-->

10 Teknik Rahasia membuat Ponon Mangg rajin Berbuah Meskipun Masih Kecil

Tips Rahasia Cara Membuat Pohon Mangga Berbuah

Teknik Rahasia membuat Ponon Mangg rajin Berbuah Meskipun Masih Kecilmenanam pohon merupakan aktifitas yang sangat baik untuk kesehatan jiwa maupun lingkungan, apalagi jika pohon yang kita tanam dapat berbuah dengan baik dan bisa di konsumsi oleh manusia, salahsatu pohon atau tanaman buah-buahan yang cukup populer adalah pohon mangga.
sayangnya pada kondisi tertentu pohon mangga baru bisa berbuah setelah berumur cukup tua dengan ukuran pohon yang cukup besar. nah melalui artikel ini saya ingin membagi tips bagaimana cara membuat pohon mangga lebih cepat berbuah atau bahkan bisa berbuah di luar musim.

pohon mangga sendiri merupakan tanaman asli tropis yang banyak di sukai masyarakat dan memiliki banyak jenis, mulai dari yang berbentuk bulat sampai memanjang, semua jenis buah mangga ini memiliki keuniakan dan rasa yang khas dari masing-masing jenisnya, salahsatunya adalah mangga gedong gincu yang berasal dari wilayah cirebon,indramayu dan sekitarnya yang berbentuk seperti apel namun memiliki rasa mangga yang khas. selain mangga gedong banyak jenis farietas mangga lainnya yang banyak si sukai masyarakat misalnya saja mangga harum manis atau cokanan dan mangga irwin yang memiliki warna ungu sehingga di sebut mangga ungu.

pada masyarakat korea dan china, mangga bahkan disebut-sebut sebagai buah pemberian dewa dan memiliki harga yang cukup tinggi di daerah jepang, korea dan china. padahal di indonesia buah-buahan ini memiliki harga yang tidak terlalu mahal, yuk simak cara membuat mangga berbuah meski di luar musim di artikel ini.

membuahkan pohon mangga bahkan diluar musim
mangga biasanya mengeluarkan bunga dan menjadi buah sekitar 1 sampai 2 kali dalam setahun tergantung musimnya, jika sedang musim mangga maka buha mangga akan melimpah dan membuat harganya turun di pasaran. olehkarena itu akan sangat menguntungka jika bisa membuat pohon mangga berbuah diluar musim, meskipun hasil panen tidak terlalu melimpah sebanyak ketika masuk musim mangga.
tapi membuah kan mangga di luar musim dapat kamu coba untuk mendapatkan panenan lebih banyak sepanjang tahun.

umumnya cara membuat mangga berbuah diluar musim ini hanya berlaku untuk tanaman mangga hasil graftinga/ sambungan atau hasil cangkokan. mangga hasil cangkokan dikenal dengan tanaman manggga yang lebih unggul dari mangga hasil menanam dari biji. selain mangga banyak tanaman di cangkok untuk membuat tanaman tersebut lebih cepat berbuah, kamu bisa membacanya lebih lanjut di artikel keunggulan dan kekurangan tanaman hasil cangkokan.

namun jika setelah menanam tanaman hasil cangkokan tapi pohon mangga kamu tidak kunjung berbuah, mungkin kamu perlu memastikan tanaman cangkokan kamu telah memenuhi syarat-syarat dibawah ini :

alasan pohon mangga tidak berbuah


  1. diluar musim : beberapa tanaman amangga sangat sulit untuk berbuah di luar musim, ini karena tanaman mangga tersebut masih sangat terkait dengan lingkungan dan kondisi iklim sehingga membutuhkan kondisi tertentu untuk merangsang pembuahan, pada jenis mangga ini meskipun kamu mengupayakan agar berbunga tapi masih diluar musim buah mangga maka hal tersebut hanya akan sia-sia dan percuma untuk dilakukan.
  2. usia tanam : tanaman yang berasal dari okulasi, cangkok atau jenis grafting lain umumnya lebih cepat berbuah daripada tanaman mangga yang berasal dari biji, ini karena batang tanaman hasil grafting merupakan tempelan dari tanaman yang sudah pernah berbuah, sehingga tanaman mangga hasil grafting akan lebih cepat berbuah, nah biasanya jenis mangga graftingan seperti ini bisa berbuah meskipun di tanam di dalam pot. tapi jangan memaksakan pembuahan pada mangga yang masih terlalu muda, biarkan mangga menggunakan nutrisi yang terkandung di tanah untuk pertumbuhan mereka, karena bagaimanapun semakin besar pohon mangga semakin banyak buah yang akan dihasilkan.
  3. ukuran pohon : seperti yang saya katakan sebelumnya, ukuran pohon akan menentukan jika pohon akan berbuah atau tidak, memang sangat unik dan menyenangkan ketika melihat pohon mangga berukuran beberapa jengkal dan sudah berbuah tapi biasanya buah yang di dihasilkan hanya 1 atau dua buah saja. jangan kecewa jika tanaman mangga kalian belum berbuah meskipun sudah memiliki tingga 1 meter misalnya. karna biasanya pohon  mangga yang belum berbuah masih dalam vase vegetatif dan belum memasuki masa generatif. olehkarena itu saya akan berbagi tips agar anda bisa memicu tanaman mangga untuk memasuki vase generatif dan memunculkan bunga dan buah diluar musim.
  4. kekurangan unsur hara : untuk memunculkan buah pohon mangga harus memiliki surplus nutrisi, karna buah bagi semua pohon adalah kandungan nutrisi dari pohon itu sendiri, jadi jika tanamankurang nutrisi maka buah akan sulit muncul dan hanya berfokus pada bertahan hidup. tapi untuk jenis mangga tertentu terlalu banyak nutrisi akan membuat pohon memunculkan daun muda atau pupus baru bukannya buah, jadi kenali dulu karakter pohon mangga yang kamu tanam.
  5. penyakit : beberap amangga sulit untuk mengeluarkan bunga dan buah karena dihinggapi oleh hama tertentu pada tanaman, misalnya saja hama kutu putih yang sering menyerang pohon mangga atau hama lain seperti ulat batang/ranting yang menggrogoti pohon mangga dari dalam. untuk menangani hama tersebut kamubisa membaca artikel cara mengatasi hama kutu putih pada tanaman. masalalah hama juga bisa menyerang saat pohon mangga sudah berbuah dan menyebabkan mangga menjadi busuk, kita mengenalnya dengan hama lalat buah, untuk mengatasi hama ini kamu juga bisa membaca cara mengatasi lalat buah secara alami.
  6. faktor lain : selain beberapa alasan diatas ada beberapa penyebab lain tanaman mangga kamu tidak berbuah misalnya saja kondisi cuaca, iklim dan bahkan genetik dari pohon itu sendiri. tapi saya berkeyakinan bahwa semua yang kita tanam pasti akan berbuah suatu hari nanti, setidaknya pohon mangga anda memiliki manfaat untuk berteduh dari panas bagi mahluk tuhan ataupun penyedia oksigen bagi mahluk hidup lainnyya Baca juga : 7 alasan menanam pohon adalah amal jariah.


Cara Membuat Pohon Mangga berbuah

beberapa cara membuat pohon mangga agar berbuah ini mungkin sangat anda butuhkan dan anda perlukan jika kalian memiliki tanaman mangga tapi tidak kunjung berbuah meskipun sudah diberi pupuk dan di rawat sepenuh hati. dengan melakukan tips di bawah ini, bukan lagi sebuah mimpi untuk mencicipi manisnya mangga hasil panen sendiri bahkan meskipun pohon mangga yang kalian tanam hanya di tanam didalam pot di halaman rumah yang minimalis.

berikut ini tipa /cara membuat pohon mangga berbuah dalam pot :

1. pupuk agar pohon mangga berbuah

beberapa pohon bisa berbuah secara alami, namun teknologi pertanian yang cukup maju juga memungkinkanmanusia untuk merekayasa pupuk tanaman dan memicu buah pada tanaman, beberapa cara yang sangat efektif untuk membuat poho mangga berbuah adala dengan cara memberikan p[upuk boster untuk pembentukan buahh/ bunga. pupuk ini kan memicu tanaman merubah kondisi dari fase vegetatif menjadi vase generatif.
pupuk boster buah untuk pohon mangga bisa kamu beli di toko oline maupun toko pertanian yang ada di kota kamu. jadi tunggu apalagi, kamu bisa mencoba membuat pohon mangga kamu berbuah hanya dengan menggunakan pupuk boster, contoh pupuk boster agar pohon mangga berbuah adalah sebagai beriku :

Teknik Rahasia membuat Ponon Mangg rajin Berbuah Meskipun Masih Kecil
pupuk boster bunga pohon mangga

selain pupuk diatas masih banyak merek atau jenis pupuk lain yang bisa kamu gunakan, semuanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing dan bisa dikembalikan lagi pada kebutuhan dan keinginan kalian masing-masing.
untuk cara penggunaan pupuk tersebut tanpaknya tidak perlu saya bahas di sini kartena saat anda membeli pupuk tersebutbiasanya telah dilengkapi dengan cara penggunaannya. masing-masing prodak memiliki cara penggunaan yang berbeda-beda sehingga tidak bisa di samakan antara satu dengan lainnya.

2. pelilitan batang pohon mangga

teknik melilit batang biasanya sudah banyak di ketahui oleh masyarakat tradiusional untuk memicu pohon mangga berbuah, teknik pelilitan batang atau ranting pohon mangga ini bukannya tanpa maksud, namun bertujuan agar nutrisi hasil fotosintesisi yang berhasil di proses oleh daun tidak terdistribusi ke akar dengan sempurna karna terhambat lilitan yang dibuat oleh para petani. karna distribusi nutrisi ke akar terhambat, maka nutrisi hasil fotosintesis kemudian menumpuk di batang dan memicu perubahan dari vegetatif menuju generatif dan membuat pohon mangga berbunga atau memunculkan bakal buah. nah selain berguna untuk memicu pembuahan, pelilitan ini juga berguna untuk memperbanyak hasil buah yang di dapatkan. karena terjadi surplus nutrisi di batang sehingga nuyrisi tersebut bisa di alokasikan ke buah pada tanaman sehingga mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
Teknik Rahasia membuat Ponon Mangg rajin Berbuah Meskipun Masih Kecil

pelilitan pada pohon mangga sendiri bisa kamu lakukan dengan menggunakan kawat atau tali yang di ikat dengan kencang sehingga pasokan nutrisi akan terhambat. pada kebanyakan pohon nutrisi dari akar akan di salurkan keseluruh tanaman khusunya daun untuk melakukan fotosintesisi dari batang pohon, sedangkannutrisi hasil fotosintesisi akan di salurkan tanaman dari kulit pohon, jadi tujuan kita adalah meililit kulit pohon agar persebaran nutrisi tersebut terhambat. khusunya pada batang utama dan percabangan besar pada tanamanpohon mangga.

3. menyayat pohon mangga agar berbuah

konsep dasar penyayatan pada pohon mangga ini sebenarnya sama dengan teknik melilit batang pohon mangga. yaitu bertujuan untuk menghambat distribusi hasil fotosintesis pada pohon mangga. cara ini sangat efektif digunakan untuk tanaman mangga yang sudah memiliki batang yang cukup besar dan tidak kunjung berbuah.

caranya adalah dengan memberikan peluka-an dengan menggores batang pohon mangga secara horizontal dan terputis-putus untuk tetap menjaga aliran nutrisi ke akar tetap terpenuhi.
pelukaan batang mangga ini bisa memicu pembentukan bunga karena surplus nutrisi pada tanaman sehingga mangga akan memasuki fase generatif dan memunculkan buah.

namun perlu di perhatikan agar tidak melakukan penyayatan batang pohon mangga terlalu berlebihan karena bisa membuat pohon mangga mati jika di kalukan dengan berlebihan, misalnya mengeratnya seperti akan di cangkok dari batang utama.

kiamu bisa melukai pohon mangga ini dengan cara menyayatnya di bagian bawag atau pangkal pohon utama atau dibagian batang cabang, tapi lebih banyak orang melakukan penyayatan dibagian batang utama karena lebih mudah untuk di lakukan, terutama pada pohon mangga yang berukuran besar.

Teknik Rahasia membuat Ponon Mangg rajin Berbuah Meskipun Masih Kecil
contoh sayatan pohon mangga

4. perawatan yang rutin pada pohon mangga

produksi pohon mangga atau tanaman lain sangat dipengaruhi oleh perawatan yang di lakukan, ada pepatah lama mengatakan pohon tidak akan berhianat untuk berbakti pada tuannya jika di rawat dengan sepenuh hati. nah olehkarena itu  untuk meningkatkan produktifitas pohon mangga sehingga berbuah banyak den lebat kamu harus melakukan perawatan yang baik terhadap pohon tersebut.
perawatan pada pohon mangga juga bertujuan untuk menghindari serangan hama, kekurangan nuytrisi atau penyakit lain yang dapat menyebabkan gagal panen pada pohon mangga, berikut ini beberapa tips perawatan yang bisa kamu lakukan pada pohon mangga agar rajin berbuah dan lebat.

Teknik Rahasia membuat Ponon Mangg rajin Berbuah Meskipun Masih Kecil
bibit pohon mangga berkualitas berbuah dalam polibag


penyiraman : pohon membutuhkan air untuk proses fotosintesis dan kebutuhan nutrisinya, olehkarena itu jangan sampai membiarkan pohon mangga anda kekeringan, terutama jika tanaman mangga tersebut masih berukuran kecil atau ditanam di dalam pot.

Pemupukan : pupuk akan sangat baik untuk menyuplai unsur hara dan nutrisi di dalam tanah yang bisa di serap oleh tanaman untuk pertumbuhan dan memunculkan bunga, selalu rutin memberikan pupuk pada tanaman akan bagus untuk pertumbuhan tanaman dan memberikan hasil yang maksimal kepada tanaman tersebut. olehkarena itu lakukan pemupukan pohon mangga secara rutin, kamu juga bisa membuat pupuk sendiri untuk pohon mangga agar rajin berbuah atau memicu pertumbuhannya dengan  (Baca) -> membuat pupuk organik cair POC sendiri untuk pertumbuhan tanaman.

5. Pelekukan batang dan ranting pohon mangga

pelengkungan ini dilakukan dengan cara menarik ranting batang pohon mengga sehingga melengkung ke bawah dan bertujuan untuk menghambat nutrisi hasil fotosintesisi untuk mencapai kar, pelengkunagnb ini hanya bisa di lakukan pada batang pohon mangga yang masih berukuran sedang dan tidak dianjurkan untuk pohon mangga di bawah 1 meter.

caranya dengan melengkungkan ranting ke bawah dengan hati-hati agar tidak patah dan mengikatnya dengan tali atau pemberat sehingga ranting tidak kembali pada posisinya yang semula. cara ini memang belum terlalu populer dan masih jarang di gunakan, namun jika kamu sudah mengetahui kuncinya cara ini akan sangat efektif untuk membungakan pohon mangga., selain itu cara inijuga bisa membuat pohon mangga kamu menjadi tidak terlalu tinggi.

6. pemangkasan untuk merangsang buah mangga

pruning atau pemangkasan sangat penting di lakukan pada beberapa pohon termasuk pohon mangga untuk merawat pohon mangga tetap sehat dan tumbuh dengan terarah.
pemangkasan biasanya memiliki beberapa tujuan misalnya, pemangkasan untuk merapihkan batang. pemangkasan ini dilakukan ketika ranting pohon mangga mulai tumbuh dengan tidak teratur sehingga membuat percabangan pohon mangga tidak rapih.

pemangkasan untuk memicu tumbuhnya tunas baru. selain pemangkasan untuk kerapihan pohon pruning juga banyak dilakyukan untuk menumbuhkan daun pupus baru pada tanamanmangga.
pruning untuk memicu tumbuhnya bunga. pada beberapa tanaman, pemangkasan dapat memicu tanaman untuk berbunga, misalnya pada tanaman kelengkeng, pemangkasan ranting pohon kelengkeng ini akan membuat pohon memunculkan daun baru yang berbarengan dengan kuncup bunga.
Teknik Rahasia membuat Ponon Mangg rajin Berbuah Meskipun Masih Kecil
pemangkasan pada ranting pohon mangga

selain itu pemangkasan juga bisa memberikan dampak positif bagi tanaman salahsatunya untuk mengurangi kelembapan, memusnahkan hama dan sebagai rangsangan pada tanaman untuk memunculkan cabang baru yang akan dijadikan sebagai tempat tumbuhnya kuncup bunga, sengan demikian pemangkasan phon mangga bisa membuat produktifitas buah mangga menjadi meningkat.
pemangkasan ranting pada pohon mangga bisa kamu lakukan dengan gunting ranting, gergaji atau juga bisa dengan menggunakan golok tebas dengan tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan kerja.

7. pemberian Obat atau ZPT

pemberian ZPT pada umumnya dilakukan untuk membuat pohon mangga bertumbuh dengan baik, karena pada dasarnya ZPT adalah zat yang bisa memicu pertyumbuhan tanaman baik itu kar batang maupun daun, namun pada pohon mangga khusunya pohon mangga yang telah memasuki masa generatif, pemberian ZPT bisa memicu pembuahan pada poho mengga sehingga pohon mangga tersebut bisa memunculkan buah dengan lebat..

cara pengaplikasian ZPT pada tanaman mangga bisa di lakukan dengan beberapa cara, cara yang paling umum adalah dengan 2 teknik yaitu dengan menyemprotkannya di daun pohon mangga atau memberikan zpt pada akar melalui penyiraman pada tanah.

zpt ini akan sangat berfungsi dengan baik untuk membuat pohon mangga berbuah jika di berikan dengan dosisi yang tepat, memberi zpt secara berlebihan pada pohon mangga justru akan membuat poho mangga tumbuh subur daunnyya dan bukannya menumbuhkan bunga

8. pemberian dolomit (kapur pertanian)

dolomit atau kapur pertanian sangat bermanfaat untuk dijadikan sebgai pupuk, selain berguna untuk menurunkan PH tanah, dolomit juga bisa dijadikan sebagai pupuk karna kandungannya yang baik untuk memicu pembentukan bunga pada pohon mangga. pengaplikasian dolomit sndiri tidak terlalu rumit. kamu bisa memberikannya langsung di tanah melingkari pohon mangga atau jika kamu baru ingin menanam dan mengatur keasaman tanah kamubisa mengaplikasikannya 2 minggu sebelum pemberia pupuk dan pengolahan tanah untuk ditanami pohon mangga.

Teknik Rahasia membuat Ponon Mangg rajin Berbuah Meskipun Masih Kecil
pupuk dolomit / kapur pertanian

9. kombinasikan teknik pembungaan buah mangga

selain menggunakan salahsatu cara diatas, kamu bisa memaksimalkan usaha untuk membuat pohon mangga dengan mengkombinasikan beberapa cara diatas untuk membuat pohon mangga berbuah. beberapa cara diatas ini harus kamu lakukan secara rutin dan konsisten agar tanaman pohon mangga kamu cepat berbuah dan berbunga.

namun selain itu memiliki bibit pohon yang unggul juga sangat berpengaruh untuk membuat pohon mangga berbuah . berikut ini beberap tips memilih bibit pohon mangga yang unggul jika kamu baru berencana untuk menanam pohon mangga di halaman rumah.

Teknik Rahasia membuat Ponon Mangg rajin Berbuah Meskipun Masih Kecil
buah mangga terlihat subur dan berbuah meski hanya di tanam dalam pot

10. Tips memilih bibit mangga berkualitas agar cepat berbuah

tipa ini saya tunjukan untuk kamu yang baru berencana untuk membeli pohon mangga untuk di tanam di halaman rumah atau di kebun, sedangkan cara diatas adalah cara yang harus dilakukan jika kamu telah memiliki pohon mangga dan tidak kunjung berbunga.
membuat pohon mangga cepat berbuah ini akan sangat penting dan lebih mudah dilakukan jika menggunakan bibit pohon mangga dengan kualitas yang baik.
untuk menentukan bibit mangga tersebut berkualitas baik atau tidak kamu bisa membaca beberap tips di bawah ini sebelum membeli bibit pohon mangga.

Ciri-ciri bibit pohon mangga yang memiliki kualitas baik :


  1. memiliki daun yang sehat : pohon mangga yang baik untuk di tanam dan kemungkinan berasal dari bibit unggul bisa di lihat dari daunnya yang sehat tidak berpenyakit dan memiliki bentuk yang sempura, berwarna hijau pekat atau hijau terang untuk daun yang masih muda. namun beberapa pupus daun mangga juga ada yang berwarna coklat kemerahan, mintalah penjual bibit mangga untuk memiliki bibit mangga terbaik yang bisa di temui di too tanaman tersebut. beberapa masalah pada daun tanaman juga mbisa menandakan penyakit tertentu pada pohon tersebut, baca selengkapnya di: penyebab daun tanaman menguning dan cara mentgatasinya.
  2. batang yang kokoh : tanaman mangga yang sehat memiliki batang pohon yang presisi dengan tinggi pohon mangga tersebut, dalam artian batang tersebut tidak kurus dan kutilang (kurus tinggi langsing) tanaman mangga yang memiliki batang besar akan lebih bagus daripada mangga yang berbatang kecil dan panjang meskipun yang berbatang kecil lebih tinggi.
  3. percabangan : memilih pohon mangga yang akan cepat berbuah dapat di lihat dari percabanganya, semakin banyak percabangan yang tumbuh pada pohon mangga menandakan pohon tersebut sehat dan akan memunculkan bunga yang lebat.
  4. perakaran pohon mangga : akar pohon mangga yang baik biasanya berbentuk serabut berwarna hitam. pilihlah pohon mangga dengan perakaran yang baik dan cukup lebat untuk menopang hidup pohon mangga. semakin bagus perakaran pohon mangga maka akan semakin bagus juga pertumbuhan pohon mangga yang di hasilkan.
nah itulah beberapa tips memilih pohon mangga yang bisa kamu lakukan, selain memilih pohon mangga kamu juga harus melakukan perawatan seperti pada cara yang saya bagikan diatas untuk membuat pohon mangga cepat berbunga dan berbuah dengan baik. untuk kamu yang menanam pohon magga di rumah atau halaman kamu juga harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
  • jarak tanam
  • jarak pohon dengan bangunan
  • perawatan berkala
  • pemupukan yang benar
  • intensitas cahaya matahari
  • dan kebutuhan air
nah itulah beberapa tips menanam pohon mangga agar cepat berbunga dan berbuah yang bisa saya bagikan di artikel ini, jika kamu memiliki cara atau teknik yang berbeda untuk membuat pohon mangga berbuah, kamu juga bisa membagikan pengalaman kamu untuk membuangakan pohon mangga pada kolom komentar. 

selain artikel yentang membuat pohon mangga berbuah kamu juga bisa melihart artikel tanaman buah (tabulampot) dan jenis tanaman lainnya di www.ilmukebun.com.

0 Response to "10 Teknik Rahasia membuat Ponon Mangg rajin Berbuah Meskipun Masih Kecil"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel