-->

Cara Menanam Bawang Merah Sendiri di Pot dengan Mudah dan Praktis

Bawang merah merupakan tanaman yang memiliki nama ilmiah Allium Cepa L, tanaman ini masih satu keluarga dengan tanaman bawang bombai, namun cara menanam bawang merah tentu saja akan berbeda dengan cara menanam bawang putih.

Cara Menanam Bawang Merah Sendiri di Pot dengan Mudah dan Praktis
cara menanam bawang merah

bawang merah sendiri merupakan sejenis sayuran yang banyak di gunakan dalam bumbu masakan di indonesia, rasanya yang khas dan kuat membuat masakan menjadi lebih enak dan gurih. kepopuleran bawang merah di indonesia membuat bawang merah menjadi salahsatu bumbu dapur wajib yang harus ada di setiap rumah. karena kegunaannya yang begitu populer untuk segala jenis masakan, harga bawang merah sering kali melonjak naik dalam periode waktu tertentu. olehkarena itu saya pikir sangat perlu untuk mempelajari cara menanam bawang merah sendiri untuk menghemat pengeluaran keluarga.

menanam bawang sendiri di rumah sangat mudah di lakukan, namun tentu saja meskipun menanam bawang di rumah itu mudah, kamu tetap harus mengetahui bagaimana cara menanam tanaman bawang sendiri di rumah agar mendapatkan hasil panen yang melimpah.

olehkarena itu, simak artikel cara menananm bawang sendiri di rumah untuk mengetahui dengan pasti langkah apa saja yang di perlukan untuk menanam tanaman bawang di rumah seperti di bawah ini.

Cara Menanam Bawang Merah Sendiri Di Rumah


menanam bawang sendiri di rumah bisa membuat kamu menghemat anggaran untuk belanja bulanan, terutama pada waktu-waktu ketika harga bawag melambung tinggi seperti bulan ramadhan dan menjelang lebaran. kamu bisa mengikuti petunjuk cara menanam bawang di rumah seperti di bawah ini untuk memperoleh hasil maksimal.

Perhatikan Syarat Tumbuh Tanaman Bawang


cara menanam bawang ini relaf mudah, namun seperti kebanyakan tanaman, setiap tumbuhan termasuk bawang memiliki karakter syarat tumbuhnya sendiri, ini berkaitan dengan habitat asli tanaman tersebut, memenuhi syarat tumbuh pada tanaman bawang akan membuat tanaman bawang menjadi lebih subur dan menghasilkan panen yang melimpah.

meskipun tanaman bawang merah terkenal dengan kemampuannya beradaptasi dengan segala macam lingkungan dan situasi, namun tanaman bawang merah yang anda tanam untuk kebutuhan budidaya mungkin membutuhkan kondisi tanam yang memenuhi syarat tumbuh tanaman bawang merah tersebut.berapa syarat tumbuh optimal untuk tanaman bawang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. tanaman bawnag merah akan lebih bagus jika di tanam di dataran rendah

tanaman bawang merah merupakan tanaman yang sangat baik tumbuh di daerah dengan intensitas cahaya matahari yng tinggi dan memiliki temperatur yang panas, olehkarena itu tanaman bawang merah akan sangat cocok apabila di tanam di dataran rendah, mulai dari ketinggian 0 meter dari permukaan laut hingga ketinggian 800 meter dari permukaan laut, artinya bawang merah sangat cocok di tanam di daerah pesisir hingga perbukitan sampai dengan ketinggian 800mdpl. berarti tanaman bawang merah sangat cocok di tanam di daerah perkotaan seperti jakarta, semarang, surabaya dan seterusnya yang terletah di dataran rendah, tidak heran jika sentra budidaya tanaman bawnag terdapat di brebes Jawa tengah yang merupakan wilayah pesisisr utara.

bawang juga bagus untuk di jadikan tanaman unggulan dalam model tanam urban garden karna tidak membutuhkan lahan yang luas dan bisa di tanam di daerah perkotaan tanppa kendala.

2. menyukai intesitas cahaya matahi secara penuh

karena tanaman bawang ini merupakan tanaman dataran rendah, maka tidak heran jika bawang menyukai intensitas cahaya matahari secra penuh, atau bisa di sebut full Simat oleh gardeners, nah selain menyukai tempat di terpa sinar matahari secara langsung, bawang juga menyukai temeratur suhu yang panas, berkisar sekitar 27-30 drajat celcius, sehingga tanama bawang ini sangat cocok jika kamu tanam di rooftop garden baik secara hidroponik dan aquaponik atau secara tradisional menggunakn media tanah.

3. tanaman bawang menyukai kelembapan tanah yang cukup tinggi

meskipun menyukai dataran yang panas dengan intensitas cahaya matahari penuh, namun tanaman bawang juga menyukai kelembapan tanah yang cukup tinggi sekitar 70%, tidak heran pada pertanian bawang secara besar di brebes, mereka membuat tegalan dengan air yang selalu menggenang di bawahnya untuk menciptakan kelembapan tanah yang ideal, jika kamu ingin menanam bawnag di dalam pot maka usahakan untuk menyiram tanaman bawang ini setiap hari secara rutin untuk menjaga kelembapan tanah.

nah setelah mengetahui syarat tumbuh tanaman bawang, pastinya kamu sekarang mengetahui tanaman ini cocok atau tidak jika di tanam di lingkungan sekitar rumah kamu, bisa di ukur dari ketinggian misalnya, namun jangan begitu khawatir karna tanaman bawang merah memiliki kemampuan adaptasi yang cukup baik.

selain bawang merah, tanaman sayur lain yang menyukai dataran rendah seperti jakarta adalah tanaman cabai, kamu juga bisa membaca cara menanam cabe sendiri di halaman rumah dengan menggunakan pot dalam blog ini.

Persiapan untuk menanam Bawang merah sendiri di rumah dengan mudah


Menentukan jenis Bawang Merah Yang Akan di tanam


tanaman bawag merah memiliki banyak jenis yang berbeda-beda, biasanya jenis ini akan menentukan hasil an karakter dari panen bawang yang di hasilkan, selain itu menentukan jenis bawang yang akan di tanam bisa membantu kalian untuk menyiapkan perawatan tanaman bawang secara matang. karena, meskipun pada dasarnya semua tanaman bawang merah memiliki karakter yang sama, namun perawatan masing-masing jenis bawang merah ini bjuga memiliki metode tersendiri untuk hasil yang lebih optimal. 

berikut ini merupakan jenis bawang merah yang bisa kamu tanam di halaman rumah berdasarkan nama varietasnya.

  • 1. varietas majaja cipanas
  • 2. varietas bawang bima
  • 3. varietas bawang kuning
  • 4. varietas bawang merah  kramat 1 dan 2
  • 5. varietas bawang merah sembrani
  • 6. varietas bawang merah katumi
  • 7. Varietas bawang merah Pikatan
  • 8. Varietas bawang merah Tisula]
  • 9. Jenis bawang merah Pancasona
  • 10.  Jenis Bawang Merah Tss Agrihort 1 dan 2


untuk lebih jelasnya mengenai jenis jenis bawang merah ini kamu bisa membaca artikel jenis-jenis bawang merah beserta keunggulan dan kekurangannya, untuk membantu kamu mempertimbangkan jenis bawang apa yang akan kamu tanam nantinya untuk di tanam di rumah kalian.

mempersiapkan bibit atau umbi bawang merah


setelah menentukan jenis apa yang akan kamu tanam, cara menanam bawang merah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan bibit atau umbi bawang yangingin kamu tanam. sebenarnya ada dua jenis atau dua cara menanam bawang merah. pertama dan paling umum di gunakan oleh para petani yaitu dengan cara menanam bawang menggunakan umbi bawang dewasa yang di tanam d tanah.
atau denmgan cara kedua yaitu dengan menanam biji bawang merah yang bisa kamu beli dari toko benih  tanaman seperti hairaseed dan sejenisnya.

cara yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah cara yang pertama, untuk itu kamu harus mempersiapkan umbi atau sung bawang merah yang akan kita tanam dengan memotong 1/4 sampai dengan 1/3 bagian siung bawang untuk mempercepat proses pertumbuhan tanaman bawang.

bagian yang di potong adalah bagian pucuknya dengan menggunakan cutter atau pisau yang tajam sehingga hasil potongan menjadi lebih rapih dan steril.

mempersiapkan media tanam


media tanam untuk tanaman bawang tidak terlalu rumit, bawang hanya membutuhkan model media tanam yang mampu menyimpan kelembapan hingga 70% namun tetap memperhatikan drainase dari media tanam tersebut. beberapa jenis bawang mungkin bisa tumbuh di tempat yang kering namun perlu di perhatikan jika cara yang saya tulis ini bertujuan untuk mendapatkan hasil panen terbaik, jadi gunakan media tanam denga campuran tanah, sekam bakar atau kompos dan pupuk kandang dengan perbandingan 2;1;1 atau kamu juga bisa menggunakan coco[eat dan sekam bakar dan kompos dengan perbandingan 1;1;1. sebetulnya media tanam bisa saja berbeda-beda tergantung gaya petani tersebut dan bisa juga dengan menggunakan media tanah yang paling mudah untuk di dapatkan dari halaman sekitarrumah.

selain media tanam kamu juga harus memperhatikan polibag atau pot yang kamu gunakan, pastikan jika polibag atau pot yang akan kamu gunakan emmiliki permukaan yang cukup lebar sehingga umbi bawang yangdi hasilkan tidak akan merusak pot tersebt, disamping itu gunakan wadah tanam yang memiliki lubang di bagian bawahnya agar air dalam media tanah tidak menggenang.

Langkah-langkah Menanam Bawang merah


akhirnya kita masuk dalam bahasan inti tentang bagaimana cara menanam bawang merah sendiri di rumah, setelah mempersiapkan jenis bawang dan media tanam yang harus kita lakukan untuk menenam bawang sendiri adalah sebagai berikut :

1.  memasukan tanah pada polibag


racikan media tanam yang telah di siapkan bisa kamu masukan kedalam pot atau polibag yang memenuhi syarat seperti yag saya tulis di atas, pastikan jika tanah terisi dengan penuh, lalu padatkan media tanam tersebut dengan rata hingga hanya menyisakan leher pot yang masih osong
cara memadatkan tanah di polibag bisa kamu lakukan dengan cara mengangkat dan menjatuhkan polibag atau pot dari ketinggian 1-3 cm secara berulang2. dalam bahasa yang lebih merakyat proses ini di sebut dientrog entrog. wkwk

2. memotong umbi bawang merah


potrong umbi yangtelah di siapkan sebesar 1/3 dari siung bawang tersebut. seperti yang telah saya jelaskan pada bagian sebeluumnya. cara ini akan membuat tanaman bawang kalian bisa tumbuh dengan lebih cepat.
jangan buang sisa potongan bawang yang kalian tanam, karnana sealain bisa di goreng bawang juga memiliki banyak zat yang bagus untuk di jadikan sebagai pupuk, larutkan kedalam air atau letakan pada media tanam untuk membuatnya sebagai pupuk alami.

3. menanam bawang merah


benamkan siaung bawang yang telah di siapkan pada media tanam yang telah di isi tanah sebelumnya, tidak perlu menanam bawang merah hingga tertutup sepenuhnya, tapi cukup tanam bawang merah hingga setengah terbenam agar bawang tidak membusuk dan lebih mudah tumbuh, selain itu bawang merah juga tidak mengukai jika umbinya terbenam sepenuhnya karna yang terbenam cukup kenangan bersama mantan saja.

tapi ini serius,  kamu tidak perlu mengubur semua bagian bawang kecuali hanya setengahnya saja dan pastikan juga untuk tidak menanam bawang secara terbalik :D

4. lakukan penyiraman


setelah memastikan tanaman bawang sudah terbenam di tanah, langakah selanjutnya untuk cara menanam bawang sendiri adalah menyiram tanaman bawang hingga tanah menjadi basah seluruhnya.
lalu letakan tanaman bawangtersebut di tempat yang terkena sinar matahari setengah hari sampai daun bawang muncul dengan sempurna kurang lebih satu minggu, namun jika kamu tidak sabaran dan ingin meletakannya di tempat yang terkena sinar matahari penuh, itu juga bukan maslah, hanya saja pastikan jika media tanam bawang tetap terhidrasi untuk mencegah bawang kekeringan dengan menyiramnya duakali sehari.

3. menjaga kelembapan tanah 


karakter tumbuh tanaman bawang yang menyukai tingkat kelembapan yang tinggi dapat kamu siasati dengan menyiram tanaman bawang tersebut secara rutin minimal sekali sehari di pagi atau sore hari.
tanaman bawang yang di tempatkan pada media tanam yang tidak lembab dan terlalu kering akan membuat bawang menjadi kecil daan tidak maksimal. di brebes ketika saya mengunjungi ladang petani bawang, mereka menggunakan air irigasi yang cukup dalam dan menggenang sepanjang hari di bagian bawahnya untuk menjad tanah tetap lembab namun membuat bagian atasnya tetap kering agar akar bawang tidak membusuk.

6. pemupukan


kamu bisa memupuk tanaman bawang kamu dengan pupuk urea atau npk seimbang, namun jiika kamu menyukai makanan sehat atau makanan organik, kamu juga bisa menggunakan pupuk organik yangtersedia di toko pertanian, tapi selain membeli, kamu juga bisa membuat pupuk organik sendiri dengan cara sebagai berikut di dalam artikel Cara membuat pupuk organik cair Poc untuk tanaman.
lakukan pemupukan ini setiap satu atau dua minggu sekalai, dengan dosisi yang tidak berlebihan. jikakamu menanam dengan metode hidroponik, jaga agar nutrinsinya berkisar di 1000 ppm.

7. pengendalian hama pada bawang merah.


hama yang menyerangtanaman bawang merah biasanya beraneka ragam, mulai dari ulat tanah hingga ulat daun pada tanaman bawang, tentu saja hama tersebut akan menghambat pertumbuhan dan mengurangi hasil panen tanaman bawang, kamu bisa menyemprotka pestisida organik untuk mengatasi masalah hama pada tanaman bawang,meskipun berbeda namun kamu juga bisa mencoba metode cara membasmi hama kutu putih pada tanaman  untuk mengatasi hama pada tanaman bawang yang kamu tanam di rumah.

penyemprotan pestisida dan kontrol hama harus kamu lakukan setiap periode jangka waktu tertentu, tanaman yang terkena hama biasanya akan menunjukan gejala yang tidak sehat dan berbeda dari tanaman lainnya.


tips perawatn tambahan untuk tanaman bawang kalian adalah, lakukanlah penyiangan atau pencabutan rumput liar secara teratur agar tanaman bawang merah kalian bisa tumbuh dengan maksimal.

Cara panen bawang merah


panen bawang merah bisa di lakukan sejak 50 sampai 70 hari setelah tanam, biasanya bawang merah di tanam dengan cara di cabut seluruhnya dan kemudian di jemur untuk membuat daunnya mengering  agar bawang bisa di simpan dan tidak membusuk, namun kamu juga bisa mencpba metode panen bwang merah lain dengan memanen nya persiung atau perbawang sehingga tidak perlu menyabut seluruh tanaman, panan dengan metode ini hanya bisa di lakukan di kebun bawang dengan lingkup kecil seperti di rumah.

lalu bagaiman cara memanen bawang yang baik dan benar ? berikut ini cara memanen tanaman bawang yang baik dan benar.

tanaman bawang yang sudah siap di panen biasanya memiliki ciri khusu yang bisa kamu jadikan sebagai patokan atau tanda untuk memanen atau merawatnya lebih lama lagi, tanda-tanda itu diantaranya adalah, daun tanaman mulai mengning secara alami, bukan karena hama pada tanaman bawang biasanya tanaman bawang dengan gejala ini memiliki usia 66 sampai 70 hari setelah tanam.

tanaman bawang yang siap dipanen biasanya memiliki ciri umbi yang mengkilap. bawang yang siap tanam umunyaberwarna merah terang dengan umbi yang menyembul ketanah dan hanya bagian akarnya saja yang terbenam di tanah.

siung bawang atau umbi bawang yang telah di panen langsung kamu jemur di bawah sinar matahari langsung untuk membuat tanaman berada dalam masa dorman dan tidak mudah membusuk atau tumbuh saat di tanam. jemur bawang dengan posisi daun berada di atas seperti di gantung dan biarkan hingga 5 sampai 7 hari. sebelum siap untuk di gunakan atau di simpan.

nah itulah cara menanam bawang merah sendiri yang bisa saya sampaikan kepada kalian, tanaman bawang sendiri memeiliki harga yang cukup menjanjikan, sehingga tidak ada salahnya jika kalian mencoba membudidayakan tanaman ini di halaman rumah atau menjadikannya sebagai tanaman unggulan urban garden yang kalian miliki.

pokoknya menanam bawag merah sendiri selain menyenangkan juga bisa dijadikan sebagai sumber pemasukan terutama untuk ibu-ibu yang biasanya gemar mengolah masakan dan menanam mtanaman dalam satu tempat yang sama, coba bayangkan kalo butuh bawang tinggal ambil, gada lagi cerita harus pergi ke warung atau ke pasar. 

selain bawang ada juga 10 jenis sayuran yang bisa di tanam di halaman rumah untuk menambah ketahanan pangan keluarga , terutama selama wabah pandemi ini berlagsung, yuk silahkan praktekan caranya di rumah.

0 Response to "Cara Menanam Bawang Merah Sendiri di Pot dengan Mudah dan Praktis"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel