-->

Media Tanam Terbaik Untuk Caladium

 Caladium atau lebih dikenal secara umum sebagai tanaman keladi (lompong hias) merupakan tanaman dari keluarga talas-talasan.  tanaman keladi juga sering disebut sebagai tanaman abadi, karna dapat hidup dalam jangka waktu yang lama, bahkan bisa bertahan di kondis extreme sekalipun. Ini di sebabkan karena caladium memiliki siklus dormansi yang memungkinkan tanaman tetap hidup meskipun di lingkungan yg tidak mendukung.



Belakangan tanaman hias berdaun lebar ini banyak di minati oleh para penghobi tanaman hias, caladium hybrid menjadi salahsatu yng paling di cari saat ini. Warnanya yang terang dengan bentuk daun beraneka ragam membuat keladi hias memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran.

Namun sayangnya harga yang tinggi dan keindahan daun yang menor ini harus di barengi dengan perawatan dan perlakuan yang tepat agar membuat tanaman caladium tetap dalam kondisi prima dan menghindari siklus dormansi yang merepotkan.

Ada beberapa hal yang harus caladiumlovers pahami terlebih dahulu sebelum memebeli tanaman keladi hias ini. Salahsatunya adalah :

HABITAT TANAMAN CALADIUM

caladium merupakan tanaman berdaun lebar dengan habitat alami di pematang sawah, di daerah lembah hutan dekat dengan sumbe air atau bahkan di kedalaman huutan dengan tingkat kelembapan yang cukup tinggi.

namundalamperkembangannya caladium banyak di silangkan sehingga muncullah banyak arian caladium baru, thailand merupakan negara yang sangat aktif menyilangkan caladium sejauh ini.

pesona daunnya yanglebar dengan beraneka macam motif daun membuat tanaman caladium memiliki pasar tersendiri dibandingkan dengan tanaman hias jenis lain..

JENIS CALADIUM

Ada beberapa jenis tanaman caladium yang banyak di cari oleh parapecinta tanaman hias. Beberapa diantaranya merupakan jenis keladi lokal, hybrid import maupun keladi hibrid lokal anlk bangsa.

Beberapa tanaman keladi yang paling banyak digemari saat ini adalah sebagai berikut :

1. Baret

2. Keladi wayang

3. Keladi cattumpah /shycool

4. Keladi jaguar

5. Keladi worton

6. Keladi invfinity

7. Keladi kujang

8. Keladi wonderland

9. Keladi NPK

10. Keladi yellow leopard.

11. Keladi ginggerland

12. Keladi white knight

13.  Keladi HN series

14. Keladi NC series 

15. Keladi SBA series dan masih banyak lagi jenis lainnya.


Ini masih belum menghitung jenis caladium hibryd yang terus bermunculan dari hari ke hari. 

Untuk lebih banyak mengetahui jenis tanaman caladium atau jika kamu sedang mencari tanaman caladium kamu bida menghubungi kami melalui laman instagram @hutanhujan.florist atau membaca artikel jenis tanaman caladiun paling laris di sini.


Akan tetapi ada baiknya sebelum membeli caladiun kamu harus mengetahui bagaimana cara merawat keladi. Dimulai dari pemilihan nedia tanam. Penyiraman hingga kelempaban yang dibutuhkan oleh tanaman caladium ini.

SIFAT MEDIA TANAM YANG BAIK UNTUK CALADIUM

Keladi hias sangat menyukai media tanam yang bersifay porous namun tetap menyimpan kelembapan. Untuk menyiasatinya kamu bisa menggunakan media tanam sepeprti sekam bakar dan cocopeat dengan meletakan piringab air di vawah pot caladium untuk menjaga kelembapannya.


Kekurangan kelempaban bisa di dalam media tanam caladium dapat menyebabkan tanaman layu kering hingga memicu masuknya fase dormansi. Karna lada habitat aslinya caladium tumbuh di tempat yang cenderung basah namun memiliki drainase yang cukup baik. Sehingga menempatkan caaadium dalam media tanam yang kering akan membiat tanaman caladium kalian layu.


secara amai di habitat aslinya keladi akan memasuki masa dormansi pada musim panas  yaitu ketika pasokan air tanah sudah mulai menipis dan permukaan tanah menjadi sangat panas dan kering. 

Jadi mengusahakan media tanam yang selalu lembab untuk caladium menjadi salahsatu prioritas yang harus di penuhi.

Akantetapi kalian harus berhati-hati jika media tanam terlalu lembab. Akan memicu banyak tumbuhnya jamur atau hama lain yang bisa nyebabkan tanaman keladi kalian busuk. 


MEDIA TANAM YANG BAGUS UNTUK CALADIUM

Semua petani dan penghobi tanaman hias pasti memiliki rumusnya sendiri-sendiri. Apa yang akan saya bagikan di sini adalah apa yang biasa saya gunakan. 

Media tanam bisa saja di ubah selagi memiliki sifat yang sama. Yang penting adalah mrmahami dimana kita tinggal dan menyesuaikan dengan kebutuhan tanaman yang kita pelihara. 

Misalnya saja. Jika kamu tinggal di daerah pegunungan yang relatif sejuk dan memiliki curah hujan tinggi. Maka pemilihan media tanam dengan tingkat keporousan yang tinggi adalah pilihan terbaik untuk menghindari busuk akar dan overwatering. 

Namun sebaliknya jika kamu tinggal di dataran rendah yang panas dengan kelembapan rendah. Pilihan media tanam yang banyak menyimpan air akan lebih menyenangkan tanaman daripapda media tanam yang lain. 


Olehkarena itu karna saya tinggal di dataran yang cenderung panas . Media tanam yang akab saya sharing ini mungkin lebih cocok untung penghobis tanaman di dataran rendah juga. 

untuk tanaman caladium, media tanam ideal yang saya gunakan selama ini adalah dengan menggunakan bahan-bahan sebagai berikut :

1. Sekam bakar 65%

2. Cocopeat 30%

3. Pupuk slowrealis (dekastar) 5% untuk menjaga kesuburan. Bisa diganti dengan pupuk kandang hang sudah steril.


selain media tanam diatas kamu juga bisa menggunakab media tanam lain sesuai keadaan dan ketersediaan di daerah tempat tinggal kalian. Misalnya saja nenggunakan tanah humus. Sekam fermentasi atau bahkan dengan andam bambu. 

Intinya adalah kalian harus benar-benar kebutuhan tanaman caladium itu sendiri karna media tanam adalah komponen yang bisa di racik untuk menyesuaikan dimana kalian menanam caladium tersebut. 

Jangan membuat sakit kepala dengan mengusahakan media tanam yang tidak ada di tempat kalian tinggal atau menggunakan biaya yang tinggi untuk membeli media tanam seperti yang di gunakan nursery atau plants influencer yang kalian follow. 

Utamakan untuk benar-benar memahami dimana kalian tinggal dan jenis tanaman apa yang kalian tanam. 


untuk tambahan media tanam selertu moss atau lumut juga sangat baik untuk caladium. Kamu juga bisa membeli media tanam khusus caladium secara online dengan menghubungi kami di @hutanhujan.florist.

PENUTUP

neh demikian ulasan singkat kamimengenai tanaman caladiumsemoga bisa membantu teman  teman sekalian yangsedang mencari referensi untuk tanaman berdaun indah ini.

0 Response to "Media Tanam Terbaik Untuk Caladium"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel