-->

Praktis Dan Mudah Begini "Cara Membuat Bonsai Bunga Kertas/ Bugenvil Dengan mudah"

bagaimana cara membuat bonsai bunga bugenvil atau bunga kertas? ilmukebun.com akan membagikan tips cara untuk membuat bonsai bunga kertas yang paling mudah dan gampang untuk dilakukan.

Langkah Awal Membuat Bonsai Bunga Kertas/ Bugenvil

Cara membuat bonsai bunga bugenvil dengan mudah
contoh bunga bugenvil yang indah

bunga bugenvil semakin populer belakangan ini untuk di jadikan bonsai kepopuleran bunga kertas ini juga berjalan beriringan dengan tingkat kepopuleran bonsai di indonesia yang semakin meningkat. hal ini bisa terlihat jelas dari antusias grup -grup belajar bonsai di indonesia yang semakin banyak di minati dan semakin ramai dari hari kehari.
baca juga artikel cara membuat bugenvil rajin berbunga dengan lebat

lalu sebenarnya apa itu bonsai ?

bonsai sendiri merupakan seni mengkerdilkan tanaman, atau seni untuk membuat tanaman menjadi lebih indah dengan membuatnya sebagai miniatur yang akan mencontoh bentuk aslinya di alam liar dengan ukuran yang jauh lebih besar. dalambonsai sendiri terdapat aturan- aturan baku tentang pembentukan bonsai, tapi aturan tersebut akan saya tulis dalam artikel yang berbeda karena dikhawatirkan menjadi terlalu panjang dan membosankan.

banyak tanaman bisa di buat menjadi bonsai, namun tanaman bonsai sendiri memiliki kriteria tertentu untuk di sebut sebagai bonsai salahsatunya daun tanaman harus bisa mengecil sehingga terciptanya keseimbangan dimensi tanaman, salahsatu tanaman yang dsering dianggap bonsai tapi sebenarnya bukan merupakan bonsai adalah tanaman adenium dan bonsai kelapa yang yang dikerdilkan. kelapa tidak memenuhi syarat untuk dijadikan bonsai, olehkarena itu bonsai kelapa tidak pernah diikutkan dalam kontes bonsai secara umum.

beberapa tanaman yang populer untuk dijadikan bonsai adalah salahsatunya pohon cemara, bonsai serut, bunga lantana, sakura dan beberapa jenis ficus seperti salahsatu judul artikel web ini yang mengulas bonsai pohon loa (ficus racemosa) yang masih satu keluarga dengan buah tin. dan salahsatu dari sekian banyak jenis pohon bonsai, bunga kertas atau bugenvil adalah salahsatu jenis pohon bonsai yang cukup populer loh..

bunga kertas atau bugenvil sendiri merupakan tanaman hias yang sangat mudah di rawat dan di perbanyak dengan cara stek, disamping itu bunga kertas juga memiliki keindahan warna yang beraneka ragam sehingga menarik peminat bonsai untuk mengkreasikan pohon bungakertas ini menjadi bonsai.

batang pohon bunga kertas biasanya lentur saat masih muda sehingga sangat mudah untuk di bentuk, meskipun berduri tajam batang pohon bunga kertas yang sudah tua tidak memiliki duri dan cenderung berwarna cerah dengan tekstur lapuk yang khas dan unik.

tidak percaya jika pohon bunga kertas ini sangat cantik jika dijadikan sebagai bonsai ? silahkan baca artikel inspirasi bonsai pohon kertas kualitas kontes.

nah karena kecantikan bonsai pohon bunga bugenvil inilah akhirnya bunga kertas memiliki banyak peminat dan harga lumayan tinggi dipasaran. umunya terdapat dua jenis bonsai bugenvil, pertama bonsai taman dan kedua bugenvil bonsai hias. keduanya memiliki perbedaan dan keungguannya sendiri-sendiri. lalu bagaimana cara membuat bonsai bugenvil ?

Cara Membuat Bonsai Bugenvil

untuk memebuat bonsai bugenvil ada beberapa cara atau langkah- langkah yang bisa kamu gunakan sebagai berikut :

Cara membuat bonsai bunga bugenvil dengan mudah

persiapan alat dan bahan 

untuk membuat bunga kertas menjadi bonsai kamu membutuhka beberapa alat dan bahan, tapi tenang saja karna alat dan bahan ini merupakan perlengkapan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah kok, berikut ini beberapa alat dan bahan yang harus kamu siapkan.


  1. Bibit bunga kertas/bougenvile
  2. Pupuk kandang/kompos
  3. Pupuk anorganik
  4. Kerikil
  5. Pasir
  6. Isolasi
  7. Tali raffia
  8. Tang
  9. Kawat bonsai
  10. Cetok
  11. Media tanam
  12. Pot
  13. Gunting tanaman

memilih Pohon bunga bugenvil yang baik untuk di bosai

Cara membuat bonsai bunga bugenvil dengan mudah

untuk membuat bonsai bunga bugenvil yang baik kamu harusmemilih bibit pohon dengan kualitas yang bagus agar bonsai yang dihasilkan juga bagus, selain memperhatikan estetika bentuk gerak dasar pohon, kamu juga harus memperhatikan kesehatan tanaman bugenvil tersebut.

bibit bunga bugenvil selain bisa kamu beli di toko tanaman hias, kamu juga bisa mendapatkannya dengan cara stek atau vangkok bibit bunga bugenvil sendiri loh, untuk menstek bunga bugenvil ini kamu harus memililiki bunga bugenvil induk atau batang indukan yang bisa kamu cangkok atau stekk.

keunggulan dari stek atau cangkok bugenvil yaitu memiliki perakaran yang lebih bagus dan lebih kuat untuk menahan tanaman, karena tanaman hasil cangkokan atau stek memiliki akar berbentuk lateral dan bukannya akar tunggal. baca lebih banyak mengenai keunggulan dan kekurangan tanaman hasil cangkok pada artikel disamping ini : keunggulan dan kekurangan tanaman hasil cangkokan.

selain itu tanaman bunga kertasyang sehat untuk di bonsai haruslah merupakan tanaman yang sehat bisa dilihat dari batang akar dan daunnya yang segar juga tidak berpenyakit.. jika tanaman bugenvil tersebut memiliki serangan hama misalnya saja hama kutu putih maka baca artikel cara mengatasi hama kutu putih pada tanaman untuk melakukan penanganan yang tepat.

meracik media tanam pohon bonsai bugenvil

Cara membuat bonsai bunga bugenvil dengan mudah

meskipun bunga bugenvil ini sangat mudah tumbuh dn bukan tipe tanaman yang rewel untuk segi perawatan atau nutrisinya namun usahakan untuk tetap memberikan media tanam dengan kualitas baik dan tidak menggunakan media tanam bekas yang telah diguanakan tanaman lain karena rawan berpenyakit dan menimbulkan jamur. media tanam yang bagus untuk tanaman bugenvil sendiri harus bersifat porous atau tidak menyimpan air seperti pasir malang, sekam bakar atau jenis media tanam sejens dengan fungsi yang sma. kamu bisa memadukan pasir malang sekam bakar dan pupuk kandang untuk media tanam bugenvil ini dengan perbandingan 2;2;1 atau racikan media tanam lain yang kamu inginkan.

ketika meletakan bunga bugenvil kedalam pot pastikan untuk memberikan bantalan media tanam terlebih dahulu ke bunga bugenvil tersebut  dengan mesngisi media tanam sebagian kedalam pot lalu letakan bunga bugenvil diatasnya dengan posisi yang kokoh dan menimbunnya dengan tanah kembali.

Mempersiapkan pot atau polibag untuk bunga bugenvil

bunga bugenvil atau bunga kertas menyukai pot atau polibag dengan aerasi yang cukup baik. ini akan bermanfaat untuk membuat pohon bunga bugenvil kalian berbunga dengan terapi kering.
biasnya para pecinta bonsai menggunakan pot keramik atau grabah untuk bunga bugenvil, namun kamu juga bisa menggunakan polibag selagi belum memiliki pot keramik untuk bunga bugenvil bonsai yang kamu miliki..

Cara membuat bonsai bunga bugenvil dengan mudah
bugenvil semakin indah dengan pot keramik


pastikan pot yang kamu gunakan steril dan tidak meninggalkan hama seperti jamur dan penyakit untuk tanaman, untuk berjaga-jaga, kamu bisa menyemprotkan insektisida dan fungi sida kedalam pot bunga bugenvil tersebut sebelum digunakan.

Pruning pada bunga bugenvil.

pruning atau pemangkasan ranting dan daun pada bunga bugenvil dilakukan dengan dua tujuan sebagai berikut :
Cara membuat bonsai bunga bugenvil dengan mudah

pemangkasan perawatan
perawatan pemangkasan ini bertujuan untuk membuat bugenvil menjadi lebih rapih dan berguna untuk mengurangi penguapan pada tanaman, daun bunga bugenvil yang di pangkas akan tumbuh lagi dengan cabang yang lebih banyak. pemangkasan perawatan juga bertujuan untuk menghilangkan hama yang muncul pada tanaman bugenvil. selain itu pemangkasan ini juga dilakukan saat tanam akan di repoting agar tidak layu dan mati.

pemangkasan pembentukan
sedangkan pemangkasan pembentukan bertujuan untuk merapihkan dan membentuk tanaman sehingga terlihat indah dan memiliki nilai estetik yang cukup baik. kamu bisa melakukan pemangkasan pembentukan ini secara rutin jika ingin membuat bonsai menjadi indah.

Buatlah Gerak Dasar Bonsai


sudah menjadi rahasi aumum, untuk membuat bonsai yang bagusmemerlukan pembentukan gerak dasar pohon bonsai yang rapih dan sesuait aturan baku bonsai, oleh karena itu sebelum membuat bonsai lebih lanjut pelajari terlebih dahulu cara membuat gerak dasar pada tanaman bonsai.

bunga kertas memiliki karakter lentur namun kokoh sehingga untuk membuat gerak dasr membentukan kawat bonsai yang cukup kuat. namun pada batang muda bugenvil cenderunpatah dan kulitnya mudah terkelupas, sehingga akan sedikit sulit untuk membuat manuver tajam pada gerak dasr poho bonsai tersebut.

Cara membuat bonsai bunga bugenvil dengan mudah


ada banyak jenis gerak dasar yang bisa kamu buat dengan bonsai bunga kertas, untuk inspirasi bunga bugenvil bonsai dan menentukan gerak dasar bonsai bugenvil kamu bisa melihatnya di artikel 29+ inspirasi bonsai bugenvil. hal penting ketika membuat gerak dasar pada tanaman bonsai anda lakukanlah pembentukan batang bonsai dengan benar dan konsepkan bentuk yang akan anda buat dari awal sampai goal.

perawatan yang perlu dilakukan

Cara membuat bonsai bunga bugenvil dengan mudah

merawat bonsai bugenvil cenderung lebih mudah daripada membentuk bonsai, untuk merawat bonsai kamu hanya perlu rutin dan telatn untuk memangkas ranting yang tidak direncanakan, keluar jalur dan membuat tanaman bonsai tidak rapih. selain itu beberapa perawatan lain yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut.

penyiraman : penyiraman pada tanaman bonsai bisa kamulakukan dengan memberikan air sampai membasahi tanaman, tapi jangan terlalu basah atau jangan terlalu sering karena tanaman bugenvil yangterlalu banyak disiram tidak akan memunculka bunga.

pemupukan : bunga bugenvil merupakan tanaman yang tidak boros terhadap pupuk. jika pada tanaman bunga mawar atau portulaca kalian membutuhkan pemupukan rutin dua minggu sekali, maka pada tanaman bugenvil ini kamu cukup memberi pupuk 3 bulan sekali atau lebih jarang, namun dimasa pertumbuhan kamu juga bisa memberinya pupuk secara rutin untuk mempercepat pertumbuhannya, pupuk yang banyak di gunakan untuk tanaman bunga buganvil ini diantaranya adalah npk. tapi kamu juga bisa menggunakan pupuk organik cair yang bisa kamu buat sendiri, baca selengkapanya bagaimana cara membuat pupuk organik cair sendiri.

nah, itulah beberapa langkah mudah membuat bonsai bunga bugenvil yang bisa kamu ikuti di rumah. kamu juga bisa melakukan grafting atau menyambung bunga bugenvil agar memiliki banyak warna dalam satu pohon, baca juga caranya di artikel dalam web ini www.ilmukebun.com

0 Response to "Praktis Dan Mudah Begini "Cara Membuat Bonsai Bunga Kertas/ Bugenvil Dengan mudah""

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel