-->

Cara Menanam Kangkung Hidroponik Sederhana dan Mudah dilakukan

menanam kangkung secara hidroponik mungkin baru belakangan ini populer di masyarakat, namun sejatinya tanaman kangkung itu sendiri sudah di tanam dan menjadi bagian dari citarasa kekayaan kuliner di indonesia sejak jaman dahulu kala.

cara menanam kangkung hidroponik sederhana
kangkung hidroponik sederhana

tanaman sayur yang hidup di air alias kangkung (ipomoea Aquatica) merupakan tanaman sayuran yang paling banyak di gunakan oleh masyarakat indonesia bahkan dari jaman dahulu. kangkung sendiri memiliki rasa yang khas dan banyak di gemari oleh masyarakat baik sebagai sayur olahan , atau bahkan sebagai lalapan.

tanaman kangkung sendiri sebenarnya terdiri dari dua jenis, yaitu kangkung air dan kangkung darat, tapi keduanya tidak memiliki banyak perbedaan yang signifikat selain habitat tumbuhnya.

di beberapa daerah kangkung menjadi salahsatu makanan primadona yang banyak di gemari, diolah sebagai cah kangkung misalnya, atau sebagai bahan utama rujak khas cirebon, di buat oseng dan sebagainya, intinya masakan dari kangkung sangat berfariatif, ini membuat kangkung selalu di buru oleh masyarakat dan memiliki pasar yang cukup menjanjikan.

selain membeli kangkung di pasar. ternyata kamu juga bisa menanam kangkung sendiri di rumah loh, menanam kangkung sebenarnya sangat mudah, kangkung bisa di tanam degan benih maupun dengan cara stek. namun meskipun mudah menanam kangkung memerlukan ketelatenan dan ketelitian agar panen yang di dapatkan dapat memuaskan kita.

jika kamu belum tahu, kangkung juga bisa di tanam dengan metode hidroponik, baca selengkapnya di bawah ini untuk mengetahui cara menanam kangkung secara hidroponik.
namun kamu juga harus tahu jika hidroponik berbeda dengan aquaponik, baca lebih banyak di Perbedaan Aqua Ponik Dan Hidroponik, Mana yang lebih unggul.

Cara menanam kangkung hidroponik Sederhana

Untuk menanam sayuran kangkung dengan metode hidroponik, kamu tidak harus menggunakan cara yang susah, misalnya dengan menggunakan sistem yang rumit seperti NTF atau sistem lain yang membutuhkan listrik terus menerus dan pemeliharaan yang rumit. menanam kangkung secara hidroponik dapat kamu lakukan dengan cara yang mudah asalkan mengetahui celah dan ilmu untuk perawatannya.

cara menanam kangkung hidroponik yang akan kita praktekan ini dengan menggunakan sistem sumbu atau hidroponik sistem wick, tenang saja cara ini sangat mudah untuk di aplikasikan oleh pemula, terutama jika kamu baru saja belajar bagaimana cara menanam secara hidroponik.

Kamu bisa memanfaatkan barang bekas untuk menanam kangkung secara hidroponik terutama sistem wick ini, misalnya menggunakan gelas air mineral bekas, atau dengan menggunakan botol minuman bekas, intinya kamu memiliki tempat penampungan air dan tempat untuk menanam kangkung.

jika kamu masih bingung, mungkin lebih dulu kamu harus membaca artikel tentang hidroponik sistem wick. jika sudah, kita lanjutkan bagaimana cara menanam hidroponik kangkung secara mudah, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :

Cara menanam Kangkung Secara Hidroponik sistem wick

seperti yang saya bilang diatas, tanaman kangkung memiliki dua jenis yang berbeda yaitu kangkung air dan darat, keduanya bisa di tanam dengan metode hidroponik, namun untuk saran saya menganjurkan menggunakan benih kangkung yang di jual di toko benih dengan kualitas terbaik. misalnya kangkung varietas bangkok.

Alat dan bahan

untuk menanam kangkung secara hidroponik, kamu bisa menggunakan alat dan bahan yang akan saya list di bawah ini :


  • net pot
  • penampung air
  • tetekan netpot
  • kain flanel
  • nutrisi AB mix
  • Air
  • Bibit kangkung


nah itudia beberapa alat dan bahan yang akan kamu gunaka untuk menanam kangkung hidroponik, jika cara ini rumit dan membutuhkan biaya lebih banyak untuk investasi netpot dan tempat penanam kamu juga bisa memanfaatkan barang bekas untuk membuat hidroponik dengan sisem wick, baca caranya di Cara Membuat Hidroponik sederhana dari barang bekas. dari tutorial tersebut kamu bisa mengaplikasikannyauntuk menanam kangkung, atau kamu bisa juga melanjutkan dengan cara ini.

memilih benih kangkung berkualitas

sebelum menananm benih yang kjamu beli dari toko atau online shop, kamu bisa mengecek kualitas bibit kangkung yang terbaik dan berkualitas rendah, ini akan berguna untuk kamukarna bibit kangkung berkualitas akan memiliki daya kecambah yang lebih baik. lalu bagiamana cara memilih benih kangkung berkualitas.

cara memilih benih kualitas terbaik ini mudah saja, kamu hanya perlu menggunakan air dan wadah transparan seperti gelas atau mangkung. masukan air kedalam mangkung atau wadah tersebut, lalu masukan benih kangkung yang kamu miliki, adauk-aduk dan lihat dengan teliti, kangkung yang tenggelam merupakan biji denga kualitas yang baik, namun sebalaiknya, biji kangkung yang mengapung merupakan biji dengan kualitas yang rendah.

cara menyemai benih kangkung

setelah mendapatkan benih dengan kualitas terbaik, langkah selanjutnya adalah memulai proses penyemaian. kamu bisa menggunakan rockwoll atau dengan menggunakan tisue. saya sangat merekomendasikan untuk menggunakan rockwall. berikut ini caranya:
potong rockwall menjadi seperti dadu berukuran sebesar lubang netpot yang kalian gunakan, misalnya persegi 5x5.

cara menanam kangkung hidroponik mudah


buatlah lubang pada rocwall tersebut sebanyak yang bisa di buat dengan jarak yag tidak terlalu berdekatan, kita ambil contoh misalnya dalam rocwoll ukuran 5x5 maka lubang yang bisa saya buat sekitar 5 lubang (misal).

masukan biji kangkung kedalam lubang tersebut, lalu letakan pada nampan atau wadah lain yang bisa menampung air.

basahi rocwoll tersebut hingga lembap. ingat cukup hanya lembap. beberapa petani kangkunghidroponik menggunakan cairan nutrisi untuk metode ini, namun saya menyaraknak anda untuk menggunakan air bisa saja. kamu bisa membuat rockwol menjadi basah menyeluruh dengan cara menyemprotnya dengan air.

letakan semaian kangkung tersebut pada tempat yang terkena sinar matahari langsung namun tidak terlalu terik, sinar mathari pagi selama 3 jam.

setelah satu minggu kangkung bisanya sudah siap di pindahkan kedalam netpot.

cara menanam kangkung hidroponik


cara memindahkan benih kangkung ke net pot

jika tanaman kangkung kamu sudah berkecambah dengan baik dan memiliki daun yang sehat, langkah selanjutnya untuk budidaya kangkung hidroponik dengan sistem wick adalah dengan memindahkan bibit kangkung tersebut kedalam net pot caranya adalah sebagai berikut.

pemindahan ini dilakukan secara teliti dan hati-hati agar tidak merusak tanamankangkung, cara untuk memindahkan benih atau bibit kangkung ini bisa dilakuka dengan cara memindahkan rockwoll kedalam netpot secara langskung,. jika netpot yang kamu gunakan belum terpotong sempurna, maka sekarang potonglah netpot tersebut hingga terpotong sepenuhnya, namun jika netpot yang kamu gunakan sydah terpotong dengan baik, maka langah selanjutnya yang penting untuk kamu lakukan adalah langsung memindahkan benih tersebut dalam netpot yang sudah di persiapkan.

pastikan netpot yang kamu gunakan sudah di pasang dengan sumbu kain flanel yang akan menjadi media rambatan air menuju akar sebelum akar tanaman kangkung dapat menjangkau air dengan sempurna.

setelah memindahkan bibit kangkung kedalam pot selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengisi wadah netpot dengan air yang di campur dengan nutrisi ABMIX.

isi air dalam wadah setengah saja, namun perlu di perhatikan bahwa kangkung merupakan tanaman yang boros air, jadi pastikan untuk selalu mengecek ketersediaan air dalam wadah penampungan karna jika jumlah airnya habis, tanaman kangkung akan layu dan tidak sehat.

perawatan kangkung hidroponik

cara merawat kangkung hidroponik ini sangat mudah, bahkan bisa di bilang jika kangkung hidroponik memiliki kualitas yang lebih baik daripada kangkung yang di tanam di tanah karena kangkuh hidroponik konon lebihsehat dan lebih enak dimakan.

kangkung hidroponik akan lebih bersih daripada kangkung yang di tanam di tanah, hal ini membuat tanaman ini lebih sedikit terserang hama jika di tanam dengan metode hidroponik.

perawatan yang pasti harus di alkukan adalah mengecek ketersediaan air di wadah penampungan air, dan mengecek secara berkala kadar ppm yang terkandung dalam air, selain itu kamu juga bisa melakukan perawatan dengan menyemporotkan pestisida nabati untuk mencegah serangan hama.

racikan ppm kangkung hidroponik

untuk kepekatan PPm tanaman kangkung yang dibutuhkan biasanya berkisar antara 900 sampai dengan 1100 PPm, namun jika kamu ingin pertumbuhannya maksdimal sekaligus hemat, saran saya menggunakan ppm dengan ukuran 1000 PPM untuk hidroponik kangkung tersebut,  ilmu ini saya dapatkan dari mas bayu dari hidroponik pedia.

mengukur kadar ppm sendiri bisa kamu lakukan degan menggunakan alat yang banyak di jual di pasaran, selain menggunakan alat pengukur ppm kamu juga bisa menggunakan hitungan manual, tapi saya tidak suka matematika dan lebih sering emnggunakan Alat ukur PPm yang banyak di sediakan di toko hehe.

Selain menggunakan nutrisi AB mix untuk hidroponik, kamu juga bisa menggunakn pupuk organik cair untuk menanam tanaman kangkung tersebt, pupuk organik cair ini bisa kamu beli di pasaran atau bisa juga membuatnya sendiri, simak bagaimana cara embuat pupuk organik cair sendiri.

pemanenan kangkung hidroponik

kangkung hidroponik dapat di panen dengan dua cara yaitu dengan mencabut secara keseluruhan atau dengan cara memotong kangkung tersebut sehingga akan bisa di panenlagi jika telah tumbuh kembali.

pemanenan ini bisa kamu lakukan ketika tanaman kangkung hidroponik kalian mencapai usia 4 sampai 5 minggu setelah tanam. tanaman kangkung ini memang lebih special daripada tanaman sayuran jenis lain karna masa panennya yang relatif lebih cepat daripada "10 jenis tanaman sayuran yang bisa di tanam di rumah lainnya.

pemanenan kangkung sangat disarankan dilakukan ketika tanaman ini belum meiliki daun yang menguning atau berbunga, tanaman kangkung yang telah di panen bisa langsung anda oleh menjadi makanan faforit kjeluarga atau menjadikannya sumber ekonomi dengan cara menawarkannya pada tetangga atau di jaual di pasar, cara yang sya rekomendasikan untuk memanen kangkung yaitu dengan cara memotong tanaman kangkung tersebut agar bisa di panen berulangkali.

hama dan hambatan.

menanam kangkung secara hidroponik sebenarnya lebih minim ham adan hambatan yang mengganggu  atau mengurangi panen, namun beberapa hambatan atau hama pasti muncul di setiap metode tanam.

hama kangkung yang sering menyerang diantaranya adalah hama ulat danbelalang, namun hama ini tidak akan menyerang jika kamu menggunakan green house atau rutin menyemprotkan pestisida organik kepada tanaman kangkung kesayangan.

keunggulan kankekurangan menanam kangkung sendiri dengan sistem hidroponik dirumah

sebelum membahas kelebihan, kita bicarakan dulu soal kekurangannya. beberapa kekurangan menanam kangkung dengan metode hidroponik ini adalah :


  1. boros apabila menggunakan ab mik dengan tidak bijak
  2. membutuhkan proses dan ketelatenan karna tidak langsung membeli di pasar


kelebihan menanam kangkung secara hidroponik

  1. kangkung lebih sehat
  2. lebih bersih dan terjamin kesehatannya
  3. mudah dilakukan oleh siapapun
  4. mengurangi anggaran biaya bulanan
  5. membuat rumah menjadi lebih segar dan hijau
  6. menambah ketahanan pangan keluargga
  7. dapat dijadikan sarana rekreasi selama dirumah
  8. sebagai media mengajari anak menanam pohon dan merawat lingkungan

kesimpulan


menaam kangkung dengan metode hidroponik sederhana bisa sangat mudah di lakukan, selain kalian tidak perlu repot dengan tanah yang kotor, kamu juga akan diuntungkan dengan banyak hal salahsatunya adalah ketersediaan makanan sehat untuk keluarga karna menggunakan pestisida nabati dan tidak berbahaya untuk kesehatan, selain itu kangkung hidroponik ini memiliki akar yang bahkan bersih dan bisa di makan loh, berbeda denganmenggunakan media tanah untuk menanam kangkung.

menanam kangkung sejatinya bukan berupakan kegiatan yang susah untuk dilakukan, namun anda tetap memerlukan fokus dan ketelatenan ketika merawat tanaman kangkung tersebut. tanaman kangkung ini sangat cocok di tanam di rumah yang memiliki temperatur suhu yang panas, karna kangkung sangat suka dengan sinar matahari, menanam kangkung di rumah akan membuat rumah menjadi lebih sejuk dan asri. jadi tanaman ini sangat cocok untuk anda yang tinggal di perkotaan. selain kangkung kamu juga bisa menanam cabe di rumah atau menanam daun mint dirumah untuk membuat rumah kamu menjadi lebih segar namun dapat merasakan banyak manfaat dari tanaman tersebut.

0 Response to "Cara Menanam Kangkung Hidroponik Sederhana dan Mudah dilakukan"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel