-->

Cara Merawat Bromelia dan tips budidaya-nya πŸƒ

Tanaman / bunga bromelia merupakan tanaman yang cukup populer belakangan ini, kepopulerannya banyak di sebabkan oleh warnanya yang cantik da mencolok, beberapa jenis bromelia bahkan memiliki warna bercorak dan bentuk yang unik, namun sayangnya masih banyak yang belum mengetahui bagaiman acara merawat tanaman bromelia sehingga berujung pada tanaman yang mati.

cara merawat tanaman bromelia


bromelia sendiri merupakan tanaman hias yang berasal dari amerika latin hingga dataran afrika,  pemberian nama bromelia ini sendiri diambil dari nama seorang botani yang berasal dari swedia yaitu Olofole Bromell.  hal lain yang juga tidak kalah mengejutkan dari tanaman bromelia ini adalah fakta jika tanaman berdaun roset ini memiliki lebih dari 3000 jenis yang tersebar di seluruh dunia, namun itu belum termasuk dengan jenis hibrida yang banyak di kembangkan di laboratorium karna keindahannya.

melihat tanaman bromelia yang cantik, tentu saja akan membuat interior maupun eksterior menjadi lebih segar dan bernuansa tropis. namun karna keindahannya ini juga, banyak orang berfikir bahwa menanam bromelia merupakan hal yang cukup sulit dan membutuhkan perawatan yang rumit.
anggapan ini tidak sepenuhnya salah namun juga bukan berarti benar. merawat bromelia memang membutuhkan pengetahuan dan ketelatenan, olehkarena itu simak bagaimana cara merawat bunga bromelia di bawah ini :

Cara Merawat Tanaman bromelia

bunga bromelia yang telah berusia tua akan memunculkan bunga yang berbentuk beraneka ragam, namun bagi beberapa jenis bromelia, bunga juga menandakan akhir usia dari tanaman yang cantik ini, setelh berbunga biasanya bromelia akan mati dan digantikan oleh tunas baru, namun untuk membuat bromelia berbunga dibutuhkan waktu yangtidak sebentar.

untuk merawat bromelia sebagai penghias sudut ruangan atau di tanam di halaman merupakan pilihan yang tepat mengingat bentuk dan warna tanaman bromelia ini begitu unik dan menarik.  namun sebelum kamu memutuskan untuk membeli tanaman cantik ini, kamu juga harusmengetahui bagaimana cara merawat tanaman bromelia, atau cara budidaya tanaman bromelia.
oleh karena itu saya akan menguraikan tentang semua yang berkaitan degan perawatan tanaman bromelia di bawah ini.

Baca juga : cara merawat bunga mawar agar rajin berbunga
 

Syarat tumbuh ideal tanaman bromelia


tanaman bromelia terhimpun dalam keluarga bromeliaceae namun bukan berarti semua tanaman bromelia memiliki teknik perawata yang sama, jumlah jenisnya yang mencapai lebih dari 3000 species membuat tanaman bromelia ini memiliki karakter dan syarat tumbuh ideal yang beragam. namun kesemua jenis itu masih memiliki kesamaan syarat tumbuh diantaranya sebagai berikut :

intensitas cahaya


tanaman bromelia pada umumnya tidak tahan dengan cahaya matahari langsung atau di letakan di tempat panas, meskipun pada faktanya beberapa tanaman bromelia berasal dari dataran gurun seperti kebanyakan tanaman berdaun roset, namun bromelia hias pada umumnya lebih menyukai tempat yang teduh. sehingga tanaman bromelia ini lebih cocok di tanam di dalam ruangan, namun ada beberapa jenis bromelia yang lebih suka degan cahaya matahari langsung yang biasanya dicirikan dengan bentuk daun yang tebal dan berduri seperti jenis nanas. jenis-jenis ini membutuhkan sinar matahari langsung untuk memperbaiki bentuk daun dan fotosintesis.

suhu dan kelembapan ideal


siapa yang sangka jika tanaman bromelia yang sebagaian jenisnya berasal dari gurun ini ternyata lebih banyak dengan jenis yang menyukai kelembapan yang tinggi. tanaman bromelia hias secara umum menyukai tingkat kelembapan yang relatif tinggi atau bisa di bilang menyukai tanah yang cukup basah tapi tentunya tidak menggenang, bromelia menyukai kelembapan tanah berkisar antara 50-60 %. sedangkan untuk suhu ideal tanaman bromelia yaitu berkisar 15-30 drajat celcius.  artinya tanaman ini sebenarnya bisa di tanam di dataran rendah maupun datara tinggi, asal menyesuaikan dengan kebutuhan kelembapan dan suhu idealnya.

jika suhu terlalu tinggi, tanaman bromelia biasanya akan mengkerut, daun bromelia akan menekuk ke atas dan terlihat kurang sehat atau layu, sedangkan jika terlalu panas atau terpapar sinar matahari langsung, bromelia akan memudar dan terbakar.

sebaliknya jika suhu dibawah 15 drajat, tanaman bromelia ini akan terhaambat pertumbuhannya dan rawan membusuk.

kebutuhan air tanaman bromelia


meskipun menyukai kelembapan yang tinggi, namun tanaman bromelia sebenarnya tidak menyukai di siram terlalu sering, ini karena bromelia memiliki cadangan air di tengah tanaman yang menyerupai penampungan air seperti gelas.

cadangan air ini bisa di manfaatkan bromelia untuk mencukupi kebutuhan air selain dari air tanah yang di peroleh. untuk itu kamu harus menjaga ketersediaan air dalam penampung air di tengah tanaman bromelia ini.

media tanam yang tepat untuk bromelia


dihabitat tumbuhnya, bromelia biasanya tumbuh mulai dari di dataran gurun berpasir hingga di dataran lembab seperti hutan, beberapa jenis bromelia bahkan tumbuh dengan menempel di kulit pohon besar. oleh karena itu untuk menentukan media tanam yang baik dan tepat untuk tanaman bromelia, terlebih dahulu anda harus mengidentifikasi jenis bromelia yang anda rawat. namun pada umumnya bromelia yang di jual sebagai tanaman hias menykai media tanam berupa serabut kelapa atau akar pakis.

selain dua media tersebut bromelia juga menyukai media sekam bakar dan media tanam lain yang bersifat porous atau tidak menggenang. jika kamu ingin menanam bromelia di tanah, maka usahakan untuk mencampur tanah dengan pasir akar drainase tanah semakin baik dan tidak membuat akar membusuk.

para dsainer taman biasanya mengunakan kayu mati yang di lilit dengan serabut kelapa untuk media tanam bunga bromelia. kamu bisa menggunakan cara ini untuk menghiasi halaman rumah.

Cara Perwatan Tanaman Beromelia

cara merawat bromelia

setelah megetahui syarat tumbuh ideal, sekalarang kamu tidak lagi kesulitan untuk merawat tanaman bromelia ini karena sudah mengetahui sepintas dari karakter tanaman bromelia ini, lalu bagaimana cara merawat tanaman bromelia agar tumbuh sehat dan subur.

Merawat Bromelia didalam ruangan

merawat tanaman bromelia di dalam ruangan akan berbeda dengan merawat bromelia di luar ruangan, olehkarena itu jika kamu memiliki tanaman bromelia yang di letakan di dalam ruangan, penting untuk mengetahui cara perawatannya yang pastinya tidak bisa di samakan dengan cara merawat bromelia diluar ruangan.

1. tetap perhatikan kebutuhan cahaya
merawat tanaman bromelia didalam ruangan bukan berarti anda bisa mengabaikan kebutuhan cahaya, setiap tanaman tetap membutuhkan cahaya matahari baik itu langsung maupun tidak langsung, jika kamu merawat tanaman di dalam ruangan khusunya bromelia, maka usahakan untuk tetap memberinya cahaya yang cukup dengan meletakannya di tempat yang cukup terang, misalya di dekat jendela.
alternatif lain yang bisa kamu lakukan ketika merawat bromelia ini di dalam rumah kamu bisa menjemurnya setiap pagi atau beberapa hari sekali untuk tetap menjaga tanaman bromelia tetap sehat dan subur.

2. jangan menyiram berlebihan
ketika kamu meletakan bromelia dalam ruangan, maka penguapan air aka mberkurang dan hal ini menyebabkan tanah menjadi lebih lembab dalam waktu yang lama, olehkarena itu kurangi intensitas penyiraman jika kamu meletakan tanaman bromelia ini dalam ruangan.

3. hindari dari jangkauan binatang peliharaan
beberapa jenis tanaman bromelia memiliki duri yang cukup taja, sehingga akan lebih baik jika anda meletakan tanaman bromelia ini jauh dari jangkauan anak kecil atau binatang peliharaaan.

4. gunakan media yang tepat
merawat tanaman bromelia didalam ruangan berarti membuat bunga bromelia itu sebagai bagian dari dsign interior, jadi kamu harus memperhatikan penggunaan pot yang lebih cantik dan menggunakan media tanam yang bagus, seperti akar pakis yang di tutupi dengan batu hias diabagian atas atau menggunakan hidrogel.

Merawat bromelia di luar ruangan

beberapa orang mungkin lebih tertarik untuk merawat tanaman bromelia ini diluar ruangan daripada di dalam ruangan, cara perawatannya juga otomatis akan berubahh. dalam memelihara atau merawat bromelia di luar ruangan kamu harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

1. letakan di tempat yang sejuk atau ternaungi

merawat tanaman bromelia ini mungkin bisa di bilang susah-susah gampang. tanaman bromelia yang kekurangan sinar matahari tidak bisa tumbuh dengan baik,namun sebaliknya jika bromelia di letakan pada tempat yang terlal panas akan membuat daun bromelia terbakar dan terlipat ke atas, oleh karena itu kamu haru menjaga intensitas cahaya tanaman bromelia tetap ideal misalnya dengan meletakannya di bawah pohon atau tempat yang berudara seju. jika rumah kamu berada didataran tinggi, bukan hal sulit untuk meletakan bromelia di bawah sinar matahari langsung namun jika kamu tinggal di dataran rendah, sebaiknya letakan tanaman bromelia ini pada tempat yang ternaungi.

2. jaga kelembapan tanah tetap ideal

menanam bromelia di luar ruangan akanmembuat penguapan lebih cepat dan membuat tanah lebih cepat kering, kamu harus rutin menyiram tanaman bromelia kamu agar tidak latu danmati, lakukan penyiraman segera ketika cadangan air pada tanaman bromelia ini habis.

3. manfaatkan kreatifitas

kamu bisa memanfaatkan kreatifitasmu untuk menanam tanaman bromelia di luar ruangan, untuk mempercantik halaman rumah, bisa menatanya sebagai boarder taman dan di tanam di pinggir jalan setapak, atau bisa juga menanamnya di sudut taman yang akan membuat taman rumah semakin indah dan semarak dengan beraneka ragam warna.

4. awasi serangan hama

ketika merawat atau membudidayakan tanaman bromelia ini di halaman, maka otomatis tanaman ini akan lebih mudah terserang hama daripada tanamanyang di rawat di indoor atau green house, tanaman bromelia bisanya terserang hama dan bakteri tertentu, namun tidak jarang juga terserang serangga atau jenis kutu tanaman.

untuk menanggulang ini kamu bisa menggunakan pestisida atau insektisida nabati, selain itu kamu juga bisa membaca artikel cara mengatas hama kutu putih pada tanaman kesayangan anda untuk menangani hama kutu pada tanaman bromelia.

Cara Mudah Budidaya Bromelia


budidaya tanaman bromelia lebih mudah daripada yang kamu bayangkan, tanaman bromelia ini meskipun tidak bisa di stek dan menumbuhkan biji dalam jangka waktu yang lama, namun untuk membudidayakan tanaman yang cantikini cukup mudah dan tidak terlalu sulit. ikuti langkah langkah di bawah ini untuk membudidayakan tanaman bromelia.

Langkah-langkah Memperbanyak Bromelia


1. pilih bibit beromelia yang sehat🌷
2. tusuk bagian tengah tanaman bromelia dengan tongkat kecil atau sumpit
3. letakan tanaman bromelia pada tempat yang teduh
4. dalam bebera minggu akan tumbuh tunas di bagian samping tanaman bromelia
5. pindahkan tunas tersebut ketika sudah cukup sehat untuk dipisah πŸƒ

selain memperbanyak tanaman bromelia dengan cara ini, kamu juga bisa membaca mengenai bagaimana cara memperbanyak bunga vinca dengan cara stek di web ini.

jenis-jenis bromelia dan harganya


jenis bromelia banyak di cari dalah jenis bromelia pink, bromelia merah dan bahkan bromelia pelangi.
ada banyak jenis tanaman bromelia yang bisa kita temui di pedagang tanaman hias, jenis-jenis bromelia ini tentu saja memiliki harga yang beragam berikut ini merupakan jenis-jenis bromemila yang cukup populer di indonesia da harganya.

 no. Jenis Bromelia Harga Bromelia
 1. Bromelia Three Color Rp. 25.000
 2. Bromelia Tokek Rp. 110.000,00
 3. Bromelia Hijau Rp. 95.000,00
 4. Bromelia Guzmania Ungu  Rp. 45.000,00
 5. Bromelia Demani Rp. 165.300
 6. Bromelia Debby Pink Debora Rp. 100.000,00
 7. Bromelia Merah Dunhil Rp. 65.000,00
 8. Bromelia Purple star Rp. 90.000,00
 9. Bromelia Keris Pandawa Rp. 35.700,00
 10. Bromelia Giant Rp. 100.000,00
 11. Bromelia Orange Glow Rp. 145.000,00
 12. Bromelia Chantinii Rp. 300.000,00
 13. Bromelia Hacienda Rp. 300.000,00
 14. Bromelia Lintas Flaminggo Rp. 100.000,00

Harga tanaman bromelia yang saya lampirkan diatas bisa saja berubah seiring waktu dan tergantung dengan tempat dimana anda tinggal bisa saja memiliki harga lebih murah atau bahkan lebih mahal.

Baca juga : Cara budidaya tanaman caladium atau lompong hias

hama dan penyakit pada tanaman bromelia


bromelia sejatinya merupakan tanaman yang jarang terserang oleh hama dan penyakit, tanaman ini akan tumbuh sehat jika di rawat dengan baik dan benar. namun terkadang terdapat beberapa gangguan yang menyerang tanaman bromelia kesayangan anda biasanya jenis hama ini merupakan hama serangga dan hama jamur.

jamur yang menyerang bromelia aka di tandai dengan tanaman yang membusuk dan tidak subur, sedangkan jika tanaman ini di serang serangga atau jenis kutu-kutuan daun tanaman akan terlihat memiliki bercak terutama di bagian pangkalnya, segera lakukan perawatan danmemisahkan tanaman bromelia yang terserang penyakit dengan tanaman lain yang sehat karna bisa menular.

0 Response to "Cara Merawat Bromelia dan tips budidaya-nya πŸƒ"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel