-->

Cara Membuat Hidroponik Dari Bahan BEKAS dengan Mudah

jika dalam pikiran anda membuat hidroponik itu mahal, maka saya pikir pemikiran itu harus di rubah dengan membaca tulisan cara membuat hidroponik dari barang bekas seperti yang akan saya lakukan ini.

Cara Membuat Hidroponik Dari Bahan BEKAS dengan Mudah

pertanian tahap lanjut yang tidak menggunakan tanah atau bisa dilakukan bahkan dengan lahan sempit memang masih belum banyak di aplikasikan oleh para petani di indonesia, pertanian hidroponik masih ddipandang sebagai metode pertanian yang rumit dan tidak mudah untuk di lakukan, padahal bertani hidroponik ini ternyata sangat mudah untuk di lakukan dan bisa dimulai dengan menggunakan barang bekas yang tidak membutuhkan biaya yang mahal. kamu bisa memanfaatkan barang barang bekas yang ada di rumah atau mencarinya di tukang loak.

sistem yang paling mudah di aplikasikan dengan menggunakan barang bekas adalah hidroponik sistem wick. lalu seperti apa cara membuat hidroponik dari barang bekas ini ?
Baca juga : Perbedaan Hidroponik Dan Aquaponik yang wajib kamu ketahui.

Alat Dan Bahan Membuat Hidroponik Sederhana Dari Barang bekas


membuat hidroponik dari barang bekas akan membuat kantong anda tidak terkuras, karna barang-barang yang akan kita gunakan bisa di dapat dari sekitar kita dengan memanfaatkan barang yang ada misalnya botol, jrigen bekas atau bahkan box bekas. ini semua tergantung kreatifitas anda.
sebagai contoh saya membuat hidroponik dari drigen bekas dengan alat dan bahan sebagai berikut :
  1.  Gunting atau pisau cuter
  2.  Sarung tangan
  3.  Drigen bekas
  4. Gelas plastik bekas
  5.  Kain Flanel

semua alat dan bahan membuat hidroponik dari barang bekas  tersebut bisa kamu ganti atau substitusikan dengan barang-barang yang kamu miliki, kuncinya adalah menguasai konsepnya.
yaitu tempat penampungan air nutrisi, sumbu dan netpot.

beberapa barang tersebut bisa kamu kombinasikan dengan barang bekas yang ada di rumah, jadi patokannya tidak musti sama tapi konsepnya yang sama. silahkan bermain dengan kreatifitas anda.

Cara Membuat Hidroponik sederhana dari barang bekas


 setelah menemukan bahan yang cocok untuk membuat hidroponik sistem wick ini cara untuk membuat hidroponik sistem wick antara lain adalah sebagai berikut :

1. Buat pola lingkaran pada satu bagian jrigen


langkah ini tidak terlalu sulit namun harus di lakukan dengan teliti, karna jika salah jarak antar lubang bisa tidak sama. pola yang di buat adalah berbentuk lingkaran seukuran netpot atau gelas plastik yang di gunakan. kamu bisa menggunakan gelas plastik bekas atau membelinya di toko plastik dengan harga yang cukup murah.

Cara Membuat Hidroponik Dari Bahan BEKAS dengan Mudah


gunakan jangkar untuk membuat lingkaran yang lebih baik. jarak antar lubang di sesuaikan dengan jenis tanaman yang akan kita tanam. jika kamu ingin emnanam kangkung maka jarak tanam yang di butuhkan sekitar 7 sampai 12 Cm saja, agar tanaman kangkung bisa tumbuh dengan baik dan tidak menjalar.

2. potong atau lubangi jrigen mengikuti pola yang telah di buat


setelah membuat garis pola dengan spidol atau pulpen, selanjutnya adalah bagian yang perlu ekstra kehati-hartian karna menggunakan alat yang tajam, bisa menggunakan gunting atau dengan menggunakan pisau. lebih mudah jika menggunakan bor dengan mata bopr khusu, namun karna ini ceritanya menghemat dan masih pemula. kamu bisa menggunakan pisau cutter atau guntung untuk membuat lubang pada pola yang telah di buat sebelumnya.

ketika melakukan proses ini, sangat disarankan untuk menggunakan sarung tangan untuk mencegah hal yang tidak di inginkan.

3. buatlah lubang pada gelas plastik untuk netpot


lubangi bagian bawah gelas plastik sehingga menyerupai bentuk net pot, seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Hidroponik Dari Bahan BEKAS dengan Mudah

4. potong kain flanen sesuai kebutuhan


setelah memotong glas plastik, selanjutnya kamu bisa memotong kain vlanel dengan bentuk memajang dengan panjang 10 cm atau lebih untuk di gunakan sebagai sumbu (wick) pada hidroponik.

5. masukan kain flanel kedalam glas plastik


setelah selesai memotong, masukan kain flanel yang telah berbentuk persegi panjang tersebut kedalam netpot yang terbuat dari gelas plastik tersebut.

6. isi drigen dengan air nutrisi


seteah semua langkah diatas selesai di lakukan, selanjutnya adalah mengisi drigen tadi dengan air nutrisi AB mix, jumlah nutrisi yang di gunakan bisa di sesuaikan dengan tanaman yang di tanam, untuk tanaman kangkung kamu membutuhkan 1000PPm ab Mix, atu untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca : Cara menanam Kangkung hidroponik sederhana

7. letakan netpot pada lubang yang telah dibuat


letakan netpot pada lubang yang telah di siapkan, pastika agar bagian kain flanel menyentuh air, agar air dapat mengalir hingga ke atas. dan sebagai media rambatan akar tanaman sayuran hidroponik.

8. hidroponik sederhana siap digunakan

Cara Membuat Hidroponik Dari Bahan BEKAS dengan Mudah

setelah semuanya selesai, selanjutnya kamu bisa menanam bibit tanaman yang telah di semai sebelumnya dan sistem hidroponik wick siap di gunakan.

Tanaman Yang Bisa Di tanam Dengan Sistem hidroponik ini

Dengan menggunakan sistem wick dari barang bekas ini kamu sudah bisa menanam beragam jenis tanaman sayuran daun seperti selada, sawi, pakcoy dan kangkung. namun untuk para pemula saya menyarankan untuk menanam kangkung karena sayuran ini paling mudah untuk di tanam dengan metode hidroponik sistem wick dan sangat cocok untuk pemula karena minim resiko kegagalan.

Kekurangan Dan Kelebihan Hidroponik Dari Barang Bekas

kekurangan dan kelebihan hidroponik sistem wick secara umum dapat kamu baca di artikel yang berwarna hijau. namun scara kekurangan dan kelebihan hidroponik dengan barang bekas adalah sebagai berikut :

Kekurangan :

  • bahan tidak berkualitas baik karna berasal dari barang bekas
  • banyak muncul kendala teknis
  • tidak efektif ruang 
  • barang bekas sulit di dapatkan dengan jumlah banyak dan seragam

Kelebihan hidropoik dari bahan bekas

  • lebih hemat karna menggunakan barang bekas
  • cocok untuk pemula dan media pemblajaran
  • dapat dilakukan di rumah
  • menjaga kebersihan lingkungan
  • reuse (mengurangi sampah plastik)
  • bisa digunakan untuk hidroponik sekala rumahan.

Kesimpulan

membuat hidroponik tidak selalu mahal, kamu bahkan bisa menggunakan atau memanfaatkan barang bekas atau barang yang ada di sekitar kamu untuk membuat hidroponik. jadi tidak ada lagi alasan untuk membuat atau menanam pohon dengan sistem hidroponik.  ayok mulai menanam sayuran dihalaman untuk ketahanan pangan keluarga dan menyediakan oksigen segar untuk bumi yang lebih baik.

0 Response to "Cara Membuat Hidroponik Dari Bahan BEKAS dengan Mudah"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel