-->

6 Jenis Tanaman Herbal Penurun Panas Yang Mudah Didapatkan

Demam atau panas tubuh yang berlebihan merupakan gejala anomali dari kondisi tubuh mahluk hidup. Biasanya demam terjadi karena trjadi masalah kesehatan atau melemahnya imunitas manusia. 
Cara terbaik untuk mengobati demam adalah dengan berkonsultasi dengan dokter.

Namun selain hal itu, kamu juga bisa melakukan pengobatan alternatif dengan menggunakan herbal. Sayangnya cara ini tidak bisa dijadikan patokan untuk dijadikan pengobatan satu-satunya.
untuk efek lebih bagus tetaplah ikuti petunjuk dokter.

Beberapa obat herbal yang bisa digunakan untuk menurunkan demam sudah banyak digunakan oleh nenek moyang dan orangtua jaman dahulu. Mereka umumnya menggunakan obat herbal untuk berbagai penyakit salahsatunya adalah panas tubuh yang berlebihan.

Herbal ini bisa ditemukan disekitar tempat tinggal kita dengan mudah, baik itu di halaman maupun tanaman semak yang jarang kita sadari. Berikut ini beberapa jenis tanaman yang sering digunakan sebagai obet herbal oleh masyarakat jaman dulu dan mudah didapatkan.

Tanaman Herbal Penurun Panas

daun herbal penurun demam

Racikan Jeruk Nipis dan Bawang

Dahulu, ketika saya masih kecil dan terserang demam. Ibu saya seringkali memberikan saya obat herbal dengan menggunakan jeruk nipis.

Cara ini terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu mengambil satu buah jeruk nipis lalu dipotong menjadi dua dan diperas. perasan jeruk nipis tersebut dicampurkan dengan irisan satu atau dua siung bawang merah. Jika ingin lebih manjur tambahkan minyak telon atau kayuputih di perasan tersebut.
Lanjutkan pengobatan dengan cara membalurkan racikan jeruk nipis ini keseluruh tubuh.
biasanya cara ini sangat efektif untuk menurunkan panas dan menghangatkan tubuh anak kecil yang terkena demam.

Sepengalaman saya cara ini bisa membuat saya sehat keesokan harinya. namun ini hanya pendapat subjektif. kamu juga harus mewaspadai resiko alergi atau ke efektifan cara ini. 
Pastinya kamu juga harus tetap meminum obat dari dokter sembari melakukan treatmen tersebut.

Rumput Bayam Duri Segar

Tanaman daun bayam duri biasanya menjadi salahsatu gulma atau rumput yang mengganggu. Ini karena tanaman ini sering tumbuh dihalaman dan jika terinjak akan terasa menyakitkan karena durinya.

Tapi tahukah kamu jika tanaman daun bayam duri ini memiliki banyak khasiat sebagai tanaman obat herbal. Salahsatunya adalah dengan memanfaatkan durinya untuk herbal penurun panas.

daun bayam duri segar bisa kamu jadikan sebagai obat penurun panas dengan cara membuatnya menjad kompress. Bagaimana caranya? caranya cukup mudah, ambillah beberapa helai daun bayam duri dari halaman atau pekarang, selanjutnya kamu tumbuk atau blender, lalu tempelkan pada dahi sebagai kompres.
untuk mengefektifkan pengobatan ini, gunakanlah daun bayam yang masih segar dan sehat

Daun Bandotan

herbal untuk mengobati demam salahsatunya bisa menggunakan daun bandotan. Nah jika kamu telah membaca artikel saya yang berjudul manfaat daun bandotan, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan gulma yang satu ini. Namun jika kamu belum membacanya saya sarankan untuk membaca artikel itu sekarang.

Cara menggunakan daun bandotan sebagai herbal penurun panas adalah dengan cara meremas daun bandotan dan diminum airnya setiap hari. namun penting untuk segera menghentikan pengobatan ini atau menjaga dosisinya agar tidak terlalu banyak. karena selain berkasiat daun bandotan juga mengandung zat racun untuk tubuh.

Daun sendok untuk redakan demam

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan tanaman yang memiliki bentuk daun seperti sendork ini. Daun sendok memang terkenal digunakan sebagai ramuan tradisional yang bisa mengobati berbagai macam penyakit.
salahsatunya adalah untuk mengobati demam. Caranya sangat mudah. ambillah beberapa helai daun sendok lalu cuci bersih. pencucian ini sangat penting dilakukan karena daun sendok tumbuh pendek sehingga banyak tekena debu dan kotoran.

rebuslah daun sendok yang sudah di cuci bersih sehingga meninggalkan sedikit sisa air berwarna hijau. minumlah air daun sendok tersebut  secara rutin sampai demam menghilang.

Kunyit

Kamu pasti tau kunyit, Tanaman rempah bumbu dapur ini selain berguna untuk menjadi pewarna alami juga sudah tidak diragukan lagi khasiatnya didunia herbal.
biasanya kunyit diolah menjadi jamu. namun selain itu ternyata kunyit juga berkahasiat untuk mengobati demam loh..

Cara pengobatan dengan menggunakan kunyit bisa kamu lakukan dengan cara memarut ruas kunyit dan di campur dengan air hangat, lalu peras parutan parut tersebut kemudian diminum selagi hangat.
kamu bisa menambahkan madu jika tidak terlalu suka dengan rasanya.


Turunkan panas dengan labu siam

Labu siam merupakan sayuran yang banyak dibudidayakan petani indonesia. Kamu bisa membuat herbal penurun panas dari labu siam ini loh..
Caranya adalah dengan cara memarut buah labu siam dan dicampurkan dengan setengah gelas air santann segar. lalu minumlah air tersebut secara rutin sampai demam telah sembuh.

Itulah beberapa tips untuk menurunkan demam dengan menggunakan tanaman herbal yang ada disekitar kita. semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk anda dan semoga lekas sembuh dan membaik. Selamat mencoba!


0 Response to "6 Jenis Tanaman Herbal Penurun Panas Yang Mudah Didapatkan"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel