-->

Cara Menanam Bawang Putih di Pot Dengan Mudah di Pekarangan

Bawang putih merupakan rempah wajib yang ada di setiap masakan di indonesia, padahal jumblah produksi bawang putih lokal tidak mencukupi kebutuhan bawang putih nasional, dan oleh karena itu pemerintah melakukan import bawang putih dan membuat harganya tidak stabil. untuk menyiasati ini, kamu bisa menanam bawang putih sendiri di pot dengan membaca panduan cara menanam bawang putih yang akan kita bahas.

Cara menanam bawang putih

Budidaya bawang putih selain dapat di lakukan di lahan pertanian, bawang putih juga bisa di tanam di pot atau di halaman rumah sebagai salahsatu tanaman urban garden, namun kamu tetap memperhatikan kebutuhan ideal pertumbuhan bawang putih tersebut.

cara menanam bawang putih sangat berbeda dengan cara menanam bawang merah, karena dua bawang ini selain bermusuhan di cerita film, juga berbeda habitat tumbuhnya. bawang putih juga memiliki banyak manfaat yang tidak di dapatkan dari mengonsumsi bawang merah salahsatunya untuk kesehatan dan kecantikan.

membudidayakan bwang putih di pot rumah akan membuat kamu memperoleh banyak manfaat dan keuntungan, selain mudah untuk di lakukan cara menanam bawang putih dengan menggunakan pot juga hemat ruang dan menjadi trend baru berkebun di perkotaan.

cara menanam bawang putih dalam pot ini cukup mudah, namun bagi para pemula yang mungkin belum mengetahi kamu bisa menyimak cara menanam bawang putih di bawah ini, karna meskipun bawang putih di tanamn di polibag, hasil panennya tidak akan jauh berbeda dengan bawang putih yang di tanam di tanah langsung.

Panduan Cara Menanam Baawang Putih dengan Pot di pekarangan

dalam menanam bawang putih, kamu memerlukan beberapa langkah yang akan kamu ambil untuk meminimalisir kegagalan dan memaksimalkan hasil panen, beberapa step atau tahapan untuk menanam bawang putih sendiri di rumah dengan pot ini bisa kamu pelajari dengan memperhatikan syarat tumbuh bawang putih, metode penyemaian, penananam hingga perawatan bawang putih yang akan kita bahas di bawah ini.

Syarat Tumbuh Tanaman Bwang Putih

setiap tanaman memiliki kriteria tempat dan iklim yang ideal untuk tumbuh, ini sangat di pengaruhi oleh habitat asli tanaman tersebut yang sudah tersingkronisasi dengan karakter tanaman itu sendiri, misalnya saja tanaman Kangkung yang memiliki rongga udara untuk tetap mengapung di air, bawang putih juga memiliki kriteria syarat tumbuhnya sendiri, sebagai berikut.

beberapa faktor yang mepengaruhi tingkat pertumbuhan bawang putih untuk tumbuh subur diantaranya adalah sebagai berikut:

Menyukai tanah yang gembur dan subur

tanama banwng putih sangat menyukai tanah yang gembur dan subur, ini akan berguna untuk pertumbuhan akar yang menopang tumbuh tanaman, selain itu media tanam yang subur sangat baik untuk pembentukan siung bawang putih.

Tidak menyukai tekstur tanah yang liat, cenderung lebih suka sedikit berpasir

pada habitat aslinya, bawang putih tidak tumbuh di tanah yang liat, melainkan tanah yang lempung yang berpasir. sehingga tingkat keliatannya akan sangat berkurang. kamu bisa menggunakan tanah seperti aluvial, regosol atau latosol untuk menanam bawng putih tersebut. selain itu tanah berpasir akan membuat drainase tanah menjadi lebih baik, sehingga kelembabpan tanah akan terjaga di tingkat yang paling minimal.

selain menanam bawang putih, kamu juga bisa membaca 10 jenis sayuran yang bisa di tanam di halaman rumah di blog ini.

Menyukai wilayah dengan iklim kering namun dengan suhu yang sejuk

tanaman bawang putih termasuk tanaman yang menyukai wilayah yang beriklim kering dengan tingkat curah hujan yang tidak terlalu tinggi, misalnya di perbukitan atau pegunungan yang memiliki curah hujan yang tidak tinggi atau pada musim kemarau.

Tingkat PH tanah 5-7

seperti kebanyakan jenis tanaman lain, bawang putih juga membutuhkan pH tanah yang ideal, pH sendiri secara singkat dapat kita artikan sebagai tingkat keasaman tanah, pH tanah yang ideal untuk tanaman bawang putih ini berkisar antara 5-7. untuk mengatur pH tanah para petani biasanya menggunakan Kapur Pertanian.

Menyukai di tanam di ketinggian 700-1000Mdpl

tidak seperti bawang merah yang menyukai iklim panas dan di dataran rendah, menanam bawang putih justru bagus dilakukan jika di dataran sedang hingga tinggi berkisar antara 700-1000 Meter diatas permukaan laut (Mdpl). ketinggian ini sangat di butuhkan untuk memenuhi tingkat kelembapan suhu yang membutuhkan kisaran  16 sampai 20 drajat celcius, bagi orang yang tinggal di dataran rendah, suhu ini cukup dingin loh.

tidak cukup sampai di situ tanaman bawang putih juga sangat baik di tanam di wilayah dengan curah hujan antara 800 -2000 pertahun yang biasanya terdapat pada dataran tinggi.

sepintas, syarat tumbuh tanaman bawang putih ini cukup ribet untuk di lakukan di rumah, namun jangan berkecil hati terlebih dahulu, karna jika kamu tinggal di dataran rendah kamu bisa menggunakan green house atau rekayasa kondisi tanam lain sehingga memenuhi habitat idealnya. disamping itu sebenarnya bawng putih juga bisa beradaptasi cukup baik pada lingkungan tumbuhnya. tapi jika kamu bingung, mungkin kamu bisa mencoba menanam bawang merah di dalam pot untuk menggantikan menanam bawang putih.
 

Cara Menanam Bawang Putih di Pot

ketika kamu memutuskan untuk menanam bawang putih baik itu di pot atau di lahan secara langsung, kamu harus memperhatikan waktu tanam paling ideal  bawang putih, karena bawang putih menyukai tempat yang kering ada baiknya jika bawang putih di tanam di akhir musim penghujan menuju musim kemarah, atau pada saat musim kemarau, dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

1. mempersiapkan media tanam bawang putih

untuk menanam bawang putih kamu bisa menggunakan campuran tanah humus, pasir dan kompos, jangan menggunakan media tanah yang memiliki sifat liat karna seperti yang saya jelaskan sebelumnya, bawang putih tidak dapat tumbuh dengan baik dengan karakter tanah yang liat.

kamu bisa menggunakan campuran tanah dengan komposisi beragam, mulai dari campuran sekam bakar, tanah dan pupuk kandang, atau dengan menggunakan tanah, pasir dan pupuk kandang, kamu juga bisa mengkreasikan sendiri komposisi media tanam asal masih mempertimbangkan kualitas drainase tanah (harus bersifat porous, tidak liat dan subur)


2. Memilih Bibit Bwang Putih terbaik

memilih bawang putih dengan kualitas terbaik akan sangat penting untuk di lakukan, karena agar bawang putih yang kita tumbuhkedepannya akan memiliki gen pertumbuhanm yang baik.

kamu bisa memilih menggunakan bibit bwang putih dari tunas, maupun dari siung bawang putih yang biasa dijual di pasaran. untuk membuat bawang putih bertunas atau tumbuh tunasnya, kamu bisa menggunakan cara yang cukup mudah, yaitu dengan menyimpan siung bawang putih tersebut di dalam kulkas selama satu sampai dua minggu sampai bawang putih berkecamba dan mengeluarkan tunas.
ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan ketika memilih bibit bawang putih untuk di tanam yaitu :

a. pilih bawang putih yang memiliki siung yang cukup besar
b. jangan menggunakan bawang putih yang rusak atau tidak sehat
c. kamu juga bisa menggunakan bawang putih yang tumbuh tunas di dapur

3.  meanam bawang putih dengan pot atau polibag

setelah menyelesaikan tahapan meracik media tanam dan menentukan bibitbawang putih yang akan kita tanam, langkah selanjutnya dan yang paling penting adalah menanam bawang putih tersebut kedalam pot, untuk lebih mudah ikuti langkah-langkah menanam bawang putih dalam pot seperti di bawah ini :


- memasukan tanah ke pot
setelah selesai meracik media tanam (tanah), masukan tanah tersebut kedalam pot secara penuh dan sedikit di padatkan,untuk memadatkan tanah kamu bisa menggunakan bantuan tongkak kecil yang di tekan kedalam pot secara merata. kamu juga bisa menyiram tanah yang sudah masuk kedalam pot dengan air aar tanah bisa masuk dengan sempurna kedalam pot. setelah itu:


-masukan bawang putih kedalam tanah
setiap siung bawang putih bisa menghasilkan satu tanaman bawang putih, namun perhatikan untuk menjaga bagian bawah siung bawang putih agar tidak rusak, biasanya bagian bawah ini kan menjadi pangkal dari pertumbuhan akar, jika bagian bawah siung bawang putih ini rusak kemungkinan akar akan gagal terbentuk.

setelah mendapat siung bawang putih yang baik, masukan bawang putih kedalam tanah, jangan di kubur dulu, pastikan kalian tidak menanam bawang putih dengan terbali, bagusnya kalian tanam dengan menghadap ke atas, namun jika kalian bingung bisa menanamnya dengan merebahkan siung bawang putih kesamping.

setelah itu, kubur sebagian bawang putih sekitar 50% dan selanjutnya menutup bawang putih tersebut dengan jerami atau rerumputan kering, kamu jugabisa mnggunakan sekam bakar. kamu juga bisa menambahkan pupuk kandang seperti Pupuk organik cair di permukaannya karena pada masa-masa awal pertumbuhan bawang putih sangat rakus terhadap pupuk. namun perlu di perhatikan untuk tidak memberi pupuk secara berlebihan karena bisa membuat tanaman over dosis.

- siram secara rutin
setelah bawang putih mengeluarkan daun, kamu harus rutin menyiram tanaman bawang putih tersebut sampai tumbuh dewasa, namun perlu di perhatikan aghar tidak menyiram bawang putih secara arau membuat media tanamnya tergenang air, karna bawang putih ini lebih menyukai tempat yang kering.

4. perawatan dan pemupukan

pemupukan bawang putih ini bisa kamu lakukan secara rutin dalam jangka waktu 2 minggu atau sebulan sekali, dengan takaran yang tidak berlebihan, usahakan untuk mengunakan pupuk organik cair utuk kualitas makanan yang lebih sehat. baca artikel cara membuat pupuk organik cair untuk pertumbuhan tanaman agar anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan limbah dapur.

tapi jika kamu tidak sempat membuat pupuk organik cair, kamu bisa membelinya di toko pertanian, atau kamu juga bisa menggunakan pupuk kimia, namun pupuk kimia bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan jika di konsumsi jangka panjang.

5. panen bawang putih

pada usia satu hingga minggu, tanaman bawang putih anda biasanya sudah mulai menunjukan pertumbuhan dau yang bagus.
pemanenan bawang putih yang di tanam di dalam pot bisa kamu lakukan mulai dari 90 sampai 100 hari setelah tanam, biasanya satu siung bawang putih yang kamu tanam telah memiliki satu rumpun bawang yang siap untuk di gunakan di dapur.

jemur terlebih dahulu rumpun bawang putih yag kamu panen sebelu di gunakan sebagai bumbu masakan di dapur.

hama dan kendala menanam bawang putih

seperti banyak tumbuhan lainnya, bawang putih juga memiliki hama yang mengganggu pertumbuhan tanaman, biasanya hama bawang putih ini merupakan hama yang menghinggapi daun tanaman bawang putih tersebut.

nah untuk membasmi hama tersebut kamu bisa menggunakan pestisida nabati dengan memanfaatkan tumbukan bawang putih di campur dengan air rendaman tembakau dan daun pepaya lalu di semprotkan pada tanaman.

selain itu kamu juga bisa membaca artikel kami tentang bagaimana cara membasmi hama kutu putih pada tanaman di laman blog ini.

menanam bawang putih ataupun bawang merah merupakan aktifitas bercocok tanam yang bisa di lakukan di dalam pot, dan di kerjakan di rumah untuk mengisi waktu luang  yang kalian miliki, selain bermanfaat, kegiatan ini juga bisa menopang ketahanan pangan sekaligus menjadi terapi stress karna bekerja di kantor sepanjang waktu.

selain cara menanam bawang putih, kamu juga bisa membaca artikel tentang cara menanam di pot dan metode urban garden lain di web ini untuk menambah referensi bercocok tanam kalian. karna blog ini memiliki moto Grow Your Own Food. salam berkebun dan selamat menanam.
ilmukebun.com

0 Response to "Cara Menanam Bawang Putih di Pot Dengan Mudah di Pekarangan"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel