenimbulkan banyak masalah pada tanaman rosemary/ biasanya saya menggunakan campuran kompos dan sekam untuk media tanam rosemary, namun jika kalian memiliki modal lebih, kamu bisa mencampurkan pasir malang untuk media tanam bunga rosemary.

3. penempatan tanaman rosemary harus terkena sinar matahari langsung

seperti pada poin nomer dua, jika habitat tanaman rosemary pada dataran panas, maka usahakan untuk meletakan tanaman ini pada tempat yang terkena sinar matahri langung, misalnya tempatkan pada halaman atau rooftop, meskipun sangat terlihat indah jika melihat tanaman rosemary ini ditanam di dalam rumah sebagai tanaman indoor namun sayangnya tanaman ini akan mudah mati jika kekurangan sinar matahari, jika kamu ingin menanam tanaman dalam ruangan, mungkin kamu bisa mencoba menanam tanaman lilyparis atau spider plant karna tanaman ini selain cantik dan bisa di tanam di dalam rumah, tanaman ini juga dapat menyaring polutan yang terdapat di udara.

4. siram secukupnya

Tanaman rosemary sangat sensitif terhadap air, akar tanaman akan membusuk ditandai dengan gejala daunnya yang menghitam, olehkarena itu penting untuk menjaga intensitas penyiraman pada tanaman rosemary untuk membuatnya tetap subur dan sehat, siramlah sehari sekali atau dua hari sekali untuk membuat tanaman rosemary selalu sehat dan menghindari pembusukan pada akar. 

5. beri pupuk beberapa minggu sekali

meskipun berasal dari dataran yang kering, bukan berarti tanaman rosemary dapat hidup dengan media tanaman yang miskin akan unsur hara, oleh karena itu berikan tambahan nutrisi pada tanaman rosemary kesayangan kalian untuk membuatnya tetap tumbuh sehat dan subur, kamu juga bisa membuat pupuk organik cair sendiri untuk diberikan pada tanaman rosemary kamu dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia dari limbah dapur, selain pupuk organik kamu bisamenggunakan pupuk npk sebagai pupuk tanaman rosemary, namun kandungan kimia dalam pupuk npk tidak terlalu baik untuk tubuh jika kamu berencana menggunakan tanaman rosemary sebagai herbal.

selain cara tersebut yang bisa di bilang merupakan cara menanam rosemary dengan bibit yang sudah kam dapatkan dari pedagang tanaman atau bisa juga kamu beli juga di blog ini, rosemary juga bisa kamu budidayakan sendiriri di rumah dengen beberapa metode perbanyakan atau budidaya tanaman rosemary secara vegetatif.

Cara Budidaya Tanaman Rosemary

Rosemary merupakan tanaman yang mudah untuk di perbanyak atau dibudidayakan, kamu bisa memperbanyak tanaman rosemary yang kamu miliki dengan beberapa metode vegetatif maupun metode generatif, peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk memperbanyak sebagai kebutuhan pribadi atau bahkan juga peluang usaha loh, mengingat masih sanga minimnya penyuplai rempah rosemary dalam negri. yuk langsung saja bagaimana cara memperbanyak tanaman rosemary.
  • 1. menanam rosemary dengan cara stek :  rosemary dapat di budidayakan dengan cara stek baik itu dengan cara menancapkan batang tanaman muda ke dalam media tanam atau menggunakan metode stek air, kedua cara tersebut sama-sama efektif untuk membudidayakan tanaman rosemary dengan teknik stek. cara melakukan stek pada tanaman rosemary sangat mudah  kamu hanya perlu memotong batang rosemary yang masih muda kemudian letakan bagian bawahnya pada media tanam atau dengan air, jika kamu menggunakan metode stek air jangan lupa untuk mengganti airnya beberapa waktu sekali dan jaga kebersihan air tersebut. akar akan muncul kurang lebih 2 minggu setelah di stek.
  • 2. menanam rosemary dengan cara cangkok : selain menggunakan metode stek, tanaman ini juga bisa di perbanyak dengan cara cangkok, namun mencangkok rosemary sangat dianjurkan hanya dilakukan untuk tanaman rosemary yang sudah dewasa dan besar, karna akan sulit untuk mencangkok tanaman rosemary yang masih berbatang kecil dan lebih mudah dengan cara stek, kamu bisa mempelajari cara mencangkok dari tulisan cara mencangkok tanaman kelengkeng, meskipun dua tanaman ini berbeda, namun kuranglebih cara yang di gunakan adalah sama.  selain cara mencangkok rosemary kamu juga bisa membaca mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan tanaman hasil cangkokan untuk memutuskan metode mana yang akan kamu lakukan sebelum melakukan stek atau cengkok pada tanaman rosemary.
  • 3. menanam rosemari dengan cara semai benih :  metode ini paling banyak di lakukan di luarnegri, khusunya di eropa karena iklim dan daya tumbuh rosemary lebih bagus di sana, di indonesia sendiri cara ini jarang di lakukan karena cenderung membutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang tinggi. untuk menanam tanaman rosemary dari benih kamu harus memiliki benih rosemary kemudian menyemainya pada media tanam yang di siapkan, buatlah media tanam tersebut mejadi lembab dan biarkan sampai rosemari tumbuh dan siap untuk dipindahkan.

selain cara menanam kamu juga perlu memperhatikan bagaimana perawatan tanaman rosemary yang baik dan benar ini untuk menghindari gejala tanaman rosemary yang mengalami gangguan penyakit atau hama, berikut ini merupakan masalah pada tanaman rosemary yang sering saya alami dan cara mengatasinya

Penyebab dan Cara mengatasi tanaman rosemary layu

tanaman rosemary yang layu bisa di sebabkan karena dua faktor, pertama adalah tanaman mengalami dehidrasi atau kekurangan asupan air, kedua tanaman diletakan pada tempat yang terlalu panas tanpa sempat beradap tasi. meskipun tanaman rosemary merupakan tanaman dari tempat yang kering dan panas, namun bukan berarti kamu bisa mengabaikan penyiraman tanaman rosemary, kamu harus tetap menyiram tanaman ini secara rutin untuk menjaganya tetap terhidrasi. selain karena penyiraman, rosemary juga bisa menjadi layu akibat gagal beradaptasi di tempat yang terlalu panas dalam waktu yang mendadak. namun gejala ini jarang terjadi pada tanaman rosemari, pada tanaman lain Gejala daun menjadi layu atau Daun menjadi kuning dapat terjadi karena banyak faktor salahsatunya adalah kekurangan unsur hara dan kekurangan air.

daun tanaman rosemary menghitam dan kering

masalh ini paling banyak dialami oleh pemiliki tanaman rosemari pemula, biasanya gejala yang terjadi adalah tanaman rosemary terlihat kering tidak subur dan daunnya mengering atau berwarna hitam pada bagian ujungnya, saya pikir ini adalah gejala over lighting atau terlalu lama berada di bawah sinar matahari dan mungkin juga karena kekeringan, tapi ternyata sebaliknya dan gejala yang timbul tersebut akibat dari terlalu banyak menyiram dan kurang sinar matahari, sehingga akar tanaman rosemary menjadi busuk dan tidak dapat berfungsi semestinya,. jika tanaman rosemary kalian mengalami gejala tersebut, segeralah lakukan penggantian media tanam agar lebih porous dan letakan pada tempat yang terkena sinar matahari langsung secara terus menerus.

tanaman rosemary diserang kutu dan hama

mengatasi masalah hama, yang kamu butuhkan adalah insektisida, namun jika tanaman rosemary yang kamu rawat ini untuk di konsumsi maka sangat di sarankan untuk menggunakan produk alami yang tidak membahayakan tubuh, kamu bisa menggunakan campuran larutan tembakau rokok yang di campur dengan rendaman daun pepaya untuk menggunakannya sebagai obat semrot tanaman rosemary. tapi jika hama yang mengganggu mirip dengan kutu putih atau kutu kebul kamu bisa membaca artikel cara mengatasi hama kutu putih pada tanaman untuk menerapkannya pada tanaman rosemary kalian.


Tanaman rosemary
Tanaman Rosemary Milik Omma Elle di kebunpedia.com

Manfaat tanaman rosemary

setelah mengetahui cara menanam dan merawat tanaman rosemary mungkin kamu juga belum tahu jika tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat untuk manusia, beberapa manfaat daun rosemary selain sebagai tanaman herbal untuk kesehatan, tanaman rosemary juga efektif untuk dijadikan tanaman pengusir serangga seperti nyamuk, selain tanaman rosemari baca juga 10 jenis tanaman pengusir nyamuk yang mudah di tanam, dinegara asalnya tanaman rosemary seringkali di gunakan sebagai tanaman rempah, mungkin ini sudah menjadi rahasia umum di kalangan pecinta tanaman tapi masih ada  beberapa manfat lain dari tanaman rosemary ini loh, simak di bawah ini: 

1. manfaat daun rosemary untuk mencegah kangker

dari salahsatu alamat web yang saya baca, dikatakan bahwa tanaman rosemary mengandung zat carnosol, asam carnosic dan rosmarinik yang konon sudah di teliti di australia jika zat tersebut sangat efektif untuk mencegah pertumbuhan sel kangker baik itu kangker usus kangker payu dara dan jenis kangker lainnya tapi bukan kantong kering ya kebuners.

2. manfaat rosemary untuk mengobati sakit perut

penyakit perut biasanya di karenakan kondisi kesehatan lambung dan usu yang bermasalah, kabar baiknya adalah kandungan Rosemary Acid yang terdapat dalam tanaman rosemary dikabarkan bisa menjadi obat untuk sakit usus dan lambung juga masalah pencernaan lainnya, fakta ini telah di konfirmasi oleh seorang peneliti dari universitas medical sciences di libia. 

kandungan rosemary acid ini sangat baik untuk mengobati toksinasi hati dan pencegahan ulkus peptikum. termasuk juga mengobati masalah umum dari perut seperti gejala diare.

3. rosemary sangat baik untuk meningkatkan daya ingat atau memory.

kabar baik manfaat rosemary ini sangat bermanfaat untuk para pelajar atau orang dengan usia lanjut yang mulai mengalami masalah dengan memory otak, kandungan zat rosemary ini diketahui bisa sangat efektif untuk meningkatkan daya ingat, penelitian mengenai hal tersebut pernah di muat dalam jurnal internasional neuroscience.
manfaat rosemary untuk meningkatkan daya ingat juga sudah lama di ketahui oleh masyarakat romawi, pada masa itu rosemary digunakan sebagai tanaman yang di lempar ke kuburan untuk mengingat orang yang telah mati, dan ternyata kebiasaan tersebut bukan tanpa alasan, melainkan rosemary memang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat.

4. rosemary sangat baik untuk menyuburkan rambut

studi mengenai manfaat tanaman rosem,ary untuk menyuburkan rambut dan mencegah kerontokan pernah di lakukan dengan studi kasusu mengoleskan minyak rosemary ke kulit kepala orang botak selama 6-7 bulan. hasil dari ekperiment tersebut berhasil menumbuhkan rambut pada orang botak tersebut dan tidak lagi terjadi kerontokan yang serius.

5. membantu mengatasi masalah pernafasan

aroma rosemary yang sejuk bisa membantu mengatasi pernafasan ketika anda mengalami sesak nafas, aromanya yang menyegarkan juga bisa menciptakan efek relaksasi pada mansuai yang menghirupnya sehingga merasa nyaman dan tenag.

6. membantu kerja ginjal

manfaat daun rosemary yang masih sedikit diketahui oleh orang adalah jika tanaman ini ternyata bisa membantu kerja ginjal dengan cara menormalkan kadar air dalam tubuh, sehingga ginjal dapat bekerja dengan lebih efektif dan tidak terbebani.

7. mencegah penuaan dini

kandungan kosmetik yang banyak di gunakan untuk mencegah penuaan dini adalah zat anti oksidan dan anti inklamasi, yangternyata kedua zat tersebut juga bisa kita temukan pada tanaman rosemary loh, biasanya untuk mengoptimalkan kandungan tersebut kamu bisa mengoleskan minyak rosemary pada wajah secara teratur.

8. pengusir serangga khusunya nyamuk

aroma wangi pada tanaman rosemary diketahui dapat mengusir nyamuk dan membuat nyamuk merasa tidak nyaman saat berada di dekat tanamanrosemary tersebut, olehkarena itu menanam rosemary di halaman dapat membuat keberadaan nyamuk berkurang secara drastis.
selain menanam rosemary, kamu juga bisa mengoleskan minyak rosemary sebagi

9. sebagai penyedap masakan

sudah menjadi rahasia umum jika tanamn rosemary merupakan tanaman yang sangat bermanfaat untuk menambahkan aroma penggugah selera pada makanan. kalian bisa memanfaatkan daun rosemary kering sebagai rempah tambahan yang memperkaya citarasa dan aroma masakan kalian khusunya masakan yang berbahan daging.

Nah itudia beberapa ulasan saya mengenai tanaman rosemary, dengan manfaat yang sangat beragam, tentu saja saya sangat tergiur untuk menanam  tanaman rosemary, pada awalnya memang sulit dan sering gagal namun dari pengalaman  tersebut akhirnya saya berhasil menanam beberapa tanaman rosemary di kebun untuk di manfaatkan sebagai herbal, nah dari pengalaman saya ini saya juga ingin membagikannya pada teman-teman di internet tentang bagaimana cara menanam rosemary yang gampang tapi susah.

0 Response to "Mengenal Tanama Rosemary Dan Cara Perawatannya Agar Tumbuh Subur"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel