-->

Mengenal 11 Jenis Waru Berdasarkan Ciri- Ciri Daunnya

pohon waru banyak populer di Indonesia, setelah sebelumnya saya amembahas tentang Cara membuat bonsai dari pohon waru dan cara mengecilkan daun pohon waru untuk bonsai, kali ini saya akan  membahas bagaimana membedakan jenis pohon waru hanya dengan melihat daunnya.

Teknik ini sebenarnya sangat mudah dan gampang untuk dipelajari bahkan untuk pemula, karna masing-masing jenis waru atau keluaga hibiscus ini memilki perbedaan yang cukup jelas dari bentuk daun dan pohonnya. oiya bagi kamu yang belum tau waru ini masih satu keluarga dengan kembang sepatu jika dilihat dari genusnya (hibiscus) maka kemungkinan pohon waru bisa di sambung dengan bunga sepatu loh.

Mengenal jenis-jenis Waru Hanya Dari Daunnya


jenis- jenis waru

setiap pohon memiliki karakter dan cirinya masing- masing, baik itu dari daun, akar, batang maupun buahnya, namun beberapa pohon yang memiliki kekerabatan yang cukup dekat misalnya masih memiliki banyak klasifikasi yang sama dan hanya di bedakan dalam spesies seperti banyak jenis anggrek atau beringin (ficus-ficusan) sedikit rumit untuk dibedakan oleh para pemula penghobi tanaman.
tentu saja perbedaan jenis ini akan sangat mudah dikenali oleh para senior bonsai di nusantara. namun bagi para pemula perbedaan jenis pohon dilihat dari ciri-cirinya sedikit membingungkan dan membuat sakit kepala.

melalui artikel ini saya akan membagikan tips mengenali perbedaan jenis-jenis pohon waru mulai dari waru laut, waru india, waru gunung, varigata dan sterusnya hanya dengan melihat perbedaan pada daunnya. nah silahkan simak d bawah ini:

1. Waru Wayang 

tanaman waru wayang inibanyak diburu oleh para penghobi bonsai karena masih cukup langka dan memiliki keunggulan corak daun yang unik. Nama ilmiah waru wayabg adalah talipariti tiliaceum var. populneus.

ciri cir daun waru wayang ini adalah memiliki warna daun hijau terang biasanya hijau muda sampai hijau pucat dengan garis corak unik di daunnya yang terlihat seperti pola wayang sehingga waru ini disebut sebagai waru wayang, gambar daun waru wayang adalah sebagai berikut : 

2. Waru Taiwan

waru taiwan memiliki bentuk yang menyerupai bentuk hati (love) dengan warna hijau tua dan permukaan daun yang sedikit kasar. waru taiwan sangat sulit dibedakan denga waru india namun kebanyakan daun pohon waru india lebih kecil daripada daun pohon waru taiwan

3. Waru India

seperti yang saya katakan barusan, waru india ini paling banyak digemari sebagai bonsai karena daun waru india relatif kecil dan memiliki batang dan perakaran yang cukup unik, sehingga tidak heran banyak orang yang membudidayakan waruy india untuk dijadikan sebagai bonsai, selain waru india jenis waru lain yang banyak dijadikan sebagai bonsai adalah waru jepang.

4. Waru Jepang

waru jepang memiliki keunikan tersendiri karena bentuk daunnya yang cukup "menyimpang" atau berbeda dari kebanyakan jenis waru, waru jepang memiliki bentuk daun membulat serta berbentuk lebar sehingga waru ini sepinta terlihat seperti piring atau mangkuk.

5. Waru Merah

ciri-ciri waru merah (hibiscus tiliaceus rubra) mungkin tidak perlu digambarkan dengan gamblang, karna memang seperti namanya, waru merah ini memiliki daun berwarna merah yang tentu saja akan terlihat sangat mencolok daripada jenis tanaman waru lainnya.
daun waru yang berwarna merah ini menjadi ciri utama yang membedakan waru merah dengan jenis waru lainnya.
waru merah/hibiscus tiliaceus rubra


6. Waru Brazil

waru berazil ini memiliki ciri-ciri daun berwarna hijau tua dengan bentuk hati namun memiliki sisi bawah yang lebih runcing dengan bagian pinggir yang menggembung. untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat contoh daun waru brazil pada contoh gambar di bawah ini :

waru brazil


7. Waru Varigata

jenis waru ini relatif baru, seperti namanya waru varigata memiliki warna daun bercorak putih sebagaimana ciri khas tanaman varigata pada umumnya, banyak kolektor bonsai mencari waru varigata ini untuk dijadikan koleksi tanaman bonsai.
selain dibonsai waru varigata juga banyak diminati sebagai tanaman penghias taman karna keunikan warna daunnya yang bercorak hijau putih.

waru varigata


8. Waru tisuk atau waru gunung

jenis waru ini memiliki ciri-ciri daun waru yang membentuk  segi di bagian sisi nya sehingga waru ini sangat berbeda dengan waru jepang yang memiliki bentuk membulat, waru gunung ini memiliki bentuk daun yang cukup mudah untuk dikenali, seperti namanya waru gunung banyak tumbuh didataran tinggi, namun sebenarnya waru ini juga bisa tumbuh di dataran rendah dan menengah.
berikut ini contoh gambar daun waru gunung:

waru gunung


9. Waru Laut (hibiscus tiliaceus)

waru laut (sea hibiscus) merupakan tanaman waru yang paling banyak ditemukan baik itu didataran rendah samapai dataran tinggi, jenis waru ini memiliki ama hibiscus tilanecius, tanaman waru laut umumnya dapat kitatemukan didataran renda, bahkan dataran berpasir dipesisir pantai.
waru jenis ini memiliki bunga berwarna kuning dengan bagian tengah sedikit coklat kehitaman, ukuran bunganya cukup besar seperti bunga hibiscus pada umumnya.

10. waru lokal

sepintas jenis waru ini memiliki ciri seperti waru laut dan terlihatsama persisi, namun terdapat sedikit perbedaan antara waru laut dan waru lokal di bagian daunnya jika kalian amati dengan sekmsa,a ciri daun waru lokal lebih smoot daripada waru laut, waru laut memiliki tulang daun yang terlihat kontras dengan warna daunm sedangkan pada waru lokal tulang daun tidak terlalu terlihat menonjol.

11. Waru landak

namanya memang unik memang, waru landak ini dinamai demikian karena memiliki ciri-ciri daun yang runcing pada bagian ujungnyta sehingga daun waru ini dinamakan waru landak. waru landak sendiri memiliki tiga ujung bagian runcing pada daunnya sehingga terlihat seperti mahkota atau trisula, sepintas daun waru ini sering disamakan dengan jenis daun maple.

waru landah berbunga

nah itulah jenis-jenis waru berdasarkan ciri-ciri daunnya, bonsai waru apa yang kamu miliki sekarang ? kamu bisa membagikan pengalaman kamu mengenal jenis-jenis bonsai waru selama bergelut didunia bonsai di kolom komentar agar pembaca lain mengetahui perbedaan dari masing-masing pohon waru diatas.

0 Response to "Mengenal 11 Jenis Waru Berdasarkan Ciri- Ciri Daunnya"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel