-->

Cara Merawat Bonsai Murbey Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Berbuah

 Bonsai murbey merupakan salahsatu tanaman bonsai yang memiliki buah sehingga akan menampilkan karakter pohon bonsai yang unik dan sedap dipandang mata.

Ada banyak inspirasi pohon bonsai murbey yang bisa kamu contoh, atau kamu juga bisa membuat pohon bonsai murbey dengan gaya yang kamu sukai sendiri selama masih beradadalam koridor aturan bonsai yang di akui oleh PPBI namun jika kamu sebatas menikmati pohon bonsai maka aturan bonsai oleh ppbi bisa kamu abaikan saja.

Selain sebagai tanaman bonsai, murbey juga cocok di tanam sebagai tanaman pekarangan, tanaman pagar, atau bahkan tanaman buah dalam pot (Tabulampot).  

dalam artikel ini secara spesifik saya akan membahas bagaimana cara merawat bonsai murbey, karna menurut saya merawat bonsai murbey akan lebioh sulit daripada merawat tanaman murbey yang dio tanam di pekarangan atau di dalam pot yang lebih besar. Hal ini berbeda dengan tanaman murbey yang di bonsai, selain karna di letakan didalam pot dengan media tanam yang minim, tanaman murbey yang dibonsai juga harus selalu di jaga dari serangan hama dan penyakit karena menjadi lebih rentan.

Berikut ini beberapa tips dari saya berdasarkan pengalaman pribadi tentang cara merawat pohon bonsai murbey.

Cara Merawat Bonsai Murbey

bonsai murbey (facebook)

selain untuk pohon bonsai kamu juga bisa menerapkan cara ini pada pohon murbey yang kamu tanam di pot atau di tanah sebagai pohon pekarangan.

1. ukuran pot

Pemilihan ukuran pot yang tepat akan sangat mempengaruhi penampilan bonsai murbey, namun salah dalam memilih ukuran pot bisa menyebabkanb kesalahan fatal, karena pot yang tidak sesuai bukan hanya mengurangi nilai estetika, namun juga dapat membuat tanaman tidak sehat. 

sesuaikan ukuran pot dengan ukuran bonsai yang kalian miliki, selain itu pot juga harus mampu menampung media tanam yang cuklup untuk bonsai murbey, karna tanaman bonsai murbey merupakan tanaman bonsai yang rakus akan unsur hara dan air sehingga pot juga harus di sesuaikan dengan karakter pohon murbey tersebut.


2. Media tanam

media tanam pohon bonsai murbey wajib memiliki beberapa kriteria sebagai berikut : porous, subur / kaya unsur hara. dapat menjaga kelembapan. nah untuk memenuhi kondisi tersebut biasanya saya menggunakan campuran pasir malang, pupuk kandang dan pupuk dekastar, sedangkan pasir malang yang saya gunakan merupakan pasir malang dengan butiran yang halus.

selain menggunakan pasir malang, untuk pohon bonsai murbey yang masih belum jadi, kamu bisa menggunakan tanah subur dengan di campur sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1;1;1 namun harus menjadi syarat mutlak pupuk kandang yang digunakan haruslah yang sudah di fermentasi.

penggantian media tanam bisa kamulakukan minimal 6 bulan sekali secara rutin. atau lebih cepat jika terjadi keadaan tertentu seperti misalnya ada indikasi hama atau tanaman sudah bertumbuh dengan lambat.


3. Perawatan Rutin

perwatan bonsai murbey cukuplah mudah selain memberi pupuk secararutin kamu juga harus menyiangi rumput yang tumbuh didalam pot bonsai murbey agar nutrisi yang terkandung didalam pot tidak di curi oleh tanaman liar.

bonsai murbey juga menyukai intensitas matahari yang cukup terik atau sepanjang hari. namun perlu di perhatikan jika tanaman ini juga tidak terlalu suka kering, sehingga penyiraman dilakukan secara rutin pagi dan sore hari.


4. Pemberian insektisida

Bonsai murbey merupakan salahsatu tanaman bonsai yang sangat digemari oleh hama, di bagian atas bonsai murbey sering kali di serang oleh kutu putih. penanganannya kamu bisa melakukan penyemprotan dan pruning secararutin.

penyemrotan bonsai murbei bisa menggunakan insektisida merk apapun yangkamu percayai. ini lebih kepada selera dan perspektif masing-masing tentang insektisida yang bagus.

namun selain hama di ranting dan daun, tanaman bonsai murbey juga kerapkali di hampiri hanma yang menyerang akar yangmembuat akar pohon murbey menggelembung dan busuk. solusinya kamu harus mengganti media secararutin dan melakukan sterilisasi pada media tanam, kamu bisa menggunakan furadan atau sejenisnya.


5. Pemangkasan / Pruning

pemangkasan atau pruning pada pohon bonsai merupakan hal yang wajib kamu lakukan, sepertihalnya padapohon bonsai yang lain, bonsai murbey bisa mengalami mati ranting jika tidak dilakukan pruning.

namun pruning juga harus tetap memperhatian cabang yang sedang di los untuk pertumbuhan tanam.

lalu kapan pohon bonsai murbei bisa di pruning ? jawabannya adalah ketika daun sudah mulai rapat dan menghalangi matahari masuk se daun yang di bawahnya.

pemangkasan pada ranting dan daun pada murbei juga bisa memicu pohon murbei untuk berbuah, jadi jika kamu memiliki pohon murbey yang malas berbuah kamu bisa mengakalinya dengan cara di pruning.

Cara Mengecilkan daun pohon Bonsai Murbey

mengecilkan daun pada pohon bonsai khususnya murbey sama dengan cara mengecilkan daun pada bonsai yang lain seperti apa yang pernah saya tulis dalam artikel lain di blog ini.

pada dasarnya daun pohon murbei akan mengecil seiring dengan merapatnya perantingan pada pohon bonsai.

meskipun memang dapat dilihat jika daun pohon bonsai murbei memiliki karakter yang lebar dan tebalseperti daun pohon waru.

namun secara singklat dapat saya jelaskan cara mengecilkan aun pohon murbei bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. melakukan pemangkasan rutin.

2. melakukan terapi air dengan mengurangi intensitas penyiraman dan penjemuran pohon.

3.sabar menanti dan tidak tergesa-gesa karna bonsai adalah seni yang memerlukan kesabaran.

nah itulah beberapa tips bagaimana cara merawat bonsai pohon murbey yang bisa saya bagikan, jika pembaca sekalian memiliki pertanyaan atau tambahan tulisan pengalaman tentang merawat bonsai murbey bisa ditulis di kolom komentar.

pada dasarnya merawat pohon bonsai murbey tidak jauh berbeda dengan merawat pohon bonsai lainnya, namun karena masih minimnya pembonsai dan kolektor bonsai murbey , saya pikir perlu untuk menuliskan artikel ini, semoga artikel ini bisa membantu kawan-kaan sekalian.


PENGUMUMAN!

Hilang bonsai murbey kami dengan poto di bawah ini.

bonsai murbei hutanhujan (HILANG)


jika kawan-kawan menemukan atau melihat bonsai murbey seperti di atas, mohon untuk menginformasikannya pada kami. melalui komentar atau akun instagram @hutanhujan.florist

0 Response to "Cara Merawat Bonsai Murbey Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Berbuah"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel