-->

5 Cara Mengetahui Nama Tanaman Dengan Mudah

pecinta tanaman hias mungkin akan sangat terbantu dengan artikel ini, karna sebagai penghobi tanaman saya juga sering kebingungan untuk mengetahui jenis tanaman baru yang baru saya temui, apalagijika tanaman tersebut tanaman bunga yang cantik dan indah.

5 Cara Mengetahui Nama Tanaman Dengan Mudah
aplikasi untuk mengetahui nama tanaman

semua penghobi tanaman hias pasti paham, untuk memberikan perawatan yang terbaik untuk tanaman paling tidak kita harus mengetahui nama dari tanaman tersebut agar kita tahu bagaimana perawatan yang tepat dari hasil mencari referensi yang kita temukan di internet, beberapa keuntungan mengetahui nama atau ID tanaman adalah antara lain sebagai berikut :


  • mempermudah perawatan
  • mengetahui klasifikasi dan nama ilmiah
  • memudahkan pencarian referensi
  • mengetahui manfaat dari tanaman tersebut
  • memahami penangan khusu dan hama pada tanaman
  • dan masih banyak lagi.


lalu pertanyaannya adalah, bagaimana cara mengetahui nama atau id tanaman hias yang kita temukan baik itu di nursery atau dimanapun. jawabannya akan saya himpun dalam artikel berdasarkan pengalaman pribadi selama saya menggeluti dunia tanaman hias.

5 Cara mengetahui Id/ Nama tanaman bunga yang baru kita temui dari daunnya


tulisan ini bermula ketika saya melihat tanaman cantik di pinggir jalan yang memiliki daun lebar dengan bentuk yang unik, tanaman tersebut saya temukan di pinggir hutan daerah jawa tengah. karna saya bingung mengidentifikasi tanaman tersebut akhirnya saya putuskan untuk mengambil tanaman di pinggir hutan tersebut untuk di bawa pulang karna keindahannya.

sampai dirumah saya kebingungan untuk melakukan perawatan yang benar dan baik untuk tanaman baru ini, akhirnya saya hanya bisa merawat dengan upaya perawatan seadanya dan paling stdandar untuk tanaman hias, bahkan saya mencoba merawat dengan menciptakan lingkungan seperti tempat saya mengambil tanaman itu dulu, waktu itu saya menemukannya di bawah naungan pohon, jadi saya pikir tanaman ini suka dengan tempat yang teduh. tanpa pikir panjang dan masih pensaran saya akhirnya memberanikan diri untuk memelihara tanaman ini tanpa mengetahui namanya.
baca juga : cara mudah menanam dan memperbanyak aglonema

permasalahan mulai banyak terjadi dan akhirnya tanaman ini hidup segan mati tak mau. :(. so akhirnya say mulai cari tau tentang taneman ini dengan beberapa cara di bawah ini yang ternyata bisa membantu dan membuat saya mengetahui apa nama tanaman ini. penasaran apa nama tanaman yang saya pungut di hutan ? simak artikelnya sampai akhir yah.

1. manfatkan google search image


ternyata mengetahui nama tanaman atau identitas tanaman biasa di singkat Id itu nggak sulit sama sekali diera yang sangat maju dan serba digital. kamu bisa dengan mudah mencari tau nama tanaman, orang atau bahkan barang hanya dengan memiliki photo dari subjek tersebut.
saya teringan fasilitas cerdas dari google untuk melakukan pencarian berbasis data gambar. akhirnya saya foto daun tanaman yang masih tersisa dan membuka alamat www.image.google.com menggunakan laptop. saya tidak tahu apakah google image suport dengan ponesl atau tidak, mungkin kamu bisa mencoba memberitahu hasilnya di komentar jika mencoba dengan android.

kembali ketopik : google search image dapat kita manfaatkan untuk melakukan pencarian berbasis data gambar termasuk untuk menemukan nama tanaman tertentu, asalkan kita punya fotonya yang bisa kita gunakan untuk mencari nama tanaman tersebut, genus, family atau bahkan gambar serupa tapi tak sama.

caranya :
buka www.image.google.com, kamu akan melihat laman branda google dengan kolom search yang memiliki icon gambar kamera dibagian samping kanan kolom pencarian tersebut. klik gambar kamera tersebut dan pilih upload gambar. setelah itu pilihlah gambar tanaman baik itu daun ataupun bunga dari tanaman yang ingin kamu ketahui nama dan jenisnya. lalu klik enter dan kamu akan menemukan banyak hasil pencarian gambar daun atau bunga yang serupa, klik salasatu gambar dan buka situs web/ kunjungi alamat web. maka kamu kan menemukan artikel lengkap tentang nama dan cara perawatan dari tanaman tersebut.

Baca juga : Cara merawat bunga bugenvil agar berbunga lebat

jika cara simple ini terdengar rumit untuk kamu, ada pilihan lain untuk mengetahui nama tanaman /id tanaman hias yang kamu sukai, berikut ini caranya...

2. gunakan aplikasi 


ada banyak jenis aplikasi yang mendukung fitur pencarian nama tanaman dan klasifikasinya di google playstore, beberapa aplikasi tersebut sangat mudah di gunakan dan yang pasti gratis untuk di donload.

aplikasi ini bisa kamu temukan dengan cara membuka playstore lalu ketik pencarian "id tanaman" atau "nama Tanaman" bisa juga dengan kata kunci lain yang merujuk pada nama tanaman. selanjutnya klik cari dan akan  bermuncula segudang pilihan aplikasi yang bisa kamu download untuk mengetahui nama tanaman.

pilih salahsatu aplikasi tersebut, sebagai contoh saya memilih aplikasi plant net yang memiliki logo aplikasi berbentuk daun 4 helai seperti di bawah ini.

langkah-langkah mengetahui nama tanaman dengan aplikasi plantnet identify.

  1. buka aplikasi plantnet
  2. klik gambar icon poto/kamera yang ada di tengah bagian bawah
  3. akan muncul dua pilihan untuk mengambil poto langsung atau lihat dari galery
  4. saya memilih lihat di galeri dan memilih poto tanaman yang saya miliki
  5. pilih jenis foto tanaman kamu (bunga, daun, buah,batangpohon, habitat atau lainnya)
  6. tunggu loading selesai
  7. lihat hasil yang kamu dapatkan dan selamat kamu telah mengetahui nama tanaman yang kamu miliki.
langkah-langkah identifikasi tanaman dengan aplikasi plantnet identify | ilmukebun.com

3. bertanya di forum diskusi tanaman


cara ini adalah cara yang paling sering saya gunakan untuk megetahui nama atau id yanaman hias atau tanaman obat sebelum mengetahui tentang aplikasi dan google search. karena cara ini bagi saya cara yang paling mudah dan menyenangkan.

kamu hanya perlu bergabung dalam grup tanaman atau dalam forum tanaman bisa itu di WA, FB atau media diskusi lainnya. salahsatu grup yang saya rekomendasikan adalah grup pecinta dan pelestaritanaman hias KPPTH , grup ini banyak memiliki anggota yang tertib dan mengikuti aturan, juga yang pasti gemar membantu saya mengidentifikasi nama tanaman tertentu.

bisanya setelah mengupload gambar tanaman baik itu tanaman hias atau tanaman apapun anda akan dibanjiri dengan komentar jawaban tentang nama tanaman tersebut. tidak percaya,? silahkan gabung dalam grup dan saya tunggu postingan anda hehe.

selain bisa mengetahui nama tanaman, kamu juga bisa saling berkenalan dan berdiskusi seputar tanaman hias dalam grup ata forum tanaman yang kamu miliki. selain sangat membantu hal ini juga bisa membuat kamu memiliki teman baru dengan hobi yang sama.

4. menggunakan web identifikasi tanaman


selain beberapa cara diatas kamu masih bisa mengetahui nama tanaman hias atau tanaman obat bahkan rumput dengan cara menggunakan situs alamat web untuk mengetahuinya. cara ini juga sama mudahnya bisa kamu lakukan tanpa harus melihat tutorial di sini, karena dalam laman web tersebut sudah sangat simple dan jelas bagaimana cara mengetahui nama tanaman dengan bantuan web tersebut. yup kita akan menggunakan web.

kunjungi laman https://identify.plantnet.org/ dan kamu akan melihat tampilan branda yang sangat mudah di pahami dan digunakan untuk mengetahui jenis tanaman apa yang kamu miliki gambar/photonya. kurang lebih cara kerja web ini sama dengan cara kerja aplikasi seperti pada poin nomer 2. karena alamat web ini memang tertaut dengan aplikasi tersebut.

5. tanyakan langsung pada penjual tanaman 

hal pertama yang biasanya saya lakukan ketika berkunjung ke nursery atau toko tanaman hias, adalah menanyakan nama tanaman tersebut sebelum membeli tanaman, juga menanyakan bagaimana perawatannya yang baik agar tanamanbisa tumbuh dengan sehat dan subur. kebetulan saya memiliki beberapa kontak dan kenalan nursery di wilayah tempat saya tinggal., jadi cara ini juga bisa di lakukan dan sangat efektif.

tapi jika kamu terlalu riskan untuk pergi ke nursery. cara 1 sampai dengan 4 bisa menjadi alteratif yang sangat membantu untuk mengetahui jenis tanaman apa yang ingin kamu ketahui..

nah itulah sedikit pengalaman saya mencari tahu nama tanaman yang membuat saya teretarik dan memutuskan untuk mengambilnya dari tepi hutan di pinggir jalan di daerah jawa tengah, ternyata nama tanaman tersebut adalah bunga begonia, saya juga telah membuat artikel tentang perawatan bunga begonia di blog ini dengan judul cara memperbanyak bunga begonia dengan cara stek.

0 Response to "5 Cara Mengetahui Nama Tanaman Dengan Mudah"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel