-->

Cara Merawat dan memperbanyak Bunga torenia | Bunga matakucing

Bunga Torenia memiliki banyak julukanyaitu bunga mata kucing hingga fishbone flowers, namun bagaimana sebenarnya cara merawat bunga torenia yang cantik ini?

Cara Merawat dan memperbanyak Bunga torenia | Bunga matakucing
bunga torenia mekar

Mengenal bunga torenia

bunga torenia memiliki banyak nama, selain di sebut torenia bunga ini juga di sebut dengan bunga mata kucing oleh sebagian pecinta tanaman, di luar negri bunga torenia di sebut sebagai bunga wishbone atau wishbone flowers. jadi jangan heran jika banyak sekali penyebutan nama yang berbeda, namun intinya semua nama tersebut merujuk pada bunga cantik bernama ilmiah Torenia fournieri.

merawat dan memperbanyak bunga torenia atau bunga mata kucing bukan sesuatu yang sulit untuk di lakukan, namun tetap saja kamu membutuhkan pengetahuan dan ketelatenan untuk membuat bunga torenia rajin berbunga dan tuymbuh subur. olehkarena itu saya akan membagi bagaimana cara merawat dan memperbanyak bunga torenia dalam artikel ini.

ciri-ciri bunga torenia

bunga torenia sendiri merupakan tanaman hias yang pada mulanya banyak dikira sebagai tanaman gulma atau tanaman rumput, padahal bunga mata kucing ini sangat cantik jika di tanam di pot atau sebagai border (pembatas) taman. karena bunga torenia ini bisa berbunga lebat dan berbunga sepanjang tahun.
ada banyak sekali jenis bunga wishbone atau bunga torenia yang tersebar di seluruh dunia, namun beberapa yang populer diantaranya adalah bunga torenia pink, bunga mata kucing biru dan bunga torenia yang berwarna putih, selain jenis-jenis warna bunga torenia itu masih banyak lagi warna lain bunga torenia, seperti ungu dan kuning.

bunga torenia ini memiliki tingga tanaman 15 sampai 30 cm, artinya memang tanaman bunga torenia bukan tanaman yang tinggi dan nyaris terlihat seperti rumput, hanya saja memiliki bunga yang sangat indah.

batang bunga torenia ini berwarna hijau menyerupai batang pada tanaman daun mint namun  berwarna lebih cerah dan lebih lunak. tanaman torenia sendiri memiliki bunga berkelopak tunggal dengan bentuk seperti lonceng yang tidak sempurna, namun sepintas menyerupai bung anggrek dengan warna ungu, merah pink di bagian pinggir dan warna putih di bagian pangkalnya. daunnya berbentuk belah ketupat dan sedikit bergerigi membuat bunga torenia sangat mudah untuk di kenali hanya dengan sekali melihat.

syarat tumbuh bunga torenia

tanaman cantik si bunga matakucing ini merupakan tanaman hias yang tahan banting dan dapat tumbuh di segala kondisi, jadi anda tidak perlu memusingkan syart tumbuh bunga mata kucing atau bunga torenia ini.

bunga torenia dapat tumbuh baik itu di dataran rendah hingga dataran tinggi, baik dengan penyinaran full maupun dengan sedikit naungan. namun bunga torenia akan lebih baik jika tidak di letakan di dalam ruangan kecuali anda rutin menjemurnya di pagi hari.

bunga torenia bagi banyak pecinta tanaman hias merupakan tanaman yang cocok untuk di tanam oleh pemula yang ingin belajar merawat tanaman hias, karena bunga torenia ini memiliki karakter yang mudah di rawat dan tidak mudah mati.

kamu hanya perlu menjaga agar tanaman bunga torenia selalu terkena sinar matahari, dan tercukupi kebutuhan air dan unsur haranya di dalam tanah untuk membuat bunga matakucing ini rajin berbunga.

Cara merawat dan Memperbanyak Bunga Torenia |mata Kucing

cara merawat bunga torenia ini tidak terlal rumit, namun seperti apa yang saya katakan sebelumnya, meskipun mudah kamu haru memiliki pengetahuan yang cukup dan ketelatenan ketika merawat bunga torenia tersebut.

merawat bunga torenia ini akan berbeda dengan cara merawat sutrabombai agar rajin berbunga, oleh karena itu penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana cara merawat bunga mata kucing yang satu ini dengan menyimak cara merawt bunga torenia agar tumbuh subur dan rajin berbunga.

pemilihan media tanam

bunga torenia merupakan tanaman hias yang tidak terlalu menyukai kelembapan tanah yang terlalu tinggi alias tidak menyukai tanah yang becek, oleh karena itu gunakan media tanam yang porous, namun kamu juga harus memperhatikan bahwa tanaman torenia ini cukup rakus dengan nutrisi,, jadi selain menggunakan tanah yang porous kamu harus tetap memperhatikan unsur hara dalam tanah. 

kamu bisa menggunakan media tanam dengan mencampurkan tanah, pupuk kandang dan sekam bakar dengan takaran 1;1;1 namun perlu di ingat bahwa pupuk kandang yang di gunakan harus yang sudah terfermentasi agar tidak membahayakan akar tanaman torenia ini.

campurkan racikan media tanam tersebut kedalam pot yang presisi agar tanaman torenia kamu semakin terlihat cantik, namuan jika kamu menanamnya langsung di tanah, kamu harus memperhatikan kondisi tanah dan membuatnya tetap terjaga kesuburannnya.

penyiraman

menyiram tanaman torenia tidak perlu dilakukan terlalu sering, bunga mata kucing yang satu ini tidak menyukai tanahyang becek sehingga pastikan untuk menyiram bunga torenia hanya ketika tanahnya mulai terlihatr kering atau setelah melalui hari yang panas.

siram bunga wishbone atau torenia ini cukup sekali sehati di sore atau pagi hari, namun jika kamu meletakannya di tempat panas dengan porositas tanah yang tinggi kamu bisa menyiramnya pagi dan sore hari, intinya semua tergantung tempat tinggal bunga torenia itu sendiri. membanjiri media tanam torenia dengan air yang menggenang akan embuta akar tanaman torenia membusuk dan menyebabkan kematian.

pemupukan

pupuk untuk tanaman torenia bisa menggunakan pupuk kimia seperti pupuk npk seimbang atau pupuk urea, karna pada dasarnya tanaman torenia ini tidak di konsumsi dan hanya untuk hiasan jadi penggunaan pupuk kimia tidak terlalu di permasalahkan.

namun jika kamu ingin merawat kesehatan tanah dengan bahan organik, kamu tetap boleh memberikan pupuk organik pada tanaman torenia. jika kamu tidak memiliki pupuk organik, kamu bisa membuat pupuk organik cair sendiri untuk pertumbuhan bunga torenia atau bunga mata kucing kesayangan kalian.

pemupukan bunga mata kucing sendiri bisa di lakukan dua minggu sekali atau sebulan sekali dengan dosisi yang tidak berlebihan, untuk pupuk npk saya biasanya hanya menggunaka 10 butir saja untuk setiap pot bunga torenia. memberi pupuk secara berlebihan dapat membuat tanaman overdosis dan bahkan menyebabkan kematian.

pemangkasan bunga torenia

dalam perawatan bunga mata kucing atau bunga torenia, pemangkasan sangat di perlukan untuk membuat bunga fishbon ini tumbuh dengan lebat dan subur.
pemangkasan akan merasngsang stolon atau tunas muda pada tanaman bunga mata kucing sehingga tanaman akan selalu segar dan rajin berbunga.
pemangkasan bunga torenia dapat kamu lakukan dalam beberap konsdisi, yaitu ketika tanaman bunga mata kucing kalian sudah mulai tinggi dan tidak terurus dan ketika batang tanaman torenia sudah mulai banyak terlihat tua.

pemangkasan atau pruning bunga mata kucing juga sangat di butuhkan ketika tanaman terserang hama yang cukup parah, pemangkasan ini bertujuan agar hama tidak menular pada ranting atau tanaman lain.

untuk membuat bunga torenia ini rajin berbunga kamu bisa melakukan pemangkasan pucuk bunga torenia yang sudah mulai tua agar segera menumbuhkan stolon baru yang akan berbunga kembali. sebenarnya meskipun tanaman bunga mata kucing atau fishbon flower ini terlihat seperti tanaman anual, namun faktanya tanaman torenia ternyata bisa tumbuh selama bertahun tahun.

disamping itu kamu juga bisa memperbanyak bunga torenia sebelum tanaman ini mati, bagaimana cara memperbanyak bunga torenia ini ? simak caranya di bawah ini.

cara Budidaya/ memperbanyak bunga torenia | mata kucing

Cara Merawat dan memperbanyak Bunga torenia | Bunga matakucing

memperbanyak bunga mata kucing atau bunga torenia sangat mudah untuk di lakukan, bunga torenia sendiri bisa di budidayaka dengan dua cara yaitu dengan metode generatif da budidaya bunga torenia dengan teknik vegetatif. simak cara budidaya bunga torenia di bawah ini :

budidaya bunga torenia teknik generatif

secara umum setiap tanaman memiliki fungsi bawaan untuk berkembang biak dan melestarikan keturunan, termasuk juga denga bunga mata kucing atau teronia ini. bekal bawaan untuk beregenerasi ini biasanya menggunakann buah dan biji yang akan tumbuh setelah menyentuh tanah.

biji torenia sendiri akan muncul setelah bunga torenia mulai rontok dan memunculkan buah berbentuk lancip menyerupai ujung tombak, sepintas buah torenia ini terlihat seperti kuncup bunga, namun jika di buka di dalanya terdapat puluhan biji torenia yang berukuran sangat kecil seperti butiran pasir.

Cara semai biji bunga torenia


biji torenia ini bisa langsung di semai di tanah, konon katanya semaian biji torenina yang baru di petik memiliki kualitas yang cukup baik. 
jangan khawatir, karna tanaman bunga mata kucing ini merupaka tanaman hias yang mudah tumbuh dari semai biji, lalu bagaimana cara semai biji bunga torenia ?

  1. ambil biji torenia yang tua pada bunga atau cari yang sudah pecah dan berwarna coklat
  2. rendam biji pada cairan ZPT atau air bawang merah. 
  3. semai biji torenia pada media tanam
  4. tutup biji torenia dengan sedikit tanah
  5. basahi tanah dengan cara di semprot air dengan sparyer (alat semprot)
  6. letakan pada tempat yang ternaungi atau terkena sinar matahari pagi
  7. dalam beberap hari bibit bunga torenia akan berkecambah dan menjadi tanaman yang baru.

nah, sangat mudah bukan untuk menyemai benih torenia. cara menyemai benih torenia ini memiliki presentase keberhasilan yang cukup tinggi. namun kamu perlu memperhatikan untuk menggunakan biji torenia yang berusia tua dan memiliki kualitas yang cukup baik.

tapi tanaman torenia yang berasal dari semai benih ini cukup lama untuk tumbuh jika kalian termasuk orang yang tidak sabaran, maka saya menyarankan metode budidaya torenia yang kedua dengan cara vegetatif. berikut ini merupakan cara budidaya bunga torenia dengan cara vegetatif.

cara budidaya bunga torenia dengan cara vegetatif

cara stek bunga torenia

cara stek bunga torenia ini cukup mudah, selain kamu bisa mendapatkan bunga torenia yang cepat besar dengan cara stek juga kamu bisa memanfaatkan sisa pemangkasan bunga torenia untuk di kembangbiakan lagi.

cara stek torenia ini mungkin tidak jauh berbeda dengan cara stek daun mint, jadi saya sarankan laian juga membaca artikel cara stek daun mint tersebut untuk menambah wawasan tentang tanaman. 

cara budidaya atau memperbanyak bunga torenia dengan cara stek juga bisa di lakukan dengan cara stek air, baca artikel tentang cara stek dengan media air untuk mengetahuinya lebih lanjut. 

langkah langkah budidaya bunga torenia dengan cara stek :

  • 1. pilih batang torenia yang sehat
  • 2. potong batang tanaman torenia ini minimal satu ruas tanaman sekitar 5 sampai 10 cm.
  • 3. pastikan setiap batang torenia yang di stek bagian bawahnya memiliki ruas atau percabangan, karena bagian ini yang akan menjadi tempat tumbuh akar baru bunga torenia
  • 4. persiapkan media tanam stek torenia, bisa menggunakan kompos tanah dan skam bakar.
  • 5. tancapkan ranting atau batang stek bunga mata kucing torenia di media tanam yang telah di siapkan
  • 6. letakan stekan bunga torenia pada tempat yang ternanungi sampai daun tanaman torenia ini muncul dan siap untuk di pindahkan.

*kamu juga bisa menambahkan zat pertumbuhan di bagian bawah batang stek untuk mempercepat tumbuhnya akar pada tanaman torenia.

Cara Budidaya Tanaman Teronia dengan Gragih

Cara Merawat dan memperbanyak Bunga torenia | Bunga matakucing
stek torenia
selain memperbanyak torenia dengan cara stek, kamu juga bisa memperbanyak tanaman yang cantik ini dengan cara runduk batang (gragih). nah simak cara runduk batang tanaman torenia di bawah ini :

Langkah langkah budidaya torenia dengan sistem runduk:

  • 1. pilih tanaman torenia yang sehat dan sudah menjulur panjang
  • 2. rundukan tangkai bunga torenia yang menjulur dan tempelkan ketanah
  • 3. timbun batang tanaman torenia dengan tanah atau tindih dengan batu krikil.
  • 4. tunggu beberapa minggu sampai akar tumbuh
  • 5. potong ranting dan tanaman torenia siap dipindahkan.

tips merawat bunga torenia

sedikit tips untuk merawat bunga torenia ini adalah mau harus menjada tanaman torenia ini tetap terhidrasi dan terus terkena sinar matahari langsung. karna jika tanaman torenia ini kurang sinar matahari tanaman akan mudah terserang oleh hama dan penyakit, berikut ini beberapa hama yang bisanya menyerang tanaman torenia :

Hama dan penyakit pada tanaman bunga mata kucing

sebenarnya tanaman bunga mata kucing atau torenia ini tidak terlalu banyak di serang hama, namun beberapa hama yang sering menyerang tanaman bunga torenia ini adalah belalang yang sering kali memakan daun dan batang tanaman bunga fishbon ini.

Cara Merawat dan memperbanyak Bunga torenia | Bunga matakucing
hama belalang pada torenia


selain belalang hama lain yang sering menyerang tanaman bunga torenia ini adalah ham akutu putih, baca artikel tentang bagiamana cara membasmi hama kutu putih untuk menangani masalah kutu putih pada tanaman torenia.

selain dua hama tersebut torenia bisa juga di serang dengan berbagai hama lainnya meskipun ini jarang terjadi, untuk mencegah hal tersebut kamu baiknya rutin memberikan pestisida organik untuk tanaman torenia kesayangan anda.

Harga bunga torenia

tanaman torenia ini merupakan tanaman yang indah dan sering berbunga setiap hari, namunkeindahan itu ternyata tidak membuat harganya melambung tinggi, bunga torenia hanya di bandrol dengan harga Rp.10.000 sampai dengan puluhan ribu saja. harga tanaman bunga torenia ini tergantung dengan kualitas dan kuantitas bunga torenia.  kamu bisa membeli bunga torenia di toko online, nursery terdekat atu membeli bijinya di toko bibit. namun jika kamu membeli bunga torenia secara online kamu juga mungkin harus membaca cara merawat tanaman yang layu stress karna pengiriman jauh untuk mempersiapkan penanganan terbaik saat bunga teronia sampai di rumah.

0 Response to "Cara Merawat dan memperbanyak Bunga torenia | Bunga matakucing"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel