-->

Cara Mengecilkan Daun Pohon Bonsai dengan Mudah

bonsai biasanya identik dengan tanaman dengan bentuk pohon dan daun yang kecil, lalu bagaimana misalnya jika daun pohon tersebut secara alimi tumbuh dengan bentuk lebar seperti pada pohon waru, nah negini cara mengecilkan daun pada pohon bonsai.

bukan hanya waru, pohon bonsai memang harus memiliki daun yang kecil, beberapa jenis tanaman yang bisa di bonsai memilki daun yang cukup lebar, dan itulah tantangan untuk para penghobi bonsai membuat daun menjadi mengecil, salahsatu bonsai yang memiliki daun yang lebar dan harus dikecilkan adalah, waru, loa, beringin, rukem, sancang, dan masih banyak lagi termasukdiantaranya adalah bonsai bugenvil dan jenis bonsai bunga lainnya.

Mengapa daun bonsai harus berukuran kecil

mengecilkan daun bonsai

pohon bonsai merupakan tanaman yang dibuat kecil atau kerdil namun memiliki tingkat estetika yang tinggi, sehingga tanaman ini lebih terlihat seperti miniatur pohon besar daripada pohon kerdil.
pohon bonsai sendiri memiliki beberapa arturan baku yang membuat pohon tersebut layak dikatakan sebagai bonsai, bonsai yang ideal juga harus memiliki dimensi yang porosional anatara sepatu (pot) kaki (peerakaran) batang, percabangan, dan mahkota, termasuk diantaranya adalah ukuran daun yang porposional. itulah mengapa bonsai diluar negri menggunakan pohon cemara karna memilki daun seperti jarum  dan berarti kita tidak perlu memusingkan pengecilan daun bonsai.

namun untuk wilayah tropis seperti indonesia, kita memiliki kekayaan hayati yang lebih beragam, termasuk pohon yang bisa dibonsai, dengan demikian mengecilkan daun pohon yang akan dibonsai menjadi tantangan tersendiri, dun yang berhasil mengecil akan menambah daya tarik dan estetika tanaman bonsai tersebut, tentu saja ini akan sangat mempengaruhi penilaian juri saat kontes.

lalu jenis bonsai apa saja yang daunnya bisa di kecilkan, jawabannya adalah semua jenis daun tanaman yang di bonsai sebenarnya bisa di kecilkan, mulai dari serut, beringin, waru, bugenvil sancang atau jenis lainnya,. kuncinya adalah mengetahui cara pengecilan daun yang benar dan tepat.

lalu pertanyaannya bagaimana sih caranya mengecilkan daun ponhon bonsai, terutama daun pohon yang berukuran lebar seperti waru dan loa, sebelum itu jika kamu ingin membuat bonsai pohon waru, kamu bisa membaca artikel : cara membuat pohon bonsai waru untuk pemula.

Cara Mengecilkan daun bonsai

mengecilkan daun bonsai beringin

untuk tanaman bonsai seperti loa dan waru, mengecilkan daun yang berukuran sebesar telapak tangan orang dewasa tentu saja menjadi tantangan tersendiri, mengingat kita ketahui bahwa ukuran target pengecilam daun ini bukan satu atau dua senti saja, beberapa penghobi bahkan memutuskan untuk memangkas habis daun pohon waru atau loa dan menyisakan rantingnya saja sebagai gaya musim gugur karena sudah pusing dengan cara mengeciklan daun pohon bonsai waru (misalnya).

olehkarena itu agar kamu bisa menampilan bonsai kamu dengan daun dan peforma yang baik, kamu wajib mengetahui cara membuat daun bonsai menjadi kecil.

inilah teknik membuat daun bonsai menjadi kecil

membuat daun bonsai menjadi kecil membutuhkan teknik dan cara tertentu, teknik ini saya dapatkan dari diskusi dengan para master bonsai dari seluruh indonesia didalam grup bonsai yang saya ikuti, tentu saja cara ini telah dilakukan oleh banyak master bonsai dan berhasil. bagaimanakah caranya ? simak dibawah ini.

sebelum memulai langkah-langkahnya, pastikan kamu juga harus membuat tanaman bosnsai kamu dalam kondisi prima dan sehat terlebih dahulu. jika bonsai yang kamu miliki adalah bonsai loa, atau ficcus racemosa, kamu bisa membaca panduan cara menanam dan merawat pohon loa.

pemangkasan untuk mengecilkan daun bonsai

teknik paling umum dan sudah banyak diketahui untuk mengecilkan daun bonsai adalah dengan cara pemangkasan, pemangkasan yang benar pada tanaman bonsai harus dilakukan dengan teknik khusus. tidak terlalu merepotkan sebenarnya, namun harus dilakukan secara hati-hati agar tidak memangkas bagian yang tidak ingin kita potong.

pada saat memotong ranting dan daun, potonglah dari ranting yang telah berwarna coklat, karena ranting pohon yang berwarna hijau jika di potong hasilnya akan jelek, sedangkajn ranting tua yang dipotong akan menumbuhkan percabangan baru dan mengeluarkan daun yang lebih kecil. lakukan ini secara terus menerus sampai daun benar- benar mencapai bentuk dan ukuran yangkita inginkan.

letakan pada tempat yang panas


meletakan bonsai pada tempat yang panas adalah salahsatu tips jitu untuk mengeciklkan daun, karena tempat yang panas akan membuat bonsai mengalami over sunlight dan penguapan yang berlebihan sehingga secara alami daun akan mengecil untuk mengurangi penguapan, teknik pemanasan pada tanaman bonsai ini harus diiringi dengan tekning mengurangi penyiraman seperti dibawah ini.

kurangi intensitas penyiraman


mengurangi intensitas penyiraman akan membuat bonsai menjadi kering namun pastikan untuk tisak sampai layu dan kekeringan loh yah, hanya memastikan untuk membuat pohon bonsai ini memaksa tubuhnya secara alami untuk mengurangi penguapan dengan menumbuhkan daun yang berukuran kecil.
prinsip kerjanya sama seperti tanaman kaktus, diamana pada tanaman kaktus daun berubahmenjadi duri untuk mengurangi penguapan.

sebaliknya, jika tanaman diletakan pada tempat yang teduh, biasanya daun tanamanmenjadi lebih lebar dan hijau oleh karena itu banyak jenis tanaman teduh yang memiliiki daun yang cukup lebar seperti aglonema dan caladium.

pada tanaman bonsai, khusunya bonsai waru, cara pemangkasan dan pemanasan ini cukup efektif dan banyak yang berhasil sehingga mendapatkan ukuran daun yang relatif kecil daripada ukuran sebenarnya.
selain itu ada cara lain yang harus dilakukan seperti dibawah ini.

jangan berikan pupuk berlebihan

cara mengecilkan daun bonsai

pupuk digunakan untuk memicu pertumbuhan tanaman danmembuat tanaman menjadi subuir, salahsatu fungsi pupuk seperti pada artikel saya cara membuat pupuk organik cair adalah untuk memicu pertumbuhan batang dan daun, semakin subur tanaman, maka daun juga akan semakin lebar dan lebat.
usahakan untuk menghentikan sementara atau mengurangi pemberian pupuk dalam bentuk apapun untuk sementara waktu selama melakukanpengecilan ukuran daun bonsai.

lakukan secara rutin


untuk mendapatkan hasil daun yang kecil dan pas untuk tanaman bonsai khusunya daun bonsai waru yang relatif besar, kamu harus melakukan langkah-langkah tersebut secara rutin dan disiplin dengan mengkombinasikan semua langkah-lanmgkah diatas secara sekaligus, dengan demikian daun akan lebih cepat mengecil. tentu saja pengecilan daun ini tidak berlangsung singkat atau dalam satu atau dua kali pruning saja, melainkan membutuhkan beberapa kali pruning untuk emmbuat daun benar-benar mengecil.

itulah beberapa cara yang bisa saya bagikan, semoga metode tersebut bisa membantu, jika ada kekurangan atau tanggapan lain kamu bisa menuliskannya di komentar untuk menyempurnakan artikel untuk pembaca lain.

0 Response to "Cara Mengecilkan Daun Pohon Bonsai dengan Mudah"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel